Jelaskan apa yang dimaksud tendangan finalti pada permainan sepak bola

Jelaskan apa yang dimaksud tendangan finalti pada permainan sepak bola

Pengertian Penalti –
Ketika kita menonton suatu pertandingan sepak bola, maka bagi penggemar setia sepak bola tidak akan asing lagi dengan yang namanya penalti.

Tendangan penalti adalah tendangan bonus, karena persentase untuk masuk ke gawangnya itu sangatlah besar dari pada tendangan biasa.

Walaupun seperti itu, kita sebagai penggemar tentu belum memahami secara detail tentang tendangan penalti tersebut.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini, mari kita sama-sama bongkar pengertian penalti dan bagaimana peraturan penalti yang sebenarnya.

Apa Itu Pengertian Penalti?

(Unsplash)

Penalti adalah suatu pelanggaran yang dilakukan oleh seorang pemain di daerahnya sendiri, tepatnya di area gawang.

Penalti adalah tendangan yang dilakukan oleh seorang pemain di dalam kotak penalti tanpa ada satupun penjagaan musuh kecuali penjaga gawang.

Pemain yang akan menendang bola berhadapan langsung dengan penjaga gawang dengan jarak antara keduanya adalah 11 meter.

Peraturan Tendangan Penalti

(Unsplash)

Ada beberapa peraturan yang harus ditaati oleh pemain ketika menendang bola penalti, diantaranya:

  1. Pemain yang akan menendang bola penalti harus teridentifikasi secara tepat dan posisi bola harus berada pas di titik tendangan penalti yang sudah disediakan. Posisi kiper harus berada di area garis gawang dan pandangannya harus tertuju pada penendang bola penalti.
  2. Bagi para pemain yang tidak menendang bola penalti, maka posisinya harus berada 9.15 meter di belakang titik penalti atau posisinya berada lebih belakang lagi.
  3. Apabila seorang pemain yang ditunjuk untuk menendang bola penalti melanggar peraturan yang telah disepakati, maka bisa jadi wasit memberikan izin untuk menendang bola kembali.

Ketika tendangan pertama masuk tapi melanggar peraturan, maka tetap harus di ulang kembali.  Dan jika bola tersebut tidak masuk, maka wasit boleh memberhentikan permainan tersebut dan bisa memulai kembali dengan menendang bola bebas tidak langsung bagi tim lawan.

  1. Apabila yang melakukan pelanggarannya adalah kiper, maka bola yang telah ditendang oleh penendang bola penalti masuk akan disahkan oleh wasit. Dan apabila bola yang ditendang tidak masuk, maka wasit akan menyuruh ulang menendang bola penalti tersebut.

Penyebab Terjadinya Penalti

Terjadinya penalti pada suatu tim karena diakibatkan oleh tim yang sedang defence [bertahan] terhadap tim yang offence [menyerang] melakukan pelanggaran pada area kotak penalti.

Selain dari pelanggaran yang dilakukan oleh salah satu pemain, penalti juga bisa dilakukan apabila dalam dua babak pertandingan dan dua babak ekstra hasilnya tetap seri.

Maka akan dilakukan tendangan penalti untuk menentukan siapakan pemenang dalam pertandingan tersebut.

Apabila kita ringkas kembali terjadinya penalti dikarenakan hal berikut;

  • Terjadi pelanggaran di dalam kotak penalti, baik foul menjatuhkan lawan ataun hand.
  • Skor seri setelah dilakukan perpanjangan waktu.
Baca Juga :   Operator perbandingan pada javascript

Macam & Jenis Penalti

(Unsplash)

Setelah kita bahas tentang pengertian penalti dan apa saja yang menyebabkan penalti , maka pada kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis penalti.

Jenis penalti terbagi menjadi dua bagian, ada penalti bola mutlak dan adan penalti bola tidak mutlak.

Apabila peraturan menggunakan bola mutlak dan pertandingan berakhir seri, maka mereka yang telah gagal satu kali dalam melakukan tendangan akan mendapatkan tendangan dari tim yang kalah.

Sedangkan lawannya sudah memasukan bola ke gawangnya.

Itulah dia bola mutlak, sedangkan bagi peraturan bola yang tidak mutlak, pemenang dari bola penalti akan disebutkan tidak mutlak apabila memiliki selisih dua sampai tiga ekor.

