Apa perbedaan antara benih dan bibit brainly?

Apa perbedaan antara benih dan bibit brainly?

Tanaman hibrida merupakan sebuah tanaman yang dapat mudah sekali beradaptasi terhadao lingkungan maupun terhadap iklim. Tanaman hibrida ini juga akan tahan terhadap berbagai jenis hama dan tanaman yang menggangu.

Untuk keunggulan sendiri pada tanaman hibrida ini ialah hasil yang didapatkan pun akan lebih tinggi dari jenis lainnya. Hal ini dikarenakan tanaman hibrida ialah termasuk jenis tanaman yang telah dikembangkan melalui beberapa teknik.

baca juga :  Ciri-Ciri Tanaman Padi

Definisi Hibrida

Tanaman hibrida ialah termasuk jenis generasi pertama tanaman yang diperoleh dari hasil persilangan tanaman yang berbeda jenis. Tanaman hibrida kemudian dikembangkan lagi sampai tercipta verietas hibrida yang biasa digunakan sebagai benih tanaman.

Dalam hal ini sesuai dengan penjelasan diatas, maka tanaman hibrida merupaka hasil dari persilangan indukan dalam satu marga untuk memunculkan sifat-sifat unggulan. Sifat-sifat unggulan yang dimaksud seperti ketahanan terhadap suatu jenis penyakit tertentu, hasil produksi yang melimpah, tanaman yang kuat dan lain sebagainya.

Selain itu, tujuan pembentukan tanaman hibrida ialah untuk menghasilkan populasi yang superior, juga perbaikan terhadap kualitas populasi suatau tanaman.

Baca juga : Tanaman Hortikultura

Mekanisme Pembentukan Hibrida

Varietas hibrida merupakan generasi pertama “F1” hasil persilangan antara tetua yang berupa galur inbrida atau varietas bersari bebas yang berbeda genotipe. Hal yang perlu dilakukan dalam pemuliaan varietas hibrida ialah pembuatan galur inbrida.

Yakni galur tetua yang homozigot yang dalam hal ini melalui silang dalam “inbreeding” pada tanaman menyerbuk silang. Dalam pembuatan varietas hibrida dua galur yang homozigot disilangkan dan diperoleh generasi F1 yang heterozigot, yang kemudian ditanam sebagai varietas hibrida.

Terdapat tiga langkah dalam pembentukan varietas hibrida yang diantaranya yaitu:

  • Membentuk galur inbrida, yang secara normal dengan melakukan beberapa generasi silang dalam “inbreeding” pada spesies tanaman menyerbuk silang.
  • Penilaian galur inbreeding berdasarkan uji daya gabung umum dan daya gabung khusus untuk menentukan kombinasi-kombinasi varietas hibrida.
  • Menyilangkan pasangan galur murni yang tidak berkerabat untuk membentuk varietas hibrida F1.

Macam-Macam Pembentukan Hibrida

Macam-macam pembentukan hibrida yang sudah digunakan secara komersial yaitu hibrida silang tunggal “single cross hybrid”, hibrid silang ganda “double cross hybrid” dan hibrida silang tiga “three-way cross hybrid”.

Hibrida silang tunggal ialah hibrida dari persilangan antara dua galur murni yang tidak berhubungan satu sama lain. Silang tunggal yang superior mendapatkan kembali vigor dan produktivitas yang hilang saat penyerbukan sendiri serta akan lebih vigor dan produktif dibandingkan dengan tetuanya.

Baca Juga :   Tekanan p suatu gas ideal dihubungkan dengan kelajuan rms molekul-molekul gas

Disamping memiliki hasil yang tinggi, hibrida silang tunggal lebih seragam dan produksi benihnya relatif lebih mudah dibandingkan dengan hibrida silang tiga galur dan silang ganda.

baca juga : Tanaman Hias

Hibrida silang ganda ialah progeni hibrida dari persilangan antara dua silang tunggal. Silang ganda melibatkan empat murni yang tidak berhubungan satu sama lain. Pasangan galur murni disilangkan sehingga membentuk dua silang tunggal kemudian disilangkan untuk menghasilkan silang ganda. Hibrida silang ganda yang dihasilkan dari galur murni A, B, C dan D dapat ditulis sebagai “A X B” X “C x D “.

