Air impact wrench dapat dibedakan menjadi…. macam

Air impact wrench dapat dibedakan menjadi…. macam

Apakah itu impact wrench (pembuka baut)?

Pertama, kami akan menjelaskan mengenai apa itu impact wrench. Dengan demikian, Anda akan lebih paham fungsi dan kegunaannya.

Ketahui perbedaan impact wrench dengan obeng elektrik

Sekilas impact wrench dan obeng elektrik memang terlihat sama, tetapi sebenarnya sedikit berbeda. Kami akan menjelaskan perbedaannya agar Anda tidak salah membeli nantinya.

Impact wrench adalah alat untuk mengencangkan dan melonggarkan baut yang tebal dan besar. Alat ini tidak hanya berputar, tetapi juga memberikan tekanan agar baut dapat terpasang dengan kuat. Alat ini mampu mengencangkan baut dengan kuat karena menggabungkan daya rotasi dan daya dorong.

Sementara itu,
obeng elektrik berfungsi untuk mengencangkan sekrup pada kayu atau material lainnya. Alat ini tidak bisa Anda gunakan untuk mengencangkan baut yang tebal. Anda mungkin bisa menggunakan perlengkapan tambahan agar obeng elektrik bisa difungsikan juga untuk mengencangkan baut tebal. Namun, tetap saja impact wrench akan lebih efektif dan praktis untuk Anda gunakan.

Gunakan impact wrench untuk mengganti roda pada mobil

Impact wrench memang sangat cocok digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut tebal dan besar. Akan tetapi, kenyataannya tidak banyak perabot di rumah yang menggunakan baut tebal dan besar. Akibatnya, kesempatan untuk menggunakan impact wrench pun menjadi sangat sedikit. Hal itu juga yang membuat para produsen memproduksi impact wrench dengan spesifikasi yang lebih cocok untuk penggunaan profesional.

Lain cerita bila kita membahas mobil dan otomotif. Obeng elektrik tidak dapat Anda gunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan mur dan baut pada roda. Itu karena torsi yang dimiliki tidak memadahi. Pada saat seperti itu, impact wrench akan lebih cocok untuk Anda gunakan sebab memiliki torsi yang mencukupi.

Maka dari itu, orang yang memiliki hobi atau pekerjaan di bidang otomotif biasanya memiliki alat ini. Anda bisa mengganti roda mobil sendiri dengan lebih mudah. Bahkan, saat ini sudah
banyak impact wrench yang spesifikasinya dibuat khusus sehingga sangat pas digunakan untuk mengganti roda.

Perhatikan hal ini saat mengganti roda

Saat mengganti roda, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan sebagai berikut.

  • Gunakan impact wrench seperlunya

Anda dapat melonggarkan mur pada roda menggunakan impact wrench. Namun, saat mengencangkannya kembali, gunakanlah impact wrench seperlunya. Anda dapat lanjut mengencangkannya menggunakan kunci pas. Itu dilakukan agar mur pada roda tidak terlalu kencang dan masih mudah untuk dilonggarkan.

Ketika mengganti roda, Anda harus dapat menentukan kekuatan torsi yang pas, tidak boleh terlalu kuat atau terlalu lemah. Bila terlalu kuat, bautnya bisa rusak. Namun, torsi yang terlalu lemah malah bisa menyebabkan rodanya mudah lepas. Oleh karena itu, kencangkanlah secukupnya menggunakan impact wrench. Setelah itu, lanjutkan dengan kunci pas agar torsinya lebih mudah untuk Anda atur.

Cara memilih impact wrench (pembuka baut)

Sekarang, kami akan menjelaskan cara memilih impact wrench. Mari pahami lebih jauh agar dapat membantu Anda dalam memilih produk yang tepat.

Pilih berdasarkan torsinya

Pada dasarnya impact wrench dengan torsi lebih besar memiliki performa yang lebih baik. Namun, bila torsinya terlalu besar justru akan merusak mur dan baut serta lebih sulit untuk dikendalikan. Di sisi lain, torsi yang terlalu lemah juga menjadi kurang praktis untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda harus memilih produk dengan torsi yang tepat.

Secara teori, untuk mengganti roda pada mobil berukuran sedang, torsi yang Anda butuhkan berkisar antara 90-110 Nm. Bila mobilnya berukuran kecil, torsi 70-90 Nm sudah cukup. Ada kemungkinan Anda menemukan suatu produk dengan torsi yang mencukupi. Namun, ternyata baut dan murnya melonggar saat mobil tersebut dikendarai. Oleh karena itu, biasanya produsen menginfokan maksimum torsi yang dapat dicapai oleh produk tersebut.

Berdasarkan pertimbangan tadi, untuk berjaga-jaga ada baiknya Anda memilih impact wrench dengan torsi yang lebih besar.
Torsi dengan kisaran 200–250 Nm mungkin sudah sangat cukup. Bila Anda menginginkan torsi yang lebih besar lagi, Anda juga bisa membeli produk dengan torsi di atas 250 Nm.

Pertimbangkan jenis power supply-nya

Berdasarkan power supply-nya terdapat dua tipe impact wrench, yakni tipe kabel dan tipe baterai. Sebaiknya Anda pahami kelebihan keduanya agar tahu tipe mana yang lebih cocok.

