Sebutkan bahan bahan kategori lunak untuk membuat patung

Sebutkan bahan bahan kategori lunak untuk membuat patung

Bahan Lunak Yang dimaksud bahan lunak adalah material yang empuk dan mudah dibentuk. Misalnya tanah liat, plastisin, dan sabun. Bahan tanah liat untuk patung memang mudah didapat, namun tidak sembarang tanah liat baik untuk dibuat patung. Tanah liat yang baik untuk membuat patung harus memenuhi persyaratan, antara lain bersih dari kerikil, rumput, akar, dan sebagainya. Selain itu daya susut tanah tidak lebih dari 10%, sehingga kalau kering nantinya tidak pecah atau hancur. Keadaan tanah liat juga harus cukup plastis, artinya mudah dibentuk, tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Untuk bahan plastisin (lilin) dapat diperoleh di toko. Tingkat plastisitas lilin bermacam-macam, ada yang sangat lembek, cukup lembek, dan agak lembek. Lilin yang sangat lembek sulit untuk dibentuk. Bahan sabun mudah dibentuk, akan tetapi ukuran sabun yang ada di pasaran sangat kecil, baik itu sabun mandi atau sabun cuci batangan, sehingga sulit bila kita hendak membuat karya yang berukuran besar. Bahan sedang artinya tidak Iunak dan tidak keras. Yang termasuk bahan sedang antara lain kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni. Pembuatan patung dengan kayu biasanya dari bentuk gelondongan (batangan) bukan dari bentuk papan. Oleh karena itu, sebelum membuat patung hendaknya mempersiapkan bahan sesuai kebutuhan.

Media Bahan Lunak, Sedang & Keras Yang digunakan Karya Seni Patung

Bahan keras dapat berupa kayu atau batu-batuan. Bahan keras kayu contohnya kayu jati, kayu sonokeling, dan kayu ulin. Bahan batu-batuan antara lain batu padas, batu granit, batu andesit, dan batu pualam (marmer). Selain bahan-bahan tersebut di atas masih ada bahan yang dapat dipergunakan untuk membuat patung, yaitu semen, pasir, gips, kuningan, perunggu, emas, dan sebagainya. 

Asked by wiki @ 02/08/2021 in
Seni
viewed by 20435 persons

Asked by wiki @ 08/08/2021 in
Seni
viewed by 16366 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in
Seni
viewed by 4401 persons

Asked by wiki @ 30/07/2021 in
Seni
viewed by 4295 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in
Seni
viewed by 3466 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in
Seni
viewed by 3232 persons

Asked by wiki @ 20/08/2021 in
Seni
viewed by 2895 persons

Asked by wiki @ 01/08/2021 in
Seni
viewed by 2320 persons

Asked by wiki @ 26/08/2021 in
Seni
viewed by 2212 persons

Asked by wiki @ 10/08/2021 in
Seni
viewed by 2161 persons

Asked by wiki @ 29/07/2021 in
Seni
viewed by 2084 persons

Asked by wiki @ 23/08/2021 in
Seni
viewed by 2071 persons

Asked by wiki @ 09/08/2021 in
Seni
viewed by 2063 persons

Asked by wiki @ 03/08/2021 in
Seni
viewed by 2021 persons

Asked by wiki @ 02/08/2021 in
Seni
viewed by 1908 persons

Rumusrumus.com – Hallo pengguna setia web ini, pada kesempatan kali ini kita akan membahas pertanyaan mengenai Sebutkan Dan Jelaskan Bentuk Dan Cara Membuat Patung ? Nah untuk itu, agar kalian mengetahui apa jawaban atas pertanyaan ini simaklah penjelasan dibawah ini secara rinci dan semoga membantu anda didalam menjawab pertanyaan yang mungkin ada di benak anda.

Untuk membuat sebuah patung terdapat beberapa bahan serta teknik yang digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya ialah :

1. Bahan Keras

Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat patung adalah bahan keras, dimana bahan ini bisa berupa : kayu, batu cadas atau andesit, logam, gading, tulang, serta tanduk.

Teknik yang digunakan untuk membuat patung dengan bahan ini ialah menggunakan teknik pahat, kecuali bahan yang terbuat dari logam.

