Kemajuan iptek dan globalisasi banyak membawa pengaruh positif di bidang ekonomi diantaranya yaitu

Kemajuan iptek dan globalisasi banyak membawa pengaruh positif di bidang ekonomi diantaranya yaitu

JAKARTA
– Dampak positif terhadap pengaruh globalisasi harus bisa dimaksimalkan. Globalisasi diambil dari kata global (universal).

Globalisasi merupakan suatu proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Adanya kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.

Globalisasi mengubah dunia menjadi satu kesatuan yang terwujud dalam bentuk keterkaitan antar bangsa dan antar manusia. Keterkaitan itu dapat melalui berbagai macam kontak seperti perdagangan, komunikasi, investasi dan budaya.

BACA JUGA:Indonesia Memiliki Peran Positif di Era Globalisasi

Keadaan saling bergantung dan membutuhkan itu tidak hanya terjadi di bidang industri saja, melainkan hampir di semua bidang kehidupan, baik iptek, komunikasi, ekonomi, transportasi maupun budaya.

Globalisasi sendiri memiliki dampak positif dalam berbagai bidang, yaitu:

1. Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan yang cepat membawa perubahan yang cepat pula dalam bidang teknologi. Globalisasi membawa masyarakat melakukan penyesuaian terhadap perubahan sosial budaya.

Hal ini dapat dilihat dari minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan yang semakin besar. Teknologi yang dihasilkan sebagai aplikasi dari ilmu pengetahuan kemudian dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Pemanfaatan teknologi ini membawa banyak keuntungan bagi masyarakat seperti kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan, hasil produksi menjadi lebih banyak, dan sebagainya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang kehidupan membawa pengaruh positif dalam masyarakat, seperti bidang pertanian, perkembangan teknologi yang diterapkan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian. Selain keuntungan terhadap hasil produksi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mampu meningkatkan efektivitas sehingga terjadi efisiensi.

2. Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi

Efektivitas dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan yang telah diinginkan. Apabila sesuatu telah berhasil dikerjakan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan yang diinginkan maka disebut efektif.

Sedangkan, efisien dapat diartikan sebagai tepat, cermat, berdaya guna, dan bertepat guna dalam melakukan sesuatu. Dengan kata lain efektif adalah melakukan tugas yang benar sedangkan efisien adalah melakukan tugas dengan tepat. Salah satu manfaat globalisasi dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi yang terlihat dengan jelas, contohnya seperti pemanfaatan teknologi internet dalam penjualan tiket pesawat, kereta, bis dan transportasi lain secara online.

Pembayaran tiket dilakukan dengan transfer melalui ATM atau SMS banking. Pembelian dengan cara semacam ini dianggap lebih efektif dan efisien, karena hanya dalam hitungan menit saja tiket yang kita inginkan sudah ada di tangan. Itulah mengapa cara pembelian dan pembayaran semacam ini banyak dipilih oleh pengguna jasa transportasi.

3. Perekonomian Suatu Negara Semakin Meningkat

Globalisasi ekonomi tampak antara lain pada bidang perdagangan, produksi, investasi, ideologi organisasi, pasar modal dan pasar kerja. Globalisasi perekonomian ini mampu membawa banyak manfaat positif.

Salah satu dampak positif kehadiran globalisasi ekonomi adalah semakin berkembang dan menggeliatnya perekonomian sebuah negara. Hal ini salah satunya karena semakin banyak modal yang masuk ke sebuah negara. Indonesia juga menjadi salah satu sasaran dunia internasional sebagai tempat terbaik untuk berinvestasi, terutama untuk sektor pertambangan, pertanian dan industri.

4. Meningkatnya Taraf Hidup Masyarakat

Meningkatnya perekonomian suatu negara pada akhirnya dapat membuat peningkatan taraf hidup masyarakat. Keadaan seperti ini akan membuat negara semakin aman, damai, dan tentram karena bisa menurunkan tingkat kriminalitas di negara tersebut seperti pencurian, pembunuhan, korupsi, dan lainnya.

5. Komunikasi Semakin Cepat dan Mudah

Dahulu, mungkin orang tua kita membutuhkan waktu lama untuk berkomunikasi dengan kerabat atau sahabat yang berada di wilayah atau di negara lain. Media yang digunakan berkomunikasi saat itu melalui media surat-menyurat.

Tetapi saat ini komonukasi sudah bergeser diantaranya dengan surat elektronik (e-mail), internet, telepon, media jejaring sosial, dan sebagainya. Saat ini media komunikasi tersebut lebih disukai masyarakat karena dianggap lebih cepat dan murah. Dalam hitungan detik pesan kita sudah tersampaikan.

