Manakah dari pernyataan diberikut ini yang bukan ialah kecelakaan disebabkan oleh kesalahan insan

Manakah dari pernyataan diberikut ini yang bukan ialah kecelakaan disebabkan oleh kesalahan insan

Ilustrasi kerja lembur. Shutterstock/sakkmesterke

TRENDING | 7 Februari 2022 06:31
Reporter : Tantiya Nimas Nuraini


Merdeka.com –

Ada beberapa faktor penyebab kecelakaan kerja terjadi. Faktor-faktor ini perlu dipahami serta dimengerti oleh setiap perusahaan maupun para pekerja. Mengingat kecelakaan kerja bisa mengakibatkan sejumlah kejadian yang terduga.

Mulai dari ada yang terluka, sakit hingga mengakibatkan kerugian baik terhadap manusia maupun lingkungan. Tentu saja beberapa pihak akan merasa dirugikan.

Oleh karena itu, setiap perusahaan bersama para pekerja diperlukan mengkaji lebih dalam mengenai kecelakaan kerja. Khususnya penyebab-penyebab kecelakaan kerja yang bisa terjadi.

Faktor penyebab kecelakaan kerja sendiri dapat dibagi menjadi tiga yaitu faktor lingkungan, faktor manusia dan faktor peralatan.

Lantas bagaimana penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab kecelakaan kerja? Melansir dari berbagai sumber, Senin (7/2), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab kecelakaan kerja yang pertama adalah karena faktor lingkungan. Faktor ini berkaitan dengan standar keamanan dalam lingkungan kerja yang tidak sesuai. Adapun sejumlah faktor penyebab kecelakaan kerja yang dipengaruhi oleh lingkungan adalah sebagai berikut:

a. Lokasi Kerja

Bekerja di sebuah area terbatas memiliki risiko lebih berbahaya dibanding bekerja di ruangan terbuka. Selain itu, resiko tinggi juga menghampiri para pekerja yang bekerja di ketinggian tertentu.

b. Desain Tempat Kerja

Tempat kerja idealnya sudah didesain aman sejak awal. Tetapi kenyataannya, masih ada saja kelemahan pada desain tersebut. Sehingga membuat tempat kerja tidak sepenuhnya aman.

c. Lantai Licin

Lantai pada tempat kerja harus terbuat dari bahan keras yang tahan air serta tahan bahan kimia yang merusak. Sebab, tumpahan air, minyak atau oli mampu membuat lantai menjadi licin dan berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja.
(mdk/tan)

Baca juga:

110 Nama Bayi Laki-Laki Bahasa Prancis, Punya Arti Istimewa & Cocok untuk Buah Hati
5 Cara Menumbuhkan Jenggot Pakai Bahan Alami, Mudah Dilakukan Dengan Hasil Permanen

3 dari 5 halaman

©2019 Merdeka.com

Penerangan pada tempat kerja memiliki peranan sangat penting. Dengan penerangan yang baik, para pekerja memungkinkan bisa melihat objek yang dikerjakan lebih baik. Mengingat, para pekerja memerlukan melihat objek kerja, alat kerja dan kondisi sekitar.

e. Suhu Udara

Sebuah penyelidikan mendapatkan hasil produktivitas kerja manusia akan mencapai tingkat tertingginya pada saat temperatur sekitar 24°C- 27°C. Apabila suhu terlalu dingin, efisiensi kerja akan berkurang dengan adanya keluhan kaku dan kurangnya koordinasi otot. Sedangkan, suhu panas mampu menurunkan kelincahan, menurunkan prestasi kerja, mengganggu kecermatan kerja otak hingga mengganggu koordinasi syaraf perasa dan motoris.

Baca Juga :   Laptop tidak bisa pakai keyboard eksternal

f. Kebisingan

Kebisingan juga menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan kerja. Sebab, kebisingan dapat mengurangi kenyamanan, daya dengar dan konsentrasi. Selain itu juga akan mengganggu komunikasi antar pekerja.

