Apa kebaikan daging sapi untuk tubuh kita?

Apa kebaikan daging sapi untuk tubuh kita?


Merdeka.com –

Satu atau dua generasi yang lalu, para orang tua dan kakek nenek mungkin memandang daging sebagai makanan yang sehat dan penuh gizi. Namun saat ini, pandangan tersebut telah sangat berbeda dan ada perbedaan pendapat mengenai apakah daging sebenarnya adalah makanan sehat atau justru membahayakan bagi kesehatan.

Daging lantas menjadi makanan yang sangat kontroversial. Di satu sisi, daging adalah makanan pokok dan sumber protein serta nutrisi penting yang baik. Di sisi lain, beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi daging adalah hal yang tidak sehat, tidak etis, dan tidak perlu.

Beberapa pandangan vegan yang lebih ekstrem bahkan menyeru pada pihak berwenang untuk menghentikan konsumsi daging. Namun, apa pun pendapat orang-orang tentang daging terutama daging merah, tetap ada beberapa manfaat kesehatan yang penting dari mengonsumsi daging untuk tubuh.

Berikut ini adalah uraian mengenai beberapa manfaat konsumsi daging untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui, melansir dari healthline.com danbeefcentral.com.

2 dari 8 halaman

Manfaaat konsumsi daging yang pertama adalah karena daging menyediakan sumber L-Carnitine yang besar. L-Carnitine adalah asam amino yang terbentuk secara alami dalam produk daging. Di antara fungsi lainnya, L-karnitin berperan dalam metabolisme lemak.

Sebagai bagian dari ini, L-Carnitine melakukan tugasnya mengangkut lemak ke mitokondria untuk dibakar. Penting untuk menjelaskan bahwa tubuh dapat mensintesis L-Carnitine dalam jumlah yang cukup untuk kebutuhan umum. Ini menjadikannya asam amino non-esensial.

Tubuh mensintesis L-Carnitine di dalam hati dan prosesnya bergantung pada asam amino L-lysine dan L-methionine. Akibatnya, defisiensi jarang terjadi. Penelitian menunjukkan bahwa asupan makanan yang mengandung L-Carnitine memiliki beberapa dampak kesehatan yang positif.

3 dari 8 halaman

Manfaat konsumsi daging yang kedua adalah karena daging membantu menyiapkan master antioksidan yang dikenal sebagai glutathione. Glotathione secara umum dikenal sebagai ‘antioksidan utama’ yang bermanfaat untuk anti penuaan, meningkatkan umur panjang, mencegah penyakit, mengurangi risiko penyakit kronis, dan memperkuat sistem kekebalan.

eatthis.com

Glutathione membantu melindungi setiap sel dalam tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan banyak penyakit kronis. Di sisi lain, kekurangan glutathione adalah ia berkontribusi pada stres oksidatif dan peradangan. Akibatnya, menjaga tingkat glutathione tetap tinggi penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Daging, terutama daging sapi merupakan sumber glutathione makanan lengkap (yang sudah dibentuk sebelumnya) yang cukup tinggi.

4 dari 8 halaman

3Manfaat konsumsi daging yang ketiga adalah karena daging tinggi akan protein dan mampu membantu meningkatkan massa otot. Terdapat banyak alasan mengapa Anda harus berusaha untuk memastikan asupan protein yang cukup ke dalam tubuh. Beberapa di antaranya adalah karena protein merupakan bahan pembangun yang digunakan tubuh untuk memperbaiki dan membuat tulang, kulit, dan tulang rawan.

Baca Juga :   Perbandingan standar hidup masyarakat suatu negara dari waktu ke waktu

Protein yang cukup membantu tubuh membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Dari semua makronutrien, protein adalah yang paling mengenyangkan, dan ia juga mencegah Anda mengidam makanan yang berlebih.

Daging sapi dikemas dengan asam amino yang meningkatkan kesehatan, dan merupakan salah satu sumber protein terbesar dalam makanan manusia. Misalnya, porsi 6oz (170g) dari 80% daging sapi tanpa lemak menyediakan 46g protein. Jika Anda memilih daging sapi yang lebih sedikit lemak, kandungan proteinnya bisa lebih tinggi.

5 dari 8 halaman

Manfaat konsumsi daging yang ke empat adalah karena daging memiliki kandungan yang kaya akan mineral. Jika Anda ingin meningkatkan asupan berbagai mineral, daging sapi adalah salah satu pilihan terbaik untuk dipertimbangkan dan dikonsumsi.

