Mengapa kertas termasuk jenis benda Nonmagnetis?

Mengapa kertas termasuk jenis benda Nonmagnetis?

Home » Kelas VI » Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis

Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia saat ini, karena sifatnya yang mampu menarik logam sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet dapat di gunakan dalam membuat motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya. Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetis dan yang tidak dapat di tarik disebut dengan nonmagnetis. Kebanyakan benda magnetis adalah logam, namun tidak semua logam dapat di tarik oleh magnet. Saat logan ditarik oleh magnet, maka logam tersebut akan dipertahankan oleh magnet agar terus menempel padanya. Benda magnetis adalah benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur magnet atau logam yang dapat berinteraksi dengan magnet. Bahan – bahan magnetis memiliki kekuatan menempel yang berbeda – beda. Kebanyakan bahan ini adalah logam. Benda nonmagnetis adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Bahan nonmagnetis tidak dapat ditarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berhubungan dengan magnet. Kebanyakan bahan ini adalah bahan nonlogam, contohnya adalah plastik. Perhatikan benda-benda di bawah ini.

Amati gambar di atas. Apakah kamu bisa memprediksi yang akan terjadi jika benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

No. Nama Benda Prediksi
Ditarik Tidak Ditarik
1 Pensil
2 Peniti
3 Penghapus
4 Paku
5 Penjepit Kertas
6 Sisir
7. Gunting
8 Batu
9 Kayu
10 Daun
11 Karet Gelang
12 Kaca

Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis
Alat dan bahan : – Magnet – Pensil – Peniti – Karet gelang – Paku – Penjepit kertas – Sisir – Gunting – Batu – kayu – Daun – Kertas

– Kaca

Langkah-langkah :
  1. Ambil magnet
  2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian
  3. Amati apa yang terjadi
  4. Catat hasil pengamatan pada tabel
Hasil Percobaan :
  1. Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan kaca tidak bisa ditarik oleh magnet.
  2. Peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting dapat ditarik oleh magnet.
Kesimpulan : Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan kaca termasuk benda nonmagnetis karena tidak bisa ditarik oleh magnet, sedangkan peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting termasuk benda magnetis karena dapat ditarik oleh magnet.
Baca Juga :   Perbandingan pertumbuhan ekonomi indonesia dan vietnam


Posted by Nanang_Ajim

Mikirbae.com Updated at: 12:54 PM

Benda non magnetik adalah benda yang terbuat bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Kebanyakan bahan ini adalah bahan non logam, contohnya adalah plastik, kayu, kaca, aluminium dan karet.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Benda nonmagnetis
adalah benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Benda nonmagnetis dapat terbuat dari logam atau nonlogam. Contoh benda-benda nonmagnetis adalah plastik, kayu, kapur, gelas, kertas dan daun.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

KABARPANDEGLANG.COM –
Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia dikala ini, sebab sifatnya yang mampu menarik logam sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet dapat di gunakan dalam menciptakan motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya.

Tidak semua benda dapat ditarik oleh magnet, benda yang mampu ditarik oleh magnet disebut benda magnetis dan yang tidak dapat di tarik disebut dengan nonmagnetis.

Kebanyakan benda magnetis yaitu logam, namun tidak semua logam dapat di tarik oleh magnet. Saat logan ditarik oleh magnet, maka logam tersebut akan dipertahankan oleh magnet biar terus menempel padanya.

Benda magnetis ialah benda-benda yang terbuat dari bahan-materi yang mengandung unsur magnet atau logam yang mampu berinteraksi dengan magnet. Bahan – materi magnetis memiliki kekuatan melekat yang berbeda – beda. Kebanyakan bahan ini adalah logam.

Baca Juga :
Proses Mendesain Poster Dengan Tangan

Benda nonmagnetis adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak mampu ditarik oleh magnet. Bahan nonmagnetis tidak mampu ditarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berafiliasi dengan magnet. Kebanyakan materi ini ialah materi nonlogam, misalnya yaitu plastik. Perhatikan benda-benda di bawah ini.

Amati gambar di atas.
Apakah kau mampu memprediksi yang akan terjadi kalau benda-benda tersebut didekatkan ke magnet. Tuliskan prediksimu pada tabel berikut.

No. Nama Benda Prediksi
Ditarik Tidak Ditarik
1 Pensil
2 Peniti
3 Penghapus
4 Paku
5 Penjepit Kertas
6 Sisir
7. Gunting
8 Batu
9 Kayu
10 Daun
11 Karet Gelang
12 Kaca
Baca Juga :   Gerak Imitatif Merupakan Gerakan Tarian Yang

Baca Juga :
Menlu Hillary Clinton Promosikan Angklung Ke Dunia

Laporan Percobaan Benda Magnetis dan Nonmagnetis
Tujuan Percobaan : Mengidentifikasi benda magnetis dan nonmagnetis
Alat dan materi : – Magnet – Pensil – Peniti – Karet gelang – Paku – Penjepit kertas – Sisir – Gunting – Batu – kayu – Daun – Kertas

– Kaca

Langkah-langkah :
  1. Ambil magnet
  2. Dekatkan magnet ke benda-benda yang tersedia secara bergantian
  3. Amati apa yang terjadi
  4. Catat hasil pengamatan pada tabel
Hasil Percobaan :
  1. Pensil, karet gelang, sisir, batu, kayu, dan kertas, dan beling tidak bisa ditarik oleh magnet.
  2. Peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting dapat ditarik oleh magnet.
Kesimpulan : Pensil, karet gelang, sisir, kerikil, kayu, dan kertas, dan beling termasuk benda nonmagnetis sebab tidak bisa ditarik oleh magnet, sedangkan peniti, paku, penjepit kertas, dan gunting termasuk benda magnetis alasannya adalah mampu ditarik oleh magnet.

