Bagaimana contoh norma dalam kehidupan bermasyarakat dan di sekolah?

Bagaimana contoh norma dalam kehidupan bermasyarakat dan di sekolah?

Norma berkaitan dengan aturan yang berlaku pada masyarakat tertentu. Aturan ini berkaitan dengan tingkah laku manusia, jika melanggar dapat terkena sanksi.

Norma adalah aturan atau kaidah untuk perilaku manusia yang berisi perintah, larangan, dan sanksi. Perintah ini merupakan sesuatu yang harus dilakukan, sementara larangan yaitu sesuatu yang tidak boleh dilakukan.

Jika melanggar perintah dan larangan, maka seseorang bisa terkena sanksi. Nama lain sanksi adalah hukuman yang diberikan ke seseorang karena telah melanggar norma.

Baca Juga

Mengutip buku Kewarganegaraan yang ditulis Emy Yunita Rahma Pratiwi, norma adalah pedoman perilaku untuk melangsungkan kehidupan bersama dalam suatu kelompok.

Norma bisa juga disebut sebagai petunjuk yang dibenarkan oleh kelompok, untuk menjalani interaksi sosial. Perbedaan antara nilai sosial dan norma sosial terdapat pada sanksinya. Seseorang yang melanggar norma akan dikenakan hukuman.

Norma adalah aturan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, berfungsi sebagai pengendali dalam hidup. Aturan ini berisi petunjuk yang sifatnya mengikat dan wajib ditaati.

Advertising

Advertising

Ada tiga poin penting tentang norma yaitu kaidah, tingkah laku manusia, perintah berisi larangan, dan sanksi.

Berikut pengertian norma menurut para ahli:

John J. Macionis

Norma adalah aturan dan harapan dalam masyarakat untuk memandu perilaku anggota-anggotanya.

Robert Mz. Lawang

Norma merupakan gambaran mengenai apa yang diinginkan, baik atau tidaknya. Sehingga anggapan yang baik perlu dihargai sebagaimana mestinya.

Hans Kelsen

Norma adalah perintah yang tidak personal dan anonim.

Soerjono Soekanto

Norma merupakan suatu perangkat supaya hubungan antarmasyarakat terjalin dengan baik.

Isworo Hadi Wiyono

Normal adalah peraturan atau petunjuk hidup yang memberi perbuatan mana yang boleh dilakukan dan perbuatan yang harus dihindari.

Contoh Norma

Kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari norma yang melekat pada masyarakat. Contohnya lingkungan yang menganut agama tertentu, hukum di daerah tertentu, sekolah, dan rumah.

Contoh norma di lingkungan sehari-hari yaitu:

  1. Al Qur’an sebagai pedoman dan dibaca oleh umat muslim.
  2. Injil kitab dan pedoman pemeluk agama Kristen.
  3. Weda merupakan kitab dan pedoman bagi pemeluk agama Hindu.
  4. Hukum adat menjadi pedoman pada suku tertentu.
  5. Aturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa dan lingkungan sekolah. Jika aturan dilanggar akan ada sanksi.
  6. Menghormati dan memakai bahasa sopan pada orang yang lebih tua.
  7. Mengikuti aturan yang berlaku pada hukum agama tertentu.
  8. Tertib berkendara lalu lintas seperti memakai helm dan menyalakan lampu motor.
  9. Tidak menerobos lampu merah di jalan raya.
  10. Siswa tertib mengumpulkan PR rajin belajar, dan mendapatkan nilai bagus mendapat pujian dan prestasi oleh pendidik.

Baca Juga

Berdasarkan jenisnya, norma dibagi menjadi 4 yaitu norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, norma kebiasaan, dan norma hukum. Berikut penjelasannya:

Jenis norma agama berdasarkan akidah atau aturan yang ada di dalam agama. Norma ini sifatnya mutlak dan penganutnya harus menaati aturan dalam agama tersebut. Jika tidak seseorang akan kehilangan iman dan keyakinan.

Ajaran agama memberikan keselamatan di dunia dan di akhirat. Jika dilanggar, nantinya akan mendapat hukuman di akhirat.

Contoh norma agama yaitu beribadah sesuatu dengan keyakinan, berdoa, melakukan hal positif, mematuhi orang tua, dilarang membunuh, mencuri, dan menipu.