6. Berkembangnya Dunia Pariwisata

Globalisasi berdampak positif bagi perkembangan dunia pariwisata di suatu negara, tak terkecuali di Indonesia. Tempat-tempat wisata di Indonesia semakin dikenal masyarakat dunia lewat berbagai teknologi seperti internet dan media sosial lainnya.

Kesenjangan jarak tidak lagi menjadi masalah karena didukung dengan kemudahan sesama transportasi. Selain itu penyebaran informasi melalui media internet atau aplikasi smartphone menjadikan tempat-tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan dengan mudah diketahui orang lain. Sehingga mereka kemudian tertarik untuk berkunjung pula di tempat tersebut.

7. Perkembangan Alat Komunikasi dan Keterbukaan Informasi

Berkembangnya alat komunikasi karena globalisasi semakin mempermudah kehidupan. Saat ini media komunikasi tersebut lebih disukai masyarakat karena dianggap lebih cepat dan murah. Dalam hitungan detik pesan kita sudah tersampaikan. Pemanfaatan teknologi ini membawa banyak keuntungan bagi masyarakat seperti kemudahan dalam melakukan berbagai kegiatan dan sebagainya.

Hadirnya internet juga semakin mempermudah masyarakat, seperti untuk menyaksikan berita, membaca artikel maupun koran secara online, atau mengunduh berbagai informasi, gambar, video dari internet. Selain itu keterbukaan dan kebebasan informasi sangatlah penting, terutama di masa globalisasi seperti sekarang ini.

Saat ini informasi beredar secara global dan cepat. Berita, kejadian, atau hal-hal yang ada di belahan dunia mana pun, dalam hitungan menit setelah peristiwa terjadi dapat kita peroleh informasinya. Informasi yang masuk dan keluar tidak bisa dibendung, akses informasi semakin terbuka lebar, masyarakat dapat mendapatkan berbagai informasi dengan mudah dan cepat.

Ada 16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi.

Sosiologi Info
– Apa saja Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK(Ilmu Pengetahuan dan teknologi)di Bidang Ekonomi yang ada di kehidupan masyarakat sehari hari ?

Nah untuk menjawabnya mari simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini mengenai topik diatas, yuk baca dengan seksama.


Sekilas Memahami Kemajuan Iptek di Masyarakat

Semakin berkembangnya zaman di era digital ini telah memberikan kehidupan yang baru bagi keberlangsungan masyarakat itu sendiri.

Berbagai kemudahan akses dan fasilitas yang diberikan dalam menunjang kegiatan masyarakat saat era digital kian pesat.

Serta semakin dibutuhkan oleh banyak bidang dan aspek kehidupan. Sebut saja dalam bidang ekonomi. Dimana dapat memberikan kemudahan untuk melakukan jual beli.


Baca Juga :11 Sikap Selektif Terhadap Pengaruh IPTEK di Bidang Ekonomi, Contohnya

Bertransaksi, serta melakukan pengiriman dan pengelolaan produk untuk dijual dalam pasar baik lokal, nasional maupun secara global atau luas di masyarakat dunia.

Namun, tanpa kita sadari, ternyata kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, telah memberikan dampak kepada keberlangsungan masyarakat itu.

Apa saja dampak yang timbul akibat terjadinya kemajuan iptek ? Simak penjelasan dan ulasan singkatnya dibawah ini ya.


Dampak Kemajuan atau Perkembangan Iptek di Bidang Ekonomi

Ada beberapa dampak yang bisa kita lihat dalam kehidupan masyarakat perihal kemajuan dari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terutama pada bidang ekonomi, yaitu :


Dampak Positif

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung tanpa kita sadari telah memberikan dampak baik terhadap kemajuan bidang ekonomi, yaitu :

1. Dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat dengan seluas luasnya

2. Dimana pertumbuhan ekonomi suatu negara akan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan atau masuknya investasi di negara tersebut. Misalnya saja contoh di Indonesia sendiri.

3. Adanya penambahan atau membentuk suatu keterampilan baru dan pengetahuan baru yang dimiliki oleh setiap orang dalam persaingan di dunia industri dan ekonomi di masyarakat.

4. Semakin marak dan berkembangnya dunia digital dengan adanya internet banking, sms banking di perbankan.

Dan muncul banyak star-up jualan online atau e-commerce di Indonesia, sebut saja Shopee, Bukalapak, dan banyak lagi.

