Apa saja akibat yang ditimbulkan dari interaksi manusia dengan lingkungan alam di sekitarnya?

Apa saja akibat yang ditimbulkan dari interaksi manusia dengan lingkungan alam di sekitarnya?

Aktivitas manusia dapat menyebabkan pencemaran (polusi) lingkungan. Salah satunya pencemaran udara. Penyebab polusi di udara akibat aktivitas manusia antara lain asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap rokok, dan pembakaran sampah. Oleh karena itu, dampak negatif interaksi manusia dengan lingkungan salah satunya adalah terjadi pencemaran udara.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Ilustrasi Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam yang Berdampak Negatif. Sumber: pexels.com



Alam

menyediakan banyak kebutuhan untuk manusia, yaitu untuk sandang, papan, dan pangan. Oleh karena itu manusia sangat bergantung dengan alam. Interaksi manusia dengan alam ada yang positif dan negatif.


Interaksi manusia dengan alam yang berdampak positif antara lain dengan menjaga kebersihan lingkungan dan kelestarian alam. Sedangkan interaksi manusia dengan alam yang berdampak negatif antara lain adalah pemakaian sumber daya alam secara berlebihan, pencemaran lingkungan, dan perusakan lingkungan alam yang menyebabkan hilangnya habitat hewan langka sehingga hewan-hewan tersebut punah.


Selanjutnya, kita akan menyimak seperti apa interaksi manusia dengan alam yang berdampak negatif tersebut dalam artikel berikut ini.

Contoh Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alam yang Berdampak Negatif.


Berikut ini adalah

contoh-contoh

interaksi manusia dengan lingkungan alam yang harus kita hindari karena berdampak negatif dan berpotensi merusak lingkungan.


Penebangan pohon secara berlebihan menyebabkan hilangnya hutan. Hal ini menyebabkan habisnya cadangan oksigen untuk manusia dan hilangnya habitat dan sumber makanan untuk hewan-hewan yang tinggal di dalamnya, sehingga dampaknya hewan-hewan langka menjadi punah dan tidak adanya udara bersih untuk bernapas. Selain itu penebangan hutan secara berlebihan akan menyebabkan banjir dan tanah longsor.


Bukan hanya hutan, eksploitasi sumber daya lain juga memiliki potensi merusak alam. Oleh karena itu kita harus memperhatikan menggunakan sumber daya alam secukupnya tidak dengan berlebihan.


Polusi atau pencemaran udara terjadi karena banyaknya kendaraan di perkotaan. Asap kendaraan menyebabkan udara menjadi keruh dan tidak sehat untuk dihirup. Kebakaran hutan juga menjadi penyebab polusi udara. Asap dari kebakaran hutan menyebabkan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan jadi kesulitan bernapas karena udara yang tidak sehat untuk dihirup. Asap dari corong pabrik industri juga menjadi penyebab polusi asap ini.

contoh interaksi manusia dengan lingkungan alam yang berdampak negatif, sumber foto: Marek Piwnicki via https://unsplash.com/


Sungai adalah sumber air untuk keperluan hidup masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Namun, sering ditemui banyak sungai yang airnya tercemar.

Pencemaran sungai

terjadi karena adanya limbah industri dari pabrik yang masuk ke air sungai. Dampaknya adalah, sungai menjadi beracun karena terkontaminasi bahan-bahan kimia dari limbah sehingga jika dikonsumsi atau dipakai manusia akan menimbulkan penyakit dan jika diminum hewan di sekitarnya juga akan menyebabkan hewan tersebut mati, berbahaya juga untuk ikan-ikan yang berada di sungai tersebut.


Pencemaran sungai juga bisa terjadi akibat masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sungai sehingga sungai menjadi kotor. Pembuangan sampah secara sembarangan di sungai juga dapat menyebabkan bencana banjir. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam membuang sampah, sebisa mungkin membuang sampah di tempatnya atau lebih baik lagi jika kita belajar mengolah atau mendaur ulang sampah.


