Sebutkan dua cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat

Sebutkan dua cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat

Biasakan diri untuk segera mencuci piring dan alat makan begitu Anda selesai makan.

Kegiatan ini lebih baik daripada menunggu piring kotor menumpuk.

Mencuci piring segera setelah makan bisa salah satu cara jitu untuk menjaga kebersihan rumah Anda.

Pasalnya, bekas piring yang kotor bisa menjadi sarang kuman yang membawa penyakit.

Piring kotor di wastafel juga dapat mengundang aroma yang tidak sedap, apalagi bila masih banyak sisa-sisa makanan di sana.

Selain itu, menurut

KidsHealth
, piring kotor yang dibiarkan menumpuk juga bisa mengundang kecoak untuk datang ke rumah Anda.

5. Melepas sepatu saat hendak masuk ke dalam rumah

Saat berada di luar rumah, Anda mungkin tidak menyadari sepatu atau alas kaki yang Anda gunakan telah menginjak banyak hal yang kotor.

Meski tidak terlihat, kuman, bakteri, dan berbagai kotoran lain pasti menempel di alas kaki yang Anda gunakan di luar.

Jika Anda tidak melepas alas kaki saat memasuki rumah, kotoran yang menempel juga akan mengotori lantai rumah Anda.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus membiasakan diri melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah. Ini akan menjadi cara yang tepat untuk menjaga kebersihan rumah.

Selain melepas sepatu, pastikan pula Anda

membersihkan diri dan pakaian yang sudah dipakai dari luar
.

Hal ini berguna untuk menyinkirkan virus dan kuman yang terbawa dari luar.

6. Membuang sampah pada tempatnya

Sampah yang berserakan tentunya membuat rumah Anda menjadi kotor. Bukan hanya mengganggu pemandangan, hal ini juga bisa menimbulkan penyakit.

Oleh sebab itu, ajak seluruh anggota keluarga untuk membiasakan diri menjaga kesehatan rumah dengan tidak

membuang sampah sembarangan
.

Selain sebagai cara menjaga kebersihan rumah, kebiasaan ini juga dapat diterapkan di lingkungan sekitar dan fasilitas umum.

Bila semua orang melakukan kebiasaan ini, tentunya lingkungan Anda akan menjadi lebih sehat.

7. Menyediakan area khusus untuk mengganti popok

Bila Anda memiliki anak yang masih memakai popok, baik itu popok sekali pakai ataupun popok kain, sebaiknya sediakan area khusus untuk menggantinya.

Hal ini penting sebab jangan sampai ada sisa-sisa kotoran si kecil yang terkena permukaan benda dan luput dari pantauan Anda.

Ilustrasi menjaga kebersihan lingkungan.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT
– Menjaga lingkungan tetap bersih agar terhindar dari berbagai serangan penyakit merupakan hal yang sangat penting.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung telah mengimbau dalam akun media sosial instagramnya, untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Berikut ini merupakan tips untuk menjaga lingkungan.

Baca Juga: OTT Komisioner KPU Terkait Kadernya, PDI Perjuangan Jelaskan Duduk Perkara

1. Jauhkan anak dari asap rokok, asam sampah, asap dapur, dan polusi

2. Buang air besar dan kecil di wc

3. Bersihkan rumah dan lingkungan, buang sampah pada tempatnya

Baca Juga: Jokowi Ingin Dubes Fokus pada Diplomasi Ekonomi: Jangan Senang Gas dan Minyak Diimpor Terus

4. Hindari anak bermain di area yang kotor (berdebu atau banyak sampah)


Page 2

Ilustrasi menjaga kebersihan lingkungan.* /PIXABAY

Baca Juga :   Jelaskan alasan mengapa kita harus menentukan topik penelitian sebelum langkah membuat penelitian ilmiah?

Cara menjaga lingkungan sekolah wajib dilakukan oleh semua siswa. Sekolah adalah tempat untuk mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan yang harus dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Dari lingkungan sekolah bersih dan nyaman banyak tercipta generasi muda yang berkualitas dan berkarakter. Bisa dibilang sekolah telah memberikan peran yang sangat besar. Oleh karena itu, supaya ilmu yang diberikan guru bisa didapatkan dengan optimal maka perlu untuk menciptakan suasana yang nyaman dan aman.

Bagaimana Cara Menjaga Lingkungan Sekolah?

Layaknya rumah, sekolah harus selalu dijaga kebersihannya dan dirawat dengan baik. Tugas menjaga kebersihan sekolah tidak hanya diemban oleh petugas kebersihan saja melainkan juga tugas warga sekolah, baik guru maupun siswa. Cara untuk menjaga lingkungan sekolah sebenarnya sangat mudah. Berikut cara-caranya:

1. Membuang Sampah di Tempat Sampah

Sejak kecil anak-anak harus dibiasakan untuk membuang sampah di tempat sampah. Jika hal ini tidak diajarkan maka akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan masyarakat. Membuang sampah di tempat sampah harus dilakukan dimanapun berapa, tanpa terkecuali saat berada di sekolah.