5. Nah dimana pada produktivitas dunia industri semakin meningkat perkembangan teknologi, maka akan meningkatkan kemampuan produktivitas dalam dunia industri itu sendiri.

6. Dapat memberikan kemudahan dalam pendistribusian barang dagangan, dimana bisa dikirim keseluruh daerah yang membutuhkan produk tersebut.

Dengan inilah dapat mempercepat distribusi barang, serta dapat dengan cepat produk barang yang dikirim sampai kepada tangan konsumen.

Kamu bisa lihat lah kita bisa dengan mudah membeli barang dari luar negeri, dan sampai di Indonesia, begitu juga dalam pendistribusian barang dari daerah ke daerah lainnya.

7. Memudahkan konsumsen atau pembeli dalam mencari dan menemukan kebutuhan yang diinginkan dalam pemenuhan kebutuhan sehari harinya di dalam keluarga.

Maupun dalam lingkungan luas di masyarakat di kehidupan sehari harinya. Jadi lebih mudah, fleksibel dan praktis.

8. Akan dapat memberikan dan menambah nilai guna suatu barang yang akan diperjual belikan kepada masyarakat secara luas.

Tidak hanya barang atau produk saja, melainkan bisa juga dalam hal jasa juga bisa dilakukan dan ditambah nilai guna serta manfaatnya.


Dampak Negatif

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung tanpa kita sadari telah memberikan dampak buruk atau negatif terhadap kemajuan bidang ekonomi, yaitu :

1. Tentu akan ada aksi tipu dan menipu yang dilakukan secara online kepada konsumen saat jual beli atau pun dalam transaksi.

Dimana hal ini akan memberikan kerugian tersendiri bagi setiap pihak yang bersangkutan. Misalnya deh teman teman lihat dalam arisan online yang bodong.

Penipuan investasi online, dan masih banyak lagi kasus yang merugikan banyak orang dalam ekonomi yang sering terjadi di masyarakat.

2. Akan membuat terjadinya pengangguran yang terjadi pada tenaga kerja yang tidak memiliki keterampilan baru.

Atau kualifikasi tertentu yang dibutuhkan perusahaan atau dunia industri tersebut. Nah dengan demikian, jika seseorang tidak dapat menyesuaikan kebutuhan.

Dan peluang dalam perekonomian, maka ini akan menjadi bencana serius khususnya meningkatkan pengangguran di Indonesia.

3. Kemudian, semakin meningkatnya budaya dan sifat konsumtif yang ada di dalam kehidupan masyarakat.

Dimana hal ini sebagai akibat dari ketatnya kompetisi di era global. Sebut saja termakan gengsi yang tinggi.

Sehingga sering boros, membeli barang yang tidak dibutuhkan, dan kebanyakan ingin hal hal yang cepat dan instan dalam mencari jalan pintas.

4. Akan muncul banyak tempat judi baru yang dilakukan secara online tanpa harus datang ke lokasi atau tempat perjudian.

5. Terjadinya resistensi saat melakukan transaksi online oleh sebagian masyarakat. Apalagi bagi warga yang awam.

Mereka akan merasakan ketakutan akan pembayaran yang telah dilakukan, apakah barang akan dikirim dan sampai di lokasinya.

6. Semakin menipis atau berkurangnya sumber daya alam yang ada di setiap negara karena terus dilakukan eksplotiasi. Sebut saja seperti tambah, migas, batubara, dan sejenisnya.

7. Menimbulkan banyak polusi dan pencemaran lingkungan akibat asap pubrik dan limbah pubrik yang dibuang di sungai atau laut.

Yang tentunya akan membuat habitat terganggu dan bisa membuat punah habitat tertentu karena terus dicemari lingkungan yang tidak sehat lagi.

8. Sering terjadi suatu pembobolan yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab dan merugikan masyarakat itu sendiri.

Misalnya saja kejahatan cyber, bisa membobol rekening online milik nasabah atau mengambil dan mencuri uang secara online dilakukan oleh oknum.

Yang mana ia pandai dalam melakukan kejahatan cyber tersebut. Akibat adanya kemajuan Iptek tersebut di masyarakat.

Nah itulah sekilas penjelasan dan pembahasan mengenai topik materi tentang
16 Dampak Positif dan Negatif Kemajuan IPTEK di Bidang Ekonomi.

Sumber Referensi Bacaan :

http://repositori.kemdikbud.go.id

Kemajuan iptek dan globalisasi banyak membawa pengaruh positif di bidang ekonomi diantaranya yaitu

Posted by: pskji.org