Itulah contoh-contoh interaksi manusia dengan alam yang berdampak negatif untuk kita hindari. Mari kita bersama-sama jaga

lingkungan

alam di sekitar kita karena lingkungan alam yang terjaga akan memberikan dampak positif bagi kita.(IND)

Baca Juga :   Top 11 gamis anak 11 tahun kekinian jotol terbaik 2022

Hai sobat bloggers, pada pembelajaran sebelumnya Kalian sudah belajar tentang hubungan manusia dengan lingkungan alam serta hak-hak seorang siswa. Kali ini, kita akan mulai mempelajari materi Kelas 5 Tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 mengenai pengaruh negatif interaksi manusia dengan lingkungannya serta kewajiban seorang siswa. Apakah sobat bloggers sudah mengetahui pengaruh negatif interaksi manusia dengan lingkungannya dan apa saja kewajiban seorang siswa? Nah supaya dapat memahami materi tersebut, Yuk kita simak materinya bersama-sama.

Pernahkah kamu melihat gambar di atas? Gambar tersebut merupakan pesan kepada masyarakat dalam bentuk papan iklan layanan masyarakat. Papan iklan tersebut, merupakan salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak. Pesan atau informasi apa saja yang kamu dapatkan dari papan iklan tersebut? Pernahkah kamu melihat papan iklan serupa?

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Halaman 39

Ayo Mengamati

Perhatikanlah gambar-gambar berikut ini!

Apa yang dapat kamu ceritakan tentang gambar-gambar di atas? Apakah kamu pernah menemuinya di lingkungan tempat tinggalmu? Bagaimana pendapatmu terhadap gambar tersebut? Menurutmu, hal-hal apa sajakah yang menyebabkan hal itu terjadi? Bagaimana hubungan atau interaksi manusia terhadap lingkungan yang tampak dari gambar tersebut?

Baca Juga
Bacaan Sekolah yang Sehat Kelas 3 Tema 4

Ayo Membaca


Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Dari alam manusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan alamnya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia memelihara alam sedemikian rupa, agar dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tetapi, tidak semua interaksi manusia dengan alam berdampak baik bagi alam. Perilaku masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan misalnya, dapat merusak lingkungan alam di sekitarnya. Membuang sampah di sungai dan di laut, dapat merusak makhluk hidup lain yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya dapat membahayakan manusia sendiri.

Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik, juga dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya. Contohnya, terjadi banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah dari kegiatan manusia merupakan salah satu contohnya. Demikian juga dengan bencana tanah longsor, disebabkan karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai. Kebakaran hutan karena kecerobohan manusia pun, menyebabkan kerusakan dan kerugian yang sangat besar.


Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut!

1. Dapatkah manusia hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya? Mengapa?

Jawaban:
Tidak dapat karenamanusia memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya dari alam.

2. Jelaskanlah dua atau tiga contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang terjadi di sekitarmu!

Jawaban:


Kegiatan petani menanam benih padi di sawah.

– Penggembala bebek yang sedang menggiring bebeknya untuk mencari makan.

– Kegiatan menyebar benih ikan di sungai.

3. Sebutkan dan jelaskan contoh interaksi manusia dengan lingkungan alamnya yang merugikan manusia dan lingkungannya!

Jawaban:
Membuang sampah sembarangan menyebabkan banjir, menebang pohon sembarangan menyebabkan tanah longsor dan banjir.

4. Apa saja akibat interaksi negatif manusia terhadap lingkungan alamnya? Jelaskan!

Jawaban:
Banjir karena saluran air yang terganggu oleh sampah, tanah longsor yang terjadi karena manusia sering menebang pohon di tanah yang landai, kebakaran hutan karena kecerobohan manusia.

Baca Juga :   Perbedaan sistem rekrutmen outsourcing dan leasing

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Halaman 41

Ayo Menulis

Berdasarkan bacaan di atas, gunakan diagram berikut untuk menjelaskan apa yang telah kamu baca.

