Sebutkan penyakit reproduksi yang disebabkan oleh virus jamur, dan bakteri

Sebutkan penyakit reproduksi yang disebabkan oleh virus jamur, dan bakteri

Sistem organ yang ada dalam tubuh manusia harus dijaga dengan baik, sehingga bisa berfungsi dengan baik dan tidak mengalami gangguan yang akan merugikan kesehatan. Salah satu bagian tubuh manusia yang rawan akan serangan penyakit atau kelainan adalan organ reproduksi manusia.

Kelainan organ reproduksi manusia ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti bakteri, virus, maupun jamur. Penyebarannya juga bisa diakibatkan oleh penularan dari orang tua yang terinfeksi ke anaknya, transfuse darah, gaya hidup yang buruk seperti seks bebas dan jarum suntik obat terlarang atau narkoba.

Gangguan dalam organ reproduksi manusia dapat terjadi baik pada wanita maupun pria. Adapun beberapa kelainan organ reproduksi manusia antara lain :

Gonore

Gonore atau yang biasa disebut dengan kencing nanah merupakan kelainan yang berasal dari bakteri Neisheria Gonorrhoe. Ini ditularkan karena hubungan seks dengan penderitanya. Gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit ini adalah adanya rasa sakit dan nanah yang keluar saat kencing, sedangkan pada wanita terjadi keputihan dengan warna kuning hijau.

(Baca juga: Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada Manusia)

Sifilis (raja singa)

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum dengan gejala luka pada bagian masuknya bakteri tersebut ke dalam tubuh. Bakteri yang terlah masuk dapat menyebar ke organ-organ tubuh dan melakukan pengrusakan.

Herpes Simplex Genitalis

Ini adalah penyakit yang disebabkan virus dengan nama herpes simplex tipe II. Virus ini menyerang bagian kulit genitalia luar, vagina dan anus dengan gejala gatal-gatal, kemerahan dan pedih pada bagian kulit daerah kelamin.

HIV/ AIDS

Penyakit yang cukup dikenal oleh masyarakat ini disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus) yang mengakibatkan system kekebalan atau imunitas tubuh manusia menurun. Gejala-gejala penyakit AIDS ini antara lain mudah lelah, berat badan menurun, diare terus menerus, sesak nafas, dan batuk berkepanjangan.

Terdapat lebih banyak lagi kelainan pada organ reproduksi manusia lainnya, sehingga menjadi penting untuk menjaga kebersihan organ reproduksi agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur,maupun parasit. Lantaran, penyebab utama dari penyakit organ reproduksi manusia karena kurangnya kebersihan organ reproduksi dan gaya hidup yang buruk.

Baca Juga :   Berikut kerajinan tangan dari limbah anorganik yang terkenal di Indonesia kecuali

Ilustrasi HIV AIDSPenyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus? Apa Itu HIV AIDS, Herpes Genitalis /Pixabay/Madartzgraphics

PORTAL PURWOKERTO
– Penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus? Apa Itu HIV AIDS, Herpes, Genitalis,  Berikut Penjelasannya?

Penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus pada manusia, Virus bisa menyerang alat reproduksi baik pada laki laki maupun wanita.

Bagaimana penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus dapat menyerang manusia? Bakteri jamur juga bisa menyebabkan penyakit pada sistem reproduksi kita.

Berikut penjelasan  penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan virus berdasarkan keterangan dari dr Gempol Suwondo Direktur Rumah Sakit Islam Banyumas.

Sistem reproduksi adalah proses alami yang terjadi pada makhluk hidup yang bertujuan untuk memperbaiki dan melanjutkan keturunan.

>

Apa itu organ reproduksi, adalah salah satu organ yang sangat penting bagi wanita dan laki-laki yang berperan dalam proses reproduksi untuk menghasilkan keturunan.

Baca Juga: Tetap Waspada, Setelah Ditemukan Dua WPS Positif HIV Aids di Cilacap, Ratusan Belum Diperiksa

Namun, organ-organ reproduksi juga dapat terkena penyakit seperti organ tubuh lainnya.

Penyakit pada sistem reproduksi manusia bisa  disebabkan oleh berbagai faktor selain virus adalah  bakteri, tumor atau jamur

3 dari total 6 halaman

Penyakit penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan bakteri, diantaranya:

Gonore

Dikenal sebagai penyakit menular seksual, gonore juga merupakan penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan bakteri karena menyebabkan keluarnya nanah dari penis. Pada wanita, penyakit ini seringnya tak memunculkan gejala.

Gejala penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan bakteri ini umumnya baru muncul setelah 2 sampai 15 hari setelah hubungan seksual berisiko. Meski begitu ada juga lho yang tidak mengalami gejala nyata. Makanya, penyakit ini jadi cenderung mudah menular karena penderita tak mengetahui status kesehatan seksualnya.

Gonore terjadi karena bakteri Neisseria gonorrhoeae. Bakteri ini cenderung menginfeksi area tubuh yang hangat dan lembab. Artikel di link berikut bakalan ngasih kamu infromasi lebih lanjut mengenai mengenai penyakit ini.

