Kenapa tidak bisa transfer file dari laptop ke hp

Kenapa tidak bisa transfer file dari laptop ke hp

Solusi Android sering tidak terbaca atau tidak bisa connect di komputer/laptop
– Bagaimana cara mengatasi  Android tidak terbaca di komputer atau laptop. Meski kabel data sudah terkoneksi tapi tidak muncul di laptop. Masalah ini terjadi saat ingin mengisi lagu, mengirim gambar, atau mengirim file apapun dari komputer ke smartphone atau tablet.

Ada beberapa penyebab yang membuat smartphone Android tidak terbaca terbaca di laptop atau PC Anda. Entah itu kondisi kabel data USB yang rusak, pengaturan yang salah, atau bahkan driver komputer Anda yang tidak kompatibel dengan telepon usb Anda.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk memecahkan masalah tersebut. Anda bisa melakukanya dengan tutorial cara mengatasi Android tidak terbaca di komputer yang berada dibawah ini.

Cara Mengatasi Android tidak Terdeteksi di Laptop/Komputer

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel Android tidak terdeteksi atau mudah dibaca saat menghubungkannya ke komputer atau laptop anda. Berikut beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Perhatikan Pemasangan kabel USB Android

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa kabel usb Android sudah terpasang dengan benar.  Hal ini juga bisa menjadi permasalahan Android terbaca di komputer. Silahkan coba kencangkan, mungkin sedikit longgar, jika masih tidak terbaca di komputer mungkin ada permasalahan lainnya.

Baca juga: 7 Kebiasaan Kecil yang Merusak Smartphone

Pastikan USB anda tidak rusak

Pastikan bahwa kabel USB yang Anda gunakan masih berfungsi dengan baik. Untuk melihat apakah kabel usb tidak rusak dan masih bisa digunakan, silahkan hubungkan smartphone ke komputer atau laptop. Kemudian lihat apakah notifikasi atau pemberitahuan tersebut muncul di smartphone Android Anda.

Jika tidak muncul ada kemungkinan kabel Anda rusak atau tidak kompatibel dengan smartphone Anda, biasanya kabel usb seperti ini hanya bisa digunakan untuk charging atau hanya mengisi batrai saja dan tidak bisa digunakan untuk transfer file.

Pastikan untuk menggunakan kabel asli (original) bawaan smartphone Android Anda. Jika kabelnya rusak atau hilang, Anda bisa membelinya atau meminjam sub kabel milik seorang teman yang merek smartphone-nya sama dengan milik Anda.

Pastikan Driver USB di Komputer Anda Sudah Terinstal

Untuk melihat apakah driver USB di komputer Anda telah terinstal, periksa Manajer Perangkat di jendela. Caranya yaitu klik Start »Klik kanan pada Computer» Properties »Device Manager. Kemudian layar Device Manager akan muncul di komputer Anda, lihat Universal Serial Bus controllers jika driver terinstal dengan benar.

Driver adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengenali perangkat keras yang terhubung ke komputer, driver untuk berbagai merek Android hp sebenarnya otomatis sudah terinstal dengan benar saat windows dipasang karena untuk versi windows 7, windows 8, 81, Windows 10 dan lainnya, driver memiliki satu paket.

Baca Juga :   Adanya rasa senasib dan seperjuangan dikarenakan faktor sejarah disebut

Instal Driver Perangkat USB Android untuk Semua Merek Ponsel

Jika terasa kabel USB tidak rusak dan masih bisa bekerja dengan baik dan tidak ada driver usb komputer atau laptop yang bermasalah, bisa jadi masalah yang menyebabkan oleh usb Android tidak terdeteksi karena driver pada Android tidak kompatibel dengan windows.

Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan install USB Device Drivers, bagian perangkat Anda berbeda-beda, ada merk samsung galaxy, HTC, motorola, google nexus, lg, sony dan lain-lain. Untuk mendownloadnya perhatihan merk dan seri smartphone Android anda.

Simak pula: 6 Hal Terlarang pada Smartphone Android

Mengatur Android ke Mode File Transfer (MTP)

Hal ini paling sering dilupakan oleh pengguna smartphone. Saat kita menghubungkan perangkat Android ke komputer kan diatur ke mode USB yang digunakan sebagai Charging, jadi ponsel yang sudah terkoneksi hanya sebagai charger, tidak bisa digunakan untuk mengirim file dari komputer ke ponsel Android atau sebaliknya.

