Jika di suatu negara tinggi maka angka harapan hidup penduduk suatu negara menjadi lebih

Jika di suatu negara tinggi maka angka harapan hidup penduduk suatu negara menjadi lebih

Usia harapan hidup penduduk Indonesia mencapai 72,29 tahun, ungkap Badan Pusat Statistik (BPS) ketika memaparkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia pada tahun 2021. Angka ini naik dari tahun 2016 di mana capaian usianya ‘hanya’ menyentuh angka 69,19 tahun.

Tapi, berbeda dengan penduduk dari 7 negara ini! Mereka memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia. Kira-kira, apa rahasia yang menyebabkan mereka panjang umur, ya?

ilustrasi orang lanjut usia (charities.hkjc.com)

Sebenarnya Hong Kong bukan negara, melainkan Wilayah Administrasi Khusus Republik Rakyat Tiongkok. Meski Hong Kong termasuk perkotaan yang padat dengan tingkat polusi ekstrem dan gaya hidup ala kota besar, tak disangka lansia di sini bisa berumur panjang! Angka harapan hidup di Hong Kong rata-rata adalah 83 tahun.

Yang membuat lansia di Hong Kong berumur panjang adalah mereka punya kebiasaan berlatih seni bela diri tai chi. Latihan ini dinilai berpengaruh dalam meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular. Selain itu, mereka punya kebiasaan memakan sayuran kukus, minum air yang cukup dan rutin meminum teh herbal sebagai obat.

ilustrasi orang lanjut usia (today.com)

Lansia di Islandia punya fisik yang bugar, bahkan masih kuat naik gunung! Angka harapan hidup Islandia rata-rata adalah 83,1 tahun. Mereka bisa hidup dengan usia yang sangat lama karena mereka berada di urutan ke-4 penduduk paling bahagia di bumi, berdasarkan laporan dari World Happiness Report.

Selain itu, tingkat kejahatan di Islandia sangat minim dan mereka hidup dengan situasi yang serba terjamin. Akibatnya, penduduk Islandia jarang stres dan berkontribusi meningkatkan usia mereka. Kebugaran mereka juga berasal dari makanan yang dikonsumsi, seperti ikan segar, daging, buah dan sayur organik serta susu sapi segar.

Baca Juga :   Hasil hasil kebudayaan Masyarakat praaksara pada masa berburu dan meramu adalah

ilustrasi orang lanjut usia (peacerun.org)

San Marino adalah salah satu negara terkecil di dunia yang dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan. Di sini, angka harapan hidup penduduk San Marino rata-rata adalah 83,1 tahun. Negara ini punya udara yang segar, pemandangan yang indah serta pedesaan yang hijau. Penduduknya pun terbiasa berjalan kaki dan mendaki untuk pergi ke suatu tempat.

Tak jauh berbeda dengan Italia, penduduk San Marino menerapkan diet Mediterania. Mereka akan mengonsumsi pasta buatan tangan, ikan segar dan daging. Selain itu, mereka juga memakan produk pertanian seperti anggur, gandum, jagung dan zaitun. Terbiasa makan sehat dan berjalan kaki membuat umur mereka panjang!


Baca Juga: Terjangkau, 9 Makanan Super Sehat Ini Juga Bisa Bikin Panjang Umur!

ilustrasi orang lanjut usia (scgaskin.com)

Makau adalah Wilayah Administrasi Khusus Republik Rakyat Tiongkok. Orang yang tinggal di sini kebanyakan bekerja di industri kasino. Tak heran, jika mereka punya keamanan finansial. Dengan hidup berkecukupan, mereka bisa terhindar dari stres dan ‘membeli’ gaya hidup sehat, tutur laman Far & Wide. Rata-rata usia harapan hidupnya adalah 84,6 tahun.

Selain itu, budaya setempat mengajarkan anak-anak yang lebih muda untuk menghargai lansia. Orang tua dihormati dan dirawat oleh anak-cucu mereka. Kalau tak sempat, mereka bisa menyewa asisten rumah tangga untuk merawatnya. Lansia di Makau menghabiskan sisa usianya dengan bersama anak dan cucu yang membuat mereka bahagia.

ilustrasi orang lanjut usia (healthxchange.sg)

Negara tetangga kita ini punya angka harapan hidup yang cukup tinggi, yakni rata-rata 85,2 tahun! Ini karena penduduk Singapura telah memiliki kemampuan finansial yang baik, sehingga bisa mengakomodasi gaya hidup sehat yang mereka inginkan. Lansia di sini tetap bekerja untuk menghindarkan mereka dari kepikunan.

