Dampak positif dari globalisasi tersebut dalam bidang pendidikan adalah

Dampak positif dari globalisasi tersebut dalam bidang pendidikan adalah

Globalisasi merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian perubahan ekonomi, sosial, budaya, teknologi, dan politik yang dilihat sebagai peningkatan saling ketergantungan integrasi dan interaksi antara orang-orang dan perusahaan di lokasi berbeda.

Namun, apakah globalisasi memberi dampak yang positif? Atau justru malah negatif?

Pada dasarnya, globalisasi memiliki dua sisi dampak positif dan negatif terhadap berbagai aspek dalam kehidupan. Berikut beberapa dampak positif globalisasi di berbagai bidang.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

  1. Memperbesar peluang usaha internasional, sehingga pasar-pasar di negara lain dapat dijangkau oleh para pengusaha.
  2. Menurunkan angka pengangguran karena lapangan kerja terbuka luas.
  3. Banyaknya wisatawan asing yang datang berwisata menjadikan pemasukan devisa semakin meningkat.
  4. Kegiatan ekspor dan impor semakin meningkat karena pasar bebas terbuka lebar.
  5. Dapat menstimulus perekonomian negara berkembang, termasuk Indonesia.
  6. Mekanisme investasi internasional terbuka lebar.
  7. Menumbuhkan ekonomi dunia secara menyeluruh dan lebih efesien.
  8. Pasar bebas internasional menjadikan pendapatan negara-negara berkembang semakin meningkat, sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan.
  9. Variasi komoditas barang dan jasa semakin meningkat.
  10. Hadirnya pusat perbelanjaan yang lebih modern.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Politik

  1. Memperoleh nilai demokrasi yang lebih baik.
  2. Membuka peluang kerja sama internasional, sehingga dapat mempermudah kerja sama antar negara.
  3. Hubungan diplomasi antar negara semakin meningkat.
  4. Sistem pemerintahan lebih demokratis dan semakin terbuka.
  5. Hak berpolitik dapat digunakan dengan bebas oleh masyarakat.
  6. Hak Asasi Manusia (HAM) diakui secara global.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Sosial dan Budaya

  1. Mengubah pola hidup dan pola pikir masyarakat ke arah yang lebih maju.
  2. Ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang, sehingga kehidupan sosial ekonomi lebih produktif, efektif, dan efesien.
  3. Penyebaran multikulturalisme, dan akses individu yang lebih baik terhadap keragaman budaya.
  4. Perjalanan dan pariwisata internasional menjadi lebih besar.
  5. Perkenalan kehidupan sosial dan budaya dari setiap negara ke negara lain menjadi lebih mudah. Sehingga mampu menjadi daya tarik wisata yang pada akhirnya meningkatkan ekonomi pariwisata, serta mensejahterakan masyarakat di sekitar wisata.
  6. Hak Asasi Manusia (HAM) lebih diutamakan oleh masyarakat.
  7. Menumbuhkan rasa solidaritas antar bangsa dan negara yang semakin tinggi.
  8. Taraf pendidikan di negara semakin meningkat.
  9. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih meningkatkan kualitas diri.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Teknologi

  1. Komunikasi jarak jauh menjadi semakin mudah dengan hadirnya alat komunikasi yang lebih canggih.
  2. Proses jual beli menjadi lebih mudah.
  3. Teknologi yang semakin maju memudahkan masyarakat untuk mendapatkan sarana transportasi yang diinginkan. Seperti melalui website resmi penyedia transportasi, ataupun layanan tiket online.
  4. Lebih mudah untuk mendapatkan informasi.
  5. Aktivitas manusia menjadi lebih mudah dengan hadirnya mesin-mesin canggih.
  6. Mengembangkan infrastruktur telekomunikasi global dan aliran data lintas batas yang lebih besar, dengan menggunakan teknologi internet, satelit komunikasi, kabel serat optik bawah laut, ataupun telepon nirkabel.
Baca Juga :   Pada abad ke berapa permainan Sepak Bola dimainkan di Inggris A 18 b 19 c. 20 d 21

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Pendidikan

  1. Pola pengajaran berubah mengikuti teknologi.
  2. Pengajaran lebih interaktif dengan sistem multimedia.
  3. Merubah paradigma pendidikan dari sentralistis menjadi
  4. Informasi dalam dunia pendidikan menjadi lebih mudah untuk di akses.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Transportasi

  1. Distribusi barang dan jasa ke seluruh pelosok tanah air menjadi lebih mudah.
  2. Mobilitas arus perpindahan penduduk menjadi semakin lancar.
  3. Memudahkan dan mempercepat masyarakat dalam bepergian.

Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Kesehatan

  1. Mobilitas tenaga profesional kesehatan antar negara menjadi semakin meningkat.
  2. Pertumbuhan perusahaan asing dan asuransi dalam negeri semakin meningkat.
  3. Rumah sakit menjadi lebih terdorong untuk dapat memenuhi kepentingan dan keinginan para pasien.
  4. Persaingan bisnis dalam penyedia dan pelayanan jasa kesehatan menjadi meningkat.

Itulah dampak-dampak positif dari globalisasi. Pada dasarnya, globalisasi tercipta melalui penggunaan teknologi serta melalui perdagangan bebas yang dilakukan secara internasional. Dan pada akhirnya, proses tersebut akan membawa pengaruh terhadap perkembangan negara dan wilayah yang berbeda baik secara ekonomi, politik, sosial dan budaya, maupun lingkungan masyarakat di seluruh dunia.

Artikel Terkait

Demikianlah artikel tentang dampak positif globalisasi, semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Globalisasi memiliki dampak positif dan dampak negatif bagi berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Globalisasi memberikan dampak positif dan negatif yang perlu diketahui terutama bagi seorang pendidik.

Pendidikan merupakan sebuah wadah bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi diri baik dari potensi kecerdasan emosional maupun keahlian teknis. Pendidikan adalah sebuah kunci bagi perkembangan suatu bangsa, karena melalui pendidikan generasi di suatu negara dapat terdidik dan terlatih dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa dampak positif adanya globalisasi pada dunia pendidikan diantaranya:

1. Sistem Belajar Mengajar yang dapat dilakukan secara online

Petama dampak positif pengaruh globalisasi di bidang pendidikan yakni sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online atau biasa disebut dengan e-learning. Sistem pembelajaran tersebut tidak mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk saling bertatap muka secara langsung sehingga hal tersebut dapat dijadikan sebuah opsi bagi peserta didik yang mempunyai kesibukan yang tinggi, karena sistem e-learning dapat diakses kapan saja dan bersifat fleksibel.

Selain bersifat fleksibel, sistem pembelajaran ini dapat menghemat biaya transportasi baik bagi pendidik dan peserta didik.

2. Kemudahan Untuk Mengakses Informasi Pendidikan

Kedua dampak positif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yakni mudahnya mengakses informasi pendidikan yang dapat dihubungkan melalui Internet. Internet tersebut memberikan kemudahan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengakses materi belajar yakni dengan hadirnya situs-situs yang menyediakan buku dalam bentuk digital yang dapat diunduh dan dijadikan referensi dalam proses belajar mengajar.

Buku-buku elektronik atau e-book tersebut dapat diunduh dan langsung dibaca tanpa harus mencetaknya terlebih dahulu, sehingga bisa menghemat pemakaian kertas.

Baca Juga :   Apa fungsi saluran setengah lingkaran pada telinga

3. Meningkatnya Kualitas Pendidik

Ketiga dampak positif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yakni kemudahan untuk mengakses informasi pendidikan secara langsung. Sehingga dengan demikian secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas dari tenaga pendidik.

Kemudahan di era globalisasi seperti sekarang ini seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh guru, karena saat ini guru dapat lebih leluasa dalam mengikuti trend pembelajaran di dunia dengan mencari referensi-referensi dari negara lain di seluruh dunia yang dapat bermanfaat dalam proses belajar mengajar dengan memaksimalkan penggunaan teknologi dan informasi di era globalisasi yang dapat meningkatkan kualitas pengajar.

4. Kualitas Pendidikan yang semakin meningkat

Keempat dampak positif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yakni metode pembelajaran yang semakin maju, yang mana awalnya bersifat sederhana sekarang berubah menjadi metode pembelajaran berbasis teknologi.

Penggunaan metode pembelajaran berbasis teknologi tersebut merupakan dampak dari kemajuan teknologi yang semakin canggih yang memberi dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan.

5. Pertukaran Pelajar

Kelima dampak positif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yakni adanya pertukaran pelajar di dunia pendidikan yang mana pada era globalisasi seperti sekarang ini pelajar dalam sebuah negara memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan di luar negeri atau sebaliknya.

Siswa yang berkesempatan untuk belajar ke negara dengan pendidikan terbaik dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan baru serta mengetahui dan memahami budaya di luar negeri, sehingga siswa diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

6. Mendorong Siswa dalam Menciptakan Karya Inovatif

Keenam dampak positif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yakni perkembangan IPTEK pada era globalisasi bagi sebuah instansi pendidikan yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong seluruh siswa agar dapat menciptakan suatu karya yang inovatif.

Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran baru seperti metode student oriented yang dapat merangsang daya pikir siswa serta meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar.

