Berikan tiga contoh sikap kepedulian terhadap orang fakir miskin dalam kehidupan sehari-hari

Berikan tiga contoh sikap kepedulian terhadap orang fakir miskin dalam kehidupan sehari-hari

Bimbingan mental di minggu akhir Maret ini dimulai pukul 09.00 dan dibawakan oleh Panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar Wahyu Kurniati Lubis, S.Ag.. Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pematangsiantar bintal kali ini dihadiri oleh seluruh aparatur pegawai Pengadilan Agama Pematangsiantar. Dalam bintal kali ini diputarkan sebuah video yang berdurasi sekitar 10 menit. Kemudian ibu Panitera Pengadilan Agama Pematangsiantar menjelaskan makna dan pesan moral dari video tersebut. Salah satunya dengan peduli kepada anak Yatim dan Fakir Miskin. Sebab mereka sering kali terabaikan oleh kita. Jika kita mempunyai rejeki berlebih alangkah lebih baik untuk bisa menyantuni anak yatim dan fakir miskin.Karena dengan menyantuni anak yatim dari dalam diri kita akan tumbuh sifat peduli antar sesama.

“Bagi siapayang menghina dan menyakiti anak yatim sama saja dengan menempuh jalan ke neraka, sebab apapun doa anak yatim akan dikabulkan oleh Allah SWT.  Sebagaimana perintah Allah dalam firmannya surat Al Baqarah Ayat 83. Selain itu kita diajarkan untuk mengajak anak-anak dan generasi muda untuk mencintai dan meramaikan mesjid agar mereka tidak hanya terbuai dengan televisi dan bermain handphone. Dalam mengajari atau membimbing anak-anak bukan dengan cara menghardik tetapi ajari mereka dengan cara menasehati.

TIM IT.PA-PST

Minggu, 25 April 2021 08:17 WIB

Wakil Ketua MPR Dr Sjarifuddin Hasan, MM, MBA, mengajak untuk peduli kepada anak yatim dan fakir miskin. Kepedulian itu sebagai praktik nyata menjalankan ajaran agama Islam dan menjadi kesalehan sosial di bulan Ramadhan.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini kita masih bisa bersilaturahmi dan memberi perhatian kepada anak yatim dan warga miskin, sekaligus beribadah dan menjalankan ajaran agama Islam,” katanya saat memberikan bantuan kepada anak yatim dan sembako kepada warga masyarakat Kabupaten Cianjur di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Sabtu (24/4/2021).

Menurut Syarief Hasan, bantuan kepada anak yatim dan warga miskin merupakan bukti kita menjalankan ajaran agama Islam. Syarief Hasan kemudian membaca firman Allah SWT dalam Surat Al Ma’un. Isi surat itu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, terutama sebagai pengingat akan sifat manusia, untuk saling mengasihi dan memberi.

Menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 ini diharapkan bisa menumbuhkan kesalehan sosial di bulan Ramadhan. Ini diwujudkan dalam bentuk sikap jujur, saling peduli, saling mengasihi dan menolong di antara sesama dan antarwarga masyarakat.

Dengan memberikan bantuan kepada anak yatim dan fakir miskin, lanjut Syarief Hasan, anak yatim dan fakir miskin bisa merasakan nikmat menjalankan puasa dan mendapat rejeki dari Allah SWT. “Karena itu kita selalu peduli dengan anak yatim dan fakir miskin,” ujarnya.

Syarief Hasan menegaskan bahwa tidak ada kepentingan politik dalam pembagian bantuan kepada anak yatim dan sembako kepada warga masyarakat. “Ini merupakan bentuk kepedulian kepada rakyat,” kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.

Baca Juga :   Tuhan Yesus membuat satu PERUMPAMAAN tentang keadilan tuliskan dan jelaskan PERUMPAMAAN tersebut

Pembagian bantuan kepada anak yatim dan sembako kepada masyarakat dikoordinir DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur. Warga yang mendapat bantuan meliputi warga tiga desa di sekitar kantor DPC. Pembagian bantuan ini dihadiri Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Cianjur, Yadi Mulyadi, SH, MH.

Dr. H. SJARIFUDDIN HASAN, S.E, M.M, M.B.A.

globalmuslim.web.id

Pengentasan kemiskinan masih jauh panggang dari api (ilustrasi).

