Kenapa kamu harus memilih jurusan teknik k3

Kenapa kamu harus memilih jurusan teknik k3

Diperbarui 01 Mar 2021 –
Dibaca 6 mnt

Sebagai ahli keselamatan di lapangan, tentunya prospek kerja jurusan K3 bisa dibilang sebagai bagian sangat dibutuhkan.

Pengetahuan yang mereka miliki dianggap berharga bagi berbagai perusahaan karena regulasi yang mereka ciptakan dapat menjamin

kesehatan

dan keselamatan para pegawai.

Penasaran dengan prospek kerja jurusan satu ini? Simak selengkapnya di artikel Glints berikut ini.

Baca Juga:
Temukan 7 Prospek Kerja Kesehatan Masyarakat di Sini!

Jurusan K3 dan 5 Prospek Kerjanya

Sebelum kita menelaah karier yang bisa dirintis oleh lulusan K3, terlebih dahulu kita harus mengulas secara singkat seperti apa jurusannya.

Prodi K3, atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja, melatih mahasiswa untuk mengevaluasi tempat kerja terkait dengan pelanggaran keselamatan, kualitas udara, dan potensi bahaya lainnya.

Para mahasiswa dibentuk untuk menjadi ahli dalam mengamati risiko, dan membuat rekomendasi kepada para atasan dan karyawan di sebuah perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat.

Disadur dari

FKMUI
, lingkungan kerja yang aman dan sehat akan meningkatkan produktivitas dan mendukung perkembangan bisnis perusahaan.

Selain itu, tuntutan peraturan nasional dan internasional mengharuskan perusahaan untuk menerapkan kesehatan dan keselamatan kerja di kantor, sehingga penerapan regulasi K3 menjadi sangat penting.

Hal ini dirasa menjadi penyebab banyaknya prospek kerja untuk alumni jurusan K3.

Mereka dianggap penting untuk mendukung pelaksanaan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

Selain itu, profesi ini turut berpartisipasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdampak pada kondisi dinamis tempat kerja.

Nah, apa sajakah prospek kerja untuk jurusan ini?

1. Koordinator kesehatan dan keselamatan kerja

© Freepik.com

Prospek kerja pertama untuk jurusan K3 adalah sebagai koordinator yang bertanggung jawab atas regulasi K3 di sebuah perusahaan.

Baca Juga :   Perhatikan sel elektrolisis berikut ini mc014 1 jpg reaksi yang terjadi di anoda adalah

Menurut

Zippia
, tugas mereka adalah untuk menganalisis segala jenis lingkungan kerja dan prosedur kerja yang tertera.

Koordinator K3 juga perlu memeriksa kepatuhan perusahaan terhadap peraturan mengenai keselamatan, kesehatan, dan lingkungan kerja.

Mereka juga wajib merancang program untuk mencegah penyakit atau cedera pada pekerja serta kegiatan yang dapat membawa kerusakan terhadap lingkungan di kantor.

2. Environmental specialist

© Freepik.com

Environmental specialist

atau pakar lingkungan, adalah para ahli yang bertugas untuk memantau dampak populasi terhadap lingkungan.

Deskripsi kerja mereka meliputi identifikasi masalah lingkungan dan merekomendasikan solusi yang menurut mereka terbaik.

Melansir

Betterteam
, tujuan utama profesi ini adalah untuk meningkatkan kondisi kehidupan lingkungan. Mereka biasanya dapat ditemukan bekerja di sebuah pembangkit listrik atau pabrik kimia.

Baca Juga:
Bagaimana Prospek Kerja Teknik Lingkungan saat ini?

3. Analis quality control

© Freepik.com

Prospek kerja selanjutnya untuk jurusan K3 adalah sebagai analis

quality control

di sebuah perusahaan.

Mereka bertugas untuk melakukan pengujian  dan menentukan kualitas dari seluruh bahan baku, produk setengah jadi serta produk jadi.

Analis juga dapat melakukan uji sampel stabilitas, menganalisis secara rutin terhadap kualitas bahan-bahan baku, kesehatan lingkungan, atau sampel stabilitas.

4. Health and safety engineers

© Freepik.com

Pilihan karier sebagai

Health and safety engineers

bisa ditekuni oleh lulusan jurusan K3.

Mereka bertugas untuk mengembangkan prosedur dan sistem yang didesain untuk mencegah cedera dan menjaga properti dari kerusakan.

Pekerjaan ini menggabungkan pengetahuan tentang rekayasa sistem serta kesehatan dan keselamatan untuk memastikan bahwa bahan kimia, mesin, perangkat lunak, perabotan, dan produk konsumen lainnya tidak membawa bahaya untuk manusia dan bangunan.

