Alquran memiliki banyak nama salah satunya alkitab yang artinya

Alquran memiliki banyak nama salah satunya alkitab yang artinya

Ternyata, banyak sekali nama lain dari Al-Quran yang telah Allah SWT sebutkan, lho. Mengenai nama lain Al-Quran ini, ada banyak sekali pendapat dari para ulama yang berbeda terkait jumlah pastinya.

Imam Fakhr Ar Razi mengatakan bahwa ada 32 nama Al-Quran dan nama pertamanya yaitu alkitab. Sedangkan Imam Az Zarkasyi menyebutkan ada 55 nama lain Al-Quran, dan masih banyak lagi pendapat para ulama lainnya. Berikut ini beberapa nama lain Al-Quran yang telah kami rangkum. Yuk, cari tahu nama-namanya!

1. Al kitab

Alkitab atau kitabullah memang sangat sering digunakan untuk menyebut Al-Quran ini. Dalam bahasa arab, makna dari alkitab adalah buku. Selain itu, dalam Al-Quran juga terdapat surat yang menyebutkannya, yaitu surat Al Baqarah ayat 2.

2. Al Furqan

Al Furqan artinya pembeda benar dan salah. Kemudian nama ini terdapat di dalam Al-Quran surat Al-Furqan ayat 1 yang artinya:

“Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan kepada hamba-Nya agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” [QS. Al-Furqan: 1]

3. Adz dzikir

Seperti yang diketahui bahwa arti dari adz dzikra adalah pemberi peringatan. Bahkan makna ini ditulis secara tersirat dalam ayat 9 surat Al-Hijr yang artinya:

“Sesungguhnya Kami lah yang menurunkan Adz-Dzikr dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” [QS. Al-Hijr: 9]

4. Al Mau’idhah

Nama lain dari Al-Quran selanjutnya yaitu, Al Mau’idhah yang artinya adalah pelajaran atau nasihat. Nama ini terkandung di dalam Al-Quran surat Yunus ayat 57 yang artinya:

“Hai manusia sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit [yang ada] dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” [QS. Yunus: 57]


Baca Juga: 5 Tips Efisien Menghafalkan Alquran, Yuk Coba!

5. Asy-Syifa

As-syifa artinya penyembuh. Seperti yang diketahui, Al-Quran memang Allah SWT turunkan untuk mengobati segala penyakit hati manusia. Sehingga, jika memiliki penyakit hati seperti iri, dengki, kecewa, sedih, dan sebagainya, maka sangat dianjurkan sekali membaca ayat suci Al-Quran. Insya Allah ini akan meringankan dan menghilangkan beban penyakit hati tersebut.

Hal ini pun juga telah dituangkan di dalam Al-Quran pada surat Al-Isra ayat 82 yang artinya:

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” [QS. Al-Isra : 82]

6. Al-Hukmu

Al Hukmu artinya hukum atau peraturan. Al-Quran merupakan sumber dari segala hukum islam dan memang harus didasarkan pada Al-Quran. Hal ini terdapat di dalam Al-Quran surat Ar Ra’d ayat 37 yang artinya:

“Dan demikianlah Kami telah menurunkan Al-Quran itu sebagai peraturan [yang benar] dalam Bahasa Arab. Dan seandainya kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, maka sekali-kali tidak ada pelindung dan pemelihara bagimu akan [siksa] Allah.” [QS. Ar-Ra’d: 37]

Baca Juga :   jelaskan 3 masalah dasar dalam ekonomi

7. Al-Hikmah

Al-hikmah artinya kebijaksanaan. Hal tersebut terkandung langsung dalam Al-Quran surat Al-Isra ayat 39 dengan artinya:

“Itulah sebagian hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu. Janganlah kamu mengadakan Tuhan yang lain selain Allah yang [bisa] menyebabkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam keadaan tercela lagi dijauhkan [dari rahmat Allah].” [QS Al-Isra: 39]

8. Al Huda

Al Huda mempunyai arti sebagai petunjuk. Hal tersebut selaras dengan yang telah diungkapkan Allah SWT pada firman-Nya dalam surat Al-Jin ayat 13:

“Dan sesungguhnya kami tatkala mendengar petunjuk, kami beriman kepadanya [quran]. Barang siapa beriman kepada Tuhannya, maka ia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak pula akan penambahan dosa serta kesalahan.” [QS Al-Jin:13]


Baca Juga: Macam Macam Tanda Waqaf dalam Alquran yang Harus Kamu Pahami

9. At-Tanzil

Nama lain dari Al-Quran selanjutnya yaitu At Tanzil yang memiliki arti ‘yang diturunkan’. Hal tersebut tertuang dalam surat Asy-syu’ara ayat 192 yang artinya:

“Dan sesungguhnya [Al-Quran] ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta Alam.” [QS Asy-Syu’ara: 192]

10. Ar Rahmat

Ar rahmat artinya adalah ‘rahmat’ dan ini merupakan petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Berikut penjelasannya dalam surat An-Naml ayat 77.