Red: Siwi Tri Puji B

Oleh

Khofifah Indar Parawansa

Dalam sejarah, Rasulullah SAW dikisahkan punya kedekatan hubungan dengan orang-orang miskin, termasuk anak-anak. Bahkan, ketika masuk ke dalam suatu majelis, Rasulullah memilih duduk dalam kelompok orang-orang miskin.Rasulullah bersabda, “Siapa yang memakaikan seorang anak pakaian yang indah dan mendandaninya pada hari raya, maka Allah SWT akan mendandani/menghiasinya pada hari kiamat. Allah mencintai terutama setiap rumah, yang di dalamnya memelihara anak yatim dan banyak membagi-bagikan hadiah. Barang siapa yang memelihara anak yatim dan melindunginya, maka ia akan bersamaku di surga.”Suatu ketika, pada Hari Raya Idul Fitri, Rasulullah seperti biasanya berkunjung ke rumah-rumah warga. Dalam kunjungannya itu, Rasulullah melihat semua orang bahagia. Anak-anak bermain dengan mengenakan pakaian hari raya. Namun, tiba-tiba pandangan Rasulullah tertuju pada seorang anak kecil yang sedang duduk bersedih.Anak kecil ini memakai pakaian penuh tambalan dan sepatu rusak. Rasulullah lalu bergegas mengham pirinya. Melihat kedatangan Rasulullah, anak kecil itu menyembunyikan wajahnya dengan kedua tangannya dan menangis tersedusedu. Rasulullah lantas meletakkan tangannya di atas kepala anak kecil itu dan dengan penuh kasih sayang, lalu bertanya, “Anakku, mengapa kamu menangis? Hari ini adalah hari raya bukan?”Anak itu menjawab, “Pada hari raya yang suci ini semua anak menginginkan agar dapat merayakan bersama orang tuanya dengan bahagia. Anak-anak bermain dengan riang gembira. Aku lalu teringat pada ayahku, itu sebabnya aku menangis. Ketika itu hari raya terakhir bersamanya. Ia membelikanku sebuah gaun berwarna hijau dan sepatu baru. Waktu itu aku sangat bahagia. Lalu suatu hari ayahku pergi berperang bersama Rasulullah. Ia bertarung bersama Rasulullah bahu-membahu dan kemudian ia meninggal. Sekarang ayahku tidak ada lagi. Aku telah menjadi seorang anak yatim. Jika aku tidak menangis untuknya, lalu siapa lagi?Mendengar cerita itu, seketika hati Rasulullah diliputi kesedihan. Dengan penuh kasih sayang ia lalu membelai kepala anak kecil dan berkata, Anakku, hapuslah air matamu. Angkatlah kepalamu dan dengarkan apa yang akan kukata kan kepadamu. Apakah kamu ingin agar aku menjadi ayahmu? Dan apakah kamu juga ingin agar Fati mah menjadi kakak perempuanmu dan Aisyah menjadi ibumu? Bagaimana pendapatmu tentang usul dariku ini?Anak kecil itu langsung berhenti menangis. Ia memandang dengan penuh takjub orang yang berada tepat di hadapannya. Namun, entah mengapa ia tidak bisa berkata apa-apa. Ia hanya dapat menganggukkan kepalanya sebagai tanda menerima tawaran Rasulullah. Kemudian, anak kecil itu bergandengan tangan dengan Rasulullah menuju ke rumah.

Baca Juga :   Strategi belanda yang paling berhasil dalam mengahadapi perlawanan dari penguasa lokal bangsa indonesia yaitu dengan melakukan politik

Sesampainya di rumah, wajah dan kedua tangan anak kecil itu lalu dibersihkan. Ia kemudian diberi pakaian yang indah dan makanan, serta uang. Lalu ia diantar keluar agar dapat bermain bersama anakanak lainnya. Sikap Rasulullah ini menunjukkan Islam sangat menonjolkan kepedulian sosial.

Diterbitkan di Republika cetak dengan judul
Islam dan Kesalehan Sosial

3 contoh sikap peduli kepada anak yatim dan fakir miskin , 5 – 9 contoh sikap nyata peduli terhadap anak yatim dalam kehidupan sehari hari perlu ditanamkan oleh orang tua kepada anak anaknya sejak disin. Kami akan sebutkan dalam 4 hingga beberapa contoh jawaban sebagai langkah untuk mendidik anak anak supaya kelak mereka bisa selalu peduli kepada anak yatim dimana saja dan kapan saja.

Selain menanamkan sikap peduli terhadap anak yatim, anak anak kita tercinta juga harus punya akhlak mulia terhadap fakir miskin , melalui keteladanan orang tua. Orang tua harus memberi contoh nyata terlebih dahulu sebelum meminta anak untuk peduli kepada anak yatim dan fakir miskin. Beberapa yang bisa dilakukan oleh orang tua diantaranya adalah :

A. Ajak putra / putri anda untuk ikut serta dalam kegiatan amal

Ada banyak kegiatan amal sosial dimasyarakat yang bisa diikuti , semisal ketika ada acara santunan yatim piatu , pastikan anda hadir dalam acara tersebut dengan memberikan bantuan uang , pakaian , makanan dan lainnya. Tunjukkan kepada anak anak anda lewat perbuatan nyata agar itu membekas sebagai pijakan sikapnya dikemudian hari. Semakin sering anda melakukan kegiatan amal akan tertanam pula kebiasaan baik didalam diri anda , sekaligus menular kepada putra / putri anda tercinta.

