Berikut merupakan Permasalahan yang ditimbulkan dari keragaman ekonomi kecuali

Berikut merupakan Permasalahan yang ditimbulkan dari keragaman ekonomi kecuali

Lihat Foto

Ilustrasi pasar tradisional

KOMPAS.com– Keberagaman ekonomi adalah kondisi masyarakat yang memiliki perbedaan tingkat atau taraf ekonomi. Keberagaman ini bisa dilihat beraneka jenis pekerjaan yang dilakukan masyarakat.

Keadaan ekonomi yang beragam sangat dipengaruhi oleh letak geografis. Contohnya jika tinggal di daerah pantai maka pekerjaannya sebagai nelayan atau penjual ikan.

Jenis keberagaman ekonomi

Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ada delapan jenis keberagaman ekonomi di Indonesia, yaitu:

Indonesia adalah negara agraris yang memungkinkan masyarakatnya bisa menanam berbagai jenis tanaman. Hal ini juga membuat masyarakat Indonesia banyak yang berprofesi sebagai petani.

Contoh hasil tani yang banyak diproduksi di Indonesia adalah padi, ubi, tembakau, cengkeh, jagung, dan masih banyak lagi.

Ada dua jenis perkebunan di Indonesia, yakni perkebunan rakyat yang dikelola masyarakat serta perkebunan besar yang dikelola pemerintah.

Baca juga: Strategi Pembangunan Ekonomi

Untuk perkebunan rakyat biasanya untuk dikonsumsi sendiri atau dijual ke pedagang lainnya. Sedangkan perkebunan besar biasanya ditujukan untuk kegiatan ekspor impor.

Contoh hasil perkebunan di Indonesia adalah karet, kelapa sawit, tebu, kopi dan lain sebagainya.

Keberagaman ekonomi di Indonesia juga bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang bekerja sebagai peternak. Contohnya adalah peternak unggas, peternak sapi dan lain sebagainya.

Ada tiga jensi peternakan di Indonesia, yakni peternakan hewan besar (contohnya sapi dan kerbau), peternakan hewan kecil (contohnya babi dan kambing), serta peternakan unggas (contohnya ayam dan bebek).

Selain negara agraris, Indonesia juga kaya akan sumber daya lautnya. Banyak masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai nelayan atau budidaya tambak.

Hutan di Indonesia juga sering dimanfaatkan untuk berbagai keperluan ekonomi. Misalnya hutan jati yang batang pohonnya digunakan untuk pembuatan lemari kayu, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Keturunan pada F2 yang memiliki sifat bertelur banyak berbadan kurus dengan genotip heterozigot

Ilustrasi Industri. Pembahan PKN Kelas 9 SMP Uji Kompetensi Bab 5 Halaman 145: Jelaskan Permasalahan yang Muncul dalam Keberagaman Ekonomi! /Pexels/andrea piacquadio

PORTAL PEKALONGAN
– Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi. Adik-adik akan memahami materi dalam pembahasan kunci jawaban PKN kelas 9 SMP halaman 145 146 pada Uji Kompetensi Bab 5.

Pertanyaan tentang Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi, akan kita pelajari dalam pembahasan kunci jawaban PKN kelas 9 SMP pada halaman 145 146 Uji Kompetensi Bab 5.

Pokok bahasan kunci jawaban PKN kelas 9 SMP yang bersumber dari buku paket PPKN kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Kemendikbud ini, akan mengulas tentang Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi.

Contoh kunci jawaban PKN kelas 9 SMP ini sebagai referensi untuk belajar. Jadi, sebelum melihat kunci jawaban, sebaiknya adik-adik mencoba mengerjakan sendiri dulu. Dapat juga bertanya kepada orang tua.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Kelas 9 SMP/MTs Halaman 150 Tugas Mandiri 6.1: Perjuangan Bangsa Indonesia Zaman Penjajahan

2. Jelaskan permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi!

>

Jawaban:

Permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi yaitu:

a. Menimbulkan kecemburuan sosial, karena perbedaan taraf ekonomi.

b. Terjadinya kemiskinan.