Tipe kabel, lebih stabil tanpa perlu isi daya

Power supply yang berasal dari stopkontak membuat tipe kabel memiliki keunggulan tersendiri. Anda
tidak perlu khawatir kehabisan energi
atau harus menyisihkan waktu untuk mengisi baterai ketika sedang menggunakannya. Bila lokasi pemakaiannya tidak berubah-ubah serta sudah terdapat stopkontak, tipe kabel lebih tepat digunakan dibanding tipe baterai.

Anda juga dapat memilih produk yang menggunakan sumber listrik soket rokok di mobil atau aki mobil. Tipe ini sangat cocok Anda bawa di bagasi mobil karena dapat dengan mudah Anda gunakan ketika dibutuhkan.

Tipe baterai, lebih praktis dan portabel

Impact wrench tipe baterai adalah pilihan tepat untuk Anda yang mengutamakan kepraktisan.
Anda dapat menggunakan impact wrench tipe baterai di mana pun
tanpa harus terganggu dengan adanya kabel. Selain itu juga tidak membutuhkan stopkontak untuk menghubungkan listrik sehingga lebih portabel. Kekurangannya, Anda
bisa saja kehabisan baterai di tengah penggunaan. Anda juga membutuhkan waktu khusus untuk mengisi dayanya.

Periksa ukuran dan bobotnya

Sama halnya saat memilih peralatan elektrik lainnya,
pilihlah produk yang ukurannya paling compact dan berbobot ringan. Produk yang compact dan ringan lebih mudah digunakan serta memiliki handling lebih baik.

Produk yang compact juga cocok untuk orang yang jarang menggunakan impact wrench. Itu karena impact wrench bisa disimpan tanpa memakan banyak tempat. Terlebih lagi bila impact wrench juga sudah dilengkapi dengan case/storage penyimpanan khusus. Makin mudah dan aman untuk disimpan, deh!

10 Rekomendasi impact wrench (pembuka baut) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk impact wrench terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Tabel perbandingan produk impact wrench (pembuka baut) terbaik

Gambar produk

1

JLD

2

INGCO

3

DeWalt

4

Krisbow

5

MAILTANK

6

Tjap Mata

7

Wurth

8

Total Tools

9

Bosch

10

Makita

Nama produk

Cordless Impact Wrench 48V Brushless

MESIN BUKA BAUT CORDLESS 20V (2B&1C)

Impact Wrench w. Hog Ring Anvil Kit

CORDLESS IMPACT WRENCH 18V

MESIN IMPACT WRENCH 24MM ELEKTRIK

Air Impact Wrench 3/4″

Pneumatic Impact Wrench DSS 1/2in PREMIUM POWER

Air Impact Wrench Total 1/2″

GDS 12 V-EC Impact Wrench

TW0350 1/2″ Impact Wrench w/ Detent Pin Anvil

Keunggulan

Produk laris dengan harga superekonomis

Dibekali dua baterai dan satu charger, Anda bisa bekerja lebih lama!

Rasakan torsi ganas di mana pun Anda berada

Bobotnya sangat ringan, handelnya pun antiselip

Lubang udara besar, mesin tidak cepat panas

Kendalikan torsi 1.500 Nm dengan handel tambahan

Bisa atur kekuatan hingga empat tingkat

Punya tiga soket yang bisa diatur sesuai kebutuhan

Compact dan dilengkapi lampu LED, makin fungsional

Rendah getaran, tangan jadi tidak mudah lelah

Harga mulai dari Rp 500.000,00 Rp 1.952.500,00 Rp 6.980.000,00 Rp 1.501.500,00 Rp 900.000,00 Rp 2.500.000,00 Rp 10.413.800,00 Rp 1.100.000,00 Rp 3.500.000,00 Rp 4.176.000,00
Ukuran Tidak disebutkan 35 cm x 19 cm x 10 cm Tidak disebutkan 16 cm x 7 cm x 22 cm Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan Panjang 18,7 cm 13,7 x 17,9 cm Total panjang 28,25 cm
Bobot Tidak disebutkan Tidak disebutkan Tidak disebutkan 0,66 kg Tidak disebutkan 6,4 kg 1,98 kg 2,6 kg Tidak disebutkan 3 kg
Torsi maksimum 330 Nm 300 Nm 950 Nm 280 Nm 200 Nm 1.500 Nm 1,321 Nm 610 Nm 115 Nm 350 Nm
Power supply Baterai Baterai Baterai Baterai Kabel Kabel Baterai Kabel Baterai Kabel
Tautan produk
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Bukalapak
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Bukalapak
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Tokopedia
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli
  • Lihat di Shopee
  • Lihat di Lazada
  • Lihat di Blibli

Baca juga rekomendasi mesin bor lainnya di sini

Bila Anda hendak melubangi dinding atau meja, impact wrench bukanlah pilihan tepat. Anda harus menggunakan impact drill atau bor. Meski begitu, Anda perlu memilih produk yang sesuai kebutuhan agar bisa Anda gunakan dengan mudah. Ingin tahu lebih lanjut? Anda bisa membacanya di sini.

Kami sudah menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi impact wrench terbaik. Ketika sudah memiliki impact wrench, Anda dapat dengan mudah mengganti roda mobil Anda.

Anda bisa memilih produk dengan torsi dan power supply yang paling sesuai dengan tempat Anda bekerja. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan ukurannya sebelum memutuskan untuk membelinya. Pilihlah produk yang paling sesuai kebutuhan dan mudah Anda gunakan, ya!

Air impact wrench dapat dibedakan menjadi…. macam

Posted by: pskji.org