Bagaimana cara menanam kaktus dengan baik agar tumbuh dengan subur

Bagaimana cara menanam kaktus dengan baik agar tumbuh dengan subur


Ladiestory.id
– Menanam tanaman kaktus memang gampang-gampang susah. Bagi sebagian orang berpendapat merawat kaktus adalah hal mudah karena kaktus bersifat kuat. Tapi, kaktus mini yang biasa kita dapat dari souvenir pernikahan tidak dapat selamanya bertahan hidup subur.

Bagi kamu yang hendak merawat kaktus mini, berikut cara merawat kaktus mini agar tetap hidup serta tumbuh subur.

Cara Merawat Kaktus Mini

Berikut cara yang bisa kamu terapkan saat merawat kaktus mini.

Baca Juga : 5 Tips Rawat Bunga Krisan agar Tumbuh Subur dan Mekar Sempurna

1. Menyiram dengan Rutin

Foto: shutterstock

Tidak jadi masalah bila kaktus karena tanaman kaktus juga dapat hidup di tanah kering. Tapi akan jadi masalah besar bila kamu tidak pernah menyiramnya sama sekali.

Kaktus akan menarik cadangan air dari tubuhnya, dan bila hal itu terjadi terus menerus, maka kelamaan kaktus tidak dapat tumbuh subur, bahkan akan mati. Karena itu kamu perlu setidaknya 3 hari sekali untuk menyiram kaktus.

2. Mendapatkan Cukup Cahaya

Pastikan kaktus mini mendapatkan cahaya yang cukup, untuk itu sebaiknya kamu letakan tanaman kaktus di dekat jendela dengan menghadap ke arah selatan dan barat. Pastikan juga kaktus mendapatkan setidaknya 6 jam sinar matahari setiap harinya.

Baca Juga : Butuh Perawatan, 5 Tips Siram Tanaman agar Tidak Mudah Mati

3. Letakan Pot yang Memiliki Lubang Drainase

Wadah atau pot kaktus mini harus yang memiliki lubang drainase untuk memungkinkan kelebihan air keluar. Ingat, kaktus tidak suka terlalu basah dan tergenang air. Hal ini bisa menyebabkan batangnya membusuk.

4. Jangan Gunakan Semprotan untuk Menyiram Kaktus

Foto: Ladiestory.id

Menyiram kaktus dengan botol semprot dapat menyebabkan akar rapuh dan jamur pada daunnya. Untuk itu siram air ke tanah, bukan daunnya. Saat kamu melihat tanah dalam keadaan kering, rendam hingga air mengalir keluar dari lubang drainase di dasar pot.

5. Gunakan Pot Besar

Kaktus yang ditempatkan dalam pot berdiameter 10 sentimeter atau kurang dari ukuran cangkir kopi atau lebih kecil justru akan lebih sulit bertahan hidup daripada kaktus di wadah yang lebih besar.

Hal ini karena jumlah tanah yang terbatas. Kaktus di pot kecil mengering jauh lebih cepat dibanding kaktus yang hidup di pot lebih besar.

6. Siram Lebih Banyak Kaktus pada Musim Kemarau

Jika kamu meletakkan kaktus mini di jendela saat musim kemarau, tanah kemungkinan besar akan mengering dalam hitungan hari. Jadi, meletakan kaktus dekat jendela pada musim kemarau dan sirami kaktus lebih banyak pada musim ini.

Baca Juga :   Sebutkan perbedaan ikatan ion ikatan kovalen dan ikatan logam

7. Gunakan Tanah dengan Drainase yang Baik

Foto: shutterstock

Jangan pernah menanam kaktus pada tanah yang biasa digunakan untuk tanaman tropis. Tanaman kaktus membutuhkan tanah yang mengalirkan air dengan cepat, bukan menahannya.

Cari media tanam untuk kaktus atau kamu dapat membuatnya sendiri dengan memastikan tanah dicampur dengan pasir, batu apung, atau perlit.

Itulah 7 cara merawat tanaman kaktus yang benar agar tumbuh subur dan tidak mudah mati. Semoga bermanfaat.

