Tepung tapioka sama dengan tepung aci

Tepung tapioka sama dengan tepung aci

Jakarta

Tepung tapioka memiliki warna putih yang jika dilihat sama saja dengan jenis tepung lainnya. Berikut fakta yang bisa diketahui supaya kamu tahu perbedaan tepung tapioka dengan tepung lainnya.Tepung tapioka merupakan tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung ini memiliki warna putih dengan tekstur yang agak kesat, lebih kasar dari tepung terigu.Berbicara soal tepung, dalam proses pembuatan makanan ternyata ada banyak sekali jenis tepung. Mulai dari tepung terigu, tepung beras, dan tepung tapioka.

Tapung tapioka disebut juga sebagai tepung singkong atau tepung kanji. Foto: iStock

Kali ini detikFood akan merangkum beberapa fakta-fakta seputar tepung tapioka yang harus diketahui pemula:1. Punya Nama LainTepung tapioka yang dibuat dari singkong ini punya beberapa nama sebutan lain. Tepung tapioka sering disebut dengan tepung singkong atau tepung kanji. 2. PenggantiDari segi tekstur, tepung tapioka lebih lembut dari tepung terigu. Tepung tapioka terasa licin di tangan sehingga sulit dipegang dengan warna putih susu.Secara umum, tepung tapioka digunakan sebagai pengental tumisan. Hal ini dikarenakan ciri khasnya yang bening dan mengental saat dipanaskan. Tepung tapioka cocok digunakan sebagai pengganti tepung maizena. Kalau kamu ingin mengentalkan tumisan seperti capcay, bisa loh menggunakan sedikit tepung tapioka sebagai gantinya.

3. ManfaatTepung tapioka juga memiliki manfaat kesehatan. Tepung tapioka mengandung sangat sedikit protein dan tidak mengandung gluten. Oleh karena itu, tepung tapioka aman untuk dikonsumsi penderita celiac disease atau gluten intolerance.4. Makanan OlahnnyaTepung tapioka sering digunakan sebagai campuran pembuatan kerupuk, cireng, bakso, siomay dan kue-kue basah. Karena bersifat mengenyalkan, tepung tapioka membuat beberapa makanan ini agar lebih enak.5. Jadi Bahan Dasar BobaBoba yang jadi campuran dalam bubble tea ternyata dibuat dari tepung tapioka. Dalam proses pembuatan boba, tepung tapioka dicampur dengan air sampai tercampur rata. Kemudian ditambahkan dengan gula merah cair.Selanjutnya adonan di aduk sampai kalis dan dibentuk bola-bola kecil kemudian direbus sampai matang kurang lebih 15 menit.

Baca Juga :   Faktor penyebab dari perbedaan konsumsi di tingkat keluarga adalah kecuali

Simak Video “Bubble Tea Mana yang Enak Tekstur Bobanya?

(lus/nwy)

Lihat Foto

Ilustrasi tepung rye.

KOMPAS.com –
Tepung maizena dan tepung tapioka sering dijadikan sebagai bahan pengental kue dan masakan.

Namun, ternyata tepung maizena dan tapioka tidak sepenuhnya sama. Keduanya memiliki perbedaan, mulai dari bahan baku, fungsi, tekstur hingga olahan yang dihasilkan.

Head Pastry Chef of Beau Bakery Arief Maulana Ikhsan menjabarkan 4 perbedaan tepung maizena dan tepung tapioka.

Baca juga: Apa Fungsi Tepung Maizena pada Nastar dan Kue Kering Lain?

1. Bahan baku

Tepung tapioka dan tepung maizena berasal dari bahan baku yang berbeda.

Tepung tapioka yang disebut juga tepung kanji berasal dari pati singkong, sedangkan tepung maizena terbuat dari pati jagung.

Baca juga: Bedanya Tepung Sagu dan Tepung Tapioka, Kenali Sebelum Bikin Kue

Lihat Foto

SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO

Ilustrasi tepung maizena yang terbuat dari pati jagung.

Secara umum, tepung tapioka dan tepung maizena dapat digunakan sebagai bahan pengental.

Namun, tepung tapioka memberikan efek kenyal di samping sebagai pengental. Sementara, tepung maizena dapat memberikan efek renyah dan gurih pada kue.

“Kalau maizena tidak sekenyal tepung tapioka dan sagu. Itu yang paling kelihatan,” kata Arief saat dihubungi Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: Tips Bikin Cimol Kenyal Pakai Tepung Tapioka, Kenali Fungsi Tapioka

3. Tekstur

Tepung maizena akan membuat tekstur sebuah kue menjadi lebih lembut dibandingkan dengan tepung tapioka.

Berbeda dengan tepung tapioka yang memberikan hasil akhir lebih kenyal yang lengket seperti umumnya papeda.

Baca juga: Bedanya Tepung Jagung dan Tepung Maizena, dari Tekstur sampai Fungsi

Lihat Foto

DOK. SAJIAN SEDAP

Ilustrasi kue lapis tepung beras cokelat ubi ungu.

