4 sebutkan keterampilan gerak atau teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket

4 sebutkan keterampilan gerak atau teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket

Lihat Foto

Penyerang Manchester United Cristiano Ronaldo (kanan) mencetak gol ketiga timnya pada laga Grup F Liga Champions antara Man United vs Atalanta di Stadion Old Trafford di Manchester pada 20 Oktober 2021.

KOMPAS.com
– Pegiat maupun pesepak bola wajib memahami dan mampu menerapkan teknik dasar sepak bola.

Tujuan teknik dasar sepak bola adalah agar dapat memainkan permainan tersebut sehingga terciptanya gol.

Apa saja teknik dasar dalam permainan sepak bola? Jawabannya adalah menggiring (dribble), menghentikan (control) bola, mengumpan (passing), menembak (shooting), menyundul (heading), dan merebut bola (tackling).

Teknik dasar dalam permainan sepak bola perlu dipahami dan dikuasai setiap pemain, termasuk penjaga gawang.

Baca juga: 6 Cara Mengontrol Bola dalam Sepak Bola

Penjelasan masing-masing teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain sepak bola, seperti dikutip dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) oleh Ketut Chandra Adinata Kusuma

Menggiring bola (Dribbling)

Upaya setiap pemain membawa bola sepanjang wilayah permainan untuk menyerang atau bertahan, disebut sebagai menggiring (dribbling).

Bentuk keterampilan dasar menggiring bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, luar, maupun punggung kaki seorang pemain.

Gerakan menggiring bola menggunakan salah satu bagian kaki tersebut, mempunyai kelemahan serta keuntungan tersendiri bagi seorang pemain di lapangan.

Baca juga: Tugas Wasit Cadangan dalam Sepak Bola

Tujuan menggiring bola dalam permainan sepak bola adalah mendekati ke arah sasaran (gawang), melewati lawan, ancang-ancang sebelum menembak (shooting).

Menghentikan bola (Control)

Teknik gerakan menghentikan bola menjadi teknik dasar dalam permainan sepak bola, yang dapat dilakukan dengan sejumlah bagian tubuh kecuali lengan hingga tangan bagi seorang pemain non-kiper.

Kendati demikian, ada aturan main yang harus Anda patuhi saat berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang. Misalnya, kaki pemain yang tengah menguasai bola harus selalu menapak lantai (pivot), kecuali ketika sedang menembak (shooting), mengoper (passing), atau menggiring bola (dribbling).

Bagaimana caranya?

Bola basket merupakan salah satu olahraga yang populer sejak puluhan tahun lalu. Kalau Sobat tertarik untuk mempelajari olahraga yang satu ini, sebaiknya pelajari teknik dasar permainan bola basket
terlebih dahulu.

Dalam bola basket terdapat teknik dasar meliputi catching dan passing, dribbling, shooting dan pivot. Supaya lebih jelas, sebaiknya baca penjelasan berikut ini sampai habis.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Dalam olahraga bola basket dikenal 8 teknik dasar dan lanjutan. Berikut ini penjelasan yang bisa Sobat simak supaya bisa memahami teori permainan bola basket.

  • Teknik paling dasar dalam permainan bola basket adalah passing (mengoper) dan catching (menerima) bola dari rekan satu tim. Untuk melakukan teknik ini, Sobat membutuhkan seorang partner.

    Ketika akan melakukan passing atau mengoper, letakkan bola sejajar dengan dada Sobat. Gunakan telapak tangan untuk memegang bola basket. Kemudian tolak bola tersebut ke arah depan sampai tangan Sobat lurus.

    Posisi akhir dari gerakan ini adalah kedua tangan lurus dengan telapak tangan saling bertolak belakang.

    Sementara untuk menerima bola dari kawan atau melakukan catching, Sobat harus membaca arah bola. Setelah itu, tangkap bola dengan kedua telapak tangan.

    Gerakan passing dan catching ini harus dilakukan dalam waktu yang sangat cepat. Jika tidak cekatan, bola mungkin saja direbut oleh lawan.