Normal ini berdasarkan hati nurani atau akhlak manusia dan sifatnya umum. Arti umum yaitu setiap orang memilikinya meski bentuknya bisa berbeda. Norma kesusilaan berkaitan dengan nilai kemanusiaan. Jika melanggar akan terjerat hukum pidana dan sanksi di masyarakat.

Baca Juga :   Luqman Mendapat Gelar Al Hakim Yang Artinya

Contoh kasus yang melanggar norma kesusilaan yaitu penghianatan, pelecehan seksual, penyimpangan perilaku yang membuat masyarakat menolak seseorang.

Asal norma kesopanan dari tingkah laku masyarakat yang berlaku di daerah tertentu. Norma ini bersifat relatif, artinya penerapannya bisa berbeda satu sama lain.

Contoh norma kesopanan yaitu:

  1. Siswa tidak memakai perhiasan dan riasan terlalu mencolok ketika sekolah.
  2. Mengucapkan terimakasih setelah mendapatkan bantuan.
  3. Meminta maaf jika berbuat salah kepada orang lain.
  4. Tidak memakai pakaian dan riasan yang berlebihan ketika menghadiri pemakaman.

Baca Juga

Merupakan perbuatan yang dilakukan dalam bentuk berulang-ulang, sehingga menjadi kebiasaan. Dalam lingkungan tertentu, seseorang bisa dianggap aneh jika tidak melakukan norma kebiasaan. Norma ini terjadi secara berulang sampai menjadi ciri khas tertentu.

Contoh:

  1. Kegiatan mudik menjelang hari raya.
  2. Kumpul bersama keluarga ketika hari natal.
  3. Kebiasaan mengadakan acara selamatan atau doa untuk anak yang baru melahirkan.
  4. Acara mendoakan arwah untuk orang yang sudah meninggal dunia, pada masyarakat Manggarai, Flores.

Norma Hukum

Norma hukum berfungsi mengatur tata tertib di suatu negara. Masyarakat akan mendapat sanksi jika melanggar aturan yang sudah ditetapkan dalam negara. Sanksi ini dilakukan oleh lembaga pemerintah resmi.

Ciri-ciri norma hukum yaitu diakui oleh masyarakat, adanya penegak hukum, dan pihak berwenang yang memberi sanksi. Tujuan dari norma hukum ini untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan aman.

Contoh norma hukum:

  1. Membayar pajak tepat waktu.
  2. Tidak melakukan kejahatan yang merugikan warga, seperti mencuri, merampok, dan menipu.
  3. Taat lalu lintas.
  4. Memberi sanksi di sidang pengadilan.

Sebutkan dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah !
Jawabannya: (1)
Menggunakan pakaian sekolah sesuai dengan aturan yang berlaku,
(2)
Mengerjakan soal ulangan / ujian tanpa mencontek.

Norma adalah suatu aturan / ketentuan yang berlaku dalam suatu masyarakat. Pada contoh ini kita berada di lingkungan sekolah.

Jadi pada intinya, berkaitan dengan peraturan atau hukum di sekolah. Norma dibagi menjadi 4 macam, yaitu kesusilaan, kesopanan, agama, dan juga hukum.

Nah, pada kasus ini, berati bisa yang berkaitan dengan kesusilaan, maupun kesopanan serta hukum yang ada di sekolah tersebut.

Contoh perilaku sesuai dengan norma dalam kehidupan di sekolah antara lain yaitu:

  1. Menggunakan seragam sekolah lengkap sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Menghormati guru, dan karyawan di sekolah.
  3. Tidak mencontek saat ulangan / ujian.
  4. Masuk sekolah sebelum bel tanda masuk berbunyi.
  5. Tidak merokok di dalam sekolah.
  6. Mengerjakan tugas / PR tepat waktu.
  7. Tidak gaduh dalam kelas.
  8. Mendengarkan dan menyimak penjelasan guru.

Pada intinya norma beraitan dengan aturan / peraturan. Dalam hal ini bisa secara tertulis menurut peraturan sekolah tersebut.

Bisa juga secara tidak tertulis misalnya kesusilaan, atau berkaitan dengan bisikan kalbu / hati Nurani. Contohnya: hati Nurani kita itu mengatakan kalau tidak boleh tidur saat guru menjelasakan karena tidak sopan.

Maka kalau kamu mengikuti aturan hati nuranimu, berarti kamu menaati aturan nuranimu (kesusilaan) dalam lingkup kamu berada di sekolah.