Baca Juga :   Berapa kali wasit meniup peluit untuk menandakan pertandingan berakhir

Sedangkan untuk membuat patung dengan bahan keras berupa logam seperti perunggu, kuningan, emas, perak, tembaga, serta besi dapat dilakukan menggunakan teknik cor [bivalve dan a cire perdue], tempa, patri, serta las tuang.

2. Bahan Plastis

Bahan lunak yang bisa digunakan untuk membuat patung antara lain ialah tanah liat, semen, plastisin, lilin, bubur kertas, sabun, serta gips.

Patung dari bahan plastis ini dapat dibuat menggunakan teknik membentuk, membutsir, mencetak, modelling, coiling, pijit, serta slabing.

Bentuk & Wujud Seni Patung

Didalam seni patung terdapat beberapa bentuk dan wujud, ialah sebagai berikut :

  1. Bagian kop adalah pembuatan patung dimana hanya menggambarkan bagian kepala saja.
  2. Bagian buste adalah pembuatan patung dimana menggambarkan bagian dada maupun bentuk dada serta kepala.
  3. Bagian torso adalah pembuatan patung dimana menggambarkan bagian badan secara utuh.

Teknik Membuat Patung

Dalam membuat patung seorang seniman bisa membuat patung dengan berbagai teknik, dimana bergantung pada bahan serta keahlian yang dikuasai. Teknik-teknik tersebut antara lain ialah sebagai berikut :

1. Teknik Mengecor

Teknik mengecor / mencetak merupakan suatu teknik dimana dipakai jika media yang digunakan bersifat cairan. Sebelum melakukan pengecoran seorang pematung harus membuat cetakan terlebih dahulu. Agar mendapat cetakan, pematung harus membuat model patung jadi maupun model positif, sesudah itu pematung membuat cetakan negatif.

Bahan yang digunakan ini berbeda dengan bahan untuk membuat cetakannya, contohnya seperti : jika bahan yang digunakan untuk membuat patung ialah sebuah logam. Maka bahan untuk membuat cetakannya ialah suatu gips atau tanah liat.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat cetakan ialah pada bagian yang satu dengan bagian yang lain diusahakan tidak terkunci satu sama lain. Terdapat dua jenis cetakan teknik mengecor patung ialah menggunakan cetakan berupa bivalve serta a cire perdue.

Bivalve merupakan teknik mengecor dengan cetakan yang bisa di bongkar pasang, dimana teknik ini dipakai untuk mendapatkan hasil dalam jumlah yang banyak dengan model yang sama persis.

Sedangkan teknik a cire perdue hanya dipakai untuk mendapatkan satu hasil saja, umumnya cetakannya terbuat dari bahan yang mudah dihancurkan seperti dari tanah liat.

2. Teknik Modeling

Teknik modelling merupakan suatu teknik membuat bentuk dimana dengan cara memijit, meremas, serta membentuk sesuai bentuk yang diinginkan. Bahan yang digunakan dalam pembuatan teknik ini ialah bahan dimana bersifat plastis seperti tanah liat, plastisin, lilin, serta bubur kertas.

3. Teknik Konstuktif / Menempel

Teknik menempel ialah suatu teknik membuat patung dengan cara menempelkan bagian yang satu dengan bagian yang lain, dimana dilakukan sedikit demi sedikit sehingga menjadi sebuah karya patung yang indah. Bahan yang dipergunakan bisa bervariasi, mulai dari tanah liat, lilin, logam, serta bubur kertas.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai sebuah pertanyaan di atas, semoga bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan baru bagi para pembaca.

Baca Juga :


Mengapa daerah nusantara Tenggara Timur memiliki potensi besar dalam memanfaatkan energi matahari sebagai energi alternatif ​


gambar hiasan yang tidak begitu menonjolkan kesan jarak jauh dekat maupun gelap terang adalah gambar …..A. DekoratifB. PrespektifC. Ilustratif​


kak saran kata kata untuk bhinneka tunggal ika dan persatuan&kesatuan​


Tari banyak dipengaruhi gerak pencat silat tari dari? A. Solo B. Jabar C. Jogjakarta D. Jateng