B. Berikan contoh sikap peduli terhadap anak yatim dan fakir miskin dengan mengajak anak anak anda ke panti asuhan

Lakukan kunjungan terencana ke panti asuhan anak anak yatim dan fakir miskin, lalu berikan donasi kepada anak anak di panti tersebut dalam berbagai bentuk. Siapkan sejumlah uang dari rumah dan berikan uang itu ke putra / putri anda agar nantinya ia pun akan ikut memberikan uang itu kepada anak yatim piatu di panti asuhan. Semakin sering anda berbuat hal ini maka anak akan terbiasa peduli dibandingkan hanya sekedar dinasehati atau dimarahi ketika ia terlanjur berbuat kasar kepada orang orang miskin dan yatim piatu.

Tentunya masih banyak contoh sikap yang bisa dilakukan terhadap anak yatim piatu dan fakir miskin , anak anak bisa dilatih dengan 3 contoh utama seperti : berkata kata yang halus dan lembut kepada anak yatim , memberikan mainan yang berguna , dan mengajak mereka makan bersama setiap minggu dirumah sendiri.

Atau anda juga bisa menggunakan 4 hingga 5 contoh lain yang berisi sikap peduli kepada anak yatim , seperti : latihan mengirimkan uang lewat bank , dimana uang itu akan ditransfer ke panti asuhan , membantu mencucikan baju / pakaian anak anak di panti asuhan , ikut bersih bersih kamar anak yatim , dan yang keempat membawakan makanan yang disukai oleh anak anak yatim.

Baca Juga :   Jika suatu atom memiliki subkulit dengan bilangan kuantum l 3 Berapakah elektron maksimal yang dapat ditampung subkulit tersebut?

Sikap peduli terhadap anak yatim perlu terus menerus dicontohkan dalam tindakan , dilatih secara konsisten dan ditanamkan sedini mungkin. Anak anak yang masih dalam tahap belajar juga perlu diberi bukti ketika orang tua sudah transfer uang untuk membantu anak anak yatim piatu dan fakir miskin. Pengalaman pengalaman dimasa kecil ini akan menjadi fondasi yang kuat dalam menumbuhkan akhlak mulia pada diri anak anak anda.

Mereka akan punya jiwa kemanusiaan tinggi sehingga suatu hari tak akan pernah berat dalam melangkahkan kaki untuk membantu siapa saja yang sedang dalam kesulitan. Atau sebagai bahan evaluasi , anda juga bisa bertanya kepada anak dengan pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan sikap kepedulian , seperti : sebutkan 2 contoh peduli kepada anak yatim dan fakir miskin, mengapa kamu perlu punya sikap peduli kepada anak yatim , coba jelaskan alasannya ?

C. Berikan Ruang Yang Luas Kepada Anak Anda Untuk Menceritakan Pengalamannya Saat Ia Berdonasi kepada Anak Anak Yatim dan Fakir Miskin

Anda bisa mengajak anak anak anda untuk menceritakan kejadian atau peristiwa yang mereka alami ketika membantu anak yatim / fakir miskin. Mungkin ia akan bercerita dengan ekspresi kegembiraan karena sudah berbuat kebaikan kepada sesama, Jika anak anda tidak suka bercerita , maka anda bisa memancingnya untuk menggambarkan apa yang sudah dikerjakan dalam bentuk komik sederhana atau lewat sarana sarana lain yang memungkinkan dan mereka sukai.

Mengapa hal ini penting ? Karena ketika orang selesai memberi maka ia ingin memberi lagi dimasa selanjutnya , orang yang memberi akan selalu merasakan kebahagiaan , sementara rasa bahagia itu biasanya akan diceritakan kepada orang lain. Ada yang mengungkapkan kegembiran lewat tulisan , lewat gambar , dan melalui ekspresi tertentu. Sehingga pastikan anda memberi ruang seluas luasnya , karena sikap kepedulian itu sangat patut diberikan penghargaan , jika perlu berikan hadiah hadiah khusus ketika anak anak anda telah selesai berdonasi atau menunjukkan kepedulian pada orang lain.

Jangan pernah terlambat untuk memberi penghargaan kepada putra / putri yang anda cintai , jangan hanya memberi hadiah karena mereka peringkat pertama dikelas , karena baru menang dalam lomba olimpiade dan lomba lomba lainnya. Sikap peduli kepada nilai nilai kemanusiaan juga tak kalah pentingnya , bahkan bisa lebih penting dibandingkan nilai nilai ulangan , lebih penting dibandingkan meraih juara satu dalam lomba yang diikuti anak anda.

Yuk share sekarang apa yang kami ulas di website
PeduliAnakYatim.Com
, anda bisa berbagi ke media sosial seperti whatsapp , facebook , twitter dan lainnya. Ajak teman teman anda untuk membaca ini , beritahu para orang tua agar menerapkan apa yang sudah kami sampaikan , supaya kita semua menjadi manusia yang peduli kepada anak yatim. Terima kasih atas kunjungan anda ya.

Berikan tiga contoh sikap kepedulian terhadap orang fakir miskin dalam kehidupan sehari-hari

Posted by: pskji.org