Baca Juga :   Apa yang dimaksud dengan karbon monoksida?

Tapioka
atau yang terkadang disebut dengan nama
kanji
adalah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong. Tepung tapioka juga mempunyai beberapa sebutan lain, seperti
tepung aci
atau
tepung kanji. Dalam bahasa Jawa dikenal sebagai Tepung Kanji. Dalam bahasa Sunda dikenal sebagai aci sampeu.
Tapioka
memiliki sifat-sifat yang serupa dengan tepung sagu, sehingga penggunaan keduanya dapat dipertukarkan. Bahkan, dalam percakapan sehari-hari, orang Betawi pun menamainya tepung sagu.

Tepung kanji

Memeras singkong parut

Pacar cina kering

Cireng bumbu rujak

Kerupuk, sebagaimana dijual di Los Angeles

Sedangkan Tepung singkong sebenarnya berbeda dengan tepung tapioka. Tepung tapioka adalah hasil ekstraksi umbi singkong sedangkan tepung singkong adalah tepung dari hasil parutan singkong yg dikeringkan .

Tapioka berasal dari bahasa Portugis, tapioca; yang selanjutnya berasal dari perkataan tipi’óka dalam bahasa Tupí yang dipakai oleh penduduk asli di bagian timur laut Brasil, tatkala penjelajah bangsa Portugis mendarat di sana pada sekitar 1707.[1] Perkataan Tupi itu merujuk kepada proses untuk mengolah singkong agar dapat dimakan.

Pati ubi kayu terutama terkumpul di dalam sel-sel umbi akar singkong. Untuk mengekstraknya, umbi singkong dikupas kulitnya, dicuci dan diparut terlebih dulu. Hasil parutan kemudian digilas lagi, dicampur dengan air dan diperas, sehingga butir-butir patinya keluar dan terbawa air. Setelah disaring untuk memisahkan sisa-sisa ampas, air bercampur pati singkong tersebut kemudian didiamkan sehingga patinya mengendap. Airnya kemudian dibuang dan endapan patinya dijemur hingga kering menjadi tepung.

Tapioka dapat dibuat secara manual dalam industri kecil skala rumah tangga, ataupun dengan proses-proses mekanis pada industri menengah dan besar.

Tapioka dapat pula dibuat dari gaplek. Akan tetapi prosesnya memerlukan beberapa proses tambahan, di antaranya proses bleaching (pemucatan) yang bisa dilakukan dengan cara sulfitasi, agar diperoleh tapioka yang berwarna putih dan memiliki citarasa yang baik.[2]

Baca Juga :   Apa yang dimaksud dengan radikal

Kandungan utama tapioka adalah karbohidrat; dengan kadar rendah protein, lemak jenuh, dan sodium.[3] Kandungan vitamin dan mineral di dalamnya tidaklah signifikan.[3]

Tepung ini sering digunakan untuk membuat makanan dan bahan perekat. Banyak makanan dan minuman tradisional yang menggunakan tapioka sebagai bahan baku utamanya, seperti aneka jenis kerupuk, pempek, tekwan, bakso, siomay, pacar cina, serta kolak biji salak. Tapioka juga digunakan sebagai bahan campuran kue-kue, seperti kue pèpè (semacam kue lapis), kue moci, dan lain-lain. Beberapa penganan kreasi baru dari Jawa Barat, di mana tapioka dikenal sebagai aci, misalnya adalah cimol (kependekan aci digemol, aci dikepal-kepal); cireng (aci digoreng); cilok (aci dicolok, aci ditusuk/disatai); cilung (aci digulung, dengan bumbu kacang pedas); dan juga batagor (bakso-tahu atau bakwan-tahu goreng).

Tapioka juga digunakan untuk membuat kaku pakaian. Istilah “dikanji” berarti (pakaian yang) dibubuhi cairan kanji agar menjadi keras atau kaku[4] tatkala diseterika, dan lipatannya dapat membentuk garis lurus yang sempurna.


  1. ^

    “Merriam-Webster’s Online Dictionary – tapioca”. Diakses tanggal
    2007-02-19
    .



  2. ^


    Wijana, S., I. Nurika, & I. Ningsih. 2011. “Analisis kelayakan teknis dan finansial produksi tapioka dari bahan baku gaplek pada skala industri kecil menengah”. Jurnal Teknologi Pertanian
    12(2): 130-7 (Agustus 2011)
  3. ^
    a
    b

    “Puddings, tapioca, ready-to-eat, fat free; one container refrigerated 4 oz. or 112 g”. Conde Nast. 2014. Diakses tanggal
    28 March
    2014
    .



  4. ^

    KBBI Daring: menganji

Artikel bertopik makanan ini adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia dengan mengembangkannya.

  • l
  • b
  • s

Diperoleh dari “https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Tapioka&oldid=18378263”

Tepung tapioka sama dengan tepung aci

Posted by: pskji.org