Atau yang berkaitan dengan kesopanan, meskipun tidak tertulis, secara kebiasaan sudah sewajibnya kita menghormati guru dengan berkata lembut dan baik pada guru.

Baca Juga :   Diketahui volume kubus 15625 cm tentukan panjang rusuk kubus

Sedangkan yang tertulis ada banyaklah, seperti misalnya sepatu harus hitam, rambut cowo harus pendek, seragam harus di bawah lutut dan sebagainya.

Jawabannya

Sebutkan dua contoh perilaku sesuai norma dalam kehidupan di sekolah

Berikut ini kata kunci jawaban guru:

Jawaban ini diverifikasi BENAR.

Norma secara umum merupakan seperangkat aturan yang menjadi panduan hidup atau bertingkah laku. Norma sebagai tata aturan untuk pengendalian sosial yang sejatinya dapat tertulis pun tidak tertulis, namun selalu menggandeng suatu hukuman atau sanksi tersebut apabila terdapat pelanggaran oleh anggota masyarakatnya.

Norma terbagi menjadi beberapa jenis di antara adalah norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, dan  norma hukum. Akan tetapi dalam artikel ini hanya akan menjelaskan terkait dengan contoh penarapan norma hukum dalam kehidupan manusia.

Norma Hukum

Norma hukum seyogyanya selain digunakan untuk memandu, menentukan, mengatur, mempengaruhi tindakan sosial dan kehidupan sosial baik di sekolah, keluarga maupun di masyarakat. Oleh sebab itulah pantas jikalau norma hukum merupakan sebuah aturan dari kesepakatan bersama yang dikristalkan dalam bentuk undang-undang dan aturan tertulis lainnya yang diakui negara. Setiap warga negara wajib mengikuti tata aturan yang tertulis dalam perundang-undangan.

Menilik dari penjelasan diatas, tentusaja makna norma hukum merupakan jenis norma yang memiliki tingkat pengikatan lebih tinggi daripada jenis norma lainnya. Hal tersebut dikarenakan norma hukum memuat sekumpulan aturan tertulis mengenai keharusan bermasyarakat sebagaimana aturan yang termuat di dalamnya.

Bahkan tjuan dari norma hukum adalah terciptanya keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat tanpa membedakan golongan, ras, suku, budaya, dan perbedaan-perbedaan lain dlaam aspek masyarakat. Sanksi bagi siapa saja yang melanggar hukum bersifat tegas dan memaksa. Sanksi dapat berupa hukuman penjara maupun denda sesuai dengan jenis tindakan pelanggaran yang dilakukan.

Semua tananan kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik telah diatur dalam norma hukum. Segala aturan yang menyangkut kepentingan negara dan kepentingan bersana menjadi tanggungjawab warga negara yang harus ditaati

Norma hukum dikeluarkan oleh beragam contoh lembaga hukum yang berwenang dalam suatu instansi, daerah atau Negara. Hal tersebut menjadikan norma hukum sebagai norma dengan karakteristik formal.

Contoh Norma Hukum

Dalam upaya untuk memahami praktik-praktik implementasi norma hukum di sekolah, keluarga dan masyarakat, berikut akan disebutkan contoh norma hukum, diantarnya;

Sekolah

Norma Hukum di Sekolah

Penggunakan dan pengamalan dalam contoh lembaga pendidikan, khususnya untuk norma hukum di sekolah, antara lain tersecermin atas beragam tindakan. Diantaranya;

  1. Siswa diwajibkan menaati segala tata tertib yang diberlakukan oleh sekolah
  2. Siswa wajib menggunakan seragam dengan rapi berserta atribut yang diperlukan dengan lengkap
  3. Panjang rambut siswa laki-laki tidak  diperbolehkan melebihi kerah seragam sekolah
  4. Seluruh siswa wajib mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih setiap senin pagi
  5. Sebelum memulai pelajaran, siswa wajib berdoa bersama sesuai dengan keyakinan masing-masing
  6. Siswa tidak diperbolehkan membolos sekolah
  7. Siswa dilarang membawa benda tajam ke sekolah
  8. Siswa dilarang menggunakan make-up yang berlebihan ke sekolah
  9. Ketika tidak masuk sekolah, siswa wajib mengabari pihak sekolah atau mengirimkan surat izin yang ditujukan kepada wali kelas beserta dengan berkas pendukung
  10. Siswa perempuan tidak diperbolehkan menggunakan seragam yang ketat
  11. Setiap siswa yang ada di sekolah tidak diperbolehkan merokok
  12. Wajib hukumnya bagi setiap anggota kelas membayar uang kas sebagai kosekuensi daripada kesepakatan hukum bersama
Baca Juga :   Apa arti penyelenggaraan dalam kamus bahasa indonesia

