Apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik

Apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik

Suara.com –
Belakangan ini, kehadiran kompor induksi semakin menarik minat masyarakat. Tak sedikit orang-orang bertanya apa itu kompor induksi?

Apa itu kompor induksi? Kompor induksi adalah kompor canggih yang memungkinkan kita untuk memasak tanpa nyala api. Cukup memijat tombol, meletakkan alat masak, maka kita sudah bisa memasak dengan mudah dan praktis. Bentuknya juga sangat unik dan cantik, berbeda jauh dengan bentuk kompor gas pada umumnya.

Lantas, bagaimana cara kerja kompor induksi? Berbeda dengan kompor biasa yang mengandalkan panas api untuk mematangkan makanan, kompor induksi ini memanfaatkan reaksi elektromagnetik antara kompor dengan alat masak.

Reaksi tersebut pada akhirnya akan menghasilkan panas yang menyebar pada alat masak dan mematangkan makanan secara merata dan lebih cepat dibanding ketika kita memasak dengan menggunakan kompor biasa. Kompor induksi canggih, bukan?

Baca Juga: Parametrik Pilar Utama dan Pemkab Maros Kerjasama Kelola Sampah Menjadi Energi Listrik

Kelebihan Kompor Induksi

Kompor induksi memiliki beberapa kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Efektif dan efisien: Memasak menggunakan kompor induksi akan lebih efisien, karena panas yang dihantarkan lebih cepat dan merata. Dengan begitu, waktu yang diperlukan untuk memasak pun menjadi lebih singkat.
  • Aman: Kompor induksi ini sangat aman digunakan karena tidak ada api yang menyala ketika digunakan. Jadi kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran gas ataupun luka bakar. Dan karena tidak ada proses pembakaran yang terjadi, maka kadar oksigen di dapur anda tidak akan berkurang, sehingga area dapur menjadi lebih sehat.
  • Praktis: Kita tidak perlu repot-repot membongkar pasang tabung gas. Selain itu, kita juga tidak akan mengalami yang namanya kompor mati di tengah proses memasak karena gas yang habis.
  • Pengaturan suhu yang tepat: Yang paling menarik dari kompor induksi yaitu suhu panasnya yang bisa diatur sesuai selera, tidak seperti pada kompor gas yang suhunya hanya bisa dikira-kira sesuai besar api. Pengaturan suhu ini tentunya bisa meminimalisir kegosongan atau over cook pada makanan sehingga anda bisa memasak dengan tingkat kematangan yang diinginkan.
  • Fitur-fitur pelengkap: Pada kompor induksi tersedia banyak fitur canggih yang bisa membantu memudahkan kita saat memasak. Fitur tersebut di antaranya adalah fitur timer, touch control, automatic pan size recognition, child lock, boost, dan automatic safety ahut-off.

Kekurangan Kompor Induksi

Ada kelebihan, pasti ada kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan kompor induksi yang perlu diketahui:

Yang pertama adalah harga kompor induksi cenderung mahal. Dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan, maka harga dari kompor induksi ini jelas lebih mahal dibandingkan kompor tradisional atau kompor gas. Jadi kompor jenis ini kurang cocok digunakan bagi mereka yang memiliki budget terbatas.

Baca Juga: Investor Asing Tertarik Pengolahan Sampah Jadi Energi Listrik

Selain itu, pemakaiannya harus lebih hati-hati mengingat permukaan kompor rentan rusak, karena dilapisi oleh kaca. Jadi kita harus berhati-hati ketika menggunakannya. Pasalnya, jika permukaan kaca tersebut rusak atau tergores, maka kinerja kompor akan berkurang.

Memiliki kompor listrik di rumah adalah impian bagi sebagian orang. Dengan bentuk yang elegan kompor listrik seakan membuat tampilan dapur menjadi lebih modern. Namun, sebelum Mama memilih untuk menggunakan kompor listrik, simak dulu kelebihan dan kekurangan kompor listrik, yuk!

Baca Juga :   Teknik mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah

Di bawah ini,
Berkeluarga.id
telah merangkum kelebihan dan kekurangan kompor listrik yang bisa Mama pertimbangkan sebelum membelinya:

Kelebihan Kompor Listrik

Berikut adalah beberapa kelebihan menggunakan kompor listrik yang bisa Mama dapatkan:

Desain elegan

Kompor listrik memiliki desain jauh lebih elegan dibandingkan dengan kompor gas. Karena hampir sebagian besar kompor listrik memiliki desain dan permukaan yang rata. Bahkan, permukaannya yang terbuat dari kaca semakin meningkatkan kesan elegan dan modern pada dapur kita.

Lebih aman

Pastinya selama ini Mama sudah sering mendengar bahwa kompor listrik jauh lebih aman dibandingkan dengan kompor gas, bukan? Sesuai dengan namanya, kompor ini menggunakan listrik, sehingga risiko gas bocor sangat kecil.

