Artikel tentang pentingnya belajar bahasa asing

Artikel tentang pentingnya belajar bahasa asing

Di zaman yang semakin maju, kebutuhan akan kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan dalam berbagai sektor. Hal ini yang menjadi salah satu alasan pentingnya belajar bahasa asing bagi anak sejak kecil. Tak hanya itu, manfaat belajar bahasa asing rupanya juga dapat dirasakan dari segi kesehatan.

Maka tak heran rasanya apabila sekarang banyak ditemui sekolah berbasis dua bahasa atau bilingual.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University menunjukkan bahwa dengan belajar berbahasa asing di usia dini, anak-anak mampu meningkatkan kreativitasnya, keterampilan, kemampuan berpikir kritis hingga fleksibilitas pola berpikir.

Untuk lebih jelasnya, yuk baca artikel berikut sampai habis. Ruangmom akan membahas secara tuntas mengenai pentingnya belajar bahasa asing serta manfaat belajar bahasa asing bagi anak.

9 Manfaat belajar bahasa asing bagi anak

Tahukah Mom bahwa kemampuan berbahasa asing menjadi nilai plus dalam dunia kerja? Yup, jadi tak ada salahnya bagi Anda untuk mempersiapkan keterampilan berikut kepada anak sedini mungkin.

Selain sebagai persiapan ketika ia telah dewasa, belajar berbahasa asing juga dapat memberikan beberapa keuntungan bagi dirinya sendiri sejak kecil. Apa saja itu? Cek daftarnya di bawah.

1. Mengasah kemampuan akademik

Manfaat belajar bahasa asing bagi anak adalah ketika mereka mampu menguasainya, artinya kemampuan akademiknya juga akan terasah. Kemampuan akademik yang dimaksud meliputi kemampuan dalam hal membaca, berbicara, menulis, dan mendengarkan.

Dibandingkan dengan anak yang tidak belajar berbahasa asing, anak bilingual umumnya mengalami peningkatan skill matematika dan cenderung memiliki nilai ujian lebih tinggi.

Secara otomatis anak bilingual menjadi lebih unggul dari sisi akademik dan mampu meraih prestasi yang membanggakan di sekolahnya kelak.

Lantas, sudah siapkah Mom untuk mengajarkan anak bahasa asing?

2. Meningkatkan kreativitas

Tahukah Mom bahwa manfaat belajar bahasa asing ternyata dapat meningkatkan kreativitas anak?

Ini dikarenakan proses belajar bahasa tidak hanya sekedar hafalan kata sesuai dengan artinya, melainkan juga anak dituntut untuk dapat berpikir logis serta berekspresi ketika mempraktekannya.

3. Memudahkan belajar bahasa yang lain

Saat si kecil mampu menguasai satu bahasa asing, biasanya ia akan cenderung lebih mudah belajar bahasa yang lain. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Pada dasarnya, ketika anak berhasil menguasai satu bahasa asing, artinya metode atau strategi yang digunakan tepat.

Sehingga saat ia belajar bahasa lainnya, strategi tersebut masih tertanam dalam dirinya dan akan membuatnya lebih mudah menyerap kosakata-kosakata baru. Hebat bukan si kecil, Mom?

4. Melatih percaya diri

Salah satu faktor penghambat seseorang mempelajari bahasa asing adalah rasa malu. Tak sedikit orang yang merasa malu jika mereka melakukan kesalahan dalam mempraktekkan bahasa. Akhirnya, mereka pun mengurungkan niatnya untuk latihan .

Di sinilah pentingnya belajar bahasa asing sejak dini. Belajar bahasa berarti belajar percaya pada diri sendiri.

Dalam proses belajar berbahasa asing, anak akan dibiasakan berbicara meskipun masih terbata-bata dan ditemui banyak kesalahan.

Secara tidak langsung mereka diajarkan agar tidak mudah putus asa dan rasa percaya diri pun akan tumbuh dengan sendirinya.

5. Menumbuhkan sikap berpikir kritis

Pentingnya belajar bahasa asing yang selanjutnya adalah melatih keterampilan berpikir kritis anak.