4 dari 5 halaman

Penyebab kecelakaan kerja yang kedua yakni akibat faktor manusia. Hal ini berkaitan dengan perilaku manusia, kesehatan pekerja, pelatihan keselamatan hingga penggunaan alat pelindung diri. Adapun sejumlah faktor penyebab kecelakaan kerja yang dipengaruhi oleh manusia adalah sebagai berikut:

a. SOP atau Prosedur

SOP yang tidak memperhatikan keselamatan pekerja dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Karenanya, sangat penting mengevaluasi semua prosedur kerja yang sudah disusun secara berkala.

b. Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Pelatihan keselamatan dan kesehatan kerja adalah pendidikan untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan. Pelatihan ini juga lebih mengutamakan pratik dibanding teori dan dilakukan dalam kurun waktu relatif singkat. Hal ini dilakukan guna meningkatkan pemeliharaan alat-alat kerja untuk menekan munculnya kerusakan hingga kecelakaan kerja.

c. Penggunaan APD

Sesuai namanya, APD (Alat Pelindung Diri) digunakan untuk melindungi tubuh pekerja dari bahaya kecelakaan kerja. Jika tidak mengenakannya, mampu memperbesar kemungkinan terjadi kecelakaan kerja. Meski tidak melindungi secara sempurna, APD mampu mengurangi tingkat keparahan yang mungkin dialami.

d. Perilaku Manusia

Faktanya, banyak persoalan yang diakibatkan oleh perilaku manusia atau pekerja yang ceroboh. Dibandingkan dengan rasa ketidakpedulian pekerja maupun mesin-mesin. Perilaku manusia bisa mempengaruhi sikap terhadap kondisi kerja, pratik kerja dan kecelakaan kerja.

Baca juga:

33 Kata-kata Bijak Hari Senin Bahasa Inggris, Sambut Awal Pekan dengan Bahagia
Viral Pencurian Mini Market di Cilacap, Pelaku Bobol Tembok Belakang Bangunan

5 dari 5 halaman

© ppmindustries.co.uk

Penyebab kecelakaan kerja yang ketiga yaitu karena faktor peralatan. Adapun sejumlah faktor penyebab kecelakaan kerja yang dipengaruhi oleh peralatan adalah sebagai berikut: ini

a. Rancangan Alat

Alat yang dirancang dengan mempertimbangkan keamanan dapat mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Sehingga alat-alat yang digunakan harus aman dari sisi K3.

Baca Juga :   Jelaskan yang dimaksud tokoh antagonis dan protagonis

b. Kondisi Mesin

Sebaiknya segera memperbaiki mesin dan jangan digunakan lagi bila memang sudah tidak memadai. Ketersediaan pengaman dan perlengkapan lainnya juga harus dipastikan dengan benar terlebih dahulu. Sehingga, faktor penyebab kecelakaan kerja mampu dikurangi dengan memperhatikan kondisi mesin.

c. Posisi Mesin

Posisi dan jenis mesin rupanya mampu menjadi faktor penyebab kecelakaan kerja. Keduanya mampu mempengaruhi keamanan dan kenyamanan para pekerja. Oleh karena itu, posisi mesin harus diperhatikan dengan seksama.

  • Posted: 2021-02-05 16:08:20
  • By: administrator29
  • Readed: 31311


Pengertian Insiden itu merupakan insiden yang berkaitan dengan pekerjaan dimana terjadi cedera, terdapat penyakit di tempat pekerjaan ataupun kematian yang bisa saja terjadi, termasuk juga insiden dengan keadaan yang begitu darurat.



Pengertian Kecelakaan Kerja itu merupakan insiden yang dapat menyebabkan cedera, dan juga bisa terjadi kematian.



Pengertian Keadaan Darurat merupakan keadaan yang begitu sulit yang diduga memerlukan penanganan segera agar tidak terjadi kecelakaan dan juga insiden.


Pengertian Nearmis adalah insiden yang tidak menimbulkan cedera, penyakit yang terdapat ditempat kerja, dan juga kematian.