“Dan sesungguhnya Quran itu benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” [QS An-Naml: 77]

11. Al-Kalam

Ini termasuk nama lain Al-Quran yang seringkali kita dengar. Al kalam sendiri telah diungkapkan dalam firman-Nya pada surat At-Taubah ayat 6 yang artinya:

“Dan jika seorang diantara orang-orang musyrik itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, lalu antarkanlah ia ke tempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.” [QS At-Taubah: 6]

Itulah penjelasan tentang nama lain Al-Quran yang bisa digunakan untuk menyebut kitab suci ini. Tentunya tidak hanya itu saja nama lain dari Al-Quran, masih ada nama lainnya yang perlu diketahui dan tentunya punya arti yang sangat luar biasa sekali.

Ilustrasi Al-Qur’an. Foto:Pixabay









Al


quran


diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia. Peristiwa turunnya Alquran ini dinamakan dengan Nuzulul Qur’an.


Alquran terdiri atas 30 juz, 114 surat, 6.236 ayat, serta 77.845 kata. Ketika membacanya, umat Muslim dianjurkan untuk menyucikan diri terlebih dahulu atau berwudhu, agar terhindar dari segala jenis kotoran.


Alquran dapat dijadikan sebagai pedoman hidup, pintu keselamatan, serta sumber kedamaian hati bagi orang yang membacanya. Seperti yang telah tertulis dalam buku

Permata Al-Qur’an

karya Prof. Dr. H. Muhammad.

Baca Juga :   Apa saja yang termasuk inspirasi budaya lokal non benda?


Disebutkan bahwa Alquran adalah petunjuk bagi umat manusia yang terdiri atas prinsip-prinsip dasar segala persoalan hidup manusia. Meski ditujukan kepada umat Islam, Alquran merupakan kitab yang universal [umum], serta akan menjamin kehidupan di dunia dan di akhirat nanti.


Isi Alquran mencakup segala persoalan duniawi hingga akhirat. Segalanya telah diatur di dalam Alquran, mengenai

ibadah
, adab dan perilaku, penjelasan mengenai hari akhir, hingga yang lainnya.


Selain dikenal dengan nama “Alquran”, kitab suci umat

Islam

ini juga memiliki nama lain yang juga disebut di dalam Alquran, salah satunya adalah


Adz Dzikr

. Apa arti Adz Dzikr dan nama Alquran lainnya? Berikut selengkapnya.

Ilustrasi Al-Qur’an. Foto:Pixabay

Nama Lain Alquran Selain Adz Dzikr


Seperti dijelaskan oleh Ustadz Rizem Aizid dalam buku

Tartil Al-Qur’an untuk Kecerdasan dan Kesehatanmu,

selain bernama “Alquran”, kitab yang diwahyukan kepada nabi Muhammad ini memiliki sejumlah nama lain, tiga di antaranya adalah sebagai berikut:


Al-Kitab merupakan nama lain dari Alquran yang pertama. Al-Kitab artinya adalah buku. Maksudnya adalah Alquran sebagai Al-Kitab bagi umat Islam yakni wahyu dari Allah SWT yang tertulis dan di dalamnya berisi pedoman secara rinci.


Seperti yang telah diterangkan oleh Allah SWT dalam firmannya:


ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِينَ


Artinya:

“Al-Kitab [Al-Qur’an sebagai kitab] itu tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.”

[QS. Al-Baqarah [2]: 2]


Nama lain kedua dari Alquran adalah Al-Furqon yang artinya pembeda atau penjelas antara yang benar dan salah. Disebutkan Allah SWT surat Al Furqan ayat 1:


تَبَارَكَ الَّذِى نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِۦ لِيَكُونَ لِلْعٰلَمِينَ نَذِيرًا


Artinya:

“Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqan [Al-Qur’an sebagai pembeda] kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.”

[QS. Al-Furqan [25]: 1]

Ilustrasi membaca Al-Qur’an. Foto:Pixabay



Adz Dzikr artinya


pemberi peringatan. Maksudnya, Alquran dapat dijadikan sebagai sebuah peringatan akan adanya ancaman dan balasan bagi seluruh hambanya, juga pengingat untuk selalu bertauhid kepada Allah SWT sebagaimana yang telah diajarkan para Rasul pada kaum-kaum sebelumnya.


Pada intinya, apa yang kita lakukan di dunia tidak lepas dari tanggung jawab di akhirat nanti. Allah SWT berfirman:


إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحٰفِظُونَ


Artinya:

“Sesungguhnya Kami lah yang menurunkan Adz Dzikr [Al-Qur’an sebagai pengingat], dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.”