Peraturan Penalti dari FIFA

Salah satu federasi sepak bola dunia, yaitu FIFA juga memberikan peraturan baru untuk penalti. Peraturan yang telah dibuat adalah tidak boleh berpura-pura melakukan tendangan bagi pemain yang akan menendang bola penalti.

Hal ini dibuat untuk memudahkan penjaga gawang agar tidak terkecoh saat menghadang bola penalti tersebut.

Peraturan ini telah diresmikan oleh FIFA sejak piala dunia tahun 2014 di Brasil. Bagi pemain yang tidak mentaati peraturan ini akan diberikan sanksi untuknya berupa kartu kuning.

Nah itulah dia pembahasan tentang penalti. Pengertian diatas hanyalah pengertian penalti secara umum dan ditambah dengan hal-hal yang bersangkutan dengan penalti. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang diinginkan.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan The Anggana Village di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy
by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image:  Unsplash

Pengertian Tendangan Penalti adalah –
Ketika menonton pertandingan dua klub besar dalam sepakbola, semisal Barca Vs Real Madrid, atau Juventus Vs AC Milan, atau Man City Vs ManUtd, apa yang kamu pikirkan bila wasit memberikan penalti? Bisa jadi kamu sangat bahagia atau justru sebaliknya: kesal dengan wasit.

Ya, pinalti memang tendangan bagai pisau bermata dua. Sangat menguntungkan bagi tim yang diberikan hadiah penalti tetapi sebaliknya sangat merugikan tim yang menyebabkan terjadinya penalti. Sebab kalau sudah terjadi penalti, peluang terjadinya gol lebih besar dibanding gagal menmasukkan bola.

Baca Juga :   Hormon yang dapat diberikan agar buah semangka tumbuh tanpa biji yaitu hormon

Yang jadi pertanyaan, tahukah kamu apa itu penalti? Penalti itu bisa merujuk pada titik penalti, tendangan atau kotak penalti. Meski yang paling umum adalah tendangan penalti.

Tendangan penalti adalah tendangan yang dilakukan di titik penalti yang jaraknya 11 meter dari gawang. Tendangan penalti disebabkan karena adanya pelanggaran di area kotak penalti.

Selain sebagai hukuman atas pelanggaran, pinalty kick juga kerap diadakan untuk menentukan tim pemenang ketika pertandingan berakhir imbang. Karena tendangan ini dilakukan di titik putih serta berada dalam kotak penalti atau 12 pas, maka banyak pula yang menyebutnya dengan istilah tendangan 12 pas yang artinya tendangan dengan jarak 12 kaki dari gawang.

Tendangan penalti memiliki peluang yang begitu besar dalam membuka peluang gol. Sebab posisinya sangat dekat dengan penjaga gawang. Selain itu, penendang berada di posisi head to head dengan penjaga gawang tanpa adanya penjagaan pagar betis seperti halnya tendangan bebas lainnya.

Meskipun sama antara penalti hukuman dengan yang bertujuan untuk menentukan pemenang, penerapan kedua jenis penalti tersebut memiliki sejumlah perbedaan dalam batasan-batasannya.

Menurut catatan sejarah, penalti pertama kali dikenalkan di wilayah Britania Raya pada akhir abad ke-19. Tim pertama yang memperoleh hadiah penalti adalah Airdrieonians dari Skotlandia pada akhir tahun 1891.

Sementara penalti pada pertandingan liga diberikan pada tim Wolverhampton Wanderers pada 14 September 1891.

Jarak Tendangan Penalti

Jarak tendangan penalti adalah 11 meter dari garis gawang. Artinya bola diletakkan pada posisi 11 meter dari garis gawang. Sementara untuk eksekutor bola mengambil jarak lari sebelum menendang bola.

Karena pada saat eksekusi tendangan tidak ada penjagaan dari pemain lain, penempatan posisi pemain selain penendang berjarak paling dekat 9,15 meter di belakang titik penalti.