Hibrida silang tiga ialah hibrida dari persilangan antara silang tunggal dengan satu galur murni, yang ketiga galur tidak berhubungan sehingga dengan satu galur murni. Yang ketiga galur murni tidak berhubungan yang sehingga lebih berbeda secara genetik dan penampilannya lebih beragam. Hibrida silang tiga yang dihasilkan dari galur murni A, B dan C dapat ditulis sebagai “A X B” X C.

Keunggulan dan kekurangan tanaman varietas hibrida secara garis besar peningkatan produktivitas tanaman seperti program varietas unggul hibrida ini, pada umumnya merupakan tujuan peningkatan produktivitas berptensi menguntungkan secara ekonomi.

Bagi petani, peningkatan produktivitas diharapkan dapat menkonpensasi biaya produksi yang telah dikeluarkan. Peningkatan produktivitas “daya hasil per satuan” diharapkan akan dapat meningkatkan produksi secara nasional.

Program varietas hibrida ini, umumnya dipilih karena telah teruji kualitasnya dan memiliki daya tumbuh yang berstandar internasional. Benih hibrida memiliki vigor lebih baik dan dapat menghasilkan tanaman dengan pertumbuhan dalam waktu panen yang lebih seragam.

Benih hibrida memiliki kemampuan untuk adaptasi luas baitu itu dalam hal iklim maupun kondisi tanah tertentu. Benih yang diproses masih diberikan perlakukan pestisida sehingga sangat jelas bahwa benih tersebut terlindungi dari hama dan tahan penyakit. Produktivitas benih hibrida bisa lebih tinggi dibandung benih lokal produktivitas rendah bahkan mencapai dua kali lipat.

Kelebihan Tanaman Hibrida

Kelebihannya yaitu:

  • Produktivitas lebih tinggi.
  • Sifat-sifatnya lebih unggul.
  • Tanaman/buah/tongkol seragam.
  • Lebih terjamin kualitasnya.
  • Lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Tahapan Produksi Hibrida

Tahapan-tahapan produksi kultivar hibrida adalah sebagai berikut:

Baca Juga :   Top 9 1 tetra terbaik 2022

Pada tanaman cabai walaupun termasuk ke dalam tanaman menyerbuk sendiri, tetapu perlu dilakukan penyerbukan sendiri secara maual untuk memperoleh benih galur murni.

Uji daya gabung ini dilakukan dengan silang diallel untuk mengetahui daya gabung umum dan daya gabung khusus dari galur-galur murni tersebut.

Penampilan hibrida tergantung pada penampilan dan kualitas varietas atau galur yang digunakan sebagai tetua. Dalam beberapa species, khususnya untuk resistensi penyakit dan kualitas buah hibrida masih dibutuhkan perbaikan galur murni.

  • Tipe hibrida dan produksi benihnya

Tipe hibrida yang umum adalah Single Cross, Double Cross dan Triple Cross. Untuk Single Cross dibutuhkan dua tetua, Double Cross empat tetua dan Triple Cross tiga tetua.

Pada tanaman cabai sampai saat ini untuk produksi benih hibrida dilakukan dengan cara emaskulasi tetua betina dan pengumpulan tepung sari, kemudian penyerbukan dilakukan secara manual.

Dari tahapan produksi benih hibrida cabai, Balai Penelitian Tanaman Sayuran baru mencapai tahap pemurnian dan perbaikan varietas/galur murni dengan penambahan sifat resistensi penyakit antraknose dan perbaikan komponen hasil.

baca juga : Tanaman Jagung

Contoh Tanaman Hibrida

  • Kaktus
  • Jagung
  • kelapa
  • Kacang
  • Padi
  • Kacang Hijau

Demikianlah artikel dari dosenpendidikan.co.id mengenai Pengertian Tanaman Hibrida : Pengertian, Mekanisme, Macam, Definisi, Kelebihan, Tahapan Produksi, Contoh, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuannya.