  • Dribbling merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut gerakan menggiring bola dalam olahraga basket. Untuk menggiring bola, Sobat harus memantulkannya di lantai sambil berjalan atau berlari dengan cepat.

    Dalam melakukan dribbling, Sobat hanya boleh menggunakan satu tangan. Mengganti tangan diperbolehkan ketika dribbling, namun tak diperkenankan untuk menggiring bola dengan dua tangan sekaligus.

    Teknik menggiring bola dibagi menjadi dua jenis yaitu dribbling rendah dan tinggi. Untuk dribbling rendah, pantulan bola hanya sebatas lutut pemain. Jika pantulan bola lebih tinggi dari itu, maka disebut sebagai dribbling tinggi.

    Hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan dribbling adalah melihat ke arah depan dan mengontrol bola dengan baik. Jagalah bola tersebut jangan sampai direbut oleh pemain tim lawan.

  • Poin dalam permainan basket diperoleh dengan memasukkan bola ke ring di daerah lawan. Oleh karena itu, teknik menembak bola ke ring atau shooting wajib untuk dikuasai. Shooting bisa dilakukan dengan satu atau dua tangan.

    Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika shooting. Pertama, dribbling bola ke arah ring sambil mengunci target. Setelah itu, angkat badan Sobat dengan gerakan melompat dan tembakkan bola ke arah ring.

    Untuk melakukan tembakan, Sobat tak harus berada di dekat ring. Sobat juga bisa melakukan tembakan jarak jauh, namun tekniknya hampir sama. Sobat hanya perlu menyesuaikan target dengan posisi Sobat saat ini.

    Poin 1 diberikan ketika Sobat menembakkan bola ke ring dari jarak dekat. Sementara tembakan jarak jauh yang berhasil masuk ring akan diganjar 3 poin.

  • Teknik dasar permainan bola basket yang berikutnya adalah pivot atau gerakan memutar. Tujuan dari gerakan ini adalah menyelamatkan bola dari upaya lawan untuk merebutnya.

    Untuk melakukan teknik ini, caranya sangat sederhana. Pegang bola dengan kedua tangan, bungkukkan badanmu sedikit untuk melindungi bola. Kemudian gunakan salah satu kaki untuk melakukan gerakan memutar menghindari lawan.

    Gerakan pivot biasanya dilakukan berurutan dengan tiga teknik lainnya, yaitu passing atau mengoper, menggiring bola, lalu menembakkannya ke ring.

  • Ketika melakukan shooting, tidak semua tembakan bisa masuk di ring. Sebagian tembakan mungkin saja gagal karena memantul. Hal ini bisa menjadi celah lawan untuk merebut bola dari tim Sobat. Supaya hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya Sobat juga mempelajari teknik rebound.

    Cara melakukan gerakan rebound juga sangat sederhana. Perhatikan bola ketika akan ditembakkan ke ring oleh Sobat, teman satu tim, maupun lawan main. Ambil ancang-ancang untuk berjaga apabila bola tersebut memantul. Begitu bola memantul, melompatlah kemudian raih bola tersebut.

    Gerakan rebound dibagi menjadi dua jenis, yaitu offensive rebound dan defensive rebound. Ketika Sobat mengambil bola yang ditembakkan oleh lawan, hal ini disebut sebagai defensive rebound. Biasanya, gerakan ini dilanjutkan dengan serangan balik.

    Sedangkan offensive rebound dilakukan ketika ada bola yang tidak berhasil ditembakkan ke ring oleh pemain satu tim.

  • Slam dunk adalah salah satu jenis variasi gerakan shooting yang sudah Sobat pelajari sebelumnya. Perbedaannya ada pada posisi tubuh ketika menembakkan bola ke ring. Ketika melakukan gerakan slam dunk, posisi tubuh benar-benar melayang, kaki pemain juga biasanya sedikit ditekuk.

    Untuk melakukan gerakan slam dunk, bungkukkan badan Sobat untuk mengambil ancang-ancang lompatan. Perhatikan pula target ring yang ada di depan. Setelah itu melompatlah setinggi mungkin dan lakukan gerakan shooting dengan satu tangan.

