Memperkukuh negara kesatuan republik indonesia merupakan manfaat dari penerapan

Memperkukuh negara kesatuan republik indonesia merupakan manfaat dari penerapan

Jakarta

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Pertanyaan tersebut pasti pernah terlintas di benak detikers. Untuk memahami sebuah makna akan lebih baik paham terlebih dahulu tentang makna persatuan dan kesatuan.

Dalam substansi persatuan dan kesatuan bangsa terdapat sejumlah konsep dasar seperti persatuan, kesatuan, bangsa, integrasi nasional, nasionalisme, dan patriotisme. Persatuan secara sederhana berarti gabungan (ikatan, kumpulan, dan sebagainya) dari beberapa bagian menjadi sesuatu yang utuh.

Persatuan bangsa berarti persatuan bangsa Indonesia yang menghuni wilayah Nusantara. Bersatunya bangsa Indonesia sendiri didorong atas kemauan yang sadar dan penuh tanggung jawab untuk mencapai kehidupan bangsa yang bebas dan penuh tanggung jawab untuk mencapai kehidupan bangsa yang bebas dalam suatu wadah negara yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Persatuan dalam bangsa perlu terus dibina. Jika hal tersebut terus dibina akan melahirkan kesatuan bangsa, yakni suatu kondisi yang utuh yang memperlihatkan keamanan, kesentosaan, dan kejayaan.

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Jawabannya tentu agar bangsa Indonesia terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan.

Melansir dari laman Kemdikbud, Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah suatu bentuk negara yang luas dan memiliki beragam adat, suku, keyakinan, serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Nilai-nilai persatuan dan kesatuan merupakan jiwa lahirnya NKRI karena hal tersebut terkait dengan keragaman bangsa Indonesia. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia secara jelas dapat dipahami dari dasar negara Pancasila dan konstitusi negara, UUD NKRI Tahun 1945.

Berikut adalah manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara:

1. Dapat menjaga keutuhan dan keamanan.

2. Memperkuat jati diri bangsa.

3. Kemajuan bangsa dapat dirasakan dalam segala bidang.

4. Terciptanya suasana tenteram dan nyaman.

Persatuan dan kesatuan juga mencerminkan dari sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia dari Persatuan Indonesia tersebut masyarakat Indonesia harus menjadi satu, dan jangan sampai terpecah belah.

Contoh dari perilaku persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat yang erat dengan semboyan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh salah satunya adalah saling menghormati dan menghargai dengan sesama warga masyarakat, menjaga hubungan baik dengan tetangga dan selalu berperilaku sopan kepada semua warga yang berada di lingkungan sekitar kita.

Jadi mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, agar Indonesia tidak terpecah belah dan tetap saling menghargai satu sama lain. Paham ya detikers?

Baca Juga :   Mengapa lemon dapat menghasilkan arus listrik jawab?

Simak Video “Cegah Upaya Kelompok Intoleransi, Danrem Kumpulkan Elemen Masyarakat Bogor

(atj/nwy)

Kamu semua pasti pernah mendengar tentang ungkapan “Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh”. Semenjak kemerdekaan bangsa Indonesia, semua orang tahu betapa pentingnya persatuan. Negara dapat dengan mudah dipecah jika kita tidak memiliki rasa persatuan. Tetapi ketika kita berdiri bersama maka tidak ada siapa-siapa bisa mengganggu suatu bangsa. Selain informasi singkat di atas, ternyata masih ada banyak manfaat persatuan dan kesatuan. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahasnya. Pastikan kamu membaca hingga akhir, ya.

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Dalam sebuah negara, kamu tidak hanya hidup seorang diri. Akan ada warga negara lain yang juga ikut hidup di negara ini. Bila tidak ada persatuan, maka akan sangat mustahil bagi sebuah negara dalam mengayomi warga negaranya.

Persatuan sendiri memiliki pengertian:

“Bersatunya bermacam-macam aneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi.”

Saling memahami perbedaan ini akan bisa membuka pandangan yang lebih luas untuk memahami berbagai macam hal. Untuk bisa meraih hal ini, kesatuan menjadi jalan utama. Setiap perbedaan apabila bisa dipayungi dalam satu kesatuan, akan bisa menjadi sebuah kekuatan bersama.

Untuk negara kita Indonesia, prinsip-prinsip kesatuan yang dipegang adalah:

  • Prinsip Bhineka Tunggal Ika
  • Prinsip Nasionalisme Indonesia
  • Prinsip Kebebasan yang Bertanggungjawab
  • Prinsip Wawasan Nusantara
  • Prinsip Persatuan Pembangunan untuk Mewujudkan Cita-Cita Reformasi

Dengan mencapai sebuah persatuan dan kesatuan yang teguh, ada berbagai hal menguntungkan yang bisa dirasakan. Manfaat persatuan dan kesatuan adalah sebagai berikut ini:

1. Mengatasi Perbedaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perbedaan antar individu, budaya, atau ras akan bisa diatasi melalui persatuan. Dengan saling memahami satu lain, sebuah persatuan akan bisa terjadi. Hal ini akan menjadi kekuatan yang begitu kuat dalam menjaga hubungan yang rukun.

Baca Juga: Mengenal Keberagaman Karakteristik Individu Manusia

2. Mempermudah Mencapai Tujuan Nasional

Tujuan nasional dari bangsa Indonesia adalah:

  • Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  • Memajukan kesejahteraan umum.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial

Hal ini akan bisa dicapai apabila kita saling bersatu.

3. Menjaga Keutuhan dan Keamanan NKRI

Dengan saling bersatu, kita akan bisa meminimalisir perpecahan yang bisa mengganggu keutuhan dan keamanan dari negara. Hal ini bisa dicapai apabila setiap warga negara bisa memiliki rasa solidaritas yang tinggi, setia kawan, dan toleransi antara satu sama lain.

