Upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk mewujudkan tujuan Negara Indonesia?

Upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk mewujudkan tujuan Negara Indonesia?

Jakarta

Tujuan negara Indonesia
yang bersifat nasional maupun internasional tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea keempat. Dalam buku ‘Pendidikan Kewarganegaraan’ karya Sukadi, disebutkan bahwa tujuan negara yang asli adalah memelihara perdamaian, ketertiban, keamanan, dan keadilan.

Sehingga, apabila negara tidak dapat memenuhi sederet tujuan di atas, maka tidak dapat dibenarkan adanya negara. Sementara, tujuan sekunder dari negara adalah kesejahteraan warga negara seluruhnya.

Selanjutnya, tujuan peradaban dari negara adalah tujuan terakhir dan termulia. Targetnya adalah, memajukan peradaban dan kemajuan negara.

1. Tujuan nasional

Tujuan negara Indonesia yang bersifat nasional adalah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

2. Tujuan internasional

Tujuan negara Indonesia
yang bersifat internasional adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Adapun bunyi Pembukaan UUD 1945 alinea 4 selengkapnya dikutip dari buku Hukum Administrasi Negara dalam Perspektif Cyber Law, Terkait Data Privasi & Beschikking Digitalisasi karangan Endah Dewi Nawangsasi adalah:

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusun lah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat yang berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jadi,
tujuan negara Indonesia
yang bersifat internasional tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 4 sesuai dengan yang tertera di atas ya, detikers. Kalian sudah memahaminya, kan?

Simak Video “Survei SMRC: 78% Rakyat Indonesia Tak Setuju Amandemen UUD 1945

(nah/pay)

Jakarta

Setiap manusia pasti memiliki tujuan dalam hidupnya, begitu pun dengan sebuah negara. Secara umum,
tujuan negara
adalah pedoman arahan segala kegiatan negara, mulai dari menyusun dan mengendalikan alat perlengkapan negara, hingga kehidupan rakyatnya.

Tujuan negara Indonesia tercantum dalam alinea ke-4 pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Begini bunyinya:

“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, …”

Dikutip dalam buku yang berjudul “Ilmu Negara” oleh Prof. Dr. Lintje Anna Marpaung, S.H., M.H berdasarkan uraian di atas dapat dianalisis bahwa tujuan dari negara RI adalah mewujudkan suatu keadilan dan kemakmuran. Hal ini dapat dibuktikan dari penulisan keadilan dalam isi Pembukaan UUD 1945 tersebut ada kata sampai lima istilah “keadilan”, baik di bidang nasional, internasional, hukum, politik, ekonomi dan sosial.

Baca Juga :   Contoh interaksi manusia dengan lingkungan pembangunan budaya

Dengan demikian, dapat disimpulkan tujuan negara Indonesia adalah:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
  • Memajukan kesejahteraan umum,
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa,
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Arti Tujuan Negara Indonesia

Melansir tulisan “Negara Hukum Indonesia Ditinjau dari Teori Tujuan Negara” dalam Jurnal Hukum dan Pembangunan, karya Maleha Soemarsono, berikut ini penjelasan setiap tujuan negara Indonesia.

1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
Merupakan tujuan negara untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia yang heterogen, mulai dari perbedaan suku, budaya, agama, dan ras. Selain melindungi seluruh warga Indonesia, negara juga diharapkan dapat melindungi penduduk asing yang ada dalam wilayah hukum Indonesia.

2. Memajukan kesejahteraan umum
Memiliki arti mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, baik dari sisi ekonomi maupun spiritual. Kesejahteraan yang sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa akan membawa keselamatan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Selain itu, dalam usaha mencapai kesejahteraan ekonomi harus berdasarkan pada nilai Pancasila, yaitu keadilan sosial.

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
Tujuan negara ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia. Sebagai rakyat, kita harus memiliki kesadaran penuh untuk aktif mencerdaskan diri.

