Maka dapat disimpulkan perbandingan massa besi dan belerang dalam senyawa besi(II sulfide adalah)

Maka dapat disimpulkan perbandingan massa besi dan belerang dalam senyawa besi(II sulfide adalah)

Lihat Foto

Joseph Louis Proust, pencetus hukum Proust

KOMPAS.com
– Pernahkah kamu melakukan percobaan kimia, di mana kamu mebuat suatu senyawa dengan mencampurkan bahan A, bahan B, dan bahan C ke dalam tabung reaksi?

Bahan-bahan yang dimasukkan dan juga ukuran banyaknya tidak bisa sembarangan, karena salah-salah kamu dapat membuat racun maupun ledakan.

Pengertian Hukum Proust

Pembuatan tiap senyawa kimia memiliki komposisi dengan perbandingan (rasio) bahan-bahan penyusun yang tetap.

Hal ini dikemukakan pada tahun 1806 oleh seorang ahli Kimia asal Perancis bernama Joseph L. Proust dengan hukum yang dikenal sebagai hukum perbandingan tetap atau hukum Proust.

Baca juga: Senyawa Polar: Definisi, Sifat, Ciri, dan Contohnya

Dilansir dari Sussex Tech, Proust mengemukakan bahwa senyawa tembaga karbonat selalu terdiri dari 5,3 bagian tembaga, 1 bagian karbon, dan 4 bagian oksigen.

Pernyataan Proust sangatlah kontroversial pada masa itu, namun dirinya didukung oleh Dalton. Dalton menyatakan dua senyawa karbon berbeda dibentuk dari jumlah oksigen yang berbeda, namun selalu sama komposisinya pada setiap senyawa.

Dilansir dari Chemistry LibreText, senyawa air yang ditemukan dari air hujan, air keran, air minum, air laut, dan air apa pun dengan massa sebanyak apa pun, tiap satuan senyawanya tetap terdiri dari hidrogen dan oksigen dengan perbandingan massa 1:8. Perbandingan tersebut tidak akan pernah berubah.

Sehingga, Hukum Proust adalah hukum yang menyatakan suatu senyawa kimia terdiri dari beberapa unsur dengan perbandingan masa yang sama.

Baca juga: Soal Hukum Mendel: Fenotip Persilangan Dua Bunga dengan Warna Berbeda

Contoh soal Hukum Proust

Soal 1: Perbandingan massa karbon (C) terhadap oksigen (O) dalam senyawa karbon dioksida (CO2) adalah 3:8. Berapakah gram karbonsioksida yang dihasilkan dari 3 gram karbon dan 10 gram oksigen?

Baca Juga :   Apa yang harus disiapkan untuk pertemuan bisnis

Jawaban:

Dalam soal disebutkan perbandingan C dan O dalam senyawa karbon dioksida adalah 3:8, maka perbandingan inilah yang harus dipertahankan dalam reaksi kimia.

Jika yang direaksikan 3 gram karbon, maka oksigen yang akan bereaksi adalah 8 gram. Kelebihan oksigen akan menjadi sisa reaksi sebagai berikut:

Karbon Oksigen Karbon dioksida
Awal 3 gram 10 gram
Reaksi 3 gram 8 gram 11 gram
Akhir 2 gram 11 gram

Dari tebel stokiometri berdasarkan hukum Proust tersebut didapatkan bahwa 3 gram karbon dan 10 gram oksigen akan menghasilkan 11 gram karbon diosida dan menyisakan 2 gram oksigen.

Baca juga: Hukum Kekekalan Momentum Linear untuk Mencari Kecepatan Benda

Soal 2: Perbandingan massa besi (Fe) dan belerang (S) dalam senyawa besi sulfida (FeS) adalah 7:4. Berapakah massa sulfur (S) yang diperlukan untuk membentuk senyawa FeS dengan 21 gram besi (Fe) tanpa ada sisa reaksi?

Jawaban:

Untuk menyelesaikan soal hukum Proust, selain menggunakan tabel stokiometri seperti pada soal nomor 1 dapat digunakan juga perbandingan massa sebagai berikut:

Massa S

= perbandingan sulfur dan besi x massa Fe= 4/7 x 21 gram= (21:7) x 4

=12 gram

Maka massa sulfur yang dibutuhkan untuk memebuat senyawa besi sulfida tanpa sisa reaktan adalah sebanyak 12 gram.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


besarnya massa dari1,204 × 10²⁴ molekul gas N² yang diukur pada keadaan standar adalah…(Ar N =14)​


bantu jawab dong kak​


Bila diketahui potensial sel standar untuk reaksi di bawah ini adalah +0.63 V. Maka potensial selnya adalah……… [Zn²2+] = 1.0 M dan [Pb²+] = 2.0 …

x 10-4 M. Pb²+ (aq) + Zn(s) Zn²+ (aq) + Pb(s)​

Baca Juga :   Sebutkan bentuk-bentuk nilai semangat dan komitmen kejuangan pada masa mengisi kemerdekaan


hitunglah pH larutan buffer yang di buat dengan mencampurkan 100 ml larutan CH3COOH 0,1 M dengan 100 ml larutan CH3 COOH =1,8×10-5…​


nama senyawa CH = C – CH – CH -CH2 – CH3​


Seorang siswa sedang melakukan beberapapercobaan:1. Siswa memotong apelkemudian membiarkannya selama beberapamenit di udara terbuka, hingga apel menja …

dicoklat2. Siswa merendam paku besi di dalamair dan membiarkan wadahnya terbukahingga paku tersebut berkarat. Berdasarkanpercobaan yang dilakukan tersebut, makareaksi yang terjadi adalah. *​.


pOH larutan yang memiliki pH 4 adalah….pH H2SO4 0,05M adalah….mohon bantuannya kak, terimakasih​


Rumus kimia dari CH2 = CH – CH2 – CH2 – CH2 – CH2 – CH3 adalah… dan merupakan hidrokarbon golongan a. C7H14 , Alkena b. C7H14 , Alkana c. C7H12 , Al …

kena d. C7H16 , Alkana e. C7H14 , AlkunaBANTUANNYA DONG 🙂 ​


Diketahui potensial standar untuk reaksi sel sebagai berikut. E° = +1,10 V + Zn() Cu + Zn²+ (aq)¹ Pb² pb() + Zn (s) + Pb(s) + Zn²+ E = +0,63 V (aq) Cu …

²+ Cu + Pb2+ (aq); E° = +0,47 V Berdasarkan harga-harga potensial sel di atas, urutan ketiga logam berturut-turut dari sifat reduktor yang paling besar adalah…. d. Pb, Cu, dan Zn e. Zn, Pb, dan Cu a. Cu, Pb, dan Zn b. Cu, Zn, dan Pb c. Zn, Cu, dan Pb (aq)​


tentukan pH dari 0,5 M asam asetat dengan harga ka 5×10-5​

Maka dapat disimpulkan perbandingan massa besi dan belerang dalam senyawa besi(II sulfide adalah)

Posted by: pskji.org