Tarian dengan pola tetap yaitu tari? A. Jatilan B. Saman C. Gatot kaca D. Bambangan cakil


tolong ya kak pls no ngasal:’​


tolong ya kak plis no ngasal :’]​


Sebutkan teknik mewarnai ?​


Posisi jari kelingking saat memainkan pianikan berada dinomor …. * A. 1 B. 4 C. 6 D. 7​

Baca Juga :   Mengapa penanaman pohon perlu dilakukan pada tanah yang tidak digunakan untuk bercocok tanam


garis garis yang dilalui penari disebut….tolong dijawab ya kak ​

Video yang berhubungan

1. Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung!.
2. Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak. 1. Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung!.
2. Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak. 1. Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung!.
2. Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak. Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya. 1. Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung!.
2. Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak.

Top 1: sebutkan bahan sedang membuat patung – Brainly.co.id

Pengarang:
brainly.co.id – Peringkat
88

Ringkasan:

. dalam menggambar ragam hias terdiri dari beberapa bentuk?​ . tolong buatkan 5 soal pilihan ganda(ABCD) beserta jawabannya tentang pengolahan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi​ . tolong buatkan 5 soal pilihan ganda(ABCD) beserta jawabannya tentang kerajinan kaca, kerang, keramik, dan botol plastik​ . jenis dan karakteristik buah ​ . Cepat lambat nada dalam lagu adalah…. . tolong buatkan 5 soal pilihan ganda(ABCD) beser

Hasil pencarian yang cocok:

Jawaban · Jawaban · Sedang mencari solusi jawaban Seni beserta langkah-langkahnya? · Jawaban · Jawaban · Ada pertanyaan lain? · Pertanyaan baru di … …

Top 2: Sebutkan contoh karya seni patung yang dapat dibuat dengan bahan …

Pengarang:
apayangkamu.com – Peringkat
167

Ringkasan:
Bahan Lunak Yang dimaksud bahan lunak adalah material yang empuk dan mudah dibentuk. Misalnya tanah liat, plastisin, dan sabun. Bahan tanah liat untuk patung memang mudah didapat, namun tidak sembarang tanah liat baik untuk dibuat patung. Tanah liat yang baik untuk membuat patung harus memenuhi persyaratan, antara lain bersih dari kerikil, rumput, akar, dan sebagainya. Selain itu daya susut tanah tidak lebih dari 10%, sehingga kalau kering nantinya tidak pecah atau hancur. Keadaan tanah liat jug

Hasil pencarian yang cocok:

Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi — Bahan – Bahan dalam membuat karya … Bahan dalam seni patung bisa … …

Top 3: Sebutkan alat alat apa saja yang digunakan dalam pembuatan …

Pengarang:
dimanakahletak.com – Peringkat
158

Ringkasan:

untuk mengetahui Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung, dan Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak, Fungsi alat pahat yang digunakan untuk membuat patung keras adalah, Sebutkan 3 jenis bahan yang digunakan untuk membuat patung keras, Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi.dalam seni dan karya pastilah memiliki fungsi apalagi dari 3 fungsi dari karya seni patung, seperti yang kita ketahui begitu banyak karya seni patung pahlawan d

Hasil pencarian yang cocok:

13 jam yang lalu — Contoh bahan ini yaitu koran bekas, jerami, dan kayu. C. Teknik Membuat Patung. Teknik dalam seni patung merupakan cara yang dilakukan dalam … …

Top 4: Sebutkan bahan untuk membuat patung

Pengarang:
memperoleh.com – Peringkat
97

Ringkasan:

. Home. /SeniBudaya. /Soal Sebutkan bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat patung gips!Jawab:Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat patung gips antara lain:Serbuk gipsPahatBotol air mineral atau wadah berbahan plastik.Palu pahat ringan—————-#—————-Jangan lupa komentar & sarannyaEmail: Kunjungi terus: masdayat.net OK! :]. Newer Posts . Older Posts . untuk mengetahui Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung, dan Tuliskan 2 alat dan bahan

Hasil pencarian yang cocok:

8 jam yang lalu — Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak; 3. … Contoh dari bahan sedang adalah kayu sengan, kayu randu, … …

Baca Juga :   Seni rupa tiga dimensi yang dapat digunakan sebagai bahan Pertunjukan adalah

