Bumi ke bulan berapa lama perjalanan

Bumi ke bulan berapa lama perjalanan

Jarak Bulan
atau lebih tepatnya
jarak Bumi–Bulan
adalah ukuran jarak dari bumi ke bulan. Jarak rata-rata dari Bumi ke Bulan adalah 384.400 km (238.900 mi).[1] (setidaknya 389
jb
adalah 1 AU, jarak antara Bumi dan Matahari) Jarak aslinya berubah-ubah mengikuti orbit bulan, dari 363.104 km (225.622 mi) pada saat perige dan 405.696 km (252.088 mi) pada saat apoge menghasilkan perbedaan jarak 42.592 km (26.465 mi).

Perbandingan ukuran perige–apoge

Variasi jarak antara Bumi dan Bulan selama 700 hari.

Pengukuran dengan presisi tinggi dapat dilakukan dengan mengukur berapa lama cahaya sampai dari stasiun LIDAR dari bumi sampai reflektor di bulan

Bulan bergerak spiral menjauh dari bumi dengan rata rata keceparan 38 cm (15 in) pertahun, dideteksi dengan Lunar Laser Ranging experiment.[2][3][4] Tingkat anomali resesi dianggap tinggi.[5] Secara kebetulan sudut reflektor di reflektor bulan juga berukuran 38 cm (15 in).[6][7]

Tingkat disipasi pasang surut bervariasi dalam sejarah geologi Bumi.[8]

Orang pertama yang mengukur jarak bumi ke bulan adalah Hipparkhos pada Abad ke-2 SM, Hipparkhos mengeksploitasi paralaks bulan dengan trigonometri yang simpel. Dia mengukur jarak 26.000 km (16.000 mi) dari ukuran sebenarnya, hitungan error atau meleset hanya 6.8%.

Katalog objek NASA termasuk didalamnya komet dan asteroid diukur dengan menggunakan ukuran Jarak bulan.[9]

Jarak Bulan dan Bumi pada tahun 2014 termasuk Fase bulan


  1. ^

    NASA Staff (10 May 2011). “Solar System Exploration – Earth’s Moon: Facts & Figures”. NASA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-02-10. Diakses tanggal
    2011-11-06
    .



  2. ^

    http://curious.astro.cornell.edu/question.php?number=124 Is the Moon moving away from the Earth?

  3. ^

    C.D. Murray & S.F. Dermott (1999). Solar System Dynamics. Cambridge University Press. hlm. 184.



  4. ^

    Dickinson, Terence (1993). From the Big Bang to Planet X. Camden East, Ontario: Camden House. hlm. 79–81. ISBN 0-921820-71-2.



  5. ^

    Bills, B.G., and Ray, R.D. (1999), “Lunar Orbital Evolution: A Synthesis of Recent Results”, Geophysical Research Letters,
    26
    (19): 3045–3048, doi:10.1029/1999GL008348, diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-22, diakses tanggal
    2014-02-20





  6. ^

    http://eclipse.gsfc.nasa.gov/SEhelp/ApolloLaser.html

  7. ^

    http://www.physics.ucsd.edu/~tmurphy/apollo/lrrr.html

  8. ^

    http://isotope.colorado.edu/~geol5700/Bills_1999.pdf[pranala nonaktif permanen]
    – Lunar orbital evolution

  9. ^

    “NEO Earth Close Approaches”. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-04-09. Diakses tanggal
    2014-02-20
    .


Artikel bertopik Bulan ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Jarak_Bulan&oldid=19061442”

Lihat Foto

Ilustrasi astronot di Bulan, astronot berjalan di Bulan, misi Apollo, misi NASA ke Bulan.

Baca Juga :   Kelainan yang ditandai dengan sel-sel darah merah mudah sekali mengalami hemolisis atau pecah adalah

KOMPAS.com-
Jika kita lihat dari Bumi, Bulan terlihat kecil. Tetapi, pernahkah Anda bertanya atau membayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk berjalan mengelilingi satelit alami Bumi ini?