Pot berisi tanaman kaktus. /Pixabay/Milada Vigerova

PORTAL JEMBER
– Kaktus merupakan tanaman yang memiliki ciri khas berupa daun berbentuk duri, memiliki batang yang berdaging dan berair, dan beberapa memiliki rambut berbulu.

Ciri khas ini membuat kaktus lebih menarik dan banyak diminati oleh penggemar tanaman hias.

Kaktus dapat hidup dengan pasokan air yang sangat minim dan tumbuh subur di daerah kering seperti gurun.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Adanya Potensi Tsunami di 8 Wilayah Ini, Ketinggian Gelombang Hingga 4 Meter

Di antara jenis yang paling populer adalah kaktus centong, kaktus koboi, kaktus noto, dan masih banyak lagi.

>

Berikut adalah tips merawat tanaman kaktus dengan baik agar tumbuh subur dan tetap menarik.

1. Tentukan Jenis Kaktus yang Akan Ditanam

Ketika hendak membeli kaktus, pastikan terlebih dahulu jenis kaktus yang akan ditanam dengan menanyakannya ke toko bunga.

Baca Juga: 5 Tanda Jantung Lemah, Mulai dari Sering Batuk, Mudah Lupa hingga Sakit Kepala

Mengetahui cara menanam kaktus adalah hal yang sangat penting untuk Anda yang ingin melakukan budidaya karena akan berpengaruh pada hasil yang didapatkan.

Pinhome
– Dulu, kaktus hanya dikenal sebagai tumbuhan berduri yang konon katanya banyak tumbuh di gurun pasir. Karakteristik kaktus yang berduri menjadikan orang-orang enggan menanamnya. Namun, kini cara pandang tersebut sudah berbeda dan kaktus menjadi tanaman hias yang menarik di rumah.

Baca Juga:

Cara Menanam Kaktus Sederhana

(unsplash.com)

Kaktus bisa menjadi tanaman hias yang tepat untuk dikembangkan. Selain indah, cara perawatan tanaman ini juga sangat mudah dan sama sekali tidak merepotkan.

Pemahaman terkait cara menanam kaktus menjadi hal yang mendasar ketika Anda ingin memulai untuk menanam pohon ini. Cara tanam yang benar tentu saja akan membuat bercocok tanam tidak hanya mengasyikkan, namun juga memberikan hasil yang terjamin.

Perlu diketahui bahwa meskipun perawatan kaktus bisa dibilang cukup mudah dan sederhana, namun tetap saja ada beberapa cara menumbuhkan benih dan cara merawat pohon ini agar tumbuh subur. Nah, detail inilah yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Baca Juga :   Berapa lama baterai samsung a51 bertahan

(thehijau.com)

Sebelum bergerak untuk menanam jenis kaktus yang Anda inginkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan media tanam. Ini adalah langkah yang cukup krusial dan tentu saja sangat berpengaruh pada bagaimana kaktus nantinya akan tumbuh.

Berbincang tentang media tanam untuk kaktus, ada beberapa alternatif dan komposisi campuran untuk dipilih. Adapun beberapa pilihan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1:1:1
  • Campuran kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1
  • Campuran tanah, pupuk organik dan pasir dengan perbandingan 4:1:1
  • Campuran pupuk kandang, sekam padi dan pasir dengan perbandingan 3:2:1.

Nah, beberapa campuran di atas bisa menjadi ide tentang bagaimana Anda membuat media tanam. Sebagaimana cara menanam daun bawang, cobalah untuk mempersiapkan media tanam ini dengan baik dan sempurna. Gunakan centong sebagai alat mengukur perbandingan.

Baca Juga:

Menanam Kaktus Menggunakan Cara Generatif

(fatasama.com)

Kaktus merupakan tanaman yang bisa dikembangkan dengan cara generatif. Jika Anda ingin budidaya sukulen dengan cara ini, maka Anda perlu menggunakan biji tertentu yang telah melalui proses seleksi sebelum dikembangkan menjadi bibit kaktus yang tumbuh.