Supaya lingkungan sekolah selalu bersih dan sehat maka warga sekolah harus membuang sampah di tempat sampah. Jika ada yang melanggarnya bisa diberikan sanksi. Supaya sampah menjadi lebih mudah dipilih sebaiknya pisahkan sampah organik dan sampah anorganik.

2. Hindari Penggunaan Plastik

Penggunaan plastik yang cukup tinggi memberikan dampak buruk kepada lingkungan. Kondisi ini dikarenakan sampah plastik menjadi salah satu jenis sampah yang sangat sulit terurai. Butuh waktu yang lama hingga ratusan tahun untuk mengurai sampah ini. Bayangkan saja jika jumlah sampah plastik sangat banyak tentu sangat tidak baik untuk lingkungan.

Oleh karena itu, hindari penggunaan plastik menjadi salah satu cara untuk menjaga lingkungan sekolah supaya tetap bersih dan sehat. Caranya yaitu dengan menggunakan produk-produk yang terbuat dari kaca, stainless atau kaya. Selain itu, hindari untuk membeli makanan di luar sekolah karena biasanya menggunakan kemasan berbahan plastik.

3. Rutin Melakukan Kegiatan Jumat Bersih

Cara menjaga lingkungan sekolah selanjutnya yaitu rutin melakukan kegiatan jumat bersih. Kegiatan yang dilakukan pada hari jumat ini mengajak semua warga sekolah baik guru maupun siswa untuk bersama-sama membersihkan lingkungan sekolah. Dengan dilakukannya kegiatan ini maka akan tercipta lingkungan sekolah yang terawat dan pastinya bersih. Meski rutin dilakukan tetapi kegiatan ini tidak akan mengganggu proses belajar mengajar di kelas. Hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit hingga 1 jam untuk menjalankannya.

4. Menjaga Kebersihan Toilet

Salah satu fasilitas sekolah yang harus disediakan adalah toilet yang bersih. Namun, tidak jarang ada sekolah yang memiliki toilet yang sangat kotor. Kondisi ini tentu membuat guru maupun siswa yang menggunakan merasa tidak nyaman. Maka dari itu, kebersihan toilet harus dijaga dengan baik. Bersihkan kembali toilet setelah digunakan dan jangan membuang sampah di toilet.

5. Melakukan Piket Kelas

Melakukan piket kelas menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga ruang kela supaya tetap bersih dan sehat. Piket kelas ini harus dilakukan setiap hari dan dilakukan berdasarkan regunya. Artinya siswa yang bertugas untuk piket kelas setiap harinya akan berganti-ganti.

Baca Juga :   Kemampuan seseorang untuk melakukan perubahan arah tanpa kehilangan keseimbangan disebut

Saat piket kelas siswa yang bertugas harus menyapu lantai, membersihkan kursi dan meja dari debu, mengepel lantai, membersihkan papan tulis dan masih banyak lagi. Rutin menjalankan piket kelas maka ruang kelas menjadi lebih bersih dan kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik.

Itulah informasi tentang 5 cara menjaga lingkungan sekolah yang bersih dan sehat. Lingkungan sekolah yang bersih tentu akan membuat siswa menjadi lebih nyaman dan bersemangat mengikuti proses belajar di kelas. Selain itu, ilmu yang diberikan guru bisa diserap dengan baik.

SMA Dwiwarna (Boarding School) menjadi salah satu SMA Swasta terbaik di Indonesia. Dimana sekolah ini sudah memiliki Akreditasi A (98). Selain itu, sekolah ini memiliki lingkungan sekolah yang bersih dan terawat sehingga siswa merasa nyaman saat menjalankan proses belajar maupun melakukan kegiatan lainnya. Daftar di SMA Dwiwarna (Boarding School) sekarang juga!


Merdeka.com –

Sebagaimana kita tahu, lingkungan yang kotor dan terdapat genangan air dapat menjadi sarang dari banyak bibit penyakit berbahaya. Sehingga upaya membersihkan pekarangan rumah perlu dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit dan bencana alam.

Salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan rumah dan halaman. Dengan membiasakan menjaga kebersihan rumah dan halaman, membuat kita menjadi lebih terbiasa untuk membersihkan lingkungan lainnya.

Banyak cara membersihkan lingkungan yang bisa dilakukan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, dan memisahkan jenis sampah. Dengan upaya-upaya tersebut, lingkungan akan menjadi lebih bersih dan menurunkan risiko penyakit berbahaya.

Lantas, bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan yang baik dan benar? Simak ulasannya yang merdeka.com rangkum dari Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

pinterest.com

Menjaga kelestarian lingkungan menjadi salah satu tugas wajib setiap manusia. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan. Jika tidak dirawat dengan baik, maka lingkungan alam akan rusak dan bisa mengancam setiap makhluk hidup.