    Gerakan slam dunk terbagi menjadi beberapa variasi berikut ini:

    • Walking in the air (berjalan di udara)
    • Alloy-ops
    • 360 degree dunk
    • Tip dunk
    • Back dunk
    • Crossover dunk
  • Teknik yang ketujuh dalam bola basket adalah screen. Teknik ini digunakan untuk melindungi teman satu tim dari upaya intervensi lawan. Ada dua tahap yang perlu Sobat lakukan ketika melakukan screen.

    Pertama, Sobat harus menggunakan dua atau satu tangan untuk memblokir gerakan lawan mendekati teman satu tim Sobat. Setelah itu, Sobat harus membuka atau memberikan jalan kepada pemain yang Sobat lindungi tadi.

    Dengan upaya kerja sama seperti ini, bukan mustahil tim Sobat menguasai permainan dan memenangkan pertandingan.

  • Hampir sama seperti slam dunk, lay up juga merupakan salah satu variasi gerakan dari shooting atau menembakkan bola ke arah ring lawan. Jika ingin melakukan lay up, ikuti langkah-langkah berikut ini.

    • Pertama, giring bola mendekati ring lawan.
    • Setelah itu, ambil dua langkah maju mendekati ring sambil membawa bola di tangan.
    • Tembakkan bola ke ring dari jarak yang sangat dekat dengan sedikit mengangkat badan, namun tidak sampai melakukan lompatan.

Tingkatkan Kemampuan dengan Menonton NBA

Mempelajari sesuatu tidak hanya cukup dari teori. Sobat juga perlu melihat contoh secara langsung kemudian mempraktikkannya.

Setelah mempelajari teori dari teknik dasar bermain bola basket di atas, sebaiknya Sobat juga mencontoh teknik tersebut dari pemain profesional. Untuk melihat bagaimana permainan para pemain profesional, cobalah untuk menyaksikan mereka berlaga di pertandingan NBA.

Tayangan tersebut bisa Sobat nikmati dengan berlangganan paket minipack IndiBasketball dari IndiHome. Dengan berlangganan add-on tersebut, Sobat bisa menikmati tayangan NBA TV dan NBA TV HD.

Kalau Sobat sudah berlangganan IndiHome sebelumnya, Sobat bisa langsung berlangganan add-on tersebut. Biayanya juga sangat murah, hanya Rp15.000 per bulan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, nonton NBA TV sekarang juga!

Amati permainan yang ada di tayangan tersebut dengan seksama. Perhatikan setiap detail gerakan dan teknik dasar permainan bola basket yang mereka lakukan. Setelah itu, Sobat bisa mempraktikkannya sendiri di rumah. Jangan mudah menyerah, ya.


Page 2

Hobi apa yang sering Anda tekuni saat berada di rumah?

Salah satu hobi menyenangkan yang digandrungi banyak orang sejak pandemi berlangsung adalah berkebun. Merawat tanaman hias tak hanya membuat Anda merasa rileks tetapi juga bisa mempercantik suasana rumah. Jenis-jenis tanaman hias juga sangat beragam sehingga Anda bebas memilih berdasarkan minat, ukuran, maupun manfaatnya.

Jangan resah dulu bila lahan rumah Anda terbilang sempit untuk berkebun. Anda masih bisa menyiasatinya dengan membuat vertical garden atau taman mungil di teras rumah. Jenis-jenis tanaman hias berikut ini dapat mempercantik teras dan memberikan kesan asri di rumah Anda.

Lidah Mertua

Tanaman dengan nama latin Sansevieria sangat populer karena bentuknya unik dan perawatannya sangat mudah. Warnanya pun beragam, ada yang berwarna hijau tua dan ada pula yang warna hijaunya lebih muda dan dilengkapi aksen kuning di bagian tepinya. Anda tak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman lidah mertua yang kelebihan air justru rentan membusuk. Itulah sebabnya jenis tanaman hias ini cocok bagi Anda yang kerap meninggalkan rumah selama beberapa hari, karena tidak gampang mati.