Dengan demikian, Indonesia akan menjadi bangsa yang sadar bernegara dan memiliki kesadaran hukum yang baik.

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial


Indonesia memiliki peluang besar untuk menjalin kerja sama politik internasional, terutama dalam menjaga perdamaian dunia. Salah satu praktik nyata yang sudah dilakukan Indonesia adalah bergabung menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Dewan HAM.

Dengan begitu,
tujuan negara Indonesia
dirumuskan berlandaskan nilai-nilai Pancasila serta mengarah pada segi nasional dan internasional. Tujuan negara dibuat tidak hanya untuk mencari kekuasaan semata, tetapi untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan seluruh masyarakatnya.

Simak Video “SoftBank Batal Investasi, Bagaimana Nasib Pendanaan IKN?

(lus/lus)

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kelebihan dai bandingkan dengan Negar-Negara lainnya, salah satu hal yang menjadi kelebihan bangsa Indonesia adalah tentang keanekargaman yang dimilkinya, baik dalam suku, buday, masyarakat, bahasa, dan juga dalam SDA (Sumber Daya Alamnya). Banyak yang belum mengenai bagimana cara mewujudkan Tujuan Negara, padahal hal ini sebenarnya telah terjawan sendiri dalam Pembukaan UUD 1945. Sebagai rincinannya tulisan ini akan mengemukakan begimana
Cara Mewujudkan Tujuan Negara.

Baca Juga :   Menu Home Di Office Word Berisi Tool Kecuali

Tujuan Negara Indonesia sebagimana yang kita ketahui, bahwa tercantum di dalam seuah Pembukaan UUD 1945 tepatnya tujuan negara RI berada di alenia ke-4.

Setidaknya ada 4 Hal yang bisa dilakukan dalam Mewujudkan Tujuan Negara, dari Pembukaan UUD Negara RI tersebut, diantarnya adalah sebagai berikut;

Melindugi Segenap Bangsa Indonesia Dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia

Tujuan pertama yang dapat dilakukan dalam mewujudkan tujuan negara adalah dengan melindungi segenap bangsa, artinya seluruh bangsa di Indonesia berhak untuk hidup yang melaksanakan segala bentuk kewajiban yang dilakukannnya.

Bangsa Indonesia bisa mewujudkan hal ini dengan upaya yang sangat strategis, misalnya adalah dengan bentuk jaminan melaksanakan segaala ritual ibdah, dari seluruh Agama di Indonesia, atau melakukan pengkondisian kestabilan dalam konfkil horizontal yang terjadi, misalnya konflik antara suku, konflik antar agama, ataupun yang lainnya.

Memajukan Kesejahteraan Umum

Memajukan kesejahteraan umum dalam upaya mewujuatkan tujuan negara yang bisa dilakukan masyarakat dan pemerintah adalah dengan mengontrol kebijakan-kebijakan pro rakyat, misalnya saja memantau harga sembako, membagun fasilitas umum seperti pasar yang gunakanya ialah untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Mewujudkan tujuan negara yang bisa dilakukan untuk yang ke-3 ini adalah dengan adanya bentuk kejian-kajian sosial dalam upaya menyetarakan dunia pendidikan, pada saat ini banyak cara yang dilakukan dalam mewujudkan tujuan negara misalnya kongrit pemerintah adalah membuka adanya program SM3T di daerah tertinggal, pemuda pelopor desa, ataupun yang lainnya. Yang salah satunya dilakukan untuk mewujudkan tujuan negara yaitu meningkatkan kehidupan bangsa.

Ikut Melaksanakan Keteripan Dunia

Indonesia juga ikut andil besar dalam melaksanakan ketertiban dunia, mewujudkan tujuan negara yang ini bisa dilakukan oleh Lembaga Perwakilan Masyarakat atau bahasa sederhanannya adalah pemerintah. Misalnya saja yang terbaru ini terjadi Indonesia memebrikan dukungan Kemerdekan kepada masyarakat Palestina, dan mengecam adanya klaim dari Presiden Amerika tentang daerah Yaruselem sebagai Ibu Kota Israel.