Penelitian menunjukkan bahwa mempelajari bahasa asing dapat mendorong kemampuan problem-solving, berpikir kritis, dan kemampuan mendengarkan yang bisa meningkatkan ingatan, konsentrasi, serta kemampuan multitasking.

Baca Juga :   Apa kelebihan rangkaian listrik secara paralel

Baca juga: Sekolah Internasional atau Nasional, Pilih Mana?

6. Meningkatkan rasa empati

Ketika anak mempelajari bahasa asing, mereka akan diperkenalkan dengan adat-istiadat dan nilai-nilai sosial yang berbeda. Hal ini akan mendorong mereka berpikir dari sudut pandang yang baru dan meningkatkan sensitivitas budaya.

Di waktu yang sama pula, buah hati akan mendapat wawasan lebih tentang dunia yang dapat menciptakan rasa toleransi dalam diri mereka.

7. Mencegah dementia (penyakit demensia)

Apabila dilihat dari segi kesehatan, berbicara dalam beberapa bahasa dapat memperlambat timbulnya demensia. Demensia adalah penyakit di mana seseorang mengalami penurunan daya ingat hingga cara berpikir.

Namun, kondisi tersebut dapat dicegah dengan melatih kemampuan berbahasa si kecil. Sebab, berlatih bahasa bisa membantu anak meningkatkan fungsi otaknya.

Sebagai gambaran, pikirkan sebuah mobil kuno yang lama terparkir di garasi selama bertahun-tahun. Mesin tersebut akan sulit dinyalakan kembali karena lama tak terpakai.

Berbeda dengan mobil kuno yang dipakai secara rutin dan berhati-hati. Ahli akademis menyebutnya sebagai “cadangan kognitif”.

8. Memperkuat daya ingat

Anak akan mendapatkan banyak kosakata baru saat belajar berbahasa asing. Mom bisa membantu buah hati dengan mengajaknya mengulangi kata-kata tersebut dalam kegiatan sehari-hari. Dengan mempraktekkannya secara rutin, maka daya ingat anak akan semakin baik.

9. Memperluas wawasan budaya

Setiap bahasa memiliki gaya, idiom, referensi, dan warisan budaya tersendiri. Anak yang mempelajari bahasa asing akan memperoleh gagasan atau ide untuk memahami dan mengenal dunia dengan cara baru. Nah, itulah Mom salah satu pentingnya belajar berbahasa asing untuk anak.

Tips mengajarkan bahasa asing pada anak

Bagaimana, Mom? Banyak sekali manfaat belajar bahasa asing sejak usia dini, bukan? Nah, ada banyak cara yang bisa Mom lakukan untuk memberikan pengajaran bahasa asing untuk si kecil. Salah satunya adalah dengan memanggil guru les bahasa.

Guru les tentunya memiliki metode-metode seru untuk anak agar mereka bisa menyerap pelajaran dan informasi yang diberikan. Selain itu, biasanya guru akan mengemas penyampaian materi semenarik mungkin.

Selain guru les, Anda juga bisa mengajari anak bahasa asing di rumah. Mom dapat mengajarkannya melalui buku gambar, games edukatif, video, lagu, dan channel TV berbahasa asing. Akan tetapi, selalu dampingi si kecil ya Mom ketika melakukan aktivitas tersebut.

Itulah pembahasan tentang pentingnya belajar bahasa asing untuk anak yang patut Anda ketahui. Di era yang serba modern seperti sekarang, tak ada salahnya Mom mengajari buah hati bahasa asing sejak dini. Kemampuan berikut akan menjadi bekal mereka kelak dalam menjalani karir yang lebih cemerlang. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Daftar Biaya TK Internasional di Jakarta

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan banyak negara alias bahasa yang ‘mengglobal’. Di era yang super maju sekarang, penggunaan Bahasa Inggris sudah menjadi hal yang biasa dan kamu pasti melihatnya ada dimana mana. Mulai dari lingkungan sendiri, inovasi dan perkembangan yang mendunia, sebagai alat komunikasi perdagangan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, pastinya banyak sekali alasan yang mendorong betapa

pentingnya belajar Bahasa Inggris

sebagai bekal menghadapi dunia!

