Perintah mengamati tentang alam tidak hanya semata-mata mengamati tetapi

Perintah mengamati tentang alam tidak hanya semata-mata mengamati tetapi

Allah SWT memerintahkan manusia untuk merenungkan ciptaan-Nya.

msmcgartland.pbworks.com

Allah SWT memerintahkan manusia untuk merenungkan ciptaan-Nya.Alam semesta (ilustrasi)

Red: Nashih Nashrullah

REPUBLIKA.CO.ID, Tafakur memiliki kedudukan istimewa, terbukti dengan banyaknya ayat Alquran yang memotivasi kita untuk bertafakur. Dalam sebuah ayat, Allah mengajak akal kita berpetualang menafakuri air dan binatang ternak.

Baca Juga

“Dan Allah menurunkan dari langit itu air (hujan) dan dengan air itu dihidupkan-Nya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran). Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minuman dari apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS An Nahl [16]: 65-66).

Terkadang, ajakan tafakur berbentuk pertanyaan, “Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta, bagaimana ia diciptakan? Dan langit bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? Dan bumi bagaimana ia dihamparkan?” (QS Al Ghaasyiah [88]: 17-20).

Terkadang, pertanyaan yang diajukan disertai ancaman. Biasanya ditujukan kepada orang kafir. Difirmankan, “Maka apakah mereka tidak melihat langit dan bumi yang ada di hadapan dan di belakang mereka? Jika Kami menghendaki, niscaya Kami benamkan mereka di bumi atau Kami jatuhkan kepada mereka gumpalan dari langit.” (QS Saba’ [34]: 9).

Prinsipnya, tafakur harus dilakukan sesuai dengan kapasitas akal yang terbatas. Akal tidak bisa menjangkau hal-hal yang tidak bisa disentuh panca indera. Karenanya, Rasulullah melarang menafakuri wujud dan bentuk Allah. Sabdanya, Berpikirlah kamu akan ciptaan-ciptaan Allah, dan jangan kamu berpikir tentang Dzat Allah. (HR Ath Thabrani)

Baca Juga :   Urutan proton, neutron, dan elektron yang benar adalah

Imam Al Ghazali menjelaskan, ciptaan Allah terbagi dua. Yaitu ciptaan yang tidak diketahui wujudnya, ini tidak mungkin ditafakuri. Serta ciptaan yang diketahui asal dan jumlahnya, namun tidak diketahui secara rinci, untuk mengetahuinya kita harus berpikir. Inilah obyek tafakur yang sempurna.

Dua di antara obyek tafakur yang sempurna adalah, pertama, alam semesta. Obyek ini meliputi, langit dengan semua yang ada di dalamnya seperti matahari, bintang dsb. Juga bumi dengan semua yang ada di dalamnya seperti gunung, hewan, tumbuhan dsb. Serta semua fenomena yang terjadi di dalamnya seperti proses terjadinya hujan, dsb.

Obyek ini disebutkan dalam banyak ayat. Di antaranya, Dan Dialah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasangan. Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS Ar Ra’d [13]: 3).

Kedua, manusia. Allah SWT berfirman, Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka? (QS Ar Rum [30]: 8). Dalam diri manusia terdapat banyak hal yang bisa ditafakuri. Dari susunan tubuhnya hingga organ-organ tubuh yang menakjubkan.

Karena obyeknya begitu luas, maka untuk manafakurinya tidak dibatasi ruang dan waktu. Tidak salah kalau Malik Badri menyebut tafakur sebagai ibadah bebas tidak kenal batas.

sumber : Harian Republika

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika …

Dhafi Quiz

Find Answers To Your Multiple Choice Questions (MCQ) Easily at cp.dhafi.link. with Accurate Answer. >>

This is a List of Available Answers Options :

  1. Meneliti potensi yang ada
  2. Meneliti keadaan manusia
  3. Menghitung karunia dan nikmat Allah swt
  4. Menghitung jumlah makhluk di alam semesta
  5. Meneliti kekurangan ciotaan Allah swt.
Baca Juga :   Sebutkan Titik Titik Yang Mempunyai Jarak Sama Terhadap Sumbu X

Click to See Answer

What is cp.dhafi.link Site?

Dhafi Quiz Is an online learning educational site to provide assistance and insight to students who are in the learning stage. they will be able to easily find answers to questions at school.We strive to publish Encyclopedia quizzes that are useful for students. All facilities here are 100% Free. Hopefully, Our site can be very useful for you. Thank you for visiting.


Mengapa kita tidak boleh mengikuti ritual ibadah nonmuslim? Jawab:​


Sebutkan Nama Kalender islam dan sebutkan 12 nama bulannya!


ayahku seorang dokter. ia memeriksa orang sakit di rumah sakitkak tolong terjemahkan ke bahasa Arab ya,jam 11 mau di kumpul,terima kasih sebelumnya ​


Sebutkan 12 nama bulan hijriyah


apa manfaat hidup rukun ? jelaskan !bye​


28. Alasan mazhab sahabi dapat dijadikan sebagai sumber hukum adalah… A. Bila hasil ijtihad mereka dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Rasulullah …

B. Semua ijetihad sahabat tidak mungkin ditemukan kesalahan C. Bila ijetihad mereka tidak disepakati, boleh ijetihad mereka dijadikan sumber hukum D. Bila semua hasil ijetihad mereka telah mereka sepakati E. Bila ada suatu perkara yang tidak diputuskan Nabi, maka sahabat beriktikad​


apa itu husnudzon ? jelaskan ! ​


apa itu su’uzan ? jelaskan !​


bagaimana tanggapan kamu jika ada teman kamu sakit, namun beda agama ?​


Ceritakan yang kalian ketahui tentang kisah Nabi Maryam yang diasuh oleh Nabi Zakaria as

Perintah mengamati tentang alam tidak hanya semata-mata mengamati tetapi

Posted by: pskji.org