Dua tembereng yang terbentuk pada sebuah lingkaran besarnya sama bila tali busurnya merupakan

Dua tembereng yang terbentuk pada sebuah lingkaran besarnya sama bila tali busurnya merupakan

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.

(i) Bidang yang dibatasi oleh dua tali busur dan busurnya disebut juring.

(ii) Bidang yang dibatasi oleh sebuah tali busur dan busurnya disebut tembereng.

(iii) Garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran disebut busur.

(iv) Garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada lingkaran disebut tali busur.

Pernyataan yang benar adalah ….

Mau dijawab kurang dari 3 menit? Coba
roboguru plus!

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat dengan mudah menemukan bentuk-bentuk lingkaran dilingkungan sekitar. Lingkaran merupakan satu-satunya bangun datar yang tidak memiliki titik sudut, dan tentunya sangat mudah mengenalinya atau membedakan dengan bangun datar lainnya. Namun, tahukah kalian unsur-unsur apa saja dalam mengenali sebuah lingkaran?

Lingkaran adalah suatu kurva tertutup dimana semua titik pada lingkaran berjarak sama terhadap suatu titik tetap yaitu titik pusat. Lingkaran merupakan bangun dua dimensi, dengan demikian lingkaran hanyalah memiliki luas dan keliling saja.

Ada beberapa unsur dalam lingkaran yang perlu untuk diketahui, antara lain titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng, dan apotema. Berikut adalah penjelasan dari unsur-unsur lingkaran tersebut.

Titik pusat lingkaran merupakan titik yang terletak tepat di bagian tengah lingkaran. Jarak antara titik pusat dengan semua titik pada lingkaran selalu sama. Titik pusat disimbolkan dengan huruf kapital seperti O, A, P, Q dan sebagainya.

Jarak antara titik pusat lingkaran dengan titik pada lingkaran disebut sebagai jari-jari. Karena jarak antara titik pusat dengan semua titik pada lingkaran selalu sama, maka panjang jari-jari pada sebuah lingkaran selalu sama.

Diameter lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran. Dimana, nilai diameter lingkaran merupakan dua kali nilai jari-jari lingkaran sebaliknya jari-jari lingkaran memiliki nilai setengah dari diameter.

Baca Juga :   Bola karet dijatuhkan dari ketinggian 1 meter seperti gambar berikut

Busur lingkaran adalah bagian lingkaran yang berbentuk garis lengkung. Biasanya, ada dua jenis busur dalam lingkaran yaitu busur besar dan busur kecil. Busur besar merupakan busur yang panjangnya lebih dari setengah keliling lingkaran, sedangkan busur kecil adalah busur yang panjang kurang dari setengah keliling lingkaran.

(Baca juga: Rumus Keliling Lingkaran dan Cara Menghitungnya)

Tali busur merupakan garis lurus yang menghubungkan dua titik pada lingkaran.

Juring merupakan daerah yang diapit oleh dua jari-jari dan busur lingkaran. Juring terbagi menjadi dua yaitu juring besar dan juring kecil, dimana juring besar merupakan daerah dalam lingkaran yang dibatasi jari-jari dan busur besar lingkaran, sedangkan juring kecil merupakan daerah dalam lingkaran yang dibatasi jari-jari dan busur kecil.

Tembereng merupakan daerah yang diapit oleh tali busur dan busur lingkaran. Tembereng juga terbagi menjadi dua jenis yaitu tembereng besar dan tembereng kecil. Tembereng besar merupakan daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur besar lingkaran, sedangkan tembereng kecil merupakan daerah yang dibatasi oleh tali busur dan busur kecil lingkaran.

Apotema adalah ruas garis tegak lurus yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan tali busur lingkaran.


3. Sebuah kerangka kubus akan dibuat dari kawat panjang berukuran 2 m. Jika panjang rusuk kubus yang akan dibuat 5 cm, tentukan:a.panjang kawat yang d …

i perlukan untuk membuat sebuah kubus b.banyak kubus yang di buat dengan kawat yang tersediatolong bntu ya ka​


nilai a dari sudut berpenyiku A O B C 5A a nilai dari a adalah?tolong pake cara ya kak nanti ku follow ​


tolong ya saya ragu jawaban saya soalnya ​


Q.Luas lingkaran dengan jari jari 9 cm dan keliling nya ? nt : bantu like ( mengsedih GK dapet BA )TvT​


tolong jawab sekarang!.. karna ingin dikumpulkan makasih​

Baca Juga :   Jelaskan kelebihan sistem operasi Windows


Panjang BD pada gambar di bawah adalah


Sebuah balok mempunyai ukuran 10 cm x 6 cm x 8 cm. Luas permukaan balok tersebut adalah


