Dataran yang luas terletak pada ketinggian 300 sampai 600 meter diatas permukaan laut disebut

Dataran yang luas terletak pada ketinggian 300 sampai 600 meter diatas permukaan laut disebut

Dataran yang terletak pada ketinggian di atas 200 meter dari permukaan laut adalah dataran tinggi. Dataran yang memiliki ketinggian 0- 200 m di atas permukaan laut disebut dataran rendah. Perbatasan antara daratan dan lautan disebut pantai. Rangkaian gunung yang sambung menyambung satu sama lain disebut pegunungan.

Berapa ketinggian dataran tinggi dari permukaan air laut Dpal?

Pembahasan. Dataran tinggi juga disebut dengan plateau atau plato. Dataran tinggi merupakan dataran luas dan terletak di ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut.

Disebut apakah wilayah dengan ketinggian kurang dari 200 m dpl?

Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut.

Daratan yang berbatasan langsung dengan laut dengan ketinggian 0 mdpl disebut apa?

Penjelasan: Daratan yang berbatasan langsung dengan laut dengan ketinggian 0 meter di atas permukaan laut disebut Pantai.

Disebut apakah daerah yang berada pada ketinggian di atas 500 meter?

1. Dataran Tinggi. Daerah ini berbentuk dataran di permukaan bumi yang mempunyai ketinggian lebih dari 500 meter di atas permukaan laut. Terdapat pula dataran tinggi yang puncaknya datar dan cukup luas, yang biasa disebut plateau.

Kenampakan alam wilayah daratan apa?

Kenampakan alam wilayah daratan terdiri dari dua jenis, yaitu dataran tinggi dan dataran rendah.

Dataran rendah merupakan dataran yang luas dan dari ketinggian berapa meterkah dari permukaan laut?

Dataran rendah merupakan daerah yang memiliki ketinggian 0-200 meter dari permukaan laut. Dataran rendah pada umumnya terletak di daerah pantai.

Berapa ketinggian dataran tinggi?

Agar bisa disebut dataran tinggi, suatu wilayah harus mempunyai ketinggian minimal atau lebih dari 500 meter di atas permukaan laut.

Berapa ketinggian dataran rendah dari permukaan laut?

Dataran rendah adalah hamparan lapang tanah dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah (sampai dengan 200 m dpl). Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang lapang dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi.

Baca Juga :   Perhatikan kembali gambar diatas AB CD, AB = 15 cm, CD = 20 cm, BC = 28 cm panjang CE adalah

Bagaimana tekanan udara di daerah dataran rendah?

Di dataran rendah atau di ketinggian permukaan laut, tekanan udara sangat tinggi. Semakin tinggi kita dari permukaan laut, maka tekanan udaranya semakin rendah. Pada kondisi dengan tekanan udara yang rendah ini, molekul udara akan bergerak lebih lambat, sehingga tidak ada tabrakan antarmolekul udara yang terjadi.

Mengapa dataran rendah sering menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat?

Banyak tempat-tempat yang dibuat di dataran rendah karena dengan bentuk tanahnya yang datar, pengembangan suatu daerah bisa dilakukan seluas-luasnya. Ditambah dengan adanya jalan raya dan jalan tol membuat daerah-daerah dataran rendah menjadi Pusat Ekonomi.

Mengapa dataran rendah menjadi pemukiman yang padat penduduk?

Jawaban: Karena daerah dataran rendah biasanya memiliki tanah yang subur dan memiliki relief yang cukup datar sehingga lebih mudah untuk dijadikan pusat kependudukan dibandingkan dengan daerah pegunungan.

Apa saja kegiatan ekonomi yang terdapat di daerah dataran rendah?

Berikut beberapa kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat di wilayah dataran rendah, yakni:

  1. Pertanian. Masyarakat pada wilayah dataran rendah biasanya memanfaatkan tanah suburnya sebagai lahan pertanian.
  2. Perkebunan.
  3. Peternakan.
  4. Industri Ekonomi.

Bagaimana dari daratan yang berbatasan langsung dengan laut disebut?

Pantai adalah bagian dari daratan yang berbatasan langsung dengan laut.

Daerah yang berbatasan langsung dengan laut disebut apa?

Daerah pantai menjadi batas antara daratan dan perairan laut. Panjang garis pantai ini diukur mengeliling seluruh pantai yang merupakan daerah teritorial suatu negara.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan kekayaan alam yang melimpah dan letak yang sangat strategis. Dimana, terdapat 17.508 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan luas daratan 1.913.578,68 km2 atau sepertiga dari luas wilayah Indonesia. Tapi, tahukah kamu mana yang termasuk wilayah daratan Indonesia? Dan seperti apa karaktristiknya?