Nah, untuk cara ini, Anda bisa mendapatkan biji kaktus tersebut pada tanaman yang sudah dimiliki sebelumnya. Ambil biji tersebut lalu kemudian proses dan kembangkan menjadi tanaman kaktus yang baru dalam polybag yang sudah disiapkan.

Baca Juga:

Menanam Kaktus Menggunakan Cara Vegetatif

(tanamanku.com)

Selain cara generatif, pengembangan kaktus juga bisa dilakukan dengan menggunakan cara vegetatif. Ini adalah salah satu cara yang cukup disarankan untuk dilakukan karena akan membuat pohon kaktus cenderung lebih mudah tumbuh.

Nah, salah satu cara vegetatif yang bisa dilakukan adalah teknik anakan. Adapun rincian teknik pengembangan kaktus anakan dengan baik dan benar yang bisa Anda tiru adalah sebagai berikut:

  • Pilih kaktus yang Anda ingin tanam dengan varietas unggulan. Seperti halnya bibit kacang hijau, bibit kaktus juga akan berpengaruh pada hasil tumbuh kaktus tersebut
  • Jika sudah, ambil busa atau kertas yang bisa menutup bagian tubas.
  • Tanaman yang sudah ditutup tadi kemudian dipisahkan dengan cara dipotong perlahan. Pastikan Anda menggunakan pisau yang tajam untuk memotong tunas ini.
  • Jika sudah, siapkan pot lengkap dengan media tanam yang ingin Anda gunakan untuk menanam kaktus mini tersebut.
  • Isi pot atau polybag dengan tanah dan pupuk. Pemupukan ini bertujuan untuk memastikan nutrisi tanah terkandung dengan baik.
  • Tanam kaktus pada media tersebut dan tempatkan kaktus pada posisi yang teduh dan juga terlindung dari sinar matahari secara langsung.
  • Lakukan perawatan pada tanaman kaktus hingga nantinya tumbuh dan siap dimanfaatkan.
Baca Juga :   Untuk melengkapi kekurangan unsur hara dalam tanah perlu penambahan

Sebagaimana cara mencangkok tanaman, cara mencangkok kaktus dengan teknik anakan ini akan menghasilkan tanaman kaktus yang memiliki sifat sama seperti induknya. Oleh karena itu, cara ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda terapkan.

Baca Juga:

Perawatan Pada Kaktus

(harpersbazaar.co.id)

Sama halnya dengan tanaman lainnya, kaktus koboi juga perlu mendapatkan perawatan yang tepat. Perawatan tersebut nantinya akan membantu kaktus tumbuh dengan maksimal dan tentu saja sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Nah, ada beberapa hal yang cukup krusial tentang perawatan pada kaktus hias tersebut meskipun secara umum mudah dilakukan. Adapun beberapa cara perawatan kaktus yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Penempatan pot atau polybag yang digunakan untuk menanam kaktus menjadi hal pertama untuk dilakukan. Dalam hal ini, tempatkan kaktus di tempat yang cenderung teduh dan tidak terkena sinar matahari yang berlebihan.
  • Siram tanaman kaktus secara teratur. Dalam hal ini, kaktus tidak membutuhkan banyak air sehingga Anda bisa melakukan penyiraman bahkan hingga 1 minggu sekali.
  • Berikan pupuk kompos terbaik untuk kaktus. Oleh karena itu, penting kiranya Anda mengetahui cara membuat pupuk kompos agar ketersediaan pupuk selalu siap dan tidak perlu ribet untuk mendapatkannya.

Beberapa poin di atas adalah perawatan sederhana yang perlu Anda lakukan. Dengan perawatan tersebut, tentu saja kaktus akan bisa tumbuh sehat dan subur sebagaimana keinginan.

Baca Juga:

Featured Image:
Dekoruma.com

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.
Pinhome

PINtar jual beli sewa properti.

Bagaimana cara menanam kaktus dengan baik agar tumbuh dengan subur

Posted by: pskji.org