Uraikan yang anda ketahui tentang fungsi header

Uraikan yang anda ketahui tentang fungsi header

Giới thiệu về cuốn sách này


Page 2

Giới thiệu về cuốn sách này

Fungsi Header Dan Footer Pada Microsoft Word Adalah…
– Header & Footer memiliki fungsi yang sangat penting dalam makalah, laporan, proposal, skripsi, buku, novel, dan lainnya. Selain untuk menyimpan page numbering (nomor halaman), header dan footer juga memiliki sejumlah fungsi lainnya.

Fungsi Header Dan Footer Pada Microsoft Word

Namun apa sebenarnya pengertian header dan footer itu? Berikut ini sedikit penjelasan Anaktekno.com tentang header dan footer lengkap dengan cara menyisipkan header dan footer di Microsoft Word.

Pengertian Header

Header adalah
bagian dari halaman dokumen yang terletak di margin atas (top margin). Format header akan selalu muncul pada setiap halaman dokumen kecuali dilakukan page breaks untuk membuat perbedaan pada halaman dokumen.

Fungsi header adalah untuk menyisipkan nomor halaman, tanggal dan waktu, penulis, judul dan informasi lainnya. Secara umum, header berfungsi untuk meletakkan nomor halaman pada buku atau sejenisnya atau sebagai tempat untuk meletakkan kepala surat oleh sebuah instansi, termasuk logo.

Pengertian Footer

Footer adalah
bagian dari halaman dokumen yang terletak di margin bawah (bottom margin). Sama seperti header, footer akan selalu muncul pada setiap lembar halaman baru dalam dokumen yang sama, kecuali diberikan page breaks untuk membuat perbedaan pada halaman.

Fungsi footer adalah untuk menyisipkan nomor halaman, tanggal dan waktu, penulis, judul dan informasi lainnya. Namun umumnya footer banyak digunakan untuk menulis nomor halaman atau pun catatan kaki (footnote) untuk menjelaskan sesuatu secara lebih detail.

  • Perbedaan utama Header dan Footer terletak pada posisi kedua fitur ini dimana header terletak di bagian atas sedangkan footer terletak pada bagian bawah margin text pada dokumen.
  • Fungsi Header umumnya untuk membuat nomor halaman dan kop surat, sedangkan fungsi Footer umumnya untuk membuat nomor halaman dan catatan kaki.

Lihat juga cara print kertas berwarna backround gambar di Word

Untuk membuat Header dan Footer ada di menu Insert grup Header & Footer. Cara menyisipkan Header dan Footer sama dengan menyisipkan Picture, Shapes, Table, dan lainnya.

Jadi untuk kamu yang terbiasa menyisipkan fitur tersebut ke dalam dokumen, tidak akan sulit untuk membuat header dan footer pada Microsoft Word.

Langsung saja, berikut ini penjelasannya:

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Masuk ke menu
    Insert
     pada grup
    Header & Footer
     pilih
    Header.
  • Header berhasil dibuat.
  • Selanjutnya untuk mengedit header, klik 2 kali pada header yang terletak pada top margin.
  • Kamu juga bisa edit header melalui menu
    Design Header Edit Header.
  • Selesai.
Baca Juga :   Ukiran pada sabun batang merupakan karya dari bahan

Lihat juga cara memunculkan header dan footer di Microsoft Word

Berikut ini cara membuat footer di Microsoft Word:

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Masuk ke menu
    Insert
     pada grup
    Header & Footer
     pilih
    Footer.
  • Setelah berhasil membuat footer, selanjutnya kita bisa mengedit footer dengan cara klik 2 kali pada area footer.
  • Atau bisa juga melalui tab
    Design
     grup
    Header & Footer Edit Footer.
  • Untuk keluar dari menu Header dan Footer, klik 2 kali di halaman kerja atau masuk menu
    Design
    pada grup
    Header & Footer Close Header & Footer.
  • Selesai.

Lihat juga cara membuat page color hanya 1 halaman

Saat membuat header dan footer di Word, terutama saat membuat nomor halaman seringkali hasilnya berantakan. Untuk mengatasinya, kita bisa mengedit atau menghapus header dan footer.