Kendati Bulan terlihat kecil, faktanya, bulan berukuran lebih dari seperempat atau sekitar 27 persen ukuran Bumi dengan diameter sekitar 2.159 mil atau 3.475 km dan berarti lebih besar dari Pluto.

Sebenarnya, seberapa lama waktu untuk berjalan mengelilingi bulan itu tergantung pada banyak faktor.

Seperti seberapa cepat Anda dapat melaju, berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap hari untuk berjalan, dan jalan memutar mana yang perlu Anda ambil untuk menghindari topografi yang berbahaya.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Bagaimana Bulan Terbentuk?

Perjalanan mengelilingi Bulan seperti itu bisa memakan waktu sekitar lebih dari setahun. Kendati demikian, saat perjalanan mengelilingi Bulan, banyak tantangan yang harus dihadapi jika Anda berjalan di Bulan.

Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan, 12 orang telah menginjakkan kaki di permukaan bulan, semuanya merupakan bagian dari misi Apollo antara tahun 1969 hingga 1972.

Namun, penelitian NASA sejak itu menunjukkan bahwa manusia bisa bermanuver jauh lebih cepat di bulan daripada yang dilakukan astronot Apollo.

Secara teoritis faktanya, berjalan mengelilingi bulan bisa dilakukan lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Apakah Bulan juga Termasuk Planet?

Selama misi Apollo, astronot di Bulan berjalan di sekitar permukaan dengan kecepatan 1,4 mph (2,2 km/jam). Kecepatan lambat ini dikarenan pakaian luar angkasa mereka yang kaku dan bertekanan yang tidak dirancang dengan mempertimbangkan mobilitas.

Padahal, jika mereka mengenakan pakaian yang lebih ramping, kemungkinan mobilitas akan jauh lebih mudah dan dapat meningkatkan kecepatan.

Untuk menguak rahasia alam semesta tentang perjalanan di bulan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bisa mengelilingi Bulan, NASA membuat sebuah studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Experimental Biology.

Dilansir Live Science, Jumat (9/4/2021), studi NASA itu dilakukan simulasi gravitasi bulan, untuk mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengelilingi Bulan, seberapa cepat manusia dapat berjalan dan berlari.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Disebut Satelit Alami?

Baca Juga :   Karya seni rupa yang hadir sebelum zaman industry yang berarti muncul sebelum zaman modern disebut

Apabila kita memerhatikan satelit planet kita, nampaknya tidak lebih jauh daripada yang sebenarnya. Dan adakah itu
jarak dari bumi ke bulan
ia adalah sesuatu yang telah dicuba untuk mengukur selama bertahun-tahun untuk mendapatkan gambaran tentang apa sebenarnya alam semesta. Untuk mendapatkan gambaran tentang jarak antara planet kita dan satelitnya, kita akan menggunakan beberapa gambar dan penjelasan agar lebih mudah difahami.

Dalam artikel ini kami akan menunjukkan kepada anda berapa jarak dari Bumi ke bulan dan bagaimana menghitungnya.

Jarak dari Bumi ke Bulan

Tentunya banyak kali kita mendengar tentang jarak antara planet kita dan satelitnya dalam jumlah.
Secara khusus terdapat jarak 384.403 kilometer.
Seperti yang dijangkakan, jarak ini adalah sesuatu yang tidak dapat difahami oleh manusia, kerana kita tidak biasa menempuh jarak ini. Bilangan ini telah diulang berkali-kali sehingga seolah-olah telah kehilangan intipati dan maknanya.

Nampaknya angka yang agak tidak tepat dan tidak mendedahkan data khas. Apabila kita membaca angka ini, kita dapat berfikir bahawa jaraknya sangat jauh di mana ia memisahkan kita. Walau bagaimanapun, otak kita tidak dapat memahami besarnya jarak ini. Oleh kerana kita terbiasa melihat bulan dari Bumi dan tampak cukup besar, itu dapat membuat kita tampak bahwa ia jauh lebih dekat daripada yang sebenarnya.