 Jelaskan dan tuliskanlah pemahamanmu pada setiap paragraf bacaan tersebut. Lalu tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf yang kamu anggap penting.

(Jawaban di bawah diagram)

Jawaban:

Judul bacaan: Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungan Alamnya

Baca Juga
Twibbon HUT Kabupaten Bantaeng ke-767 Tahun 2021

Paragraf 1: Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Manusia harus memelihara alam supaya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Kata kunci paragraf 1: lingkungan alam, pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kebutuhan manusia, makhluk hidup

Paragraf 2: Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab dapat merusak lingkungan sekitar. Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dapat membahayakan manusia.

Kata kunci paragraf 2: interaksi, alam, perilaku masyarakat, membuang sampah sembarangan, dampak baik, lingkungan alam

Paragraf 3: Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik  dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya, seperti banjir dan tanah longsor.

Kata kunci paragraf 3: interaksi, lingkungan, bencana, banjir, saluran air, sampah, tanah longsor, menebang pohon, tanah yang landai, kebakaran hutan, kecerobohan

Setelah melakukan kegiatan di atas, ceritakanlah kembali apa yang kamu ketahui tentang bacaan di atas dalam sebuah paragraf.

Tuliskanlah penjelasanmu di bawah ini dengan menggunakan kata-kata baku yang tepat.

Jawaban:

Manusia tidak dapat hidup tanpa mengandalkan lingkungan alamnya. Manusia harus memelihara alam supaya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan manusia dan makhluk hidup lainnya. Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab dapat merusak lingkungan sekitar. Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dapat membahayakan manusia sendiri. Interaksi manusia dengan lingkungan yang kurang baik  dapat menyebabkan beberapa bencana yang merugikan manusia dan lingkungannya, seperti banjir dan tanah longsor.

Dalam kelompok yang terdiri atas empat orang, tunjukkanlah hasil pekerjaanmu satu sama lain. Apakah teman-temanmu menceritakan hal yang sama pada setiap paragraf bacaan di atas? Mengapa?

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Halaman 42

Ayo Mengamati

Perhatikanlah masyakarat di sekitar tempat tinggalmu!

Lakukanlah kegiatan berikut untuk mengamati interaksi masyarakat di sekitarmu terhadap lingkungan alam dan pengaruh negatifnya. Gunakan tabel berikut untuk membantumu!

Jawaban:

Bentuk Kegiatan Interaksi Pengaruh Negatif yang Terjadi Usaha untuk Memperbaiki
Membuang sampah sembarangan di saluran pembuangan menghambat aliran air dan dapat menyebabkan banjir Membersihkan sampah yang ada di saluran pembuangan dan tidak membuang sampah sembarangan lagi
Menebang pohon di tanah yang landai dapat terjadi bencana tanah longsor tebang pilih tanaman dan reboisasi atau menanami Kembali dengan pohon baru.
Membuang limbah rumah tangga di sungai mencemari sungai dan membunuh makhluk hidup yang tinggal di sungai membuat tempat pembuangan limbah
Merawat tanaman menggunakan pupuk kimia secara terus menerus tanah menjadi rusak dan kurang subur menggunakan pupuk organik dan herbal

Perlihatkanlah hasil pengamatanmu kepada teman dalam kelompokmu. Presentasikanlah hasil temuanmu di dalam kelompok. Jawablah pertanyaan yang diberikan temanmu terhadap hasil presentasimu. Berikan juga tanggapan atas pekerjaan temanmu yang lain.

Baca Juga
Gotong Royong Modal Dasar Pembangunan Kelas 5


Tuliskanlah kesimpulan yang kamu dapatkan dari kegiatan ini!

Jawaban:

Baca Juga :   Perlukah menyisipkan majas dalam membuat puisi jelaskan alasanmu?