Baca Juga :   Pada saat melakukan blocking tangan menyentuh net maka orang yang melakukan block dinyatakan

Selain itu, menemui lansia di Singapura yang sedang berolahraga juga bukan hal yang langka. Mereka berusaha tetap bugar dengan berjalan kaki dan senam. Singapura memberi akses kesehatan yang baik bagi warganya, sehingga angka harapan hidup ini terus naik dan penduduknya semakin sehat, ujar laman Far & Wide.

ilustrasi orang lanjut usia (bloomberg.com)

Pasti kamu sudah menduga kalau ada Jepang di daftar ini? Yep, angka harapan hidup orang Jepang tertinggi kedua di dunia. Yakni, rata-rata mencapai usia 85,3 tahun! Mereka menghabiskan masa tuanya dengan damai, melakukan hobi seperti berkebun serta bersosialisasi bersama para lansia lainnya.

Panjangnya umur orang Jepang juga dipengaruhi dengan makanan yang mereka makan, yaitu tahu, ikan laut dan ubi manis serta menghindari makan daging. Bahkan, tak sedikit penduduk Jepang yang berhasil mencapai usia 100 tahun. Persentasenya, 740 dari 1,3 juta penduduk Jepang berusia di atas 100 tahun serta 90 persen di antaranya perempuan.


Baca Juga: 6 Cara Agar Hidupmu Semakin Positif, Bikin Hidup Sehat & Panjang Umur

Baca Artikel Selengkapnya

Lihat Foto

Ilustrasi orang tua dengan angka harapan hidup yang tinggi

KOMPAS.com
– Angka harapan hidup adalah indikator yang digunakan untuk menilai derajat kesehatan penduduk. Semakin tinggi angka harapan hidup, maka akan semakin lama rata-rata tahun hidup yang dijalani masyarakat.

Angka harapan hidup menjadi indikator global yang dinilai berdasarkan masing-masing negara. Tahukah kamu negara dengan harapan hidup tertinggi di dunia?

Dilansir dari United Nations Population Division, angka harapan ini sudah dicatat sejak 1950 sampai 2019 dan diproyeksikan hingga tahun 2100. Berikut adalah negara dengan angka harapan hidup tertinggi.

  1. Hong Kong: 85,29
  2. Jepang: 85,03
  3. Makau: 84,68
  4. Swiss: 84,68
  5. Singapura: 84,07
  6. Italia 84,01
  7. Spanyol: 83,99
  8. Australia: 83,94
  9. Kepulauan Channel: 83,60
  10. Islandia: 83,52
Baca Juga :   Untuk menghindari pukulan lawan dalam pencak silat gerakan yang harus dilakukan adalah

Sedangkan angka harapan hidup Indonesia hanya 72,32 dan berada di peringkat 122 dari 195 negara di dunia.

Baca juga: Deteksi Dini Tingkatkan Angka Harapan Hidup Pasien Kanker, Kok Bisa?

Angka harapan hidup ini mencakup berbagai parameter yang menjelaskan derajat kesehatan suatu negara. Beberapa parameternya secara kuantitatif adalah angka kematian bayi, angka kematian anak di bawah 5 tahun, dan angka harapan hidup ketika lahir.

Selain itu juga terdapat berbagai parameter kualitatif seperti jenis kelamin, genetik, akses ke pelayanan kesehatan, kebersihan lingkungan, diet dan nutrisi, gaya hidup, dan tingkat kriminalitas. Setiap negara mungkin memiliki faktor dan pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan angka harapan hidup penduduknya.

Negara dengan harapan hidup tertinggi adalah Hong Kong. Faktor utama yang membuat angka harapan hidupnya tinggi adalah kualitas fasilitas kesehatan anak yang memadai. Faktor tersebut membawa Hong Kong sebagai negara dengan kematian bayi paling rendah di dunia.

Negara berikutnya adalah Jepang. Faktor utama yang ada di Jepang adalah makanan Jepang yang kaya akan buah, sayur, daging dan ikan segar, serta biji-bijian. Selain itu, pemerintah juga memprioritaskan program kesehatan masyarakat, seperti program vaksinasi anak-anak. Jepang juga memiliki budaya untuk selalu aktif beraktivitas walaupun sudah berusia lanjut.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Jika di suatu negara tinggi maka angka harapan hidup penduduk suatu negara menjadi lebih

Posted by: pskji.org