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Butuhkan

Salah satu faktor penting yang menentukan tingkat hasil tanaman adalah benih. Benih bersama dengan sarana produksi lainnya seperti pupuk, air, cahaya, iklim  menentukan tingkat hasil tanaman. Meskipun tersedia sarana produksi lain yang cukup, tetapi bila digunakan benih bermutu rendah maka hasilnya akan rendah.

Benih bermutu mencakup mutu genetis, yaitu penampilan benih murni dari varietas tertentu yang menunjukkan identitas genetis dari tanaman induknya, mutu fisiologis yaitu kemampuan daya hidup (viabilitas) benih yang mencakup daya kecambah dan kekuatan tumbuh benih dan mutu fisik benih yaitu penampilan benih secara prima dilihat secara fisik seperti ukuran homogen, bernas, bersih dari campuran, bebas hama dan penyakit, dan kemasan  menarik.

Demikian disampaikan Ir. Sarjiyah, MS dosen Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FP-UMY) di ruang kerjanya menanggapi rendahnya tingkat penggunaan benih bermutu di kalangan petani, Jumat (18/6).

Lebih lanjut Sarjiyah mengatakan benih unggul harus mempunyai sifat–sifat unggul seperti potensi hasil tinggi, cepat berbuah, tahan terhadap hama dan penyakit tertentu, tahan terhadap stres lingkungan dan sebagainya. Selama ini petani yang sudah menggunakan benih bermutu jumlahnya terbatas, terutama karena adanya bantuan pemerintah, sedangkan jika tidak ada bantuan lebih banyak menggunakan gabah hasil panen.

Baca Juga :   Apa fungsi dari latihan push up sit up back up squat trush squat jump?

Benih bermutu tidak harus berupa benih bersertifikat yang diperoleh dari produsen benih tetapi dapat diproduksi sendiri asalkan dengan metode yang benar. Untuk memproduksi benih bermutu harus diperhatikan mulai beberapa aspek budidaya dari penyiapan lahan sampai panen, antara lain pengaturan jarak tanam, pemupukan, pengairan, perlindungan  terhadap organisme pengganggu tanaman, roguing serta pemanenan. “Untuk menghasilkan benih bermutu, budidaya tanaman diperlakukan berbeda dibanding untuk produksi. Jarak tanam dibuat lebih lebar agar antar tanaman tidak terjadi kompetisi, pemupukan harus dilakukan dengan tepat baik jenis, dosis dan konsentrasi, waktu dan frekuensi serta pemupukan agar pertumbuhan tanaman optimal, dan perlu dilakukan roguing yaitu pembuangan tanaman tipe simpang atau tanaman yang tidak dikehendaki misalnya gulma, jenis lain, kultivar lain akibat terjadinya segregasi, mutasi dan lain-lain”, tambah Sarjiyah.

Selain itu menurut Sekretaris Jurusan Agroteknologi UMY ini, pemanenan juga harus dilakukan dengan baik, dianjurkan secara manual (dengan tangan) agar tidak terjadi kerusakan mekanis yang dapat menurunkan kualitas  benih, serta dilakukan pada tingkat masak fisiologis yang ditandai dengan terjadinya kehilangan air yang cukup besar dan terjadi perubahan warna daun dari hijau menjadi kekuningan, terbentuk lapisan pemisah (absicion layer) pada buah sehingga buah mudah lepas dari induknya.

Untuk mendapatkan benih bermutu dan tahan disimpan, biji yang sudah dipanen perlu dikeringkan sampai dengan kadar air tertentu (misalnya padi 13%, kedelai 11%), kemudian dilakukan pembersihan dan pemilahan. Untuk menunggu benih sampai saatnya ditanam dan untuk mempertahankan mutunya selama disimpan, benih perlu dikemas dengan bahan kemasan (wadah) yang kedap udara seperti toples, kaleng, plastik poly etilen atau yang lainnya. “Keuntungan penggunaan benih bermutu buatan sendiri adalah dapat dilakukan secara mandiri dan kualitasnya tidak kalah dibanding dengan benih dari produsen benih. Dengan demikian, petani dapat menghemat biaya produksi untuk membeli benih dan bahkan jika sudah mapan dapat diajukan untuk mendapat sertifikasi dari pihak yang berwenang”, tambahnya.

Apa perbedaan antara benih dan bibit brainly?

Posted by: pskji.org