Baca Juga :
Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Terima kasih telah membaca artikel di website
kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan
https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/,
Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Magnetis merupakan sifat magnet yang mampu menarik sesuatu benda tertentu. Sementara untuk non magnetis adalah kebalikan dari magnetis, di mana ia tidak dapat menarik sesuatu benda karena tidak adanya sifat magnet di dalamnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, magnet banyak digunakan sebagai penunjang kehidupan.Misalnya saja yang terdapat pada motor listrik, pembangkit listrik, dan lain sebagainya.

Baik benda dengan sifat magnetis dan non magnetis, keduanya memiliki peran penting yang dapat membantu kemudahan hidup banyak orang.

Lantas, apa saja
contoh benda magnetis dan contoh benda non magnetis? Berikut
Popmama.com
telah merangkum informasinya. Bisa jadi pembelajaran untuk anak-anak di rumah, Ma!

1. Apa itu magnetis dan non magnetis?

Pixabay/pithonius-301639

Sebelum mengetahui contoh benda magnetis dan non magnetis. Yuk, kita cari tahu pengertian lebih jelas mengenai sifat benda magnetis dan juga non magnetis.

Sesuai dengan namanya, magnetis merupakan sesuatu yang memiliki sifat magnet di dalamnya. Sehingga benda tersebutmemiliki kekuatan untuk mudah menarik suatu benda tertentu.Kekuatan tarik-menarik benda tertentu ini dinamakan sebagai gaya magnet.

Baca Juga :   Buatlah gambar Wiring Diagram Sistem Pengapian yang menggunakan DC CDI

Kebalikan dari magnetis, non magnetis berarti tidak memiliki sifat magnet. Artinya, benda non magnetis tidak memiliki kekuatan untuk dapat menarik suatu benda tertentu yang ada di sekitarnya.

  1. Manfaat Gelatin untuk Kesehatan Anak, Bukan Cuma Agar-Agar
  2. Seperti Apa Tahapan Puber Anak Laki-Laki?
  3. 7 Fakta Musik yang Unik dan Menarik, Beri Tahu Anak Yuk!

2. Contoh benda magnetis

Freepik/jannoon028

Sesuai dengan namanya yakni magnetis, benda-benda yang sifatnya magnetis mengandung unsur magnet seperti logam. Sehingga nantinya benda tersebut dapat menarik benda tertentu yang ada di sekitarnya.

Adapun benda magnetis sendiri terbagi dalam tiga jenis magnet, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Feromagnetik

Benda dengan sifat feromagnetik merupakan benda yang ditarik kuat oleh magnet. Adapun contohnya banyak dijumpai seperti besi, baja, kobalt, dan nikel.

  • Paramagnetik

Selanjutnya benda paramagnetik, artinya yakni benda yang ditarik lemah oleh magnet yangkuat. Contoh benda paramagnetik sendiri di antaranya seperti aluminium, tembaga, dan platina.

  • Diamagnetik

Terakhir ada diamagnetik yang merupakanbenda menolak magnet. Contohnya seperti seng, bismuth, dan natrium klorida.

Dari ketiga sifat magnetis di atas, contoh benda-benda yang bisa anak jumpai dalam kehidupan sehari-hari di antaranya seperti sendok dan garpu besi, penggaris besi, jarum, palu, paku, gunting, mur, obeng, dan baut.

3. Contoh benda non magnetis

Freepik/jcomp

Kebalikan dari benda magnetis, benda-benda non magnetis merupakan benda yang sifatnya tidak memiliki magnet sehingga tidak dapat menarik/ditarik, artinya ditolak oleh magnet.

Jika benda magnetis terbuat dari bahan logam, tidak dengan benda non magnetis yang terbuat dari bahan non logam. Contohnya seperti karet, plastik, dan kayu.

Ada pun contoh benda non magnetis yang bisa anak temui di sekitarnya adalah buku, pensil, kertas, penghapus, sisir, baju, gayung, sandal atau sepatu, tas, tisu, handuk, bantal, guling, danlain sebagainya.

Itu tadi beberapa contoh benda magnetis dan non magnetis yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Semoga informasi di atas dapat menjadi pembelajaran baru bagi anak-anak di rumah ya, Ma!

Baca juga:

  • 8 Hewan Paling Pintar di Dunia
  • Raksasa Bangsa Aves, Inilah 9 Jenis Burung Terbesar di Dunia
  • Penyebab Anak 6 Tahun Belum Bisa Calistung, Apa yang Mereka Butuhkan?

Mengapa kertas termasuk jenis benda Nonmagnetis?

Posted by: pskji.org