Bahkan, kompor listrik aman bagi anak-anak maupun orang dewasa yang menggunakannya. Karena kompor listrik tidak akan terasa panas saat dipegang langsung dengan tangan.

Hal ini disebabkan, panas dari listrik secara otomatis dihantarkan pada benda yang menyerap panas, seperti besi dan baja.

Mudah dibersihkan

Membersihkan kompor listrik jauh lebih mudah dibandingkan kompor gas biasa. Permukaan yang datar dan terbuat dari kaca akan sangat membantu Mama untuk membersihkan kompor listrik. Mama hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih, lap dengan sekali usap, dan kompor listrik jadi seperti baru lagi.

Baca Juga
:
Anti-Kerak, Ini Cara Membersihkan Kompor yang Benar

Panas yang lebih merata

Menariknya lagi, kompor listrik juga memberikan panas yang lebih merata dibandingkan dengan kompor gas. Jadi, masakan yang Mama olah akan lebih cepat matang dengan sempurna. Bahkan, kompor listrik memiliki fitur yang pas dan sesuai kebutuhan memasak. Sehingga, tidak perlu takut gosong.

Kekurangan Kompor Listrik

Selain kelebihan, tentunya kompor listrik juga tetap memiliki kekurangan, yaitu:

Harga yang lebih mahal

Yup, harga kompor listrik memang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kompor gas biasa. Apabila kompor listrik dengan banyak tungku harganya jauh lebih tinggi. Belum lagi, biaya servis yang juga lebih tinggi dibandingkan kompor gas.

Oleh karena itu, sebelum Mama memutuskan untuk beralih dari kompor gas ke kompor listrik lebih baik pertimbangkan secara matang, ya. Pastikan juga sudah sesuai

budget
.

Bergantung pada listrik

Sesuai dengan namanya, pastinya jenis kompor yang satu ini membutuhkan listrik, dong. Artinya, kegiatan memasak Mama tergantung dengan listrik di rumah. Sehingga, apabila dalam keadaan mati listrik bisa dipastikan kegiatan memasak akan tertunda.

Peralatan masak khusus

Kekurangan lainnya adalah Mama bisa saja harus mengganti beberapa peralatan masak yang ada di rumah. Karena tidak semua wajan atau panci bisa digunakan untuk menghantarkan panas dengan baik pada kompor listrik.

Jika memang ingin menggunakan kompor listrik, pastikan memilih panci dan wajan yang terbuat dari

stainless steel
, besi, dan baja, ya.

Baca Juga
:
Kompor Gas vs Kompor Listrik, Mana yang Lebih Irit?

Baca Juga :   Sebutkan tiga contoh kerajinan dari bahan plastik

Nah, itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kompor listrik. Semoga membantu, ya, Ma!

Kelebihan dan kekurangan kompor induksi — Kompor adalah benda yang sangat penting untuk ada di dapur rumah Anda. Terdapat berbagai jenis kompor, salah satunya adalah kompor induksi. Kompor induksi dewasa ini mulai banyak digunakan pada dapur minimalis. Apakah Anda adalah salah satu yang tertarik untuk menggunakan kompor induksi?

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kompor induksi, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu kompor induksi dan juga kelebihan dan kekurangan kompor induksi. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kompor induksi, Anda bisa mempertimbangkan apakah kompor jenis ini cocok dengan kebutuhan Anda.

Apa itu Kompor Induksi?

source: subzero-wolf.co.uk

Kompor induksi adalah kompor dengan teknologi terkini yang dapat memungkinkan Anda untuk memasak tanpa api. Anda cukup menekan tombol dan meletakkan alat masak di atas kompor induksi dan Anda bisa memasak dengan mudah dan praktis tanpa nyala api. Sebelum memilih untuk menggunakan kompor jenis apa, pastikan Anda telah menyimak kelebihan dan kekurangan kompor tanam.

Bentuk kompor induksi terlihat unik dan modern, berbeda dengan tampilan kompor gas yang biasa. Sekilas kompor induksi terlihat mirip dengan kompor listrik, padahal sebenarnya keduanya berbeda. Sebelum melihat kelebihan dan kekurangan kompor induksi, yuk lihat terlebih dahulu apa sih perbedaan kompor induksi dan kompor listrik?

Baca Juga
Kelebihan dan Kekurangan Batu Marmer

Perbedaan Kompor Induksi dan Kompor Listrik

source: z-car.com

Kompor listrik sekilas terlihat sama dengan kompor induksi. Akan tetapi, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok dari keduanya. Kompor listrik dan kompor induksi memiliki cara yang berbeda dalam proses pemanasan.

Kompor induksi menggunakan energi elektromagnetik untuk memanaskan panci dan wajan secara langsung sedangkan kompor listrik tidak secara langsung memanaskan panci atau wajan. Kompor listrik menggunakan elemen pemanas yang dapat mengalirkan energi radiasi ke makanan.

