Tata cara wirid setelah sholat tahajud

Tata cara wirid setelah sholat tahajud

Dzikir dan Doa setelah Sholat Tahajud



Dzikir

dan doa sesudah sholat tahajud sebaiknya selalu diamalkan agar lebih dekat kepada Allah SWT. Sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir. Meskipun termasuk sholat sunnah, namun sholat tahajud memiliki banyak keutamaan.


Keutamaan sholat tahajud antara lain menentramkan hati dan pikiran, doa akan dikabulkan Allah SWT, mengangkat derajat, dan lain sebagainya. Saat melaksanakan sholat tahajud, jangan lupa untuk membaca dzikir dan doa setelah sholat. Berikut ini bacaan dzikir dan

doa

yang bisa diamalkan setelah sholat.

Dzikir dan Doa Setelah Melaksanakan Sholat Tahajud



“Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atûbu ilaih”.


Arti dari bacaan dzikir tersebut yaitu “Saya memohon kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Hidup dan Berdiri dan saya bertobat kepada-Nya.”


Setelah itu, lanjutkan dengan membaca dzikir kedua yaitu:

“Allahumma Anta Robbi, Laa Ilaaha Illa Anta, Khalaqtani wa ana abduKa, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, Audzubika min syarri maa shona’tu, Abu’u laka bi ni’matiKa ‘alaiyya wa abu’u laKa bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa Anta.”


Arti dari bacaan dzikir tersebut yaitu “Ya Allah! Engkaulah Rabbku, Tak ada Tuhan yang berhak disembah selainMu, Engkaulah Yang menciptakanku, dan aku adalah hambaMu, aku berada di atas ikatan dan janjiMu selama aku mampu, aku berlindung kepadaMu dari kejahatan yang aku perbuat, aku mengakui kepadaMu dosa-dosaku, maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”


Setelah membaca dzikir, lanjutkan dengan membaca doa setelah

sholat tahajud
. Ada pun bacaan doa yang bisa diamalkan yaitu:

“Allaahumma Lakal Hamdu Anta Qayyimussamaa Waati Wal Ardi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Malikus Samaa Waati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Anta Nuurus Samaawaati Wal Ardhi Wa Man Fiihinna. Wa Lakal Hamdu Antal Haqqu, Wa Wa’dukal Haqqu, Wa Liqaa’uka Haqqun, Wa Qauluka Haqqun, Wal Jannatu Haqqun, Wannaaru Haqqun, Wannabiyyuuna Haqqun, Wa Muhammadun Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama Haqqun Wassaa’atu Haqqun.”


Setelah selesai melaksanakan sholat, jangan lupa untuk selalu membaca dzikir dan doa sesudah sholat tahajud. Dengan selalu mengamalkan dzikir dan doa setelah sholat, tentu semakin membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. (ANG)

Sholat tahajud merupakan salah satu amalan shalih umat muslim dalam menjalankan ibadah sholat. Salah satunya shalat sunnah tahajud. Dilakukan saat malam hari, adapun dalam hal ini doa sholat serta doa setelah shalat tahajud wajib kamu pahami.

Doa selesai sholat tahajud menjadi sebuah pelengkap yang menyempurnakan. Terbiasa menunaikan sholat di sepertiga malam, bahkan disebut dengan predikat orang yang shalih. Meski sholat tahajud hukumnya sunnah, namun Nabi Muhammad SAW menganjurkannya sebagai ibadah utama setelah sholat fardhu lima waktu.

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra. Bahwasannya Rasulullah SAW pernah ditanya, “Apakah sholat yang lebih utama sesudah sholat lima waktu?” Beliau menjawab, ‘Sholat malam’,” (HR. Muslim).

Bahkan dalam kitab suci Alquran, Allah SWT berfirman memerintahkan sholat malam.

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji,” (QS. al-Isra/17:79).

Mengingat keistimewaan sholat tahajud, alangkah baiknya sebagai umat Islam melengkapinya dengan doa dan zikir. Selain itu, memahami makna di setiap doa setelah sholat tahajud, akan menambah khusyuk dan khidmat dalam beribadah.

Berikut ini doa setelah sholat tahajud lengkap dengan zikir, serta keutamaanya seperti

Selesai salam, disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar. Mengingat segala kebaikan Allah SWT melalui serangkaian zikir. Setidaknya 100 kali.

  • Tasbih: Subhanallah (سبحان الله), artinya Maha Suci Allah.
  • Tahmid: Alhamdulillah (الحمد لله), artinya Segala Puji Bagi Allah.
  • Takbir: Allahu Akbar (الله أكبر), artinya Allah Maha Besar.
  • Istighfar pendek: Astaghfirullah, artinya, aku mohon ampun kepada Allah.

Dapat ditambahkan dengan sayyidul istighfar, yang kerap dilantunkan oleh Rasulullah SAW, seperti yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

“Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.”

Artinya: Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

Waktu Sholat Tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam, minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktu sholat tahajud sejak setelah sholat Isya hingga terbit fajar. Waktu sholat tahajud terbagi menjadi tiga, sesuai keutamaannya, yakni:

1. Waktu utama : sepertiga malam pertama, kira-kira dari jam 7 malam atau sesudah sholat Isya sampai dengan jam 10 malam.

2. Waktu lebih utama : sepertiga malam kedua, kira-kira dari jam 10 malam sampai jam 1 pagi.

3. Waktu yang paling utama : sepertiga malam yang ketiga, kira-kira dari jam 1 pagi hingga masuk waktu sholat Shubuh.






Tata cara wirid setelah sholat tahajud

Posted by: pskji.org