Mengapa harus mengumpulkan tugas tepat waktu

Mengapa harus mengumpulkan tugas tepat waktu

Trip dan trik menyelesaikan tugas tepat waktu
– Hey you gais… Dimasa pembelajaran daring ini tentunya

tugas membludak
, ya? Tugas A aja belum kelar, eh… tugas B juga udah nongol, dan akhirnya numpuk deh. Pasti puyeng dan bikin kesel, ya gais. Kita jadi sebel sendiri mau nyelesain yang mana dulu, mana deadline juga bentrok lagi. Yah, tapi mau gimana lagi, yang namanya tugas, ya harus dikerjain dan diselesain sampai tuntas, ya gais? ‘Kan itu udah kewajiban kita sebagai pelajar/mahasiswa.

Ilustrasi mengerjakan tugas (pixabay.com)

Nah, untuk itu, ada beberapa tips dan trik nih buat teman-teman semua supaya tugasnya bisa selesai tepat waktu. Apa-apa aja ya? Yok, scroll ke bawah gais:

1.Bikin list tugas sesuai skala prioritas

Nah, list tugas ini sangat membantu banget loh dalam mengatur planning tugas kita. Kita bisa membuat list tugas sesuai skala prioritas kita masing-masing. Ada baiknya, kita menyusunnya, sesuai dengan urutan deadline masing-masing tugas tersebut. Selain itu, kita juga bisa mengurutkan sesuai dengan tugas mana yang dianggap mudah terlebih dahulu. Dengan begitu, waktu yang kita perlukan untuk menyelesaikan tugas pun akan menjadi lebih efektif. List ini juga bermanfaat loh buat kita yang kadang pelupa supaya nggak ada tugas yang ketinggalan.

Terkadang, hal tersulit itu bukan menyelesaikan tugasnya itu loh gais, melainkan gimana kita memulainya. Kebanyakan dari kita merasa mager banget buat memulainya. “eh, deadline nya masih lama nih, ntar aja lah, mending nge-drakor dulu, mending rebahan dulu”. Nah, karena sering nunda-nunda terus, akhirnya pas h-1 baru keinget dan ngerjainnya terburu-buru deh, ditambah tugasnya juga menumpuk, aduh malah bikin badmood deh. Akhirnya marah-marah dan kesel sama doro sendiri.

Baca Juga :   How do you sort a list in Python by increasing order?

Kita tahu sendiri kan kalau menunda-nunda tugas itu hanya akan mempersulit kita. Apalagi sistemnya daring, terkadang ada aja masalahnya, yang jaringan atau server nya lah yang error, mati lampu lah, baterai low lah, atau bahkan kuota juga habis. Oleh karena itu, kita harus buang rasa malas dan paksa diri sendiri untuk memulai setiap tugas itu di awal-awal waktu, kan kalau semua tugasnya udah selesai kita bisa santai-santai sepuasnya dan semau kita, sekaligus refreshing juga.

3.Pasang reminder pengumpulan tugas

Nggak pengen kan, H-1 deadline nya baru keinget kalau ada tugas. Nah, itu bisa di atasi dengan membuat reminder pengumpulan tugasnya. Remindernya bisa kita bikin di hp atau di catat di mading kamar. Terserah kita masing-masing aja sukanya yang mana.

4.Buat deadline ‘palsu’

Maksud deadline palsu disini, kita bikin deadline nya dalam pemikiran kita sendiri aja, minimal 2 hari sebelum deadline sebenarnya. Hal ini sangat membantu loh untuk menanamkan pola pikir pada diri sendiri bahwa kita harus menyelesaikan tugas secara disiplin dan tepat waktu.

Nah, itulah beberapa tips dan trik

menyelesaikan tugas

tepat waktu, gais. Semoga bermanfaat ya buat kita semua dalam menyelesaikan tanggung jawab kita. Ingat, semakin kita menumpuk tugas, maka kita akan semakin rugi pula baik dari segi waktu maupun tenaga. Oleh sebab itu, usahain ya ngerjain tugasnya secara teratur dan efektif.

Oke, thank you gais. See you next time.*** (Oleh :
Fauzia, SMAN 2 Lintau Buo)

Pembelajaran jarak jauh yang terjadi saat ini membuat kita, para peserta didik bingung mengatur waktu. Seluruh kegiatan yang dilakukan di rumah membuat kita sulit memilah mana waktu sekolah, belajar mandiri, mengerjakan tugas, hingga waktu istirahat. Akibatnya tidak jarang di antara kita yang sering terlambat mengumpulkan tugas yang diberikan. Terlebih di era pandemi ini, tugas sekolah rasanya tidak ada habisnya.