Untuk memahami sedikit tentang jarak, kita mesti melihat foto pertama tajuk kecil ini untuk melihat skala sedikit lebih nyata. Apabila kita melihat foto tersebut, kita dapat menganalisis masalah mengasimilasi jarak ini bagi manusia.

Asal pengiraan jarak dari Bumi ke bulan

Kali pertama jarak antara planet dan satelit dikira
pada tahun 150 SM oleh Hipparchus.
Untuk menghitung jarak ini, ia berdasarkan kelengkungan bayangan yang dilancarkan planet kita di bulan semasa gerhana bulan. Pada masa itu, jaraknya tidak benar sepenuhnya, kerana angka 348.000 kilometer diperoleh. Adalah perlu untuk menilai kebaikan Hipparchus kerana dengan sedikit teknologi yang ada pada waktu itu, ia hanya mempunyai kesalahan kurang dari 10% jarak sebenar antara kedua benda langit ini.

Berkat teknologi yang ada pada masa ini, kita dapat mengira jarak ini dengan tepat. Untuk melakukan ini, masa yang diperlukan untuk perjalanan cahaya diukur
dari stesen LIDAR di Bumi hingga retroreflector yang telah diletakkan di bulan.
Walaupun begitu, jaraknya adalah sebilangan besar sehingga sukar untuk diasimilasikan dalam fikiran kita.

Baca Juga :   Upaya yang dilakukan Indonesia dalam menjamin keberhasilan rencana pembangunan Indonesia adalah

Untuk memberi kita idea, antara jarak dari Bumi ke bulan semua planet di sistem solar. Dengan perbandingan ini dapat dilihat bahawa benar-benar ada jarak yang sangat jauh. Planet besar seperti Musytari y Zuhal mereka tidak cukup besar sehingga diameternya lebih besar daripada jarak antara dua benda langit ini.

Dengan imej yang cukup indah ini, manusia dapat mengubah perspektif yang kita miliki mengenai jarak antara bulan dan Bumi. Dengan asimilasi jarak ini kita juga dapat
lebih memahami kekuatan graviti yang diberikan oleh planet kita ketika ukurannya. Aspek penting lain adalah untuk menilai sama ada manusia benar-benar dapat mencapai bulan atau tidak.

Perjalanan ke bulan

Untuk mendapatkan idea tentang jarak yang sangat besar antara dua benda langit ini, kita akan memperhitungkan sesuatu yang biasa di antara kita. Kami akan mensimulasikan perjalanan dari Bumi ke bulan dengan kereta. Lebih kurang anda boleh menempuh perjalanan rata-rata dengan jarak 120 km / j di dalam kereta sehingga kami tidak dikenakan denda kerana memandu laju.

Sekiranya kami memutuskan untuk melakukan perjalanan dengan kereta ke bulan, kami memerlukan sekitar lima bulan untuk sampai ke sana. Perlu diingat bahawa lima bulan ini akan berlaku sekiranya dan hanya jika kita tidak berhenti sekali dalam keseluruhan perjalanan.

Sama ada kita melakukan perjalanan jauh lebih jauh sebagai bintang terdekat yang kita ada, kita akan mengambilnya
lebih dari 4 tahun dalam perjalanan ke sana.
Lebih baik kita tidak bercakap tentang mengunjungi galaksi jiran kita yang bernama Andromeda. Galaksi ini berada lebih dari 2 juta tahun cahaya dari kita, jadi lebih baik tidak membayangkan berapa lama masa yang diperlukan jika kita mahu pergi dengan kereta.

Seperti yang anda lihat, dari banyak pembicaraan mengenai jarak dari Bumi ke bulan, kita telah mencipta sosok yang sangat tidak penting dan apa yang sebenarnya tidak memberitahu kita apa itu. Saya harap dengan maklumat ini anda dapat mengetahui jarak satelit kita.

Bumi ke bulan berapa lama perjalanan

Posted by: pskji.org