[QS. Al-Hijr [15]: 9]

Video yang berhubungan

Az-Zikr dan Al-Kitab credit: kataraquran.com

Pada artikel yang lalu berjudul Penjelasan Tentang Nama Al-Quran: al-Quran, al-Furqan, dan al-Tanzil telah diuraikan secara singkat penamaan tersebut dan makna dibaliknya. Selain dinamakan al-Quran, al-Furqan dan At-Tanzil, nama lain dari al-Quran adalah Az-Zikr dan Al-Kitab. Pada tulisan kali ini penulis akan menguraikan mengenai makna dibalik dua nama tadi.

Baca Juga :   Berikut ini yang termasuk pihak-pihak intern yang memerlukan informasi akuntansi adalah….

Allah Swt sendiri yang memberi nama Al-Qur’an dengan nama Az-Zikr. Hal ini antara lain disebutkan di dalam QS. Al-Hijr [26]: 9-10:

إِنَّا نَحۡنُ نَزَّلۡنَا ٱلذِّكۡرَ وَإِنَّا لَهُۥ لَحَٰفِظُونَ

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

Kata Az-Zikr itu secara bahasa adalah bentuk dasar dari kata “zakara” (ذكر) – yazkuru (يذكر) yang berarti “mengingat.” Jadi, kata Az-Zikr (الذكر) berarati “peringatan.” Penamaan Al-Quran dengan Az-Zikr bukanlah hal yang kebetulan. Penamaan seperti ini dikaitkan dengan tugas dan fungsi Al-Qur’an yang memberi peringatan kepada seluruh umat manusia agar bertauhid, beriman kepada Allah dan melaksanakan semua yang diperintahkan dan meninggalkan yang dilarang.

Baca Juga: Nama-Nama Al-Quran dan Tujuannya

Al-Qur’an sebagai Az-Zikr memperingatkan seluruh umat manusia akan segala hal yang berkaitan dengan manusia dan kehidupannya. Semua ayat yang terdapat di dalam Al-Qur’an, baik yang berkaitan dengan akidah, syari’at, dan akhlak, baik yang berkaitan dengan kehidupan dan kematian, baik yang berkaitan kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat, menjadi peringatan bagi manusia. Dengan peringatan-peringatan itu, manusia akan memahami keberadaan dirinya, memahami eksistensi dirinya, dan memahami peranan dirinya, dan memahami kehidupan lain yang berada di balik kehidupan yang sekarang ini.

Selain nama-nama yang telah disebutkan di atas, Al-Qur’an juga memiliki nama lain lagi yaitu Al-Kitab (الكتاب). Allah sendiri yang memberi nama Al-Qur’an dengan nama Al-Kitab (الكتاب). Ada sejumlah ayat yang menyebutkan bahwa Al-Qur’an itu juga dinamai Al-Kitab. Nama itu disebutkan antara lain di dalam QS. Al-Zukhruf [43]: 1-3:

حمٓ وَٱلۡكِتَٰبِ ٱلۡمُبِينِ إِنَّا جَعَلۡنَٰهُ قُرۡءَٰنًا عَرَبِيّٗا لَّعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُونَ

Haa Miim. Demi Kitab (Al Quran) yang menerangkan. Sesungguhnya Kami menjadikan Al Quran dalam bahasa Arab supaya kamu memahami(nya).

Kata Al-Kitab (الكتاب) itu secara bahasa adalah bentuk dasar dari kata “kataba” (كتب) – yaktubu (يكتب) yang berarti “menulis, mencatat, menetapkan, mewajibakan.” Jadi, kata Al-Kitab (الكتاب) berarti “tulisan, catatan, ketetapan, dan kewajiban.” Penamaan Al-Qur’an dengan Al-Kitab (الكتاب) bukanlah hal yang kebetulan. Penamaannya dengan Al-Kitab (الكتاب) ini dikaitkan dengan keberadaan Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah sebuah tulisan yang lengkap, catatan yang sempurna yang berisi ketetapan-ketetapan yang wajib ditaati oleh umat manusia dan orang-orang yang beriman.

Ketetapan-ketetapan Allah di dalam Al-Qur’an berbentuk perintah-perintah Allah yang harus dilaksanakan umat manusia, dan berbentuk larangan-laranag yang harus ditinggalkan oleh manusia. Perintah-perintah dan larangan-larangan itu wajib ditaati dan dipatuhi oleh manusia, demi kebaikan dan kebahagiaan mereka sendiri. Wallahu A’lam.

Alquran memiliki banyak nama salah satunya alkitab yang artinya

Posted by: pskji.org