Demikianlah tulisan mengenai Cara Mewujudkan Tujuan Negara Indonesia. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai bagimana cara yang bisa dilakukan untuk meujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Trimakasih

Seorang pengunjung memberi hormat ke bendera Merah Putih yang dipasang di Poetoek Suko, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Minggu (16/8/2020). Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO



Kemerdekaan

dari cengkeraman penjajah bukanlah titik akhir dari perjuangan sebuah bangsa. Ketika proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan, pada saat yang bersamaan para pendiri bangsa telah menggagas tujuan yang hendak dicapai oleh negara yang berdaulat ini.


Mengutip buku

Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas IX

tulisan Sugiyono dkk (2009: 10) yang dimaksud tujuan negara adalah suatu sasaran yang hendak dicapai oleh suatu negara, merupakan ide yang bersifat abstrak-ideal berisi harapan yang dicita-citakan. Tujuan utama berdirinya negara pada hakikatnya sama, yaitu menciptakan kebahagiaan rakyatnya .

Baca Juga :   Tawuran Antar Pelajar Merupakan Bentuk Interaksi Yang Mengarah Kepada


Adapun tujuan nasional

Indonesia

termaktub dalam alinea IV Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang berbunyi:


“Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteran umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasar kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”


Dengan demikian, tujuan negara Republik Indonesia yang ingin dicapai sekaligus tugas yang harus dilaksanakan negara meliputi empat hal, yaitu:


  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia


  2. Memajukan kesejahteraan umum


  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa


  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Cara Mewujudkan Tujuan Nasional Indonesia

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) memberi hormat saat Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay


Tercapainya tujuan negara menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah, tetapi juga melibatkan seluruh komponen masyarakat. Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia, diperlukan perlindungan

hukum

kepada semua warga negara tanpa diskriminasi.


Mengutip buku

Tegakkan Keadilan dan Kedamaian di NKRI

tulisan R. Abdurrakhim Abubakar dan Euis Laelasari (2020: 6), perlindungan hukum merupakan upaya pemerintah untuk menjamin kepastian hukum, memberi perlindungan kepada warga agar hak-haknya tidak dilanggar, dan sanksi bagi yang melanggar sesuai peraturan yang berlaku. Upaya melindungi negara juga dapat diwujudkan melalui bela negara yang didasari oleh rasa cinta terhadap tanah air.


Marsono (2002) dalam

Susunan Dalam Satu Naskah UUD 1945 dengan Perubahan-perubahannya

menulis pemberantasan korupsi sangat dibutuhkan untuk memajukan kesejahteraan umum.

Ilustrasi palu hakim Foto: Pixabay


Sebab korupsi merupakan ‘penyakit’ yang dapat menyebabkan pembangunan ekonomi nasional terpuruk dan membuat masyarakat jatuh pada kemiskinan.


Melansir PHP Penyuluh Hukum Pertama, kesejahteraan umum tidak hanya mencakup kesejahteraan ekonomi, tetapi juga kesejahteraan lahir batin. Ini bisa diwujudkan dengan cara gotong royong serta saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing individu.


Sementara itu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, pemerintah dapat menyediakan sarana pendidikan yang berkualitas secara merata. Pemberian beasiswa atau pendidikan gratis juga merupakan salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan.


Di samping itu, dalam rangka menjaga dan memelihara perdamaian dunia, Indonesia secara berkala mengirimkan pasukan perdamaian yang bertugas di wilayah rawan konflik. Upaya lainnya adalah dengan mematuhi peraturan yang disepakati bersama dalam organisasi internasional seperti PBB dan ASEAN.

Upaya apa saja yang bisa dilakukan oleh bangsa Indonesia untuk mewujudkan tujuan Negara Indonesia?

Posted by: pskji.org