Untuk memperbaikinya sangat mudah, Anda hanya perlu mengubah setting ponsel Anda ke mode File Transfer atau Media Device (MTP).Berikut langkah-langkah yang dapat anda ikuti:

  1. Sambungkan telepon ke computer atau laptop.
  2. Setelah terdeteksi, biasanya akan muncul pemberitahuan USB for Charging pada status bar Android anda. Sentuh notifikasi atau pemberitauan tersebut untuk mengubahnya. Atau bisa juga melalui menu
    Settings
    »
    Storage & USB.
  3. Kemudian pilih File Transfer.
  4. Selesai! Sekarang coba cek di komputer windows entah sudah terdeteksi apa yang belum. Klik Mulai »Tampilan komputer di bagian Perangkat Portabel Device, kemudian smartphone Anda sudah dibaca di komputer Anda.

Sekarang Anda bisa mengirim file dari komputer Anda ke ponsel Android atau sebaliknya.

Dalam proses transfer data dari hp ke laptop, pada umumnya banyak orang menggunakan kabel USB. Karena cara ini merupakan cara yang paling mudah. Meskipun saat ini sudah banyak aplikasi untuk memudahkan proses transfer tersebut, namun tidak sedikit orang yang masih setia menggunakan kabel USB ini.

Apapun cara transfer file yang digunakan, namanya benda elektronik pastinya memiliki kendala tertentu, salah satunya adalah tidak bisa mengirim file. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan dibahas ulasan tentang solusi tidak bisa memindahkan file dari HP ke laptop yang bisa anda coba lakukan.

Untuk solusi yang akan dibahas kali ini tidak hanya membahas tentang proses transfer menggunakan kebel USB saja, namun berbagai masalah yang bisa saja terjadi dalam proses pengiriman file, baik itu menggunakan Bluetooth maupun bantuan aplikasi pihak ketiga.

Tentu masalah ini bisa disebut cukup serius, terlebih jika kebetulan file ini memang sangat penting dan harus dipindahkan sesegera mungkin. Jika anda tidak bisa memindafkan file tersebut, sementara itu tidak ada media penyimpanan lain yang bisa digunakan pasti bakal sebel banget ya?

Baca Juga :   Banyaknya susunan huruf yang disusun dari huruf-huruf pada kata kotak adalah

Untuk itu, berikut ini coba kenali beberapa penyebab masalah anda terjadi dan cara mengatasinya, seperti apa? yuk simak ulasannya dibawah ini.

Cara Mengatasi dan Penyebab Tidak Bisa Memindahkan File Dari Hp Ke Laptop Atau Sebaliknya

1. Jumlah File Terlalu Banyak dan Besar, Sementara Kapasitas Memori Sudah Penuh

Laptop ini memang dibekali dengan kapasitas memori yang sangat besar, dan bahkan kapasitasnya bisa mencapai ukuran Terra. Meskipun begitu, kapasitas ini masih tetap memiliki batasan sehingga kalian tidak bisa memaksakan untuk mengirim file dengan jumlah atau ukuran yang melebihi kapasitas maksimal dari memori tersebut.

Nah untuk solusi tidak bisa memindahkan file dari HP ke laptop yang disebabkan oleh masalah ini, maka ada baiknya kalian cek dulu kapasitas atau ukuran file dari hp kalian yang akan dikirim ke laptop tersebut. Jika ukuran file yang akan kalian kirim itu terlalu banyak dan terlalu besar, sementara kapasitas memori kalian sudah penuh, maka sudah pasti bakalan ditolak.

Biasanya program didalam laptop ini bakalan secara otomatis menolak file ukuran besar jika kapasitas memori ini sudah terbatas. Hal ini dimaksudkan agar nantinya memori tidak full, karena akan berpengaruh pada performa laptop itu sendir.

Silahkan kalian bebaskan ruang dalam memori di laptop kalian dengan cara menghapus sejumlah file berukuran besar dan sudah tidak digunakan lagi. Hal ini sangat dianjurkan agar nantinya memori tidak overload dan kinerja laptop bisa maksimal.

