Salah satu cara bertanggung jawab menjaga keindahan lingkungan yaitu dengan cara

Salah satu cara bertanggung jawab menjaga keindahan lingkungan yaitu dengan cara

Ilustrasi Kerukunan Antarumat Beragama. ©2020 Merdeka.com/bengkulu.kemenag.go.id

JATENG | 19 November 2021 14:35
Reporter : Ayu Isti Prabandari


Merdeka.com –

Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup berdampingan satu sama lain. Dalam hal ini, kehidupan manusia membentuk sekumpulan masyarakat yang tinggal di suatu wilayah. Di mana dalam sistem masyarakat dibagi dalam beberapa jenjang, mulai dari rukun tetangga, rukun warga, hingga lingkup yang lebih besar dan menyeluruh yang mencakup negara.

Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia mempunyai beberapa kewajiban yang harus dilakukan. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan tempat tinggal yang sehat dan nyaman, mematuhi aturan norma yang berlaku, saling menghormati dan membantu tetangga, hingga merawat kerukunan bersama.

Kewajiban di lingkungan masyarakat dilakukan untuk membangun kehidupan bermasyarakat yang damai, aman, dan sejahtera. Ini menjadi hal penting yang perlu dilakukan, mengingat sifat manusia yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan membangun kehidupan sosial dan lingkungan yang baik, tentu hidup akan lebih tenang dan bahagia.

Dengan begitu, beberapa kewajiban di lingkungan masyarakat ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari lingkungan terdekat yaitu antar tetangga, hingga diterapkan ke lingkungan yang lebih luas, seperti lingkungan kerja dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman Dosen Sosiologi, berikut kami merangkum beberapa kewajiban di lingkungan masyarakat yang perlu diterapkan dalam keseharian.

2 dari 4 halaman

Pixabay ©2020 Merdeka.com

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kewajiban di lingkungan masyarakat yang pertama yaitu menjaga kebersihan dengan baik. Dalam hal ini, setiap masyarakat perlu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar dengan baik.

Mulai membuang sampah pada tempatnya, membersihkan saluran air di lingkungan sekitar, menjaga lingkungan tetap bersih agar tidak menjadi sarang penyakit. Masyarakat juga bisa melakukan kerja bakti di setiap minggu untuk membersihkan lingkungan sekitar bersama.

Melestarikan Alam di Sekitar

Kewajiban di lingkungan masyarakat selanjutnya adalah melestarikan alam di sekitar. Selain menjaga kebersihan, setiap masyarakat juga perlu menjaga alam tetap asri dan tidak menimbulkan kerusakan. Sebaliknya, lakukan berbagai upaya untuk membantu alam semakin lestari dan sehat.

Mulai dari mendukung kegiatan penanaman pohon di lingkungan sekitar, mengelola sampah rumah tangga dengan baik, dan mengurangi berbagai kegiatan yang menimbulkan polusi seperti membakar sampah dan lain sebagainya.

Mematuhi Aturan dan Norma di Masyarakat

Kewajiban di lingkungan masyarakat berikutnya adalah mematuhi aturan dan norma. Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu terdapat aturan dan norma yang harus dilakukan dan dipatuhi.

Seperti tidak menimbulkan keributan yang mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar, tidak mencuri, bersikap sopan dan saling menghormati antar tetangga. Aturan dan norma di masyarakat ini perlu dipatuhi demi menjamin kehidupan masyarakat yang tentram dan damai.

3 dari 4 halaman

Mengikuti Kegiatan di Lingkungan Setempat

Mengikuti kegiatan di lingkungan setempat juga termasuk salah satu kewajiban di lingkungan masyarakat yang perlu dilakukan. Sebagai manusia sosial, penting bagi masyarakat untuk membangun kehidupan sosial yang baik antar sesama.

Ini bisa diwujudkan dengan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal. Seperti kegiatan kerja bakti, ronda malam, perkumpulan rukun tetangga, kegiatan sosial menengok orang sakit, dan lain sebagainya.

