Siapa yg disebut otang mampu melaksanakan haji ali imran 97

Siapa yg disebut otang mampu melaksanakan haji ali imran 97


36. Muslimat NU telah merealisasikan tujuannya memberdayakan perempuan, hal ini terbukti hampir di semua daerah organisasi Muslimat NU terus bergerak …

untuk mewujudkan program – programnya. Di antara program Muslimat NU adalah bidang sebagai berikut, kecuali….​


21. Intiqad terhadap organisasi haruslah dialkukan, agar setiap program kerja yang belum maupun sudah terlaksana bisa dikoreksi . Manfaat persyarikata …

n Muhammdiyah melakukan intiqad didalam tubuh persyarikatan, yaitu …. * A. oganisasi bisa lebih dianamis O B. organisasi bisa lebih statis C. organisasi tidak jalan D. runtuhnya organisaimohon bantuan nya(◞ ‸ ◟ㆀ)​


أو العلم كي خالد بعد مؤته. ترجماهكان !​


tuliskan Syair yang dilantunkan Kaum Anshor atas kedatangan Kaum Muhajirin di Yasrib ( Madinah ) di buku tulis ​


tolong dibantuuuuuuuuu​


tolong dibantuuuuuuuuuu​


tolong dibantuuuuuuuuuu​


tolong dibantuuuuuuuuuu​


Hukum membaca basmallah di awal surat At-Taubah adalah​


mengapa banyak dari kalangan hamba sahaya yang memeluk islam?​


pada 20 Apr 2021, 07:40 WIB

Diperbarui
20 Apr 2021, 07:40 WIB


Ilustrasi haji. (Photo on Pixabay)

Bola.com, Jakarta –
Haji
merupakan rukun Islam kelima yang wajib ditunaikan, terutama bagi mereka yang sudah mampu secara lahir maupun batin.

Hal ini berarti ketika seorang Muslim sudah mampu secara fisik, ilmu, dan ekonomi untuk melaksanakan ibadah
haji, hendaklah untuk menyegerakannya.

Kewajiban untuk haji ini diterangkan dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 97 sebagai berikut:

“Dan kewajiban manusia (kepada Allah) bagi yang sudah mampu melaksanakan ibadah haji, adalah segera dengan segera menunaikannya.”

Haji menurut bahasa adalah berkunjung ketempat yang agung, sedangkan menurut istilah adalah berziarah ke tempat tertentu pada waktu-waktu tertentu untuk melakukan amalan-amalan tertentu dengan niat ibadah.

Baca Juga :   4 Sebutkan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan lingkungan hidup?

Definisi berziarah ketempat tertentu, yaitu berkunjung ke Baitullah (Ka’bah), Padang Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

Haji dibedakan menjadi beberapa macam berdasarkan waktu pelaksanaannya. Ada yang datang terlebih dahulu, ada yang datang berdekatan di bulan Zulhijjah.

Ibadah
haji
harus dilaksanakan pada bulan Syawal, Zulqaidah, dan Zulhijjah. Untuk memahami lebih jauh tentang pengertian haji, berikut penjelasannya, seperti disadur dari Liputan6, Selasa (20/4/2021).

1. Hukum Haji

Setelah mengenali pengertian haji, kamu juga harus mengetahui hukumnya dalam Islam. Pergi haji hukumnya wajib bagi setiap orang Muslim dewasa yang telah memenuhi syarat.

Syarat yang dimaksud adalah mampu secara fisik, ilmu, dan mampu secara ekonomi untuk mengadakan perjalanan ke Baitullah, Arab Saudi, minimal satu kali dalam seumur hidup.

Kewajiban melaksanakan haji bagi yang mampu ini didasarkan pada firman Allah SWT pada Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 97 sebagai berikut:

“Dan kewajiban manusia (kepada Allah) bagi yang sudah mampu melaksanakan ibadah haji, adalah segera dengan segera menunaikannya.”

2. Waktu Pelaksanaan Haji

Sebagai umat Islam perlu mengenali waktu pelaksaan ibadah haji. Untuk melaksanakan ibadah haji, bisa dilakukan setiap satu tahun sekali.

Pelaksanaan ibadah haji waktunya terbatas, yaitu pada saat waktu awal bulan Syawal sampai Hari Raya Iduladha di bulan Dzulhijjah.


Ilustrasi haji. (Photo on Pixabay)

3. Rukun Haji

Rukun haji merupakan sebagian amalan (perbuatan) yang tidak boleh ditinggalkan oleh seseorang pada saat ia sedang melaksanakan ibadah haji, dan apabilah rukun haji tersebut ada yang tidak dekerjakan, maka hajinya tidak sah.

Syekh Abdullah Abdurrahman Bafadhal al-Hadlrami berkata:

“Rukun-rukun haji ada lima, yaitu niat ihram, wuquf di Arafah, tawaf, sa’i dan memotong rambut. Dan rukun-rukun umrah ada empat yaitu ihram, tawaf, sa’i dan memotong rambut.” (Syeh Abdullah Abdurrahman Bafadhol al-Hadlrami, Busyra al-Karim Bi Syarhi Masa-il at-Ta’lim Ala al-Muqaddimah al-Hadlrasmiyah, Dar al-Fikr, juz 2, hal. 55)

Baca Juga :   Tuliskan 2 perwujudan isi pembukaan UUD 1945 di lingkungan sekolah

Kelima rukun ini harus dilakukan seluruhnya guna memenuhi keabsahan ibadah haji yang dilakukan. Jika tidak bisa melaksanakan seluruh rukun haji ini dikarenakan satu dan lain hal, nilai ibadah haji akan berkurang.

4. Kewajiban Haji

Kewajiban ibadah haji ada lima. Syekh Zainuddin Abdul Aziz al-Malibari berkata:

“Kewajiban-kewajiban haji yaitu ihram dari miqat, menginap di Muzdalifah dan Mina, tawaf wada’ dan melempar batu.” (Syekh Zainuddin Abdul Aziz al-Malibari, Qurrah al-Aini, al-Haramain, hal. 210)

Disadur dari:
Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 17/11/2020).

Lanjutkan Membaca ↓

Siapa yg disebut otang mampu melaksanakan haji ali imran 97

Posted by: pskji.org