Keluarga

Norma Hukum di Keluarga

Contoh pengamalan atas tindakan norma hukum di dalam keluarga tercermin atas beragam sikap, antara lain sebagai berikut;

  1. Sesama anggota keluarga tidak diperkenankan saling menganiaya
  2. Tidak diperbolehkan saling menghina anggota keluarga
  3. Wajib menaati kesepatan yang telah ditentukan oleh kepala keluarga
  4. Wajib menjaga nama baik keluarga
  5. Tidak diperbolehkan melakukan penipuan terhadap anggota keluarga
  6. Tidak diperkenankan untuk pulang larut malam
  7. Tidak diperbolehkan bagi anggota keluarga untuk meninggalkan ibadah, miasalnya salam Islam ialah Sholat

Masyarakat

Norma Hukum di Masyarakat

Terakhir, untuk pengalan dalam beragam contoh norma hukum di masyarakat tercermin atas prilaku sebagai berikut;

  1. Tamu yang berkunjung lebih dari 1×24 Jam wajib dilaporkan kepada ketua RT
  2. Warga baru dalam sebuah wilayah wajib lapor kepada ketua RT dan ketua RW
  3. Setiap anggota keluarga harus membayar iuran kas RT setiap bulannya
  4. Setiap keluarga harus mengirimkan perwakilannya berupa laki-laki di atas 17 tahun untuk ikut serta dalam siskamling guna menunjang keamanan wilayah
  5. Setiap hari minggu, semua ibu berserta anaknya yang masih balita harus ikut ke Posyandu guna mendapatkan tindakan berupa vaksin atau informasi lebih lanjut terkait anaknya.

Kehidupan Sehari-Hari

Norma Hukum di Kehidupan Sehari-Hari

Adapun untuk contoh pengamalan yanga mencerminkan norma hukum dalam kehidupan sehari-hari. Antara lain sebagai berikut;

  1. Setiap warga negara wajib membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Pembayaran pajak bertujuan untuk kepentingan negara dan memnuhi hajat hidup orang banyak.
  2. Pak Riko mendapatkan hukuman penjara 10 tahun karena melakukan tindakan korupsi.
  3. Kinan diperbolehkan membawa kendaraan motor sendiri setelah ia memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Fungsi Norma Hukum

Fungsi secara umum adanya norma hukum di masyarakat antara lain sebagai;

  1. Pengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan tata aturan yang menjadi kesepakatan bersama
  2. Menciptakan keadaan tertib dan keadilan antar anggota masyarakatnya
  3. Menciptakan kenyamanan, kemakmuran serta kebahagiaan antar anggota masyarakatnya
  4. Menciptakan keselarasan hubungan setiap anggota masyarakatnya
  5. Sebagai media untuk membantu mencapai tujuan bersama dalam masyarakat
  6. Menjadi pedoman dan dasar untuk memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma yang ditetapkan
  7. Menjadi petunjuk dalam menjalin suatu hubungan antar anggota masyarakatnya
  8. Menghindarkan masyarakat dari keadaan kacau akibat tidak memiliki landasan bermasyarakat
  9. Serta menciptakan keadaan tenteram untuk setiap anggota masyarakatnya

Manfaat Norma Hukum dalam Kehidupan Sehari-hari

Secara umum yang dimaksudkan fungsi atas pengamalan norma sosial, khususnya berkaitan dengan hukum di antaranya meliputi;

  1. Pencegahan terjadinya konflik dalam masyarakat
  2. Meningkatkan kerukunan antar anggota masyarakatnya
  3. Membatasi perilaku masyarakat agar tidak menyimpang
  4. Menjadikan masyarakat sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa
  5. Melindungi kepentingan atau hak orang lain
  6. Terwujudnya ketertiban dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta mengendalikan sikap dalam menjaga ucapan dan perilaku melalui teguran hati nurani.

Demikianlah penjelasan serta pengulasan secara lengkap yang dapat kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan contoh-contoh pengaman norma hukum di sekolah, keluarga, dan masyarakat serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Bagaimana contoh norma dalam kehidupan bermasyarakat dan di sekolah?

Posted by: pskji.org