Sumber: Buku PPKN Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Asked by wiki @ 03/08/2021 in
PPKn
viewed by 19974 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in
PPKn
viewed by 17712 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in
PPKn
viewed by 14479 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in
PPKn
viewed by 14171 persons

Asked by wiki @ 31/08/2021 in
PPKn
viewed by 13517 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in
PPKn
viewed by 12749 persons

Asked by wiki @ 31/08/2021 in
PPKn
viewed by 12131 persons

Baca Juga :   Sebutkan lima usulan yang disampaikan oleh Mr. Soepomo tentang dasar negara itu

Asked by wiki @ 12/08/2021 in
PPKn
viewed by 11994 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in
PPKn
viewed by 4678 persons

Asked by wiki @ 14/08/2021 in
PPKn
viewed by 3495 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in
PPKn
viewed by 3328 persons

Asked by wiki @ 23/08/2021 in
PPKn
viewed by 3249 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in
PPKn
viewed by 3077 persons

Asked by wiki @ 23/08/2021 in
PPKn
viewed by 2903 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in
PPKn
viewed by 2843 persons

JAKARTA –
Permasalahan yang muncul dalam
keberagaman ekonomi

biasanya disebabkan akibat adanya ketidakseimbangan antara pendapatan dengan pengeluaran. Sehingga, saat hendak memenuhi kebutuhan hidupnya tidak dapat terpenuhi.

Ada beberapa
permasalahan
yang muncul akibat dari keberagaman ekonomi, antara lain:

Pengangguran dan keterbatasan lapangan kerja

Pengangguran merupakan masalah serius yang sedang dialami oleh pemerintah. Apalagi selama pandemi Covid-19 ini, banyak yang kehilangan pekerjaan akibat pemutusan hubungan kerja (PHK).

Penyebab pengangguran karena ketimpangan pada jumlah angkatan kerja yang tersedia dengan lowongan pekerjaan.

Baca juga: 10 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Kemiskinan serta Pemerataan Distribusi Pendapatan

Kemiskinan terjadi akibat tidak mampunya seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasarnya baik pangan, sandang dan juga papan. Serta tempat perlindungan, pendidikan dan kesehatan.

Baca juga: Harmoni dalam Keberagaman Sosial, Budaya, Ekonomi dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika

Ketika ada kemiskinan, berpeluang meningkatnya angka kriminalitas. Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Karena ketika orang terdesak kebutuhan, sementara dia tidak memiliki pekerjaan, maka jalan pintas yang diambil adalah melakukan perbuatan melanggar hukum seperti mencuri.

Kecemburuan Sosial Dalam Masyarakat

Kecemburuan sosial yang terjadi di masyarakat berawal dari kesenjangan ekonomi. Ada istilah saat ini yang begitu populer yakni ‘Yang Kaya Makin Kaya, Yang Miskin Makin Miskin’. Bagi kaum borjuis, mungkin minim dalam menghadapi persoalan keuangan seperti tidak punya uang atau tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :   Faktor dibawah ini yang bukan merupakan faktor pendorong terciptanya integrasi nasional adalah

Namun bagi saudara-saudara kita yang hidup di bawah garis kemiskinan, sangat terasa sekali permasalahan kelaparan, sakit dan tidak memiliki tempat tinggal. Dari kecemburuan sosial tersebut menyebabkan tingkat kerukunan sesama menjadi berkurang.

Saat kerukunan berkurang besar kemungkinan konflik antar sesama pun terjadi. Karena masyarakat pra sejahtera berusaha untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Korut Siap Luncurkan Satelit ke Luar Angkasa, Berharap Bisa Atasi Kelaparan dan Masalah Ekonomi

Kesenjangan Penghasilan

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa kesenjangan penghasilan cukup berbahaya.

Kenapa berbahaya? Karena nantinya akan muncul konflik. Masyarakat berpenghasilan rendah berusaha mencari dengan cara apapun agar tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Diprediksi Cerai karena Uang, Barbie Kumalasari: Enggak Akan Pernah

Oleh sebab itu diperlukan kepekaan terhadap sesama. Saling membantu agar dapat memenuhi kebutuhan hidup satu dengan yang lain. Dengan begitu kesenjangan penghasilan akan menurun dan secara otomatis konflik bisa ditekan.

Empat permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonomi harus sama-sama kita tanggulangi. Agar kita dapat hidup harmonis dalam bermasyarakat dan juga bernegara.

  • #Kesenjangan Ekonomi
  • #
    permasalahan yang muncul dalam keberagaman ekonom

Berikut merupakan Permasalahan yang ditimbulkan dari keragaman ekonomi kecuali

Posted by: pskji.org