Dari segitiga berikut yang merupakan segitiga siku-siku adalah segitiga dengan panjang sisi …. * a. 6 cm, 8 cm, dan 10 cm b. 10 cm, 12 cm, dan 14 cm …

c. 10 cm, 15 cm, dan 20 cm d. 7 cm, 15 cm, dan 18 cm


Gambar tersebut menunjukan perjalanan seseorang dari kota A menuju kota C dan melalui kota B sesuai dengan jalur anak panah. Banyaknya cara untuk men …

capai titik C adalah ……. cara


Sebuah penelitian untuk mengungkap seberapa minat terhadap mata pelajaran matematika di sebuah sekolah. Untuk keperluan tersebut peneliti mengambil …

5 kelas dari 25 kelas yang ada. Dari keterangan tersebut yang termasuk sampel adalah

Baca Juga:
Cara Menghitung Luas Lingkaran

Diameter lingkaran adalah sebuah panjang garis lurus yang menghubungkan antara dua titik pada keliling lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran. Dari pengertian tersebut maka bisa diambil kesimpulan bahwa jari-jari lingkaran memiliki nilai setengah dari diameter atau diatemeter memiliki nilai dua kali dari jari-jari.

Dengan demikian maka rumus yang digunakan adalah d = 2r. Bagian diameter lingkaran pada gambar diatas berada pada garis AB dan CD.

Tali busur pada sebuah lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua buah titik pada keliling lingkaran dan tidak melalui titik pusat lingkaran. Bisa diibaratkan bahwa tali busur lingkaran sama halnya dengan tali yang ada pada sebuah busur panah. Bagian tali busur lingkaran pada gambar diatas berada pada garis AD.

Unsur atau bagian lingkaran yang selanjutnya adalah apotema lingkaran. Jika ditarik garis tegak lurus yang berasal dari sebuah jari-jari (r) dalam juring lingkaran untuk menuju ke tali busur, maka inilah yang disebut dengan apotema.

Baca Juga :   Contoh konjungsi intrakalimat dan antarkalimat

Dapat dikatakan bahwa apotema lingkaran adalah jarak paling pendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran. Pada umummnya garis apotema akan terletak tegak lurus dengan tali busur. Bagian apotema lingkaran pada gambar diatas berada pada garis OF.

Juring yang ada pada sebuah bangunan lingkaran adalah suatu daerah yang telah dibatasi oleh dua buah garis jari-jari dan sudah dibatasi dengan sebuah busur lingkaran yang dimana posisinya telah diapit oleh dua jari-jari tersebut.

Juring pada sebuah bangun lingkaran juga dibedakan menjadi dua macam, yaitu juring kecil dan juring besar. Pada gambar bangun lingkaran diatas, daerah juring lingkaran ada di daerah yang sudah diberi warna hijau yaitu juring BOC.

Bagian lingkaran yang selanjutnya adalah sudut keliling. Definisi dari sudut keliling lingkaran adalah sebuah sudut yang terbentuk karena adanya pertemuan antar dua tali busur dengan satu titik pada sebuah keliling lingkaran. Jika Anda perhatikan pada gambar diatas, tali busur AC dan tali busur BC yang akan bertemu pada titik C dan membentuk sudut keliling ACB.

Sudut pusat merupakan sebuah sudut yang terbentuk dari perpotongan antara dua buah jari-jari (OB dan OA) di titik pusat lingkaran. Pada gambar diatas, sudut pusat lingkaran yang terbentuk antara titik A, O, dan juga B yaitu <AOB.

Unsur atau bagian lingkaran yang terakhir dan yang akan kita bahas secara lebih detail adalah tembereng. Definisi tembereng lingkaran adalah sebuah daerah yang berada di bagian dalam lingkaran yang sudah dibatasi oleh busur lingkaran dan tali busur lingkaran. Pada gambar diatas bisa dilihat bahwa tembereng lingkaran sudah dibatasi oleh busur AD dan tali busur AD. Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar tembereng lingkaran berikut ini.

Dua tembereng yang terbentuk pada sebuah lingkaran besarnya sama bila tali busurnya merupakan

Posted by: pskji.org