Baca Juga :   Sebutkan Prinsip Prinsip Pertahanan Daerah Dalam Permainan Sepak Bola

Wilayah daratan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tidak digenangi air dan berbentuk padat. Wilayah daratan Indonesia memiliki ciri-ciri kenampakan yang berbeda, dimana bisa terlihat kenampakan daratan yang berupa pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, dan danau.

Pegunungan

Wilayah daratan Indonesia dipengaruhi oleh dua sirkum pegunungan, yaitu sirkum pasifik dan sirkum mediterania. Selain itu, Indonesia memiliki jumlah pegunungan yang cukup banyak misalnya di Jawa terdapat jalur pegunungan Dieng, di pulau Kalimantan ada pegunungan Meratus, dan di bagian timur Indonesia yaitu pulau Papua ada pegunungan Jaya Wijaya. Pada umumnya daerah pegunungan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai daerah perkebunan.

Gunung

Indonesia memiliki kurang lebih 100 buah gunung api dengan tiga golongan, yaitu padam (mati), istirahat, dan masih aktif. Gunung-gunung di wilayah daratan Indonesia ini menjadi bagian dari cincin api pasifik (pacific ring of fire). Dampak positif dari banyaknya gunung berapi yang tersebar hampir seluruh wilayah daratan Indonesia adalah suburnya tanah di Indonesia, menyebabkan curah hujan yang teratur dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat berpijak dan sumber kehidupan bagi manusia. Namun, dampak negative dari banyaknya gunung berapi ini adalah tingkat ancaman bencana alam yang cukup tinggi, sehingga mengintai keselamatan masyarakat sekitar.

Dataran Tinggi

Dataran tinggi yang disebut juga dengan plateau atau plato adalah dataran yang luas terletak pada ketinggian 300-600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi berada di daerah pegunungan atau dikelilingi oleh bukit-bukit, sehingga udaranya sangat dingin dan segar.

(Baca juga: Pengaruh Unsur Fisik, Biotik, dan Topologi Wilayah Indonesia)

Dataran tinggi sebagai bagian dari wilayah daratan Indonesia memiliki manfaat bagi manusia, seperti untuk daerah perkebunan teh dan tempat singgah untuk beristirahat. Ada juga beberapa daratan tinggi yang terdapat di Indonesia misalnya, dataran Charles Louis yang terletak di bagian timur Indonesia yaitu Papua.

Dataran Rendah

Dataran rendah merupakan wilayah dataran yang relatif datar, luas dan memiliki ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan laut. Di Indonesia, daerah dataran rendah merupakan daerah yang penuh dengan kedinamisan dan kegiatan penduduk yang sangat beragam.

Baca Juga :   Sebutkan Manfaat Yang Diberikan Oleh Tanggung Jawab Usaha Terhadap Lingkungannya

Apalagi, wilayah dataran Indonesia didominasi dengan dataran rendah, sehingga pemanfaatan dataran rendah diutamakan untuk kawasan industry, pusat perdagangan, dan pemukiman penduduk.

Sungai

Sungai adalah aliran air yang berkelok-kelok atau membentuk muara dengan bagian hulu dan hilir. Sungai di Indonesia bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, pembangkit listrik, dan pemenuhan kebutuhan umum lainnya.

Danau

Danau merupakan cekungan daratan yang terisi air. Danau dapat terbentuk karena letusan gunung berapi atau danau vulkanik, cekungan bukit kapur yang terisi air atau danau karst, dan danau yang sengaja dibuat oleh manusia atau danau buatan.

Lihat Foto

Telaga Warna dilihat dari Batu Ratapan Angin di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Minggu (2/11/2014).

KOMPAS.com
– Permukaan bumi tercipta dengan ketinggian yang bermacam-macam.

Ada yang tinggi dan ada yang rendah. Perbedaan tegak lurus antara tempat tinggi dan rendah di permukaan bumi disebut dengan relief bumi.

Relief bumi yang berbeda-beda menyebabkan adanya gunung, bukit, dan pantai. Perbedaan relief dapat memengaruhi kondisi geografis.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica (2015), berikut pengertian dan ciri dari relief bumi:

Pantai

Pantai adalah bagian dari daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Wilayahnya terdiri dari tepi laut dan tepi daratan.

Di Indonesia, sebagian besar pantai ditumbuhi kelapa. Pantai juga biasanya berupa pasir dan koral. Meskipun ada juga yang berbentuk tebing.

Baca juga: Pantai dan Pesisir: Perbedaan dan Fungsinya

Di peta, pantai ditunjukkan lewat garis yang memisahkan daratan dengan lautan.

Dataran

Dataran atau tanah adalah wilayah luas dengan permukaan rata atau sedikit bergelombang.

Dataran dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan mulai dari permukiman, industri, pertanian, dan sarana transportasi darat.

Dataran terbagi menjadi dua yakni:

Dataran yang luas terletak pada ketinggian 300 sampai 600 meter diatas permukaan laut disebut

Posted by: pskji.org