Sumber: Unsplash

Selain tersebar luas dan dibutuhkan sebagai cara berkomunikasi, kamu yang berada di era ini perlu menguasai bahasa internasional tersebut agar siap dan mampu mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi. Mengapa perkembangan? Karena pasti hal-hal akan berubah dan berinovasi—baik itu di masa sekarang, hingga nantinya di masa depan.

So
, kamu harus bisa beradaptasi dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Baca Juga :   Melakukan analisis terhadap konsumen yang akan menggunakan barang

Nah, apa saja sih alasan

pentingnya belajar Bahasa Inggris

sebagai bekal kini dan nanti? Wah, banyak banget dan terlebih, semuanya bermanfaat untuk dirimu! Berikut ini beberapa alasan kenapa bahasa global yang satu ini punya peran penting untuk kamu pelajari:

Persiapan Menempuh Pendidikan

Sumber: Unsplash

Menguasai Bahasa Inggris nggak hanya menjadi syarat saat kamu menempuh pendidikan di luar negeri saja! Kamu yang menempuh pendidikan di Tanah Air pun akan memerlukan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Hal ini dikarenakan nantinya kamu dapat menemui pembelajaran yang menggunakan bahasa tersebut plus menjadi nilai tambahan atas kemampuan yang kamu miliki. Sudah banyak institusi atau universitas yang memang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar kelas maupun buku materi bidang studi. Jadi, sebagai modal untuk memahami studi dan menyelesaikan studimu, pastikan kamu menguasai Bahasa Inggris ya!

Kesempatan Bekerja dan Berkarir

Bisa dibilang ini juga merupakan ‘kunci emas’ mu. Salah satu alasan

pentingnya belajar Bahasa Inggris

mulai saat ini hingga nanti adalah sebagai bekal dalam memberikanmu peluang menarik di industri kerja. Kamu bisa menemukan perusahaan maupun pekerjaan yang ideal serta meniti karir impianmu! Hampir seluruh perusahaan di dunia membutuhkan kandidat yang harus bisa menguasai Bahasa Inggris. Baik itu dari aspek pekerjaan yang kamu lakukan dan bentuk komunikasi saat di perusahaan. Dengan memiliki kemampuan berbicara maupun menulis yang fasih dalam bahasa internasional ini, mereka akan melihat nilai tambah yang ada dalam dirimu! Apalagi, jika kamu mengincar pekerjaan yang ada dalam jenjang internasional, kemampuan berbahasa Inggris sudah pasti menjadi poin penting dalam proses rekrutmen mereka.

Komunikasi Lintas Bahasa dan Budaya

Sumber: Unsplash

Seperti yang dikatakan di atas, kamu akan menemukan bahasa ini dimanapun dan oleh siapapun. Setidaknya di Indonesia kamu bisa menghadapi seseorang dengan bahasa dan latar belakang budaya yang berbeda, ataupun jika misalnya menempuh studi di luar negeri dan bertemu dengan teman-teman baru dari berbagai belahan dunia. Bahasa Inggris akan menjadi bahasa pemersatu komunikasi kalian. Kamu akan berkomunikasi jauh lebih mudah, bisa sekaligus belajar, maupun mengasah kemampuan lainnya dengan menggunakan Bahasa Inggris tersebut!

Mudah Memahami Teknologi

Kamu tentu paham kalau hampir sebagian besar teknologi saat ini dioperasikan dalam Bahasa Inggris! Mulai dari TV,

smartphone

yang kamu miliki, laptop, komputer, hingga mesin atau peralatan lainnya. Jika sudah memahami Bahasa Inggris dasar saja, kamu pasti akan lebih mudah dalam menggunakan fasilitas teknologi tersebut. Belum lagi jika kamu harus menggunakan buku panduan saat memerlukan suatu informasi kan? Karena

manual book

kebanyakan menggunakan bahasa Inggris, itulah
mengapa belajar bahasa inggris itu penting agar pandangan kamu terhadap teknologi akan semakin maju dan terbuka dengan lebar.

Nyaman Saat

Travelling

Sumber: Unsplash

Hayoo siapa disini yang suka banget berjalan-jalan ataupun punya cita-cita untuk berpelesir hingga ke luar negeri? Tetap semangat dalam merealisasikannya ya! Namun jangan lupa, kamu juga harus memahami Bahasa Inggris sebagai komunikasi saat disana nanti. Ini penting banget karena kamu pasti membutuhkannya mulai saat di bandara, membaca

maps
,

sign
, buku menu saat di restoran, hingga berbicara dengan orang lokal maupun turis lainnya. Biar

travelling

kamu lancar dan nyaman, kuasailah bahasa global ini ya!