Baca Juga :   Menghitung berapa buah barang yang harus dijual agar perusahaan untung

Baca Juga: Bagaimana Sikap Dalam Menjaga Keutuhan NKRI?

4. Pergaulan yang Akrab

Rasa keakraban akan bisa dibangun melalui persatuan dan kesatuan yang kuat. Dari sini setiap warga negara akan bisa hidup saling rukun, rajin tolong menolong, dan juga akrab.

5. Pembangunan Negara yang Lebih Mudah

Rasa persatuan akan bisa menimbulkan rasa kepedulian yang tinggi. Tiap warga negara akan peduli dengan perkembangan negara, berusaha melakukan yang terbaik agar hal ini bisa berjalan dengan lancar. Bentuk pertolongan yang bisa diberikan adalah dengan membayar pajak tepat waktu ataupun menjaga lingkungan dari berbagai kerusakan. Dengan begitu negara akan bisa cepat berkemabang terutama dalam sektor pembangunan.

Baca Juga: 7 Asas Pemungutan Pajak di Indonesia

Seperti Itulah 5 manfaat persatuan dan kesatuan bagi sebuah negara. Sebagai pelajar, kamu juga bisa kok membantu negara dengan cara belajar yang baik. Bimbel online Kelas Pintar siap membantu kamu. Dapatkan akses produk SOAL yang berisi soal latihan ujian untuk memahami seberapa baik pemahaman kamu dengan berbagai macam soal di dalamnya. Kemudian ada fitur TANYA yang bisa menjawab berbagai pertanyaan mengenai soal dan materi yang belum dikuasai secara gratis. Guru profesional yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya akan menjawab seluruh pertanyaan kamu.

Jadi tunggu apalagi? Ayo belajar di Kelas Pintar!

Lihat Foto

Ratusan warga dari berbagai wilayah berkumpul untuk mengikuti Parade Bhinneka Tunggal Ika di kawasan Patung Kuda, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (19/11/2016). Parade ini bertujuan merekatkan kembali rasa persatuan bangsa dan juga menjadi momentum refleksi atas sejumlah kejadian yang terjadi beberapa waktu belakangan, seperti pengeboman Gereja Oikumene, Sengkotek, Samarinda, Kalimantan Timur, pada 13 November 2016.

KOMPAS.com
– Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang berbentuk kepulauan tersebar di berbagai pulau dengan berbagai perbedaan. Istilah persatuan dan kesatuan terbentuk dari kata utuh atau tidak terpecah-pecah.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, persatuan adalah kumpulan berbagai komponen sedangkan kesatuan adalah hasil perkumpulan tersebut yang menjadi satu kesatuan utuh dan tidak terpisahkan.

Persatuan Bangsa Indonesia bahkan menjadi sila ke-3 Pancasila yang menjadi ideologi serta pedoman hidup bangsa.

Baca Juga :   Himpunan pasangan berurutan dibawah ini yang merupakan korespondensi satu-satu adalah

M. Hatta dalam bukuSekitar Proklamasi (1970) menyebutkan bahwa Persatuan Indonesia mengandung unsur-unsur persatuan dan kesatuan, cita-cita persahabatan, dan persaudaraan segala bangsa, diliputi oleh suasana kebenaran, keadilan, kebaikan, kejujuran, kesucian, dan keindahan yang senantiasa dipupuk oleh alamnya.

Baca juga: Cara Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Berikut beberapa manfaat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia:

  • Alat mencapai tujuan bangsa

Mengutip buku Pendidikan Pancasila (2009) yang ditulis oleh M. Syamsudin dkk, Tujuan nasional bangsa dituangkan secara jelas dan gambling dalam pembukaan UUD 1945.

Tujuan Bangsa Indonesia yaitu (1) melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia (2) memajukan kesejahteraan umum (3) mencerdaskan kehidupan bangsa (4) melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdakaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

  • Mengatasi perbedaan dan menghilangkan diskriminasi

Persatuan dan kesatuan bangsa bisa mengatasi perbedaan rakyat Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa dan budaya. Rasa persatuan dan kesatuan akan menghapuskan diskriminasi, karena semua rakyat adalah satu Indonesia.

Baca juga: Prinsip-Prinsip Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Selain dua manfaat di atas, terdapat beberapa manfaat persatuan dan kesatuan lainnya, yaitu:

  1. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Menjaga perdamaian Negara Kesatuan Republik Indonesia
  3. Memperkuat ketahanan nasional dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman luar
  4. Memperkuat jati diri Bangsa Indonesia
  5. Mencegah terjadinya perang atau konflik antarsuku maupun antardaeraj di Indonesia
  6. Menciptakan kerukunan antar warga masyarakat
  7. Membangun bangsa Indonesia agar lebih maju dan aman
  8. Menciptakan rasa toleransi dan tenggang rasa dalam menghadapi perbedaan
  9. Menciptakan rasa kekeluargaan, semangat bersatu, saling tolong-menolong, peduli pada sesama, dan gotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat
  10. Menciptakan keadaan sosial masyarakat yang lebih baik, rukun, seimbang, selaras, tentram, setia kawan, aman, dan damai
  11. Memperkecil kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat
  12. Menciptakan ketenangan bagi masyarakat dalam memeluk suatu agama tanpa adanya kecaman serta kekerasan dari pihak yang bertentangan
  13. Menjaga tegapnya hak asasi manusia (HAM) dan mencegah penyelewangannya

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Memperkukuh negara kesatuan republik indonesia merupakan manfaat dari penerapan

Posted by: pskji.org