Kesimpulanku:
Perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab dapat merusak lingkungan sekitar. Kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dapat membahayakan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Apakah yang kamu rasakan jika sekolahmu dipenuhi dengan sarana belajar yang kotor, penuh coretan, dan rusak? Demikian juga dengan dinding sekolah yang penuh coretan, buku siswa yang sobek-sobek, kamar mandi sekolah yang kotor, dan bangku-bangku kelas yang penuh dengan tulisan-tulisan. Kamu tentu sedih dan prihatin, karena dengan demikian kamu tidak dapat belajar dengan baik.

Salah satu hak siswa adalah mendapatkan pendidikan yang layak. Tetapi pada saat yang sama siswa juga mempunyai kewajiban untuk menjaga sarana pendidikan agar haknya terpenuhi. Jika siswa tidak melakukan kewajiban tersebut, maka sarana belajarnya akan rusak sehingga kegiatan belajar akan terganggu.

Apakah yang dimaksud dengan kewajiban? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kewajiban berasal dari kata wajib yang berarti harus dilakukan atau diamalkan. Sehingga kewajiban adalah sesuatu  yang wajib dilaksanakan. Kewajiban merupakan sesuatu yang harus dilakukan untuk menjamin haknya terpenuhi.

Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia, wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan Negara melalui undang-undang. Semua kewajiban ini, harus dilakukan untuk menjamin seorang siswa mendapatkan haknya. Seorang siswa berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Maka kewajiban siswa, antara lain menaati peraturan yang berhubungan dengan pendidikan, misalnya menaati peraturan sekolah.

Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungannya Halaman 45

Ayo Berdiskusi

Sebagai warga negara dan anggota masyarakat, kita perlu mengetahui hak dan kewajiban kita. Sebelumnya kamu telah mengetahui hak-hakmu sebagai siswa dan sebagai seorang anak.

Bersama dengan teman sebangkumu, gunakan tabel di bawah ini, untuk menentukan hak-hakmu sebagai siswa. Setelah itu, kamu dapat menentukan kewajibanmu untuk mendapatkan hak-hakmu.

Jawaban:

Hakmu sebagai Siswa di Sekolah Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah
Mendapat Pendidikan dari bapak/ibu guru Menaati peraturan sekolah
Mendapatkan fasilitas belajar Belajar dengan tekun
Mengembangkan bakat dan minat Melaksanakan kegiatan piket kelas
Hakmu sebagai Anak di Rumah Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah
Mendapat kasih sayang orang tua Menaati peraturan keluarga
Menonton televisi setelah belajar Berbakti kepada kedua orang tua
Mendapat masakan yang lezat dari Ibu Merapikan tempat tidur

Presentasikanlah hasil diskusimu di dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat orang. Buatlah beberapa pertanyaan tentang presentasi yang dibuat teman-teman di dalam kelompokmu. Catatlah beberapa hal yang kamu anggap penting.

Lalu, buatlah kesimpulan tentang makna kewajiban dari hasil diskusimu.

Jawaban:

Kesimpulanku:
Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh setiap orang. Kewajiban dilaksanakan terlebih dahulu, setelah itu baru memperoleh hak.


Kesimpulan

Demikian pembahasan materi kita pada Artikel Bacaan Pengaruh Negatif Interaksi Manusia dengan Lingkungannya yang dapat kalian temukan pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Subtema 1 Pembelajaran 4. Agar Sobat bloggers dapat lebih memahami materi ini, Kalian dapat mengamati secara langsung berbagai interaksi manusia yang menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan alam. Mintalah bantuan kepada kedua orang tua tercinta Kalian untuk membantu Kalian mengamati peristiwa tersebut di lingkungan tempat tinggalmu. Dan jangan lupa, tuliskan hasilnya pada buku tulis kalian ya! Semoga Bermanfaat dan persiapkan diri kalian mempelajari materi pembelajar berikutnya ya!

Apa saja akibat yang ditimbulkan dari interaksi manusia dengan lingkungan alam di sekitarnya?

Posted by: pskji.org