Apa yang kamu lakukan jika ada orang yang menghinamu jelaskan

Apa yang kamu lakukan jika ada orang yang menghinamu jelaskan

Liputan6.com, Jakarta
Beberapa orang, secara sadar atau tidak sadar, seringkali memiliki sikap yang dapat menyakiti orang lain. Ini dapat berkisar dari menghina dan kritik terus-menerus hingga komentar ironis, panggilan nama, dan ketidaksetujuan.

Ini semua adalah bentuk perilaku yang tidak benar-benar berdampak positif pada kesehatan mental Anda. Meskipun Anda tidak dapat mencegah orang lain bertindak seperti ini, Anda dapat membuat perbedaan dengan bagaimana cara Anda menanggapi orang-orang demikian.

Berikut ini beberapa tips cara menyiasati jenis sikap ini tanpa menimbulkan konflik seperti dilansir dari Brightside.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Perbesar

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/arif riyanto

Bagi sebagian orang, reaksi pertama mereka setelah menghadapi sikap meremehkan mungkin marah, tapi itu juga mengungkapkan banyak hal tentang kita. Ini sebenarnya bisa menjadi reaksi yang paling umum karena Anda menganggap ini sebagai sikap yang mengancam. Tapi seperti yang mungkin Anda duga, itu juga yang seharusnya tidak dilakukan.

Kemarahan membuat Anda berada dalam kondisi rentan dan menunjukkan bahwa orang lain telah berhasil meremehkan kami. Kemarahan juga menyebabkan lebih banyak konflik. Saat bertindak karena amarah, Anda tidak benar-benar berpikir jernih.


Perbesar

Ilustrasi berdebat (dok. Pexels.com)

Terkadang, orang tidak benar-benar menyadari perilakunya, sehingga mereka mungkin membuat komentar negatif yang dapat mengubah sikap positif orang lain tanpa mereka sadari. Faktanya, mereka mungkin hanya memproyeksikan ketakutan dan prasangka mereka sendiri kepada kita.

Mungkin cara untuk pergi dalam situasi seperti itu adalah dengan hanya menerima bahwa apa yang dikatakan orang itu berbicara tentang situasi yang dia hadapi, tetapi tidak harus tentang situasi Anda. Dengan demikian, Anda akan memiliki empati yang lebih besar untuk orang lain dan tidak akan membiarkan komentarnya menyakiti Anda.

Baca Juga :   Berikut ini yang merupakan faktor yang mendorong terjadinya perubahan sosial adalah brainly


Perbesar

Ilustrasi Debat Credit: unsplash.com/Edvin

Dalam hal bereaksi, waktu sangat berharga. Ketika Anda merasa bahwa komentar atau tindakan yang dibuat oleh orang lain telah menyinggung perasaan Anda, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menarik napas dalam-dalam dan membiarkan waktu berlalu sebelum bereaksi. Melakukan itu akan memberi Anda lebih banyak perspektif tentang apa yang baru saja terjadi dan dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.


Perbesar

Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/Ekaterina

Beberapa orang cenderung sangat kritis, menggunakan nama panggilan yang menyakitkan, atau mengejek fisik atau pribadi orang lain dalam upaya untuk memancing reaksi atau tingkat ketidaknyamanan.

Untuk menghindari konflik apa pun dan menetralkan jenis agresi ini, Anda dapat menggunakan 2 opsi berikut.

Terima komentar:
Biarkan orang yang bersangkutan tahu, dengan tenang, bahwa apa yang dia katakan itu benar dan bahwa Anda baik-baik saja dengan itu.

Tolak komentar:
Tetap saja, dengan pendekatan yang positif, baik hati, tetapi tegas, beri tahu orang lain bahwa apa yang mereka katakan salah, tetapi itu tidak mengganggu Anda.


Perbesar

Ilustrasi Perdebatan Sepasang Kekasih ( dok. Pexels.com / Pixabay / https://www.pexels.com/photo/bench-nature-love-people-50592/ / Vriskey Herdiyani )

Terkadang, penghinaan tidak begitu jelas dan bahkan dapat disamarkan sebagai pujian, tetapi bukan berarti kita tidak dapat menghentikannya. Yang harus Anda lakukan adalah meminta penjelasan mengapa orang tersebut mengatakan apa yang mereka katakan atau apa yang mereka maksud dengan itu.

6. Abaikan orang yang menindas Anda

Ketika seseorang telah melampaui batas dan Anda merasa tidak dihargai: abaikan saja. Dengan begitu, orang lain mungkin akan mengerti bahwa Anda tidak akan menghabiskan waktu untuk komentar yang menyinggung atau negatif.


Perbesar

Ilustrasi berdebat (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Baca Juga :   Sebelum mengirim barang kita harus mengisi data pada formulir terlebih dahulu data yang diisi adalah

Melawan amarah dengan kegembiraan dan humor bisa menjadi alternatif yang baik pada waktu dan tempat yang tepat. Ini adalah cara yang baik untuk memperjelas bahwa Anda tidak akan memainkan permainan kecil mereka, dan ini, pada gilirannya, dapat membantu meredakan ketegangan.

8. Jaga jarak aman dari toxic
people

Terkadang, Anda bertemu dengan orang yang hanya mencari konflik. Apa pun kasusnya, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menjauhkan diri dari orang-orang ini dengan cara yang sehat. Tindakan pencegahan ini dapat membantu kita menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan kita.

Lanjutkan Membaca ↓

Apa yang kamu lakukan jika ada orang yang menghinamu jelaskan

Posted by: pskji.org