Kontribusi apa yang dapat anda berikan kepada kami jika anda terpilih

Kontribusi apa yang dapat anda berikan kepada kami jika anda terpilih

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk melacak kontribusi positif yang bisa kamu berikan dalam posisi yang ditawarkan. Apa yang bisa kamu sumbangkan bagi kemajuan bisnis perusahaan. Dalam menjawab pertanyaan ini, kamu bisa menguraikan beberapa potensi kontribusi yang bisa kamu berikan, berdasar skills dan pengalamanmu selama ini. Atau juga berdasar kelebihan dan potensi yang kamu miliki. Uraian mengenai kontribusi yang bisa kamu berikan seharusnya disertai dengan contoh penerapannya yang nyata di masa lalu, atau berdasar kasus real yang pernah kamu alami di pekerjaan sebelumnya.

Ini adalah salah satu pertanyaan wajib bahkan umum yang diajukan interviewer kepada para pelamar, buat kamu yang masih bingung gimana cara menjawab yang baik dan optimal,
Pusat Karir Cirebon
akan coba berikan contoh jawaban untuk menjawab pertanyaan di atas, semoga dengan contoh ini kamu bisa lebih mudah memahami dan mendapatkan inspirasi untuk menjawab pertanyaan serupa dengan menyesuaikan kondisi dan pengalaman kamu saat ini.

Baca juga : Jawaban Pertanyaan Interview Kenapa Melamar Perusahaan Ini?

Prinsip yang selama ini saya anut dan praktekkan dalam bekerja adalah be optimist, selalu melihat sesuatu dari positive angle, danjuga punya kegigihan untuk menemukan solusi atas sebuah masalah secara kreatif dan mandiri.

Prinsip ini saya praktekkan saat saya bekerja selama ini, dan dalam banyak hal mentalitas semacam itu sangat membantu saya dalam menyelesaikan beragam tantangan dalam pekerjaan.

Saya pikir dengan prinsip kerja seperti itu, saya akan bisa memberikan kontribusi yang optimal bagi pengembangan iklim kerja yang positif, punya mentalitas can-do attitude, dan selalu berusaha dengan gigih untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan

Pada sisi lain, saya juga memiliki sejumlah pencapaian kerja yang berdampak positif bagi kinerja team kami di tempat saya bekerja sebelumnya. Salah satu contohnya adalah keberhasilan saya bersama team untuk melakukan proses pengukuran efektivitas hasil pelatihan dan melihat dampak finansialnya bagi perusahaan.

Selain itu, saya juga pernah sukses mengerjakan penyusunan training plan yang bersifat komprehensif untuk semua posisi yang ada dalam perusahaan kami. Bukti pencapaian kinerja seperti ini, saya pikir mampu memberikan bekal yang baik bagi diri saya untuk memberikan kontribusi masif di perusahaan Bapak/Ibu.

Pengalaman, skills dan sikap kerja positif yang saya miliki Insya Allah akan mampu membuat diri saya bisa memberikan peran dan kontribusi yang optimal bagi kemajuan perusahaan Ibu.

Contoh jawaban di atas cocok dijadikan acuan buat kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, lalu gimana untuk kamu yang fresh graduate atau lulusan baru?

Yuk simak contoh jawaban berikut..

Prinsip yang selama ini saya anut dan praktekkan saat menjalani kuliah, dan nanti jika diterima bekerja adalah be optimist, selalu melihat sesuatu dari positive angle, dan juga punya kegigihan untuk menemukan solusi atas sebuah masalah secara kreatif dan mandiri.

Prinsip ini saya praktekkan saat saya menjalani kuliah atau juga dalam aktivitas di luar kuliah, dan dalam banyak hal mentalitas semacam itu sangat membantu saya dalam menyelesaikan beragam tantangan dalam kehidupan yang saya jalani.

Misal saat mengerjakan penelitian untuk skripsi, saya beberapa kali menemui kesulitan dalam mendapatkan responden penelitian. Namun saya tidak menyerah, dan saya tetap menghubungi orang-orang yang potensial menjadi subyek penelitian saya, hingga akhirnya saya bisa mendapatkan jumlah responden sesuai yang saya butuhkan. Keep trying, persisten, dan gigih menemukan solusi adalah hal yang selalu saya coba praktekkan selama ini.