5. Pengawas konstruksi bangunan

© Freepik.com

Baca Juga :   Jumlah penduduk yang dianggap dapat bekerja dan sanggup bekerja jika ada permintaan kerja disebut

Karier sebagai pengawas konstruksi bangunan adalah salah satu prospek kerja jurusan K3 berikutnya.

Lulusan kesehatan dan keselamatan kerja akan menggunakan ilmunya untuk memeriksa struktur bangunan menggunakan kemampuan teknik guna menentukan kualitas dari struktur tersebut.

Mereka juga wajib memastikan kesesuaian struktur bangunan dengan spesifikasi, kode bangunan, dan regulasi lainnya yang berkaitan dengan regulasi K3.

Pemeriksaan ini bisa bersifat keseluruhan, atau hanya terbatas pada bagian tertentu pada sebuah bangunan, seperti sistem elektrik atau sistem saluran air.

Baca Juga:
Yuk, Ketahui Perbedaan Quality Control dan Quality Assurance!

Itulah 5 prospek kerja yang bisa dirintis oleh lulusan jurusan K3.

Seiring berkembangnya waktu, angka pembangunan dan proses produksi akan terus meningkat.

Maka dari itu, prospek kerja K3 akan semakin dibutuhkan oleh berbagai perusahaan.

Menarik bukan? Jika kamu tertarik untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya seputar dunia kerja, mulai berlangganan newsletter blog dari Glints saja.

Dengan berlangganan newsletter blog kamu akan mendapatkan berbagai informasi penting seputar karier langsung ke dalam kotak masuk email-mu, lho.

Tunggu apalagi? Daftarkan email-mu sekarang juga!

Prospek kerja lulusan jurusan Kesehatan Keselamatan Kerja juga beragam karena dibutuhkan tidak hanya di industri kesehatan, tapi juga manufacture Pertambangan Minyak dan Gas, Konstruksi, Garme, Rumah Sakit, Puskesmas, Pegawai Pemerintah, Auditor K3, Makanan dan Minuman Peneliti, Dosen, Bahkan proyek pembangunan dan maintenance gedung, pertambangan dan perminyakan juga sangat membutuhkan mahasiswa dengan kompetensi K3. Berikut ini beberapa gambaran pekerjaannya:

SAFETY INSPECTOR

Profesi ini lebih seperti “polisi keselamatan kerja”. Para safety inspector biasanya akan berkeliling di seluruh area pekerjaan dan mereka akan memberi tindakan kepada setiap pelanggaran terkait keselamatan dan kesehatan kerja yang mereka temui. Tindakan tersebut bisa berupa teguran lisan saja, sanksi, atau bahkan bisa mendapatkan peringatan keras dari manajemen.

Baca Juga :   Jika daging ayam tidak habis dimasak sekaligus sebaiknya daging dibungkus dengan

SAFETY OFFFICER

Profesi ini lebih kepada pembangunan sistem. Mereka biasanya ahli dalam implementasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kerja ataupun OHSAS 18001.

SAFETY TECHNICIAN

Profesi ini lebih banyak berhadapan dengan mesin-mesin seperti mesin produksi, mesin utility, alat angkat dan angkut dan lain-lain. Safety technician bertugas memastikan semua alat dan fasilitas yang digunakan sudah memenuhi aspek keselamatan.

PROCESS SAFETY

Profesi ini bertugas memastikan rangkaian proses produksi dari bahan mentah ke bahan jadi melalui berbagai macam instalasi pipa, tangki dan peralatan lain berlangsung dengan aman. Profesi ini juga mempertimbangkan aspek fisik dan kimia barang yang diproses. Biasanya para lulusan Teknik Kimia paling cocok untuk mengisi posisi ini

FIRE SAFETY

Mereka yang bekerja sebagai fire safety bertugas untuk memastikan semua proteksi kebakaran baik aktif maupun pasif selalu siap sedia untuk digunakan jika terjadi kebakaran. Mereka juga akan membuat organisasi Tim Tanggap Kebakaran

SAFETY ADVISOR

Mereka yang bekerja sebagai safety advisor biasanya hanya diminta saran-sarannya untuk meningkatkan keselamatan kerja di suatu tempat. Safety advisor biasanya tidak bertanggung jawab langsung terhadap tingkat keselamatan dan kesehatan kerja di suatu tempat kerja

CORPORATE SAFETY

Perusahaan-perusahaan yang memiliki banyak pabrik atau cabang di sebuah Negara atau area biasanya akan memiliki orang yang bekerja sebagai corporate safety. Merekalah yang bertanggung jawab untuk membuat standar keselamatan kerja untuk seluruh pabrik, melakukan audit ke pabrik, mengadakan training, merumuskan target, dan mengumpulkan laporan keselamatan dan kesehatan kerja dari seluruh pabrik untuk dapat dianalisa.

Kenapa kamu harus memilih jurusan teknik k3

Posted by: pskji.org