Kerap digunakan untuk memasak nasi, rice cooker berpotensi mengalami masalah, salah satunya adalah bau tak sedap. Bau tak sedap itu terkadang berasal dari sisa-sisa nasi yang masih menempel di rice cooker, tidak maksimal dalam membersihkan rice cooker, hingga tidak mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Munculnya bau tak sedap juga mengakibatkan nasi tidak tahan lama alias cepat basi dan berbau.

Baca Juga :   Suku bangsa di wilayah Indonesia merupakan keturunan dari bangsa Deutro Melayu adalah suku bangsa

Penyebab rice cooker mengeluarkan bau tak sedap

1. Fermentasi dari sisa-sisa nasi yang tertinggal bikin rice cooker mengeluarkan bau tak sedap

Menyendok nasi dari rice cooker yang masih menyisakan sisa nasi di pinggir panci rince cooker bisa menyebabkan bau | Creadit: flickr

Terkadang ketika menanak nasi, kerap kali ada bulir nasi yang tertinggal di dalam rice cooker. Bulir nasi yang tertinggal dan dibiarkan tentu akan berfermentasi yang kemudian memicu keluarnya bau tak sedap. Agar bau tak sedap itu cepat hilang, sebaiknya kamu membersihkan terlebih dahulu bagian dalam rice cooker agar sisa-sisa nasi dapat terangkat dengan maksimal dan bau tak sedap akan segera minggat.

2. Kurang maksimal dalam membersihkan rice cooker bisa jadi sarang bakteri penyebab bau tak sedap

Membersihkan rice cooker membutuhkan kehati-hatian dan kesabaran yang ekstra. Kamu harus jeli, jangan sampai ada sisa-sisa nasi yang masih menempel sebab bakteri dari sisa nasi inilah yang menyebabkan bau tak sedap pada rice cooker di rumah atau di kost-anmu.

Ini berarti kamu harus segera membersihkan rice cooker-mu, karena bakteri yang tertinggal bisa mengontaminasi nasi barumu yang akan membuat nasimu tidak tahan lama dan berbau.

3. Kelembapan dalam beras bisa jadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri

Memasak nasi yang pulen tentu membutuhkan banyak air. Tapi, apakah kamu tahu bahwa bakteri akan cenderung cepat berkembang biak di dalam kondisi lembap? Ya, butiran beras yang basah dan tertinggal di dalam rice cooker akan menjadi tempat berkembang biak paling sempurna bagi bakteri.

4. Tidak mencuci beras sebelumnya menyebabkan pati terlepas selama proses memasak

Salah satu penyebab bau tak sedap yang dikeluarkan oleh rice cooker juga disebabkan karena tidak mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Hal ini menyebabkan pati yang seharusnya terlepas ketika mencuci beras justru akan terlepas selama proses memasak.

Apalagi ketika suhu penanak nasi dinaikkan, tentu pati akan terlepas secara lebih cepat dan dalam jumlah. Terlepasnya pati selama proses memasak inilah yang menyebabkan bau tak sedap pada rice cooker.

Cara mengatasi bau tak sedap rice cooker

1. Cuci dan bersihkan terlebih dahulu beras sebelum dimasak agar kandungan pati dalam beras berkurang

mencuci beras

Baca Juga :   Sikap awal saat melakukan gerakan berjalan ialah

Biar tidak bau, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencuci beras terlebih dahulu sebelum dimasak. Cuci dan bilas beras setidaknya hingga tiga kali. Hal ini mampu mengurangi jumlah pati di dalam beras.

Kamu juga bisa melakukan cara lain untuk mengurangi pati di dalam beras, yakni dengan merebus beras terlebih dahulu sebulm dimasak. Tetapi, pastikan juga sebelum kamu merebusnya di air mendidih, terlebih dahulu kamu harus mencuci beras hingga bersih. Kemudian rebus beras selama lima menit lalu saring dan cuci kembali. Setelah itu, barulah kamu masak beras di rice cooker hingga matang dan siap disantap.

2. Bersihkan semua air yang ada di rice cooker untuk menghindari kelembapan penyebab bau tak sedap

Seperti yang diketahui sebelumnya, salah satu penyebab rice cooker bau adalah kelembapan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu bersihkan dan lap uap air yang tersisa. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan uap air adalah membuka tutup rice cooker untuk beberapa saat. Dengan membiarkan rice cooker terbuka, maka uap akan menguap dengan sendirinya tanpa perlu kamu lap.

3. Bersihkan seluruh bagian luar dan dalam rice cooker, pastikan juga tidak ada kerak dan sisa nasi yang masih menempel

Cara terakhir menghilangkan bau tak sedap yang dikeluarkan oleh rice cooker adalah dengan membersihkan seluruh bagian luar dan dalam secara maksimal. Kikis pelan-pelan sisa nasi yang masih menempel menggunakan sendok atau spons logam. Pastikan kembali tidak ada kerak atau sisa nasi yang tertinggal.

Setelah itu, buka bagian tutup rice cooker dan panci rice cooker, kemudian rendam dengan air hangat dan sabun cuci piring. Merendam dengan air terlebih dahulu akan merontokkan sisa-sisa nasi yang keras atau lengket sehingga akan memudahkanmu ketika mencucinya.

Untuk membersihkan rice cooker bagian dalam, kamu bisa menggunakan kain lembap. Tetapi pastikan rice cooker dalam keadaan dingin dan tidak terhubung oleh aliran listrik. Setelah di bersihkan dengan kain lembap, maka lap kembali dengan kain kering. Dan tadaaa! Rice cooker-mu sudah bersih kembali.

Ternyata penyebab rice cooker mengeluarkan bau tak sedap dapat teratasi dengan tiga cara mudah. Yang terpenting, kamu harus peka dengan rice cooker-mu. Jangan sampai meninggalkan sisa nasi bahkan uap air yang bisa memicu timbulnya bakteri penyebab bau tak sedap di rice cooker-mu. Rajin-rajin membersihkan rice cooker-mu ya, agar nasimu juga dapat tahan lama dan tak terbuang sia-sia.