Melansir dari jdih.esdm.go.id, lingkungan alam adalah lingkungan yang terbentuk dari proses alam. Lingkungan alam terdiri atas berbagai sumber dari alam, baik berupa fisik, biologis, dan non biologis. Sederhananya, segala sesuatu yang bukan buatan manusia termasuk lingkungan alam.

Upaya pelestarian lingkungan tersebut sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 1 ayat (2) UU No. 32 tahun 2009, bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya sistematis dan terpadu yang dilakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum.

3 dari 4 halaman

pinterest.com

Banyak cara membersihkan lingkungan yang bisa dilakukan, seperti tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan selokan, dan memisahkan jenis sampah. Berikut beberapa cara menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai penyakit dan bencana alam:

Tidak Buang Sampah Sembarangan

Salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yang paling penting adalah membuang sampah pada tempatnya. Kebiasaan membuang sampah yang tidak pada tempatnya pasti akan memberi dampak buruk bagi lingkungan.

Baca Juga :   Jenis Iklim Berdasarkan Letak Lintang Jepang

Tak hanya menyebabkan lingkungan menjadi kotor, membuang sampah sembarangan juga bisa menghambat aliran sungai, yang akhirnya memicu banjir bandang. Ketika sampah-sampah tersangkut, aliran sungai akan berhenti dan volumenya akan semakin membesar. Hal inilah yang berpotensi menimbulkan tekanan sangat besar. Dengan membuang sampah pada tempatnya, hal ini bisa mencegah risiko banjir.

Gotong Royong

Gotong royong menjadi salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan sekitar yang efektif. Tidak hanya membantu membersihkan lingkungan, kebiasaan gotong royong juga dapat memperkuat jalinan kerja sama antar warga.

Biasanya, kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekitar ini dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. Dengan membiasakan kegiatan ini, lingkungan sekitar akan lebih bersih dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengancam.

4 dari 4 halaman

pinterest.com

Cara menjaga kebersihan lingkungan selanjutnya, yaitu melakukan penghijauan atau menanam pohon. Tanaman hijau di sekitar rumah berperan penting untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan terhindar dari banjir.

Tanaman akan menancapkan akarnya ke dalam tanah. Sehingga, lubang yang dihasilkan akar tersebut menjadi jalur air untuk masuk ke dalam tanah lebih jauh. Dengan adanya tanaman di sekitar rumah, dapat melancarkan penyerapan air hujan, yang akan menjauhkan lingkungan dari banjir.

Sementara itu, jika terjadi penebangan pohon besar-besaran, dapat berpotensi memicu terjadinya banjir bandang. Selain itu, penebangan hutan yang dilakukan secara liar juga bisa meningkatkan risiko tanah longsor.

Bencana longsor terjadi karena tidak mempunyai tanah untuk menahan beban dari air yang terus menerus menerpa. Kondisi ini akan semakin parah jika lokasinya berada di sekitar tebing yang curam.

Rutin Membersihkan Selokan

Membersihkan selokan secara rutin juga menjadi salah satu cara menjaga kebersihan lingkungan yang sangat efektif. Rutin melakukan kegiatan gotong royong atau kerja bakti membersihkan selokan dengan lingkungan sekitar, mampu mencegah banjir dan nyamuk demam berdarah. Oleh karena itu, sebaiknya membuat program kerja bakti seminggu satu kali agar terhindar dari banjir.

Pisahkan Jenis Sampah

Seperti yang sudah diketahui, sampai saat ini penumpukan sampah di Indonesia masih menjadi masalah utama adanya pencemaran lingkungan. Bahkan, Indonesia dijuluki sebagai pembuang sampah plastik ke laut terbesar di dunia setelah China. Oleh karena itu, sudah seharusnya sebagai warga negara harus mengetahui jenis sampah dan cara pengelolaannya yang baik.

Adapun jenis sampah berdasarkan sifatnya dibedakan menjadi dua, yaitu sampah sampah anorganik dan organik. Sampah anorganik merupakan sampah yang tidak mudah membusuk, seperti plastik wadah, botol, kertas, plastik mainan, dan gelas minuman. Jenis sampah ini juga bisa disebut sebagai limbah yang dihasilkan dari bahan-bahan yang bukan berasal dari alam (bahan hayati), melainkan barang yang buatan manusia.

Sedangkan, sampah organik merupakan salah satu jenis sampah yang biasa dijadikan pupuk kompos. Jenis sampah ini berlawanan dengan sampah anorganik karena sangat mudah membusuk. Beberapa contoh jenis sampah organik antara lain sisa makanan, sayuran, daun-daun, dan lain sebagainya.

Sebutkan dua cara menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat

Posted by: pskji.org