Perbedaan Tingkat Keamanan

Kompor induksi memiliki perbedaan tingkat keamanan dengan kompor listrik. Menurut Good Housekeeping, kompor induksi relatif lebih aman dibandingkan dengan kompor listrik atau kompor gas. Hal ini dikarenakan kompor induksi hanya memanaskan item dengan partikel besi di dalamnya.

Perbedaan Suhu Maksimal Kompor

Suhu maksimal pada kompor induksi dan kompor listrik pun berbeda. Rata-rata, suhu maksimal kompor induksi bisa mencapai sekitar 351 derajat Celsius. Kompor listrik bisa memiliki suhu yang lebih panas dibanding kompor induksi, yakni rata-rata sekitar 393 derajat Celcius. Akan tetapi, kompor listrik cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beralih dari suhu panas yang tinggi ke suhu rendah.

source: bobvila.com

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Induksi

Setelah melihat berbagai perbedaan di antara kompor induksi dan kompor listrik, yuk lihat pula kelebihan dan kekurangan kompor induksi. Sebenarnya apa saja sih kelebihan dan kekurangan kompor induksi?

Efektif dan Efisien

Memasang dengan menggunakan jenis kompor induksi akan menjadi lebih efisien. Panas yang dihantarkan pada kompor induksi lebih cepat dan merata sehingga Anda bisa menghemat waktu saat memasak.

Baca Juga
8 Jenis Olahraga di Rumah, Menyehatkan Tubuh!

Baca Juga :   Upacara Pertunjukan Daerah Yang Berasal Dari Madura Yaitu

Aman

Kompor induksi sangat aman untuk digunakan. Kompor induksi tidak menghasilkan api yang menyala saat digunakan sehingga tidak bisa membakar atau membuat insiden kebakaran. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari kebocoran gas atau pun luka bakar. Tidak menggunakan api pada penggunaannya dapat membuat kadar oksigen di dapur Anda tidak akan berkurang. Dengan begitu, area dapur Anda menjadi lebih sehat.

Kompor Induksi Praktis

source: koolatron.com

Kompor induksi terbilang praktis. Anda tak perlu repot-repot membongkar pasang tabung gas selama pemakaiannya. Selain itu Anda pun tidak perlu khawatir akan mengalami kompor mati di tengah proses memasak karena kehabisan gas.

Suhu Dapat Diatur

Hal yang paling menarik dari kompor induksi adalah suhu panasnya dapat diatur sesuai selera. Hal ini yang membuatnya unggul jika dibandingkan dengan kompor gas yang suhunya hanya dikira-kira dengan melihat besar api pada kompor. Pengaturan suhu tersebut dapat meminimalisir terjadinya gosong atau over cook pada makanan sehingga Anda bisa memasak sesuai dengan tingkat kematangan yang Anda inginkan.

Bentuknya yang Menarik dengan Fitur yang Lengkap

Bentuk kompor induksi memiliki desain yang mewah dan elegan. Selain itu kompor induksi memiliki ketebalan yang cukup tipis sehingga tidak terlalu memenuhi dapur Anda dan dapat mempercantik area dapur minimalis Anda.

Kompor induksi pun memiliki fitur yang lengkap dan canggih. Fitur-fitur ini dapat membantu mempermudah Anda dalam kegiatan memasak. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah timer, touch control (kompor mode sentuh), automatic pan size recognition (fitur yang memungkinkan kompor mendeteksi ukuran dan bentuk peralatan masak dan menyesuaikan dengan daya listrik), child lock (mencegah anak bermain dengan kontrol kompor), boost (agar dapat memasak lebih cepat), dan automatic safety ahut-off (fitur yang memungkinkan kompor mati secara otomatis saat air mendidih).

Baca Juga
8 Desain Rumah Kontainer Terbaik Yang Cozy

Kekurangan Kompor Induksi

source: cooktophunter

Setelah memperhatikan kelebihan pada daftar kelebihan dan kekurangan kompor induksi, yuk intip apa saja sih kekurangan kompor induksi.

Pemakaian perlu Berhati hati

Kompor induksi memiliki permukaan yang dilapisi oleh kaca. Permukannya menjadi rentan rusak karena jika permukaan kaca tersebut rusak dan tergores maka kinerja kompor akan berkurang. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat Anda menggunakan kompor agar tidak mudah retak dan pecah.

Menggunakan ekstra listrik

Kompor induksi membutuhkan bantuan tenaga listrik agar dapat digunakan. Sayangnya, kompor induksi membutuhkan tenaga listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 300 hingga 2100 watt. Jika Anda lupa mematikan komputer, Anda bisa boros listrik.

Jadi setelah membaca kelebihan dan kekurangan kompor induksi, apakah Anda sudah menentukan ingin membeli kompor induksi yang seperti apa? Jika Anda ingin memasang kompor tanam sendiri di rumah, baca tips berikut ini untuk mempermudah pemasangannya.

Dapatkan berbagai jenis kompor yang cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.

Comments

comments

Apa kelebihan dan kekurangan kompor listrik

Posted by: pskji.org