Selain dampak positif yang dapat memberikan manfaat, pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan juga menimbulkan dampak negatif. Berikut ini adalah beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh pengaruh globalisasi bagi dunia pendidikan diantaranya yaitu:

1. Kualitas Moral Siswa Menjadi Menurun

Pertama dampak negatif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yaitu dari adanya pengaruh globalisasi bagi dunia pendidikan maka kualitas moral para siswa semakin menurun. Hal tersebut dikarenakan kebebasan informasi yang ada di internet menjadikan segala sesuatu dapat diakses dengan mudah baik informasi negatif maupun positif sehingga akan mempengaruhi moral siswa apabila tidak terfilter dengan baik.

Maka dari itu, diperlukan kontrol dan perhatian dari orang tua siswa, guru dan negara supaya moral siswa tidak semakin rusak

2. Kesenjangan Sosial Semakin Meningkat

Kedua dampak negatif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yaitu meningkatnya kesenjangan sosial yang ada di masyarakat. Metode pembelajaran berbasis teknologi memberikan kesempatan bagi sebuah negara untuk meningkatkan pendidikannya.

Baca Juga :   Zat berbahaya yang terdapat pada minuman keras adalah

Akan tetapi, kemajuan teknologi dan informasi di dunia pendidikan perlu dikombinasikan dengan kesiapan mental dan modal yang tidak sedikit. Kesenjangan sosial yang terlihat yakni adanya kesenjangan perkembangan teknologi di wilayah perkotaan dan pedesaan.

Perkembangan teknologi tersebut hanya bisa dinikmati oleh sekolah-sekolah di wilayah perkotaan, sementara sekolah yang berada di wilayah pedalaman terus tertinggal karena sulitnya akses dan kurangnya modal. Sehingga mengakibatkan kesenjangan sosial di bidang pendidikan.

3. Kebudayaan Lokal yang Semakin Tergerus

Ketiga dampak negatif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yaitu tergerusnya kebudayaan lokal di sebuah negara. Dari adanya perkembangan teknologi tersebut maka terjadilah kontak budaya melalui media massa yang menyebabkan pengaruh budaya luar negeri dapat masuk dengan leluasa ke sebuah negara.

Akibat dari arus globalisasi tersebut, budaya di sebuah negara dikhawatirkan akan hilang karena pudarnya rasa nasionalisme, berkurangnya sifat kekeluargaan, serta gaya hidup masyarakat yang kebarat-baratan.

4. Munculnya Tradisi Serba Cepat dan Instan

Keempat dampak negatif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan munculnya tradisi serba cepat dan instan. Penyikapan arus globalisasi yang tidak tepat dapat menyebabkan suatu pendidikan kehilangan orientasi idealnya yaitu proses pembelajaran.

Orientasi pendidikan yang pada mulanya menekankan pada proses telah berubah ke ranah pencapaian hasil. Hal tersebut mengakibatkan banyak orang yang hanya menekankan pada hasil akhir ketika menempuh sebuah pendidikan. Sehingga hal tersebut bisa menjadi masalah yang besar dan merugikan negara apabila tidak segera ditangani dengan cepat.

5. Komersialisasi Pendidikan

Kelima dampak negatif pengaruh globalisasi dalam bidang pendidikan yaitu terancamnya kemurnian tujuan dalam pendidikan akibat dari komersialisasi pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat pada saat ini banyak instansi pendidikan yang didirikan dengan tujuan utama sebagai tempat bisnis.

Sebuah lembaga pendidikan dapat disebut sebagai komersialisasi pendidikan apabila sebuah lembaga pendidikan hanya mementingkan biaya pendaftaran dan uang gedung, akan tetapi kewajiban-kewajiban pendidikannya sering diabaikan.

Komersialisasi pada bidang pendidikan tersebut terjadi ketika sebuah instansi pendidikan menetapkan biaya pendidikan yang tidak sebanding dengan pelayanan pendidikannya, sehingga instansi tersebut hanya mengedepankan laba yang diperoleh.

Sehingga dengan demikian, komersialisasi di bidang pendidikan merupakan hal yang sangat berbahaya serta perlu ditindak lanjuti agar suatu lembaga pendidikan dapat menciptakan peserta didik yang bermutu tinggi yang mana siswa dan pemegang modal bisa mendapatkan keuntungan yang sama.

Daftarkan Diri Anda Untuk Menjadi Member e-Guru.id Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan Agar Bisa Menjadi Pendidik Yang Hebat. Dapatkan Berbagai Macam Pelatihan Gratis Serta Berbagai Bonus Lainnya. Daftar Sekarang dan Dapatkan Diskon Hingga 50%

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Dampak positif dari globalisasi tersebut dalam bidang pendidikan adalah

Posted by: pskji.org