Peraturan Tendangan Penalti

Ketika hendak mengeksekusi penalti, seorang pemain harus memenuhi sejumlah peraturan yang berlaku. Tujuannya agar tendangan tersebut sukses dan hasilnya tidak dianulir oleh wasit:

  • Posisi bola mesti berada di titik penalti. Penembak penalti juga mesti teridentifikasi secara tepat.
  • Posisi penjaga gawang harus berada di garis gawang dengan pandangan menghadap penendang.
  • Para pemain yang tidak menendang mesti berada di jarak 9,15 meter di belakang titik penalti.
  • Jika penendang bola melanggar aturan, wasit mungkin saja mengizinkan tendangan dilanjutkan kembali. Namun jika bola hasil tendangan tersebut masuk, maka tendangan harus diulang. Jika tidak masuk, wasit berhak menghentikan permainan. Pertandingan dilanjutkan kembali dengan tendangan bebas tidak langsung untuk tim lawan.
  • Jika penjaga gawang melanggar peraturan, bola yang masuk ke gawang disahkan oleh wasit. Dan jika bola tidak masuk, penalti akan diulang kembali.
  • Jika teman satu tim melanggar aturan pada saat penalti, wasit akan tetap mengizinkan tendangan dilanjutkan. Namun jika bola tidak masuk ke gawang, tendangan diulang. Dan jika bola masuk gawang, gol disahkan.
  • Hal berbeda akan terjadi jika kedua tim sama-sama melakukan pelanggaran. Tendangan akan diulang. Tentu saja hal tersebut akan merugikan salah satu tim karena peluang suksesnya penalti kemungkinan akan mengecil atau sebaliknya.
Baca Juga :   Top 10 lem mesin motor tahan panas terbaik 2022

FIFA selaku induk sepakbola dunia kembali memperbaharui peraturan tendangan penalti. Yakni dengan tidak memperbolehkan pemain yang mengeksekusi tendangan tersebut dengan berpura-pura melakukan tendangan. Hal ini diberlakukan agar penjaga gawang tidak terkecoh ketika menghadang bola.

Peraturan tersebut sudah diresmikan sejak piala dunia 2014 di Brazil. Pemain yang melanggar peraturan baru tersebut akan langsung dikenai sanksi kartu kuning.

Menyusul pembaruan aturan penalti pada tahun 2014 silam, sejumlah usulan lain mengenai pembaruan penalti banyak disampaikan. Salah satunya untuk kesempatan menendang penalti. Usulan tersebut adalah kesempatan menendang penalti hanya sekali untuk menghindari keributan.

Jadi jika tendangan bisa diblok, penalti si penendang dihitung gagal serta tidak diperbolehkan menendang bola mentah. Selain usulan tersebut, sejumlah usulan lain seperti sinkronisasi jam wasit dengan waktu stadion, aturan handsball yang lebih jelas dan konsisten juga diusulkan agar permainan sepakbola lebih fair dan efektif.

Baca Juga: Teknik Dasar Sepakbola

Penyebab Penalti

Penalti terjadi karena danya pelanggaran di area kotak penalti. Pelanggaran tersebut dilakukan oleh tim bertahan terhadap tim yang sedang menyerang. Pelanggaran bisa berupa handsball, tackle yang tidak semestinya, dan sejumlah pelanggaran keras lainnya di area kotak tersebut.

Penalti juga bisa terjadi jika dalam menentukan pemenang pertandingan sudah berjalan dua babak beserta dua babak tambahan ekstra, namun hasil skor masih seri. Adanya adu penalti ini yang akan menentukan pemenang pada pertandingan tersebut. Misalnya dalam pertandingan yang bersistem gugur atau agregat di laga home dan away.

Jenis Penalti

Tendangan penalti terbagi menjadi dua jenis. Yakni:

  • Bola mutlak. Penentuan pemenang dimana tim yang kalah diberikan kepada yang telah gagal satu kali dalam melakukan tendangan. Sementara lawannya sudah berhasil memasukkan bola.
  • Bola tidak mutlak. Yakni penentuan pemenang dimana masing-masing tim melakukan penalti secara bergantian dengan selisih 2-3 skor.

Dengan mengetahui apa saja peraturan serta penyebab tendangan penalti terjadi, semoga bermanfaat agar kita makin paham tentang
olahraga sepakbola.

Jelaskan apa yang dimaksud tendangan finalti pada permainan sepak bola

Posted by: pskji.org