Apakah nama alat yang dipakai untuk merubah listrik menjadi arus searah DC menjadi arus bolak-balik AC itu?

Apakah nama alat yang dipakai untuk merubah listrik menjadi arus searah DC menjadi arus bolak-balik AC itu?

Alat yang dapat mengubah arus listrik bolak – balik menjadi arus listrik searah adalah

Apa Itu Inverter?

Salah satu warisan Tesla (dan mitra bisnisnya George Westinghouse, bos dari Perusahaan Listrik Westinghouse) adalah bahwa sebagian besar peralatan yang kita miliki di rumah dirancang secara khusus untuk dijalankan dari daya AC.

Peralatan yang membutuhkan DC tetapi harus mengambil daya dari stopkontak AC membutuhkan peralatan tambahan yang disebut penyearah, biasanya dibuat dari komponen elektronik yang disebut dioda, untuk mengubah dari AC ke DC.Inverter melakukan pekerjaan sebaliknya dan cukup mudah untuk memahami inti dari cara kerjanya.

Mengutip dari
Alte Store, inverter adalah perangkat yang daya yang dapat mengubah arus listrik searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) pada tegangan yang lebih tinggi. Ini berarti bahwa kebanyakan inverter dipasang dan digunakan bersama dengan bank baterai atau sejenisnya. Baterai siklus dalam adalah jantung dari sistem kelistrikan bertenaga inverter off-grid, menyimpan daya untuk digunakan sesuai permintaan.

BACA JUGA:
ASCO dan Pertamina retail kasih bonus BBM non subsidi

Cara paling dasar untuk menarik tenaga listrik dari baterai adalah arus searah (DC) pada tegangan nominal baterai. Radio mobil Anda, misalnya, menggunakan 12 volt DC (12V DC), voltase yang sama dengan aki mobil Anda.

Banyak sistem kelistrikan off-grid (yang tidak dialiri listrik dari perusahaan utilitas) menggunakan daya DC 12 volt untuk menjalankan beban sederhana seperti lampu. (Setiap konsumsi daya listrik disebut beban.)

Sistem seperti itu biasanya disebut sebagai sistem DC tegangan rendah. Didukung oleh sistem DC 12 volt, Anda dapat menikmati keunggulan lampu listrik, sistem hiburan, komputer laptop, dan perangkat lain yang dapat dioperasikan dari aki mobil. Namun, Anda tidak dapat menjalankan perkakas listrik, peralatan dapur, atau mesin kantor, tanpa bantuan beberapa perangkat yang menghasilkan listrik “rumah tangga” atau arus AC.

3 dari 4 halaman

Pengertian Arus Listrik AC (Alternating Current)

Arus listrik AC ini merupakan jenis arus listrik yang gak mengalir secara searah, tapi mengalir secara bolak-balik.

Arus AC (Alternating Current) mempunyai nilai dan arah yang selalu berubah-ubah dan akan membentuk suatu gelombang yang bernama gelombang sinusoida.

Pada arus listrik AC ini, sering dikenal yang namanya frekuensi dan dimana besarnya frekuensi ini berbeda-beda loh.

Di arus listrik AC (bolak-balik) yang ditetapkan oleh PLN mempunyai frekuensi sebesar 50 Hz. Sedangkan, tegangan standar buat arus bolak-balik 1 fasa disini yaitu 220 Volt. Contoh, penggunaan dari arus listrik AC juga udah sangat banyak.

Kamu bisa dengan mudah menemukan dimanapun, dan hampir di semua alat-alat yang ada dirumah kamu pasti memakai arus listrik AC.

Berikut ini, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam arus listrik AC (Alternating Current), yaitu:

Kelebihannya:

  1. Arus Listrik AC biasanya dipakai buat menyalurkan listrik menuju tempat yang jauh, karena arus AC mempunyai kerugian yang lebih kecil dibandingkan arus DC.
  2. Listrik disalurkan memakai voltage yang tinggi yang udah di step up dari trafo sehingga menjadi pilihan yang tepat buat menyalurkan listrik ketempat yang jauh jadi berbeda dengan arus DC.
  3. Arus AC sangat mudah untuk didapatkan, cuma dengan memakai generator sedangkan buat arus DC sulit.

Kekurangannya:

  1. Arus AC gak bisa disimpan dalam waktu yang lama dan juga gak bisa dipindahkan buatk keperluan yang tiba – tiba. Tapi, beda dengan arus DC yang bisa kamu dapatkan atau kamu pindahkan dalam bentuk aki dan baterai.
Baca Juga :   Faktor yang mempengaruhi titik beku larutan

Apakah nama alat yang dipakai untuk merubah listrik menjadi arus searah DC menjadi arus bolak-balik AC itu?

Posted by: pskji.org