Baca Juga :   Salah satu sumber arus pada sistem pengapian mobil adalah

Klamidia

Adalah penyakit pada sistem reproduksi yang disebbakan bakteri chlamydia trachomatis dan merupakan salah satu penyakit kelamin yang paling umum. Melansir laman CDC, klamidia bisa menyebabkan kerusakan permanen yang serius pada sistem reproduksi wanita.

Di kemudian hari, infeksi ini bisa menyebakan sulit hamil atau tidak bisa hamil. Bukan tak mungkin klamidia bisa mengakibatkan kehamilan etopik yang berpotensi fatal.

Gimana penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan bakteri ini menyebar? Yakni melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan seseorang yang menderita klamidia. Klamidia bisa didapatkan dari hubungan seksual dengan laki-laki walaupun dia tidak sempat ejakulasi. Klamidia juga tetap bisa menginfeksi kembali meski sudah pernah diobati.

Trus gimana caranya menghindari penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan bakteri ini? Yakni dengan tidak melakukan hubungan seksual kecuali:

Berada dalam hubungan monogami yang panjang dengan pasangan yang sudah memiliki hasil negatif untuk semua jenis penyakit menular seksual
Menggunakan kondom lateks dengan cara yang benar

Sifilis

dikutip dari Web MD, sipilis pernah menjadi ancaman kesehatan masyarakat yang utama dan menyebabkan masalah jangka panjang yang serius. Contohnya nih, artritis, kerusakan otak, hingga kebutaan. Dan pada saat itu nggak ada pengobatan yang efektif dilakukan sampai akhir 1940-an, sampai akhirnya antibiotik penisilin dikembangkan.

Sipilis adalah penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan bakteri Treponema pallidum, di mana rute penularannya melalui kontak dengan luka yang terinfeksi selama aktivitas seksual.

Bakteri tersebut masuk ke tubuh melalui luka kecil atau lecet di kulit atau selaput lendir. Ini biasanya terjadi selama aktivitas seksual, meski mungkin aja bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui luka di kulit atau selaput lendir.


Perbesar

Ilustrasi Foto Vagina (iStockphoto)

1. Vaginitis

Vaginitis adalah Penyakit pada Sistem Reproduksi wanita dengan kondisi vagina yang mengalami infeksi. Infeksi pada vagina disebabkan oleh beberapa jenis mikroorganisme, yaitu seperti bakteri, jamur, dan parasit.

Penyakit pada sistem reproduksi ini bisa menyerang vagina langsung atau melalui perineum. Penyakit vaginitis bisa disebabkan oleh jamur Candida Albicans, bakteri Gardnerella, parasit Trichomonas Vaginalis, dan virus.

Baca Juga :   Gerakan Full Body Workout di rumah

Penderita vaginitis memiliki beberapa gejala yang bisa diamati. Beberapa gejala penyakit vaginitis seperti nyeri hebat pada vagina, disuria, pruritas di vulva, ruam bibir vagina, edema vukva, vagina bau busuk, dan perdarahan vagina.

2. Condiloma Accuminata

Condiloma Accuminata adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita yang disebabkan oleh virus yang tak asing lagi. Virus yang dimaksud adalah virus Human Papiloma.

Virus tersebut juga merupakan virus penyebab kutil. Wanita yang mengalami penyakit condiloma accuminata sebaiknya segera diobati. Hal ini dikarenakan obat condiluma accuminta bisa berkembang menjadi kanker pada organ lainnya seperti rahim wanita.

3. Kanker ovarium

Kanker ovarium juga termasuk ke dalam penyakit pada sistem reproduksi wanita. Penyakit ini berawal dari kista ovarium yang merupakan tumor jinak dan kecil di dalam rahim.

Kista ovarium yang paling sering terjadi adalah kista dermoid, kista lutein, dan kista cokelat. Tumor jinak atau kista ovarium tersebut lambat laun akan berkembang menjadi semakin besar dan ganas yang menjadi kanker ovarium.

Tumor ganas ovarium (kanker ovarium) dengan ukuran besar dapat menyebabkan kelainan letak janin. Penyebab penyakit kanker ovarium disebabkan oleh gaya hidup yang keliru, asupan, kurang olahraga, dan lainnya. Berhati-hatilah kamu jika memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur karena itu merupakan gejala dari penyakit kanker ovarium.

4. Kanker serviks

Kanker serviks adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita yang juga umum terjadi. Penyakit ini disebabkan karena adanya sel-sel abnormal yang tumbuh pada lapisan epitel serviks. Sel abnormal tersebut akan terus tumbuh dengan ganas.

Hal tersebut membuat jaringan yang ada di sekitar leher rahim jadi kurang berfungsi. Pengobatan kanker serviks umumnya dilakukan dengan mengangkat rahim, oviduk, ovarium, sepertiga dari vagina (bagian atas).

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit pada sistem reproduksi wanita. Meski pria juga memiliki payudara, namun penyakit yang satu ini lebih rentan menyerang wanita sebab jaringan lemak pada payudara wanita jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pria.

Sebutkan penyakit reproduksi yang disebabkan oleh virus jamur, dan bakteri

Posted by: pskji.org