Perbedaan antara kecelakaan, insiden, nearmis. Sering kita lihat di tv insiden tabrakan yang terjadi di suatu tempat dan lain sebagainya. Kecelakaan akan menyebabkan kerugian yang didapat oleh orang yang mendapatkannya. Kecelakaan ini bisa terjadi pada apa saja termasuk pada setiap orang. Kerugian melibatkan terjadinya kecelakaan pada manusia seperti contohnya luka berat, patah tulang, kematian dan lain sebagainya yang sering menjadi perhatian setiap orang. Lalu kerugian dapat juga menimpa apa saja selain manusia yang melakukannya seperti contohnya kekayaan, kerusakan peralatan, kehilangan waktu pada saat bekerja, berkurangnya kualitas bekerja, berkurangnya minat bekerja, dan bisa saja terjadi kebangkrutan yang terjadi pada perusahaan ditempat kita bekerja.


Kejadian penyakit akibat bekerja merupakan hasil dari serangkaian kejadian yang terjadi. Kecelakaan itu tidak terjadi oleh satu sebab, tapi terjadi karena banyak hal yang membuatnya terjadi dalam kejadian itu, kecelakaan dapat dibagi sebagai penyebab langsung dimana dirinya sangat dekar hubungannya dengan kejadian kecelakaan, penyebab tidak langsung dan ada juga penyebab dasar yang akan terjadi.


Bahaya adalah sumber yang sangat berpengaruh yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan seperti cedera, sakit, kerusakan pada lingkungan. Bahaya merupakan suatu karakteristik yang menjadi satu dan bisa juga disebut dengan melekatnya semua dan berkumpul pada suatu bahan, peralatan atau kondisi.

Baca Juga :   Perbedaan ikan dan piranha


Penting untuk memahami konsep bahaya. Pemahaman yang keliru mengenai konsep bahaya yang bisa menyebabkan dan mengakibatkan bentuk pengadilan bahaya yang tidak efektif. Bahaya juga berkaitan dengan adanya energi agar dapat menimbulkan kecelakaan, maka harus terjadi kontak dengan energi.


Definisi kecelakaan dan insiden yang memiliki banyak sumber pengertiannya.



 Definisi kecelakaan terdapat banyak sekali tentang definisi ini. Akan dijelaskan dari beberapa definisi yang dapat mewakili variasi dari banyaknya definisi yang ada. Berikut definisi yang akan menjelaskan tentang kecelakaan, yaitu:


1.
Kecelakaan adalah suatu kejadian yang tidak dapat terduga dan diduga oleh seseorang yang mengalaminya yang sering berakibat cedera dan juga kerugian lainnya yang terjadi pada dirinya.


2.
Kejadian yang tidak bisa direncanakan oleh setiap orang yang melakukannya, kejadian yang diluar kendali oleh setiap manusia yang juga bisa terjadi cedera, kerusakan, dan bahkan kerugian lain yang ia dapat sekalipun.


3.
Kejadian yang memang tidak diharapkan oleh semua manusia apalagi yang begitu menyiksa dirinya yang membuat ia kesusahan untuk bergerak. Kerugian yang berupa menyangkut dengan kerugian gisik pada dirinya seperti cedera dan penyakit yang ia dapatkan, kerusakan barang yang ada di tempat bekerja dan mungkin juga kejadian lain yang tidak diharapkan oleh setiap orang.


4.
Kecelakaan adalah kejadian yang diterima dan merupakan hasil dari sekumpulan yang tidak diinginkan atau tidak diharapkan yang dapat menimbulkan segala bentuk kerugian baik itu dari segi materi maupun dari segi non materi yang menimpa setiap manusia, benda fisik seperti kekayaan, lingkungan hidup, dan lain sebagainya yang menyangkut dari itu semua.


Kecelakaan dibedakan dengan insiden, perbedaan dari keduanya itu terdapat pada ada atau tidaknya kerugian. Kecelakaan selalu disertai dengan timbulnya kerugian, dan sedangkan insiden tidak adanya kerugian yang didapat oleh manusia.

Insiden ialah mirip dengan kecelakaan, namun bedanya adalah insiden ini tidak disertai dengan adanya kerugian yang termasuk kedalam kategori insiden itu yang contohnya seperti nearmiss dan kejadian yang berbahaya bagi setiap manusia.

Manakah dari pernyataan diberikut ini yang bukan ialah kecelakaan disebabkan oleh kesalahan insan

Posted by: pskji.org