2. Kabel Data Rusak, Sehingga Perangkat Tidak Terdeteksi Pada Laptop

Salah satu cara mengirim file antar Hp ke laptop ini menggunakan kebel data USB yang merupakan bawaan dari ponsel tersebut. Nah jika kabel data kalian jelek dan kurang bagus, maka permasalahan seperti tidak bisa mengirim file ini bakalan terjadi.

Jika kalian menggunakan kabel original bawaan dari smartphone maka masalah itu tidak terjadi, namun jika kalian menggunakan kabel yang tidak original, maka masalah tidak bisa transfer file ini bakalan kalian alami.

Apabila kondisi ini terjadi, maka solusi yang bisa kalian lakukan adalah dengan mengganti kabel USB tersebut dengan yang lainnya. Usahakan kalian mencari penggantinya dengan kabel original agar nantinya masalah tidak bisa kirim file ini tidak terulang di lain waktu.

Jika kabel data kalian kebetulan rusak, usahakan membeli kabel baru yang original, meskipun kadang harganya ini cukup mahal dipasaran. Jangan tergiur harga murah yang ditawarkan oleh penjual pada kabel tidak original, karena biasanya kabel yang tidak original ini bakal cepat rusak sehingga tidak bisa digunakan kembali.

Baca Juga :   Sebuah peluru ditembakkan vertikal ke atas lintasan yang dilalui

3. Adanya Bug atau File Error Yang Menyebabkan Tidak Bisa di Copy Paste

Untuk masalah yang satu ini, bukan disebabkan oleh perangkat hardware dari hp maupun laptop kalian. Bisa jadi bug ini muncul karena adanya error sistem yang disebabkan oleh sampah atau cache yang ada didalam kedua perangkat.

Cache ini bisa saja muncul dari aplikasi yang sebelumnya digunakan, atau dari hasil kalian browser sebuah situs. Mungkin ini bukan sebuah rahasia umum, karena memang cache ini sangatlah mengganggu jika dibiarkan menetap dan tidak segera dibersihkan.

Untuk solusi tidak bisa memindahkan file dari HP ke laptop yang disebabkan oleh masalah ini, kalian bisa bisa membersihkan smartphone dengan aplikasi CCleaner yang ada didalam ponsel maupun aplikasi pembersih bawaanya. Sementara dilaptop kalian bisa menggunakan aplikasi pembersih yang sama sesuai keinginan kalian.

Setelah membersihkan cache dan bug tersebut,silahkan kalian restasrt kedua perangkat tadi. Setelah keduanya nyala kembali, maka bisa kalian coba untuk mengirim file kembali dari hp ke laptop tadi, biasnaya cara ini cukup efektif dilakukan dan berhasil.

KESIMPULAN

Salah satu penyebab yang paling mungkin jika hendak ingin memindahkan file dari Hp ke Laptop menggunakan kabel USB adalah kabel. Kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah kabel tersebut support untuk kebutuhan transfer file. Terkadang ada kabel yang hanya bisa digunakan untuk cas/charger.

Selain itu, ketika kabel USB dicolokkan pada Laptop, pada perangkat Hp akan muncul opsi apakah digunakan untuk charger, transfer file, atau lainnya. Pastikan kalian memilih opsi transfer file. Untuk mengeceknya cukup mudah, kalian masuk pada jendela explorer pada perangkat laptop dan pastikan memori hp kalian terdeteksi.

Cara paling efektif memindahkan file dari Hp ke Laptop atau sebaliknya bisa dicoba dengan file-file berukuran kecil terlebih dahulu. Jangan borongan langsung berukuran besar. Jika file-file ukuran kecil berjalan normal, bisa ditambah lagi jumlah ukurannya. Intinya, tes terlebih dahulu dengan file ukuran kecil apakah berjalan normal atau tidak, dan bisa dibuka di atau tidak.

Jika ternyata masih saja error, padahal sudah melakukan semua cara-cara di atas, sebaiknya kalian menggunakan opsi lain untuk memindahkan file dari Hp ke Laptop. Bisa mencoba aplikasi transfer file pihak ketiga, atau bisa juga menggunakan layanan Google Drive. Selengkapnya bisa kalian baca pada artikel berikut ini. 5 Cara Transfer Data Dari Hp Ke Laptop Lewat Wifi

Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang solusi tidak bisa memindahkan file dari HP ke laptop, semoga apa yang sudah dibahas diatas tadi bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Kenapa tidak bisa transfer file dari laptop ke hp

Posted by: pskji.org