Memukul shuttlecock dengan keras untuk menghasilkan gerak menukik dalam bulu tangkis disebut

Memukul shuttlecock dengan keras untuk menghasilkan gerak menukik dalam bulu tangkis disebut

7 teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis penting untuk diketahui. Sebab dengan begitu, permainan bulu tangkis akan menjadi lebih optimal dan tentunya seru serta menarik.

Ya, bulu tangkis sendiri telah menjadi salah satu olahraga paling favorit di Indonesia. Tak ayal, pertandingan bulu tangkis selalu dipadati penonton sebelum pandemi Covid-19 merebak.

BACA JUGA: 10 Teknik Dasar Bulu Tangkis bagi Pemula

Kini, serba-serbi soal pertandingan bulu tangkis pun menarik untuk diketahui, termasuk teknik dalam pukulannya. Lalu, apa saja teknik tersebut? Yuk, intip bersama 7 teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis besera penjelasannya.

BACA JUGA: Aksi Greysia Polii Tegur Apriyani Rahayu di Podcast Deddy Corbuzier Tuai Pujian Netizen

7. Smash

Teknik pukulan pertama adalah smash. Teknik ini sendiri menjadi yang diandalkan setiap pemain untuk meraup angka dalam pertandingan.

(Anthony Sinisuka Ginting beraksi di lapangan)

Smash sendiri merupakan pukulan keras yang dilakukan secara cepat. Teknik ini bisa dilakukan dengan mengandalkan kekuatan otot bahu dan lengan. Hal yang tak kalah penting adalah kecepatan agar bisa mengetahui ke arah mana shuttle cock akan dilajukan.

6. Lob

Selanjutnya ada teknik pukulan lob. Teknik ini dilakukan agar bola melambung tinggi ke arah belakang garis lawan. Teknik ini biasanya digunakan untuk bertahan maupun membuka peluang untuk menyerang lawan.

5. Drop Shot

Teknik ini dilakukan sama seperti smash. Bedanya, teknik drop shot dilakukan dengan menggunakan dorongan halus saat memukul bola. Sementara smash, teknik ini dilakukan dengan kekuatan penuh. Teknik ini dilakukan untuk meletakkan shuttlecock dekat dengan net dan tidak melebihi garis ganda.

4. Drive

Teknik yang satu ini banyak dilakukan dalam pertandingan nomor ganda. Pemain biasanya melakukan teknik ini untuk mengembalikan bola setelah mendapat serangan dari lawan.

(Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo)

Pukulan drive dilakukan cepat dan mendadak karena bertujuan membuat lawan bertahan dengan mengangkat shuttlecock ke arah atas. Jadi, drive dilakukan dengan kecepatan cukup kencang dan ketinggian sedikit di atas kepala.

3. Forehand

Di urutan ketiga, ada teknik pukulan forehand. Ini merupakan salah satu teknik pukulan dasar dalam bulu tangkis. Teknik ini biasanya dilakukan untuk mengarahkan bola ke titik terjauh garis permainan lawan.

Dengan tujuan itu, teknik forehand pun mengandalkan pukulan kencang dari garis belakang yang disebut clear shot. Teknik ini sering dilakukan untuk mendapat kesempatan membangun strategi.

2.  Backhand

Ada juga teknik backhand yang terbilang sulit dilakukan. Sebab, teknik ini membutuhkan koordinasi yang tepat dan cepa tantara lengan, bahu, dan langkah kaki. Tubuh bagian atas harus diputar dan tangan yang memegang raket berada di posisi dekat dengan bahu.

(Jonatan Christie)

Tujuan dari teknik backhand sendiri adalah membuat shuttlecock melaju menyeberangi net sejajar dengan bibir. Hal ini dilakukan agar shuttlecock menuju bagian depan dari wilayah permainan lawan.

1. Netting

Terakhir, ada teknik netting. Teknik satu ini bertujuan menempatkan bola sedekat mungkin dengan net pada lapangan lawan disebut netting. Pukulan ini dilakukan agar shuttlecock berada sedekat mungkin dengan net.

  • #Sportpedia
  • #Bulu tangkis
  • #7 Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis
Baca Juga :   Perbedaan mesin luxio dan gran max

Teknik pukulan smash merupakan pukulan overhead yang dilakukan dengan sekuat tenaga dari posisi atas dan menukik diarahkan ke posisi bawah lawan. Pukulan smash ini disebut juga sebagai pukulan menyerang karena memang tujuan utamanya adalah untuk mematikan lawan. Teknik pukulan smes ini merupakan bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan bulutangkis.

Teknik pukulan smash ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai, bahu, lengan, dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis karena karakteristik dari pukulan ini yang keras dan laju kok yang sangat cepat mendarat ke lantai. Berbeda dengan teknik netting yang lebih mengedepankan gerak tipu dengan sedikit sentuhan yang halus di depan net.