Baca Juga :   Sebutkan macam macam gaya lompat tinggi

Menghormati dan Membantu Sesama

Kewajiban di lingkungan masyarakat yang tidak kalah penting yaitu menghormati dan membantu sesama. Dalam hidup berdampingan, setiap masyarakat harus saling menghormati berbagai perbedaan yang ada. Seperti menghormati warga yang sedang beribadah sesuai dengan agamanya dan tidak mengulik sesuatu yang bersifat privasi.

Selain itu, masyarakat juga harus saling membantu ketika orang terdekat membutuhkan pertolongan. Seperti membantu tetangga saat terkena musibah, melayat ketika ada warga yang meninggal dunia, atau membantu dalam berbagai hal lainnya.

4 dari 4 halaman



©2020 Merdeka.com/flickr.com

Merawat Kerukunan

Merawat kerukunan juga merupakan kewajiban di lingkungan masyarakat yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, setiap masyarakat harus saling menghormati perbedaan, menghindari segala bentuk provokasi dan perpecahan antar warga, saling bersilaturahmi untuk membangun kehidupan sosial yang baik, dan menjaga sikap sopan santun. Dengan melakukan beberapa hal ini, dapat membantu menciptakan kehidupan bermasyarakat yang nyaman, aman, damai, dan tentram.

Tidak Melakukan Tindakan Asusila

Kewajiban di lingkungan masyarakat yang harus dilakukan berikutnya yaitu tidak melakukan tindakan asusila. Dalam hal ini, setiap masyarakat harus saling menghormati dan berlaku sopan terhadap sesama. Baik laki-laki maupun perempuan harus bersikap baik dan tidak saling mengganggu. Selain itu, masyarakat juga perlu menghindari dan mencegah berbagai tindakan asusila yang melanggar norma.

Jika didapati kasus tindakan asusila di lingkungan terdekat, berikan teguran atau peringatan dan lapor pada Ketua RT untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan hukum yang adil. Hindari sikap main hakim sendiri, terlebih dengan melakukan kekerasan. Tindakan ini hanya akan membawa kerugian yang tidak dapat menyelesaikan masalah. Utamakan sikap yang adil dan berperikemanusiaan dalam menyelasaikan berbagai masalah di lingkungan sosial.

(mdk/ayi)

Kebersihan lingkungan sekolah akan memengaruhi kesehatan buah hati Anda. Tak hanya itu, sekolah yang bersih juga dapat menaikkan nilai akademis dan semangat belajar anak.

Ditinjau olehdr. Karlina Lestari

Membuang sampah ke tempatnya adalah salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah


Bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan,

cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah

wajib dilakukan para siswa. Menjaga kebersihan lingkungan rumah, sekolah, dan alam sekitar adalah salah satu bentuk tanggung jawab terhadap lingkungan.



Sangat penting untuk menjaga kebersihan sekolah agar siswa maupun guru tetap aman dan nyaman selama berada di dalamnya.


Meski tidak berhubungan langsung, lingkungan sekolah yang bersih dapat mendukung proses belajar siswa sehingga mereka bisa menuntut ilmu dengan optimal.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang positif akan membuat angka kehadiran, nilai ulangan, dan tingkat kelulusan di sekolah tersebut tinggi.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah juga dapat membantu memastikan siswa tidak tertular penyakit. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui

cara menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih

dan nyaman.

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah


Menjaga kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab bersama. Berikut adalah beberapa

cara menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih

yang dapat dilakukan:



Pihak sekolah biasanya menyediakan tong sampah, bahkan yang sudah dipilah menjadi sampah organik dan anorganik, agar siswa terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan kecil ini dapat berdampak besar bagi kebersihan lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Dengan terciptanya kebiasaan anak tidak buang sampah sembarangan,diharapkan kenyamanan dan kesehatan siswa senantiasa terjaga.