Baca Juga :   Sebuah lingkaran memiliki diameter sepanjang 21 cm luas dan keliling lingkaran tersebut adalah

Menambah Pengetahuan

Indahnya dunia yang semakin berinovasi! Kamu yang ingin mempelajari sesuatu di era sekarang sangatlah mudah dan bisa dari mana saja. Berbeda dengan jaman dulu yang hanya meminjam buku dari perpustakaan ataupun sebatas berdiskusi dan bertukar pikiran. Sekarang ada banyak media yang bisa memudahkanmu; seperti internet salah satunya. Baik itu buku ataupun internet, keduanya banyak loh yang menggunakan Bahasa Inggris.

Dengan memahami Bahasa Inggris, kamu bisa mempelajari dan menyerap pengetahuan dengan mudah dari media belajar tersebut sampai kapanpun. Kebayang kan kalau kamu lagi butuh sebuah informasi secara cepat dari salah satu media tersebut namun kamu kesulitan untuk mencerna ‘isinya’? Jadi, ada baiknya untuk mempelajari Bahasa Inggris karena manfaatnya gak hanya memudahkanmu tetapi juga dapat membantu menambah jendela pengetahuan yang luas!

Memahami Seni

Sumber: Unsplash

Seni yang bersifat visual ataupun didengarkan pun bisa mengandung penggunaan Bahasa Inggris. Hingga saat ini, kita mengenal berbagai macam film maupun lagu. Baik itu film yang berasal dari luar negeri maupun lagu yang berasal dari Tanah Air—pasti ada banyak yang kamu ketahui menggunakan Bahasa Inggris!

Film berbahasa Inggris di beberapa media sekarang akhirnya memiliki fasilitas

subtitle

agar memudahkan para penonton untuk memahami cerita maupun dialog. Nah, agar meningkatkan kualitas

experience

dalam menonton film atau pertunjukan, ada baiknya kamu menguasai Bahasa Inggris. Kamu jadi bisa memahami cerita serta pesan yang terkandung dalam sebuah film tanpa bingung memahami ‘kata per-kata’  yang ada dalam film tersebut. Apalagi, kamu juga sebenarnya bisa menggunakan kesempatan menonton film berkualitas internasional ini untuk semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrismu.

Sama hal nya dengan lagu-lagu favorit internasional yang kamu dengarkan. Jika kamu memahami Bahasa Inggris, kamu bisa memahami apa arti liriknya dan bahkan sembari menyanyikan lagu tersebut dengan pelafalan yang baik. Itulah kenapa memahami Bahasa Inggris juga bermanfaat dalam memahami seni yang diciptakan oleh seseorang. Kamu jadi bisa tahu apa ‘filosofi’ yang tergores dibaliknya!

‘Update’ dengan Berita Baru

Gak hanya berita internasional, saat ini berita yang beredar di Tanah Air banyak juga yang menggunakan Bahasa Inggris. Dengan menguasai Bahasa Inggris, kamu bisa semakin

update

dalam mengikuti perkembangan berita serta memperluas wawasan yang kamu miliki. Daya pikirmu akan semakin meningkat setelah memproses dan memahami informasi tersebut. Apalagi, kamu bakal berkesempatan untuk

sharing

dengan teman-teman maupun koneksi baru mengenai berita tersebut. Dengan terbentuknya forum, kamu bisa membahas berbagai isu hangat ataupun berita penting.

Untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, kamu bisa temukan informasi aktualnya

disini
. SUN Education bekerjasama dengan berbagai institusi top dunia di luar negeri seperti Amerika, Kanada, Australia, Selandia Baru, Inggris, Eropa, Jerman, dan juga Asia. Dari negara-negara tersebut, banyak universitas yang memiliki staf pengajar super berpengalaman! Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kantor SUN Education yang terdekat di kotamu.

Artikel tentang pentingnya belajar bahasa asing

Posted by: pskji.org