Top 5: Sebutkan tiga bahan lunak dalam membuat patung – idkuu.com

Pengarang:
idkuu.com – Peringkat
126

Ringkasan:

Pengetahuan1 2 3 Sebutkan Tiga Bahan Lunak Dalam Berkarya Seni Patung Teknik Apakah Yang Dipakai Brainly Co Id Sebutkan Bahan Membuat Patung Dan Contohnya Brainly Co IdSebutkan 3 Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Patung Keras Pikiran MahasiswaSoal Dan Jawaban Prakarya Bahan Lunak Pdf1 Sebutkan 3 Bahan Lunak Dalam Berkarya Seni Patung 2 Teknik Apakah Yang Dipakai Dengan Bahan Brainly Co IdYang Termasuk Bahan Lunak Dalam Membuat Patung Adalah Edukasi NewsContoh Bahan Lunak Untuk Membuat Pa

Hasil pencarian yang cocok:

Sebutkan 3 Jenis Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Patung Keras Pikiran Mahasiswa … Contoh dari bahan sedang adalah kayu sengan, kayu randu, kayu waru, … …

Pengarang:
backtoaceh.blogspot.com – Peringkat
150

Ringkasan:
. Bahan Lunak Yang dimaksud bahan lunak adalah material yang empuk dan mudah dibentuk. Misalnya tanah liat, plastisin, dan sabun. Bahan tanah liat untuk patung memang mudah didapat, namun tidak sembarang tanah liat baik untuk dibuat patung. Tanah liat yang baik untuk membuat patung harus memenuhi persyaratan, antara lain bersih dari kerikil, rumput, akar, dan sebagainya. Selain itu daya susut tanah tidak lebih dari 10%, sehingga kalau kering nantinya tidak pecah atau hancur. Keadaan tanah liat j

Hasil pencarian yang cocok:

Bahan sedang artinya tidak Iunak dan tidak keras. Yang termasuk bahan sedang antara lain kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni. Pembuatan patung … …

Top 7: Sebutkan bahan untuk membuat patung kayu yang termasuk bahan …

Pengarang:
apamaksud.com – Peringkat
152

Hasil pencarian yang cocok:

untuk mengetahui Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung, dan Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak, Fungsi alat pahat … …

Top 8: Sebutkan bahan sedang untuk membuat patung – mempelajari

Pengarang:
mempelajari.com – Peringkat
126

Ringkasan:

Bali terkenal akan destinasi wisata seninya, baik itu seni tari, seni musik, seni lukis, seni ukir, dan seni patung. Kesenian yang paling mudah dijumpai di pulau dewata tersebut adalah seni patung. Patung adalah salah satu karya seni rupa yang berwujud tiga dimensi karena memiliki tinggi, lebar dan panjang. Nah, apa yang diperlukan dalam pembuatan patung ini? Biasanya, patung akan berwujud manusia dan juga binatang, tetapi bentuk patung tidak hanya terbatas kepada itu ada banyak bentuk yang bis

Hasil pencarian yang cocok:

Dalam pembuatan karya seni patung ini, diperlukan alat dan bahan yang digunakan perupa seni untuk memudahkan proses pengerjaan karyanya. Alat. Dalam membuat … …

Top 9: Apa yang dimaksud dengan patung dan sebutkan tiga macam bahan …

Pengarang:
kafesentul.com – Peringkat
219

Ringkasan:

untuk mengetahui Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung, dan Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak, Fungsi alat pahat yang digunakan untuk membuat patung keras adalah, Sebutkan 3 jenis bahan yang digunakan untuk membuat patung keras, Fungsi patung yang digunakan untuk mengenang jasa pahlawan adalah fungsi.dalam seni dan karya pastilah memiliki fungsi apalagi dari 3 fungsi dari karya seni patung, seperti yang kita ketahui begitu banyak karya seni patung pahlawan d

Hasil pencarian yang cocok:

untuk mengetahui Tuliskan 3 fungsi dari karya seni patung, dan Tuliskan 2 alat dan bahan yang digunakan dalam membuat patung lunak, Fungsi alat pahat … …

Sebutkan bahan bahan kategori lunak untuk membuat patung

Posted by: pskji.org