Scindapsus

Jenis tanaman rambat ini lebih dikenal dengan sebutan sirih gading. Ciri khasnya adalah bentuk daun menyerupai daun sirih dengan aksen warna kuning dan hijau. Batangnya cukup tebal dan tidak mudah patah. Cara merawat Scindapsus juga relatif mudah sehingga tidak menyita banyak waktu dan biaya.

Rumput Swiss

Varian rumput hias yang satu ini sangat memesona karena teksturnya halus dan penampilannya sangat cantik. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu untuk merawat rumput ini karena rumput swiss bisa tumbuh maksimal bila kelembapannya terjaga dengan baik dan diberi pupuk secara teratur. Di samping itu, Anda juga wajib mencabuti rumput liar di sekitarnya supaya pertumbuhan rumput swiss tidak terganggu.

Lipstick Plant

Bunga lipstik tampak istimewa karena bentuknya yang memanjang dengan warna merah merekah, persis seperti lipstik. Warnanya yang mencolok memang sangat unik dan menarik perhatian. Cara hidup lipstick plant mirip dengan anggrek, yaitu menempel pada pohon besar dan batangnya bisa tumbuh merambat. Anda harus memiliki media tanam berupa pohon besar di teras rumah bila ingin memelihara lipstick plant.

Sutra Bombai

Pernah melihat jenis rumput yang menghasilkan bunga warna-warni?

Sebenarnya jenis tanaman tersebut bukan rumput biasa, melainkan jenis perdu liar yang disebut sutra bombai. Berbeda dengan rumput biasa, sutra bombai bisa menghasilkan aneka bunga warna-warni yang merekah dari pagi hingga jam 2 siang. Proses perawatan sutra bombai tidak rumit dan daya tahannya tinggi karena bisa bertahan di segala cuaca.

Mandevilla

Semarak warna Mandevilla kerap membuat orang tertarik menanamnya. Di antara jenis-jenis tanaman hias lainnya, Mandevilla memang terkesan mencolok karena bunganya berukuran besar dan berwarna-warni. Warna bunga Mandevilla sangat variatif, mulai dari putih, kuning, merah, hingga merah muda. Kadang kala, sulur Mandevilla tak bisa langsung melekat erat pada pagar. Anda harus meluangkan waktu ekstra untuk mengikat sulurnya di pagar supaya arah pertumbuhannya lebih teratur.

Morning Glory

Teras rumah yang tidak terlalu luas cocok dipadukan dengan tanaman morning glory. Tanaman ini memiliki bentuk batang yang ramping sehingga tidak menimbulkan kesan sempit. Bunga morning glory berbentuk terompet dengan variasi warna menarik, yaitu putih, merah muda, biru keunguan, dan magenta. Pertumbuhan morning glory tergolong pesat bila sudah beradaptasi secara baik dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda meluangkan lebih banyak waktu untuk menata tanaman morning glory agar penyebarannya lebih teratur.

Bambu Rejeki

Tanaman hias berikutnya yang cocok melengkapi teras berukuran minimalis adalah bambu rejeki atau bambu hoki. Bentuknya sangat unik karena berukuran mungil seperti miniatur bambu. Konon katanya, memelihara bambu rejeki dapat mendatangkan keberuntungan bagi pemilik rumah. Kalau Anda ingin tanaman bambu rejeki kesayangan terlihat menarik, jangan malas memangkas daunnya secara teratur supaya bagian batangnya dapat terlihat dengan jelas.

Bougainvillea

Bougainvillea jelas bukan tanaman yang asing bagi pencinta flora. Tanaman rambat ini sangat digemari karena mudah dirawat dan cepat berbunga. Warna bunganya juga beraneka ragam, mulai dari putih, merah, orange, hingga pink. Bagian berwarna-warni dari Bougenvillea sebenarnya merupakan daun yang mengalami proses modifikasi sehingga warnanya lebih istimewa dan terkesan seperti bunga.

