Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia

Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia

Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia

Keberagaman masyarakat Indonesia di pengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat. Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh hal-hal berikut ini;

a.
Letak strategis wilayah Indonesia

Letak wilayah Indonesia sangat strategis. Letak strategis ini terlihat pada diapitnya Indonesia oleh 2 Samudera yaitu Samudera Hindia & Samudera Pasifik serta 2 Benua yaitu Benua Australia & Benua Asia. Hal itu mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional. Kondisi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang asing untuk membuka jalur perdagangan sekaligus menyebarkan agama & kebudayaan asal daerahnya.

Wilayah Indonesia terletak di antara Samudera Pasifik & Samudera Hindia, serta di antara Benua Asia & Australia yang memungkinkan wilayah Indonesia menjadi perlintasan jalur mobilitas Internasional

Adanya kontak & komunikasi dengan para pedagang asing yang mempunyai corak budaya & agama yang berbeda mengakibatkan terjadinya proses akulturasi unsur kebudayaan. Di samping itu, banyak diantaranya pedagang asing yang kemudian menetap & menyebabkan adanya perbedaan ras & agama ataupun kepercayaan.

b.
Kondisi negara kepulauan

Indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki beribu-ribu pulau yang dipisahkan oleh selat & laut. Setiap masyarakat yang tinggal di pulau berbeda mempunyai perkembangan budaya yang berbeda pula. Masing-masing pulau memiliki cara-cara tersendiri untuk mengembangkan & menyebarkan kebudayaannya. Hal inilah yang membentuk adanya perkembangan ras, suku, bahasa, adat istiadat, & agama di berbagai wilayah Indonesia.

c.
Perbedaan kondisi alam

Indonesia memiliki keanekaragaman kondisi alam yang menakjubkan seperti daerah pesisir pantai, rawa, dataran, perbukitan, pegunungan, & lain-lain. Kondisi tersebut juga berdampak pada bervariasinya kekayaan alam yang dimiliki mulai dari tanah, air, hewan & tumbuhannya.

Baca Juga :   Fungsi stupa pada bangunan Candi di Indonesia adalah

Setiap kondisi alam mewujudkan adanya perbedaan bentuk rumah, makanan pokok, pekerjaan, kesenian, pakaian , & lain sebagainya. Perbedaan inilah yang menyebabkan terbentuknya keberagaman di Indonesia. Sebagai contoh, ada masyarakat yang mengandalkan laut sebagai sumber pemenuhan kebutuhan kehidupannya ada pula yang mengandalkan pertanian & perkebunan, dll.

Selain kondisi alam, kondisi iklim juga sangat berpengaruh terhadap keberagaman. Kondisi iklim seperti perbedaan musim menyebabkan perbedaan pada masyarakat.

d.
Keadaan transportasi & komunikasi

Kemajuan sarana transportasi & komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun sebenarnya jarak & kondisi alam yang sulit. Perbedaan itu berpengaruh terhadap perkembangan hubungan dengan masyarakat lainnya. Mudahnya sarana transportasi & komunikasi membuat masyarakat mudah berinteraksi dengan dunia luar. Sebaliknya, karena kondisi alam & luasnya wilayah Indonesia maka dapat menyebabkan terbatasnya interaksi & berujung pada munculnya keberagaman.

e.
Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

Keberagaman di Indonesia juga disebabkan oleh sikap masyarakat dalam menerima suatu perubahan baik yang berasal dari dalam maupun luar masyarakat itu sendiri. Terdapat masyarakat yang dapat dengan mudah menerima kebudayaan asing seperti halnya yang terdapat di masyarakat  perkotaan. Tetapi terdapat pula masyarakat yang menolak adanya budaya luar yang masuk & memilih untuk menutup diri.

Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Ada masyarakat yang mudah menerima orang asing/budaya asing, seperti masyarakat perkotaan. Tetapi ada juga sebagian masyarakat tetap bertahan pada budaya sendiri.

Jadi, keberagaman dalam masyarakat Indonesia sudah menjadi ketetapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Keberagaman merupakan anugerah yang patut disyukuri. Pemerintah & seluruh warga negara Indonesia sebaiknya mendorong keberagaman itu menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan & kesatuan bangsa. Menghormati keberagaman adalah sikap terpuji sebagaimana Tuhan menciptakan makhluknya yang beraneka ragam.

Baca Juga :   Jelaskan bagaimana faktor budaya Mempengaruhi munculnya PERBEDAAN individu

Demikianlah ulasan mengenai
Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
, yang pada kesempatan yang baik ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua. Cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf, & semoga anda sukses.

*Rajinlah belajar demi Bangsa & Negara, serta jagalah kesehatanmu!!!

Berikut jawaban yang paling benar dari pertanyaan:
Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali?

  1. Bus
  2. Kapal Feri
  3. Kereta api
  4. Pesawat
  5. Kuda

Jawaban: E. Kuda

Menurut Variansi.com, kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di indonesia. modal transportasi umum yang digunakan masyarakat indonesia diantaranya, kecuali kuda.

Secara singkat, jawaban dari pertanyaan Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali? tidak ada penjelasan pembahasannya.

Namun, saya bisa memberikan kepastian bahwa jawaban mengenai pertanyaan Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali? akurat dan tepat (benar).

Kenapa? Karena jawaban tentang pertanyaan
Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali?
diambil dari berbagai sumber referensi terpercaya.

Selain itu, jawaban atas pertanyaan Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali? sebelum dipublikasikan dilakukan verifikasi oleh para tim editor.

Verifikasi jawaban pada pertanyaan Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali? melalui sumber buku, artikel, jurnal, dan blog yang ada di internet.

Baca Juga :   perbedaan bisolvon extra dan elixir

Jadi, jawaban dari pertanyaan
Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi mempengaruhi perbedaan masyarakat di Indonesia. Modal transportasi umum yang digunakan masyarakat Indonesia diantaranya, kecuali?
tidak perlu diragukan lagi.


begadang trosssArti dari simbol Sila ke 4 adalah?​


assalamualaikum kak tolong untuk besok kak​


apa arti kata mengayuh​


membuat soal PPKn Kelas 8 pilihan ganda dan berserta Jawabannya semester 2 soalnya satu sampai sepuluh ​


kalimat pertama naskah proklamasi kemerdekaan kami bangsa indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan indonesia merupakan hasil sumbangan pemikiran da …

ri ….


makna dari cita cita nasional ​


quizz badmood buatlah peta konsep berjudul ” indonesia ” dah itu aja , mls buat quizz tapi gbt


menggabungkan seluruh bagian menjadi sebuah keseluruhan dan tiap-tiap bagian diberi tempat sehingga membentuk kesatuan yang harmonis dalam kesatuan nk …

ri disebut dengan


nilai nilai pancasila dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu


sebagai seorang pelajar, andi memiliki cita-cita menjadi seorang polisi. alasannya adalah supaya dapat melindungi indonesia dari segala bentuk ancaman …

yang mengganggu keamanan dan kenyamanan seluruh warga negara indonesia. pernyataan tersebut menunjukkan makna dari indonesia sebagai satu kesatuan

Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia

Posted by: pskji.org