Berikut ini cara menghapus header dan footer:

  • Aktifkan header dan footer dengan cara klik 2 kali area Header atau Footer.
  • Secara otomatis menu Design akan muncul.
  • Pada menu
    Design
     grup Header dan Footer
     pilih
    Header pilih
    Remove Header
    untuk hapus header.
  • Untuk Footer juga caranya saja, masuk ke menu
    Design
     grup
    Header dan Footer pilih
    Remove Footer
    untuk menghapus footer.

Kesimpulan

Di atas sudah dijelaskan hal-hal terkait dengan header dan footer. Mulai dari pengertian header dan footer dan fungsinya lengkap dengan cara membuat header dan footer.

Catatan

Tutorial Microsoft Word, Excel dan Powerpoint di Anaktekno.com menggunakan Microsoft Word 2013. Untuk pengguna Word versi lama 2007 dan 2010 atau versi terbaru 2016 dan 2019, tidak jauh berbeda. Jadi, cukup mudah untuk diedit.

Lihat juga cara membuat bingkai pada word

Demikianlah pengertian dan fungsi header dan footer di Word lengkap dengan cara membuat header dan footer. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Anak Tekno

Tertarik dengan dunia Blog dan SEO sejak 2017 dan terus belajar sampai detik ini..

Pada saat Anda sedang membuat jurnal, makalah, dan lain sebagainya, pasti Anda dibiasakan dengan membuat header dan footer di dokumen tersebut. Karena Header dan footer memiliki fungsinya masing-masing. Dimana Header dan footer dapat membuat tampilan dari dokumen yang akan Anda buat lebih rapi dan enak untuk dilihat.

Tetapi tahukah kamu apa yang menjadi perbedaan antara header dan juga footer ? Dilihat secara gamblang, memang perbedaan header dan footer terlihat sangat jelas dari posisinya saja.

Seperti header yang memang diletakkan berada di bagian atas dari setiap lembar dokumen yang ada di microsoft word. Sedangkan footer yang berada di bagian bawah lembar dokumen yang ada di microsoft.

Baca Juga :   Sebuah limas dengan alas berbentuk persegi memiliki panjang sisi 10 cm dan tinggi limas 12 cm

Tetapi tidak hanya itu, perbedaan lainnya pun masih banyak antara header dan footer. Pada artikel ini akan membahas mengenai perbedaan header dan footer.

Sebelum mengetahui apa saja perbedaan dari header dan footer, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari header dan footer. Berikut pengertian dari header dan footer :

1. Pengertian Header

Pengertian header yaitu merupakan teks yang ada di margin atas di setiap halaman dokumen pada microsoft word. Sangatlah mudah untuk bisa membuat sebuah tajuk menggunakan program kata seperti pada Microsoft Word.

Beberapa informasi yang bisa Anda masukkan ke dalam header halaman tersebut yaitu seperti nama penulis, nomor halaman, judul bagian, judul dokumen, dan lain sebagainya. Informasi yang terdapat pada tiap halaman biasanya sama, kecuali pada perbedaan kecil yang terdapat pada informasi tersebut, seperti pada nomor halaman.

Umumnya, tajuk buku memiliki isi berupa judul buku, nomor halaman dan judul bab. Di dalam penulisan akademis, tajuk yang khusus dikenal menjadi running headline maupun running header yang ada di bagian atas suatu halaman. Umumnya juga ia memiliki isi berupa nama belakang penulis, judul dokumen serta nomor halaman.

Pada bagian header pada lembar dokumen yang ada microsoft word juga dapat Anda masukkan berupa gambar maupun logo yang terkait dengan instansi, perusahaan dan logo organisasi yang ingin Anda buat sebuah surat maupun laporan.

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai pengertian dari header, maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai pengertian dari footer. Footer merupakan suatu teks yang ada di bagian bawah margin di setiap halaman dokumen.

Hal itu sama artinya dengan footer memiliki posisi dibagian bawah di halaman dokumen, tepatnya di bagian bawah teks utama. Hal ini merupakan tempat yang tradisionalnya sangat disukai untuk meletakkan nomor pada halaman, walaupun nomor halaman tersebut juga bisa di masukkan di dalam header.