Berikan teguran kepada teman yang masih belum buang sampah pada tempatnya. Hal ini akan membuat siswa dapat menerapkan pola hidup sehat bersama-sama.


Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah

dapat dimulai di tempat anak-anak belajar, yakni ruang kelas. Bentuknya bisa membuat jadwal piket untuk bergantian membersihkan kelas sebelum atau setelah jam pelajaran usai.



Selanjutnya, cara menjaga kebersihan kelas dapat dilakukan dengan pembagian tugas, seperti menyapu dan mengepel lantai, serta mengelap permukaan atau benda-benda yang ada di dalam kelas. Kebersihan kelas yang baik akan membuat siswa nyaman untuk belajar.


Cara menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih

dapat dilakukan dengan menggunakan keset sebelum memasuki kelas. Sebab, sepatu yang digunakan siswa dapat membawa kotoran atau debu masuk ke dalam kelas.



Supaya kotoran atau debu di bawah sepatu tidak masuk ke ruang kelas, siswa dapat menggosokannya terlebih dahulu pada keset. Namun, pastikan keset tersebut dibersihkan secara rutin.

Baca Juga :   Gamelan biasanya digunakan dalam iringan musik pada pementasan drama yaitu

Siramlah toilet setelah menggunakannya


Menyiram toilet setelah menggunakannya merupakan salah satu

cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah
.

Ketika WC sekolah jorok, bukan tidak mungkin banyak sudut lainnya yang juga tidak bersih dan higienis. Menjaga kebersihan toilet pun bisa dimulai dengan menyiram jamban setelah digunakan hingga bersih dan tidak bau.
Bila perlu, pihak sekolah juga menyediakan kamper atau pewangi toilet.Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan sabun dan membilasnya dengan air mengalir setelah buang air kecil atau besar.


Salah satu cara menjaga pekarangan sekolah agar tetap bersih adalah dengan melakukan kerja bakti.


Siswa bersama guru dapat bekerja bakti membersihkan sekolah dan lingkungan sekitar. Mulai dari menyapu, mengepel, mengelap kaca jendela, memunguti daun kering, hingga membuang sampah yang berserakan.


Selain itu, contoh kegiatan melestarikan di lingkungan sekolah adalah dengan menyirami tanaman yang ada. Hal ini membantu menciptakan bersih dan hijau di lingkungan sekolah.


Jika dilakukan bersama-sama, maka tugas yang dilakukan pun akan terasa ringan. Cukup lakukan sekitar 30-60 menit dan beri waktu untuk beristirahat.



Cara menjaga kebersihan sekolah selanjutnya adalah dengan menyediakan media untuk berkreasi. Dinding yang dicorat-coret akan terkesan kotor, tetapi tidak demikian jika dinding tersebut memang khusus menjadi sarana ekspresi siswa di bidang seni.


Dengan membuat dinding khusus, siswa juga diharapkan tidak akan iseng mencoret dinding sekolah di bagian lain. Cara merawat lingkungan sekolah ini bisa jadi alternatif yang baik untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Lakukan kegiatan daur ulang sampah


Bagaimana cara membersihkan lingkungan sekolah juga dapat dilakukan dengan kegiatan daur ulang. Kegiatan tersebut membantu menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan mengurangi jumlah sampah yang ada.


Beberapa jenis sampah yang dapat didaur ulang, yaitu kertas, plastik, atau kaca. Siswa dapat membuatnya menjadi berbagai kerajinan tangan.

Cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah

ini juga dapat terasa menyenangkan jika dilakukan bersama.



Menjaga kebersihan sekolah dapat dilakukan dengan cara merapikan barang setelah digunakan. Sering kali, fasilitas sekolah terlihat tidak rapi bukan karena adanya sampah, melainkan posisinya yang tidak tertata dengan rapi.


Oleh sebab itu, siswa harus merapikan barang pada tempatnya setelah digunakan. Misalnya, ketika berada di perpustakaan, pastikan semua buku yang sudah dibaca diletakkan kembali dengan rapi di rak.