Baca Juga :   Pernyataan berikut ini yang tepat digunakan di bagian klimaks dalam sebuah fabel adalah

Namun hal tersebut tentu tidak bisa dijadikan alasan bagi kita untuk tidak tepat waktu dalam mengumpulkan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa tepat waktu dalam mengumpulkan. Mau tahu? Yuk kita simak beberapa ulasannya.

Tips Mengerjakan Tugas Sekolah

1. Manajemen Diri

Tugas, baik dalam jumlah banyak ataupun sedikit tetap tidak akan selesai jika kita bermalas-malasan. Karenanya alasan utama tugas tidak terkumpul atau sering terlambat adalah pada diri kita. Kita sering menunda-nunda dan justru melakukan hal-hal di luar kewajiban.

Hal ini tentu sudah harus diubah jika kita ingin memiliki kualitas diri yang lebih baik. Kita harus mampu menata diri sendiri. Kita juga harus memaksa diri untuk bisa mengutamakan kewajiban kita. Di awal proses mungkin kita akan terasa berat dalam melakukan, namun jika hal tersebut sudah menjadi kebiasaan kita akan terbiasa untuk mengatur semua aktivitas kita.

2. Membuat Daftar Tugas

Ada banyak sekali mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Setiap mata pelajaran pastilah membebankan kita satu atau beberapa tugas untuk kita kerjakan dan kumpulkan. Agar tidak bingung, kita bisa membuat daftar tugas yang kita terima. Dengan hal itu kita bisa tahu tugas apa saja yang harus kita kerjakan.

Selain itu kita bisa menuliskan kapan batas pengumpulan tugas-tugas tersebut. Kita bisa mengerjakan tugas dimulai dari yang memiliki deadline paling dekat.

3. Menentukan Prioritas Harian

Dalam seminggu kita punya lima atau enam hari efektif untuk belajar dan mengerjakan tugas. Coba buat prioritas untuk setiap harinya. Kita bisa menuliskan apa yang harus kita lakukan dalam sehari. Tentunya sekolah dan mengerjakan tugas akan masuk dalam daftar prioritas tersebut.

Baca Juga :   Apa yang dimaksud properti tari tradisional

Kita bisa mulai menjalani hari dengan mengerjakan aktivitas yang paling mendesak, misalnya saja mengerjakan tugas. Dengan begitu kita tidak akan membuang-buang atau mengulur-ulur waktu sebba kita tahu ada tugas yang harus segera dikumpulkan.

4. Singkirkan Gangguan Belajar

Kita sebagai manusia tentu tahu apa yang menjadi kelemahan kita. Pada saat belajar kita juga pasti memahami apa yang bisa membuat konsentrasi kita terganggu. Oleh karena itu kita perlu menyingkirkan gangguan-gangguan tersebut pada saat kita tengah belajar ataupun mengerjakan tugas

Gangguan pada saat belajar bisa datang dari berbagai hal misalnya gadget, suara televisi, suara adik atau kakak, pikiran-pikiran yang bercabang dan lain sebagainya. Jika kita sudah tahu apa yang mengganggu, segeralah untuk menyingkirkannya lebih dahulu. Cari suasana belajar yang nyaman yang membuat kita lebih mudah dalam memahami pelajaran ataupun menyelesaikan tugas yang sedang kita kerjakan.

5. Istirahat

Meski tugas sedang banyak dan ujian sudah di depan mata, kita tetap tidak boleh mengabaikan tubuh kita. Meskipun kita harus menyelesaikan berbagai pekerjaan, tubuh kita tetap butuh waktu untuk beristirahat. Sadari kondisi dan kapasitas diri. Jika rasanya sudah terlalu lelah segeralah beristirahat.

Ambil waktu untuk tidur atau sekadar mencari udara segar. Hal ini tentu bertujuan agar tubuh kita kembali bugar dan bisa melanjutkan menyelesaikan tugas-tugas serta hal-hal lainnya.

Nah, itulah tadi 5 cara agar kita bisa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Jadi, sudah tidak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan. Sebab sukses tidak datang pada orang-orang yang tidak berniat mengusahakan. Semangat memperbaiki masa depan!

Mengapa harus mengumpulkan tugas tepat waktu

Posted by: pskji.org