Footer juga biasanya digunakan untuk menuliskan catatan kaki pada lembar dokumennya. Pada catatan kaki, Anda bisa menunjukkan suatu informasi dari bibliografi dan juga informasi tambahan serta komentar penulis.

Nah, diatas sudah dijelaskan mengenai pengertian header dan footer, dengan begitu Anda sudah mengetahui ciri-ciri dari keduanya dan pemanfaatan dari kedua hal tersebut. Untuk selanjutnya, maka Anda harus mengetahui perbedaan antara header dan footer.

Berikut adalah perbedaan dari header dan footer yang perlu Anda ketahui :

Dalam membedakan header dan footer dapat dilihat dari beberapa aspek. Dimana dalam beberapa aspek ini dapat menggambarkan ciri-ciri serta kegunaan dari header dan footer juga. Berikut perbedaan antara header dan footer.

Baca Juga :   Apa yang dimaksud dengan pengelolaan sampah?

1. Posisi

Hal yang paling mendasar dalam membedakan header dan footer yaitu dapat dilihat dari posisinya. Posisi header pasti selalu terletak di bagian atas halaman pada dokumen word, sedangkan footer pasti selalu terletak dibagian bawah halaman pada dokumen word.

2. Teks Utama

Perbedaan yang kedua antara header dan footer yaitu bisa kita lihat dari bagian teks utama. Posisi header pasti selalu terletak diatas teks utama pada halaman dokumen word, sedangkan posisi footer pasti selalu terletak di bagian bawah teks utama pada halaman dokumen word.

3. Nomor Halaman

Perbedaan yang ketiga yaitu dapat dilihat dari penomoran halaman. Biasanya header bisa diisikan dengan nomor halaman, sedangkan footer merupakan tempat yang tradisionalnya sangat disukai untuk diisikan dengan nomor halaman.

4. Informasi

Perbedaan yang keempat antara header dan footer dapat di lihat dari informasinya. Biasanya header diisikan dengan tajuk informasi berupa judul bab, nama penulis, judul buku dan juga sering disisipkan dengan gambar atau logo dari suatu instansi terkait. Sedangkan pada footer umumnya dapat dituliskan dengan nomor halaman.

5. Catatan Kaki

Perbedaan kelima antara header dan footer dapat dilihat dari catatan kaki. Biasanya pada bagian header tidak bisa diisikan atau digunakan untuk dituliskan suatu catatan kaki. Sedangkan pada footer, bisa kita gunakan untuk menuliskan suatu catatan kaki.

Itulah perbedaan-perbedaan antara header dan footer yang dibagi atas lima perbedaan. Untuk lebih mempermudah Anda dalam memahami perbedaan antara header dan footer, Anda dapat melihat tabel di bawah ini :

Header Footer
Header terletak di bagian atas dokumen Footer terletak di bagian bawah dokumen
Header terletak di atas dari teks utama Footer terletak di bawah dari teks utama
Header bisa berisi dengan nomor halaman Footer secara tradisional lebih disukai untuk diisikan dengan nomor halaman
Header biasanya diisikan dengan tajuk informasi berupa judul bab, nama penulis, judul buku dan juga sering disisipkan dengan gambar atau logo dari suatu instansi terkait. Footer umumnya dapat dituliskan dengan nomor halaman
Header tidak bisa diisikan atau digunakan untuk dituliskan suatu catatan kaki Footer bisa kita gunakan untuk menuliskan suatu catatan kaki.

Demikianlah pengertian header dan footer beserta perbedaannya antara header dan footer yang telah dijelaskan pada artikel ini. Semoga dengan artikel ini Anda dapat memahami dan membedakan header dan footer secara baik.

Editor: Muchammad Zakaria

Hanya seseorang yang suka menulis dan tertarik di bidang Teknologi. Dan orang yang selalu percaya akan kata-kata ‘Usaha tidak akan mengkhianati Hasil’.

Uraikan yang anda ketahui tentang fungsi header

Posted by: pskji.org