Menjaga kebersihan lingkungan sekolah adalah tugas semua pihak. Sekolah juga harus memastikan sistem sanitasi mereka berjalan dengan normal.


Jangan sampai ada selokan yang mampet karena sampah atau daun kering.

Cara menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih

ini harus dilakukan dengan tertib.

Baca Juga :   Dari pernyataan berikut yang termasuk faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan manusia adalah

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekolah


Setelah memahami

cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah
, Anda harus mengetahui manfaatnya.


Ketika lingkungan sekolah bersih, manfaatnya bukan hanya akan dirasakan oleh siswa maupun guru yang sering berkegiatan di sekolah tersebut, melainkan juga masyarakat.


Berikut adalah manfaat menjaga kebersihan lingkungan sekolah dilihat dari subjeknya:


Seperti disinggung di atas, kebersihan lingkungan sekolah dapat meningkatkan kesehatan dan semangat anak dalam belajar.


Menjaga kebersihan secara teratur akan membantu mengurangi penyebaran penyakit melalui kuman dan bakteri.


Anak pun menjadi tidak mudah sakit sehingga tidak sering absen di dalam kelas dan mampu mengikuti pembelajaran dengan baik.

Kebersihan lingkungan sekolah dapat menaikkan nilai akademis siswa sehingga secara tidak langsung juga menaikkan citra guru maupun reputasi sekolah itu sendiri.

Selain itu, biaya kesehatan yang harus dikeluarkan orangtua bisa berkurang karena anak beraktivitas di lingkungan sekolah yang bersih.


Kebiasaan menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat menular ke masyarakat sekitar.


Dengan menjaga kebersihan lingkungannya secara rutin, masyarakat sekitar sekolah juga tidak akan rentan terkena penyakit
yang berhubungan dengan buruknya kebersihan, seperti diare hingga demam berdarah.


Maka dari itu, siswa maupun seluruh pihak di sekolah diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan semaksimal mungkin agar kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman dan aman.


Kewajiban dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan.


Ingatlah bahwa kebersihan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan lingkungan sekolah dengan baik.


Sementara itu, jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan,

tanyakan langsung pada dokter

di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di
App Store dan Google Play
.
sekolahkesehatan anakanak sekolah

Kemdikbud. https://psma.kemdikbud.go.id/index/news_detail.php?id=NjE0
Diakses pada 6 Agustus 2020

Kemdikbud. https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3765
Diakses pada 6 Agustus 2020

Media Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/259042-budaya-hidup-bersih-dan-sehat-di-sekolah-e30972f8.pdf
Diakses pada 6 Agustus 2020

Evolve Cleaning. https://www.evolvecleaning.com.au/blog/top-7-tips-keep-school-facilities-clean-tidy/
Diakses pada 28 Maret 2022

Kanker payudara jarang terjadi pada anak. Namun, orang tua tetap perlu mengenali dan mewaspadai ciri-ciri kanker payudara pada anak. Salah satu tandanya adalah perubahan bentuk payudara yang tidak normal.

Sekolah ramah anak adalah satuan pendidikan yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak. Ciri-cirinya mulai dari adil terhadap murid, metode pembelajaran yang nyaman, sampai lingkungan sekolah dan kelas yang nyaman.

Ada berbagai penyebab anak jadi kerap bolos sekolah, di antaranya masalah perilaku atau tidak nyaman dengan sekolahnya. Penting bagi orang tua untuk tahu untuk mengatasinya.

07 Okt 2021
|Yanita Nur Indah Sari

Dijawab Oleh
dr. Dwiana Ardianti

Dijawab Oleh
dr. Sri Wulantini

Dijawab Oleh
dr. Dwiana Ardianti

Salah satu cara bertanggung jawab menjaga keindahan lingkungan yaitu dengan cara

Posted by: pskji.org