Saya pikir dengan prinsip seperti itu, saya akan bisa memberikan kontribusi yang optimal bagi pengembangan iklim kerja yang positif, punya mentalitas can-do attitude, dan selalu berusaha dengan gigih untuk menemukan solusi yang bisa diterapkan.

Semua contoh jawaban di atas adalahcontoh jawaban yang bisa kamu tiru dan adopsi pola isi-nya. Dengan kata lain, prinsip dalam panduan ini bisa kamu adopsi dan jadikan bahan referensi untuk memberikan jawaban, namun tetap disesuaikan dengan konteks pengalaman kamu yang unik.

Baca juga : Cara Memperkenalkan Diri yang Baik Saat Interview Kerja

Semoga bermanfaat ya.. jangan lupa bagikan ke teman-temanmu yang membutuhkan informasi ini. Terimakasih

”Kontribusi apa yang ingin Anda berikan ke perusahaan?” Ini merupakan pertanyaan yang tidak asing dalam proses wawancara kerja, sudahkah Anda memiliki jawabannya? Agar dapat terpilih menjadi karyawan di perusahaan yang dilamar, Anda harus menjawabnya dengan baik.

cara jawab interview kerja

Berikut merupakan beberapa jawaban terbaik yang bisa Anda berikan, namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang dilamar.


Komitmen

Komitmen merupakan salah satu kontribusi yang penting, karena dapat membangun sebuah relasi jangka panjang menuju kesuksesan.

Kerja Keras dan Determinasi

Kerja keras yang dipadukan dengan determinasi tentunya dapat menyempurnakan kualitas dalam bekerja.

Kreativitas

Kreativitas dapat menjadi kunci kesuksesan dalam berbagai hal, termasuk dalam berkarir di perusahaan. Kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang lain, tentunya dibutuhkan dalam perusahaan.

Loyalitas dan dedikasi

Loyalitas dan dedikasi di era modern ini juga dibutuhkan, karena akan berpengaruh pada fokus karyawan terhadap tugas yang selalu ada pada saat diperlukan.

Kejujuran dan Integritas

Kejujuran dan integritas merupakan kunci untuk mendapatkan kepercayaan dari perusahaan, kedua sifat ini sangat penting untuk dimiliki karyawan. Hal itu supaya karyawan bisa sukses dalam berkarir sampai mendapat proyek besar.

Gairah dan Semangat Memotivasi Diri

Pekerjaan akan lebih mudah sekaligus mengurangi beban dalam bertugas, jika terdapat gairah (Passion) dalam bekerja. Dengan memiliki gairah, pekerjaan yang membosankan dan sulit bisa menjadi menyenangkan untuk dilakukan. Tugas dalam pekerjaan pun bisa selesai sesuai deadline.

Fleksibilitas dan kemampuan bekerjasama (teamwork)

Fleksibilitas artinya Anda mampu bekerja dengan siapapun, dalam situasi apapun, di manapun, dan kapanpun tanpa merasa kesulitan. Bahkan, karyawan dengan fleksibilitas diharapkan mampu menangani tugas di luar divisinya jika dibutuhkan. Memiliki sikap ini pun dapat menambah pengalaman kerja karyawan itu sendiri, sehingga sikap fleksibilitas sangat bermanfaat.

Minat untuk Belajar dan Berkembang

Untuk menambah skill dan pengetahuan Anda, bentuk kontribusi ini akan sangat berguna bagi karyawan. Dengan memiliki minat belajar dan berkembang, hal ini tentu akan menguntungkan dan akan bermanfaat bagi perusahaan, karena menunjukkan sikap kesiapan karyawan dalam menghadapi tantangan global.

Dalam melakukan proses seleksi kerja, melalui sesi wawancara memang harus menjawab berbagai pertanyaannya dengan tepat. Termasuk pertanyaan mengenai kontribusi perusahaan. Semoga penjelasan di atas membuat Anda sukses menghadapi sesi wawancara!

Informasi ini disponsori oleh
LP3I Kuliah Langsung Kerja

Kontribusi apa yang dapat anda berikan kepada kami jika anda terpilih

Posted by: pskji.org