Silahkan baca:
Cara Melakukan Teknik Netting Badminton

Teknik pukulan smash bisa dilakukan dengan keadaan diam, berdiri atau sambil loncat. Beberapa jenis/ bentuk pukulan smash dalam olahraga bukutangkis yang biasa tejadi di lapangan antar lain pukulan smes penuh, pukulan smes potong, pukulan smes backhand, dan pukulan smes melingkar atas kepala. Secara bertahap setiap pemain harus menguasai  teknik pukulan smes tersebut dengan sempurna karena manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan.

Beberapa teknik yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan pukulan smash yang benar dan berkualitas dalam bulutangkis adalah :

  1. Perhatikan posisi pegangan raket [Grip] dengan benar
  2. Bergeraklah dengan cepat untuk mengambil posisi yang tepat untuk melakukan pukulan.
  3. Sikap badan harus tetap lentur, kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada shuttlecock.
  4. Carilah timing/ waktu yang tepat untuk melakukan pukulan
  5. Perkenaan raket dan shuttlecock berada di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau shuttlecock setinggi mungkin
  6. Gunakanlah tenaga pergelangan tangan semaksimal mungkin dengan cepat pada saat memukul kok.
  7. Akhiri rangkaian gerakan pukul itu dengan gerak Ian-jut ayunan raket yang sempurna ke depan badan.
  • Gunakan pegangan grip sesuai dengan style masing-masing pemain
  • Pegangan raket harus tetap rileks agar tenaga pergelangan tangan bisa keras kebawah
  • Jangan pegang ujung raket terlalu keras sebab di saat melakukan pukulan gerakan akan menjadi kaku.
  • Pererat jari-jari tangan pada saat memukul shuttlecock untuk menambah ledakan dan mempercepat laju kepala raket.

Sebelum seorang pemain melakukan teknik jumping smash, haruslah diperhatikan terlebih dahulu apakah ia sudah mampu melakukan teknik pukulan smash tanpa jumping dengan baik atau belum. Jumping smash dilakukan jika seseorang telah mampu menguasai teknik smash dengan baik dan untuk memaksimalkan kekuatan pukulan smashnya maka barulah dilakukan jumping smash dengan maksud agar shuttlecock menghujam deras dan keras di daerah lawan.

  1. Perbanyak jogging, untuk melancarkan peredaran darah, jantung, meringankan langkah kaki, lebih siap dalam melakukan gerakan reflek.
  2. Perbanyak latihan push up, untuk memperkuat otot seputar lengan depan-belakang dan seputar dada dan pundak, otot yang terlatih akan memperingan gerakan serangan tanpa beban.
  3. Perbanyak latihan setup, untuk memperkuat otot seputar perut dan pangkal paha, latihan ini akan membantu kamu lebih siap bergerak cepat baik dalam posisi menunduk maupun melompat.
  4. Perbanyak latihan menggunakan barbel kecil, untuk memperkuat otot-otot nadi dan seputar lengan, mempercepat/ melincahkan gerakan lingkar lengan dan kepalan tangan sehingga pada saat eksekusi, pukulan smash akan lebih berbobot dan keras untuk diterima lawan.
  5. Perbanyak latihan beban tarik tekan dengan model dipegang kepalan tangan, untuk memperkuat daya cengkeram jari-jari saat memegang gagang raket.
  6. Latihan dengan lawan main, untuk melatih insting menghadapi gerakan dan mengukur kekuatan lawan sampai dimana.
Baca Juga :   Paman menimba air dengan menarik tali timba peristiwa tersebut menunjukkan pengaruh dari

Teknik ini merupakan pukulan untuk mengembalikan smash lawan. Teknik pukulan return smash ini lebih identik dengan teknik menahan smash lawan yang biasa digunakan dalam pola pertahanan. Akan tetapi jika seorang pemain bisa melakukan pengembalian smash dengan baik justru hal tersebut bisa menjadi serangan balik yang menyulitkan bagi lawan. Oleh karena itu perlu adanya latihan yang rutin agar terbiasa menahan pukulan smash dari lawan mengembalikan shuttlecock dengan baik dan terarah.

Beberapa jenis pengembalian pukulan smash antara lain:

  1. Pengembalian pendek, yaitu pengembalian dimana bolanya jatuh dekat net. Banyak terjadi pada permainan tunggal. Tujuannya yaitu untuk memaksa lawan berlari jauh.
  2. Pengembalian drive atau mendatar, lebih banyak dilakukan pada permainan ganda. Tujuannya untuk tidak memberi kesempatan lawan melakukan serangan.
  3. Pengembalian panjang, yaitu pengembalian bola ke arah belakang lagi. Pukulan ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh pemain yang sudah trampil dan mempunyai pergelangan tangan kuat.
  1. Pemain harus berada dalam posisi siap
  2. Untuk pengembalian dari forehand, apabila dekat biasa dilakukan dengan satu langkah kaki kanan, tatapi apabila jauh, mungkin perlu dilakukan terlebih dahulu langkah kecil dari kaki kiri.
  3. Untuk pengembalian backhand, apabila dekat bisa dilakukan langkah kecil dari kaki kiri. Namun, apabila jauh mungkin perlu dilakukan dulu langkah kecil dari kaki kanan.

Itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana cara melakukan teknik pukulan smash yang bagus dan berkualitas. Pelajari selengkapnya teknik dasar lainnya yang tidak kalah pentingnya untuk dikuasai dalam

Teknik Dasar Bermain Bulutangkis
, semoga bermanfaat untuk permainan Anda.

Pukulan Smash [sumber: BWF]


Pukulan

bulu tangkis

merupakan salah satu teknik yang mesti dikuasai oleh para pemain. Pasalnya, pukulan merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain bulu tangkis.


Pada

permainan

bulu tangkis, pukulan merupakan teknik yang digunakan untuk memukul

shuttlecock
, baik dalam keadaan menyerang atau pun bertahan. Pukulan bulu tangkis juga dilakukan agar pemain bisa menambah poin saat bertanding.


Salah satu keseruan saat kita menonton pertandingan bulu tangkis adalah melihat aksi para pemain ketika melakukan

smash
.

Smash

merupakan pukulan keras yang dilakukan pemain ketika menyerang lawan.


Info Sport

akan mengulas mengenai pukulan bulu tangkis yang sering mendapatkan angka dan lazim dilakukan oleh setiap pemainnya.

Baca Juga :   Nilai suatu barang yang dinyatakan dengan uang dan disepakati oleh penjual dan pembeli disebut

Teknik Pukulan Bulu Tangkis Smash

Pukulan Smash [Sumber: Olympics]


Smash

menjadi salah satu pukulan andalan dalam permainan bulu tangkis. Jenis pukulan bulu tangkis

smash

dilakukan paling cepat dan sekeras-kerasnya, menukik, dan masuk lapangan lawan. Pukulan

smash

juga


hampir sama dengan dengan pukulan lob.


Perbedaannya adalah pukulan lob

shuttlecock

dipukul ke atas. Sedangkan untuk pukulan

smash, shuttlecock

dipukul tajam ke bawah dengan kecepatan yang lebih kencang.


Pukulan

smash

memiliki tujuan untuk menjatuhkan

shuttlecock

sekeras-kerasnya ke daerah permainan lawan. Oleh karena itu, sekuat apa pun kemampuan pemain melakukan berbagai pukulan, maka tidak akan sempurna jika tidak dilengkapi dengan pukulan

smash

yang baik.

Pukulan Smash [Sumber: Shuttle Smash]


Pada

olahraga

bulu tangkis, ada lima jenis

smash

yang biasa dilakukan oleh pemain, yaitu:


Smash

penuh menjadi jenis pukulan dalam bulu tangkis yang dilakukan lewat cara mengayunkan tepat pada bagian raket. Caranya, titik objek harus tegak lurus antara daun raket dengan waktu datangnya

shuttlecock
. Hal ini membuat pukulan

smash

yang satu ini bisa dilakukan secara penuh atau maksimal.


Jenis pukulan

smash

ini mengaktifkan bagian pergelangan tangan untuk dicambukkan. Nantinya, hal itu dapat ditekan hingga ke bagian bawah. Nantinya, laju

shuttlecock

tidak begitu cepat tetapi sangat curam dan dalam. Hal ini membuat lawan menjadi tidak berdaya.


Smash

ini kurang keras jika dibandingkan dengan

smash

penuh, tetapi

shuttlecock

lebih tajam dan terarah. Pada umumnya,

smash

potong dilakukan secara menyilang sebagai

smash

silang atau

cross smash
.


Jika akan melakukan

smash

dari lini belakang, maka lebih baik jika dilakukan

smash

potong dari pada

smash

penuh.


Pada posisi tertentu, lawan dapat mengembalikan

smash

dengan pukulan lob ke posisi

backhand.

Lalu, bisa juga mengembalikan

service

ke arah bagian kiri lapangan.


Jika kamu terlambat di bawah

shuttlecock

dalam posisi yang baik, maka

smash

saja

shuttlecock

yang meluncur di depan pundak kiri atau lebih ke kiri [bagi pegangan tangan kanan].


Melakukan

smash

di depan pundak kiri atau lebih kiri juga disebut

around the head smash,

yaitu

smash

dengan lengan memutar dan mengitari atas kepala.


Caranya, kamu bisa memiringkan tubuh ke kiri dan putarlah lengan di atas kepala untuk memukul

shuttlecock

meluncur di sebelah kiri.


Around the head smash

sangat membutuhkan keterampilan, terutama keterampilan pergelangan tangan dan keseimbangan tubuh untuk menjaga posisi agar bisa tetap berdiri tegak dan tidak goyang.


Backhand smash

merupakan salah satu jenis pukulan

smash

yang menggunakan daun raket yang terdapat pada bagian belakang untuk alat pukul.


Pukulan ini memerlukan pergelangan tangan yang lentur dan kuat agar pukulan yang dihasilkan nantinya cukup keras.


Itulah pukulan bulu tangkis jenis

smash

yang dapat melumpuhkan area pertahanan lawan. Kemudian, teknik ini seringkali memperoleh angka yang sangat banyak.

Video yang berhubungan

Memukul shuttlecock dengan keras untuk menghasilkan gerak menukik dalam bulu tangkis disebut

Posted by: pskji.org