Sirih

Banyak orang menanam sirih karena manfaatnya baik untuk kesehatan. Apalagi proses menanam sirih juga sangat mudah tanpa membutuhkan perawatan khusus. Anda bisa membuat minuman dari air rebusan sirih untuk meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, pohon sirih yang rimbun juga efektif menyempurnakan nuansa teras rumah. Warna hijaunya yang pekat pun akan memanjakan mata dan memperkuat kesan asri.

Sirih Merah

Jika Anda sudah menanam sirih di teras, tak ada salahnya kalau Anda juga menanam sirih merah. Penampilan sirih merah tak kalah istimewa karena warna daunnya yang kemerahan dengan urat-urat daun berwarna putih. Perawatannya juga tergolong praktis dan tidak berbeda dengan tanaman sirih biasa. Lakukan penyiraman 2 kali sehari dan pemberian pupuk seminggu sekali supaya sirih merah tumbuh subur di teras rumah.

Flame of Irian

(Melati Irian)

Ciri khas Melati Irian adalah warna bunganya yang merah menyala mirip kobaran api. Selain Melati Irian, tanaman rambat ini juga kerap dikenal dengan sebutan Kuku Macan, Anggrek Irian, atau Bunga Api Irian. Jika dirawat secara intensif, Melati Irian akan menghasilkan banyak bunga yang mempercantik teras rumah Anda.

Dollar Plant

Tanaman hias dollar disukai karena bentuk daunnya yang unik dan akarnya kokoh. Sebaiknya Anda menyiapkan dinding teras dengan finishing kasar kalau ingin menanam tanaman rambat ini. Selain bentuk daunnya yang unik, dollar plant juga memiliki bunga menarik berwarna putih. Karakteristik daunnya yang rimbun cocok untuk menyejukkan teras rumah.

Coral Vine

(Air Mata Pengantin)

Tanaman Air Mata Pengantin juga tak kalah diminati di Indonesia sebagai penghias teras rumah. Bentuk bunganya unik dan warnanya menyegarkan mata. Sedangkan daunnya agak menyerupai daun sirih karena bentuknya sama-sama lebar. Tanaman air mata pengantin yang digunakan untuk pemanis hunian sangat cocok dipadukan dengan desain teras bergaya oriental.

Fortunella

(Buah Kumkuat)

Bila Anda ingin merawat tanaman buah di teras, ada Fortunella atau buah kumkuat yang bisa jadi solusinya. Di Indonesia, buah kumkuat dikenal dengan nama jeruk kalamansi. Ukuran pohonnya lebih pendek dibandingkan jenis pohon jeruk lain tetapi bisa menghasilkan buah dalam jumlah banyak. Uniknya lagi, tanaman ini tak hanya berfungsi untuk menyejukkan teras rumah karena ternyata buahnya juga bisa dimakan.

Cari Tips Merawat Tanaman Hias dengan Dukungan Paket Promo Melalui Platform Digital IndiHome

Sekarang, Anda dapat membeli bibit tanaman hias atau mencari tips-tips seputar perawatan tanaman melalui internet. Agar proses belanja atau pencarian informasi berlangsung praktis dan cepat, jangan lupa mengandalkan dukungan Paket Promo Melalui Platform Digital IndiHome.

Sebagai salah satu penyedia layanan digital terkemuka di tanah air, IndiHome berkomitmen mendukung aktivitas mobile masyarakat Indonesia melalui aneka promo menarik. Anda bebas memilih berbagai promo, misalnya Paket 2P (Internet+Phone) serta Paket 3P (Internet+TV+Phone) dalam promo melalui platform digital IndiHome yang rincian fasilitasnya bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Di samping itu, Anda juga bisa menambahkan aneka layanan add-on menarik yang Anda inginkan. Berkomunikasi, mencari informasi, atau menikmati hiburan digital jadi semakin mudah sejak IndiHome hadir di tengah keluarga Anda.

4 sebutkan keterampilan gerak atau teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola basket

Posted by: pskji.org