Pertama-tama, daging sapi relatif padat nutrisi dalam mineral. Daging sapi menyediakan lebih dari setengah jumlah selenium dan seng yang direkomendasikan setiap harinya. Banyak orang mengalami masalah defisiensi dengan beberapa mineral ini. Jadi, nilai gizi daging sapi dapat membantu melawan defisiensi global zat besi, magnesium, dan seng.

6 dari 8 halaman

Manfaat konsumsi daging yang kelima adalah untuk membantu mencegah anemia defisiensi zat besi. Anemia defisiensi besi merupakan epidemi yang berkembang di seluruh dunia. Bahkan di negara maju seperti Amerika Serikat, kekurangan nutrisi seharusnya tidak menjadi penyebab kematian, namun anemia membunuh ribuan orang setiap tahunnya.

Secara global hal ini bahkan lebih buruk, dan menurut Organisasi Kesehatan Dunia, 1,62 miliar orang menderita anemia defisiensi besi. Terdapat dua jenis zat besi yang tersedia dalam makanan, yakni zat besi heme dan non-heme.

©Pexels

Zat besi heme adalah bentuk zat besi yang banyak tersedia secara hayati, dan daging serta makanan hewani lainnya secara eksklusif mengandung jenis zat besi ini. Sementara, zat besi non-heme ditemukan dalam makanan nabati seperti buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

Dibandingkan dengan zat besi heme, tubuh lebih sulit untuk menyerap zat besi non-heme. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari daging adalah kandungan zat besi heme yang cukup besar.

Baca Juga :   Buatlah sebuah paragraf boros energi berdampak banyaknya biaya pemakaian listrik

7 dari 8 halaman

Manfaat konsumsi daging yang lainnya adalah karena daging mengandung sebuah asam amino yang penting yaitu karnosin. Karnosin (beta-analyl-L-histidine) adalah asam amino yang ditemukan di seluruh tubuh, dan memiliki beberapa peran penting dalam kesehatan manusia.

Karena daging sapi adalah salah satu sumber karnosin tertinggi (mengandung sekitar 50% lebih banyak daripada unggas), ini adalah manfaat kesehatannya yang unggul. Karnosin memiliki sifat anti-glikosilasi.

Tepatnya, karnosin mengurangi bahaya dari proses yang disebut ‘glikasi’ yang melibatkan produk akhir glikasi lanjutan. Glikasi berperan dalam proses penuaan dan merusak tubuh, berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan berbagai penyakit kronis lainnya.

Selain itu, karnosin membantu meningkatkan sistem kekebalan dan mengurangi peradangan. Asam amino ini juga dianggap membantu mencegah peroksidasi lipid di dalam sel.

8 dari 8 halaman

Manfaat konsumsi daging yang ke tujuh adalah karena daging kaya akan kandungan vitamin. Terdapat banyak nutrisi penting dalam daging sapi, dan rangkaian vitamin B menempati posisi terbanyak. Selain itu, daging sapi juga mengandung vitamin E dan K.

Vitamin B12 (cobalamin) adalah nutrisi yang sangat penting, dan ini karena hanya tersedia dari makanan hewani. Vitamin ini juga memiliki banyak manfaat yang meliputi perbaikan kulit, suasana hati yang positif, tidur yang lebih nyenyak, dan regenerasi saraf.

Penting untuk disadari bahwa kekurangan vitamin B12 juga dapat meningkatkan risiko depresi dan masalah kesehatan mental. Untungnya, porsi 6oz daging sapi menyediakan hampir 100% dari jumlah B12 yang disarankan.

Daging sapi seringkali dibuat sebagai olahan berbagai macam makanan sehingga tak heran daging sapi banyak digemari oleh hampir setiap orang. Olahan-olahan dari daging sapi ini selalu terlihat lezat dan menggugah selera. Misalnya saja olahan seperti bakso, sup, semur, hingga steak. Rasanya yang lezat dan menyimpan banyak kandungan gizi yang luar biasa menjadikan manfaat daging sapi baik untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

Masalah anemia merupakan kondisi ketika terjadi penurunan jumlah sel darah merah yang kemudian berkurangnya kemampuan darah dalam membawa oksigen. Kekurangan zat besi adalah penyebab paling umum dari anemia yang membuat penderitanya mengalami kelelahan dan kelemahan.

Daging sapi sendiri merupakan sumber zat besi yang cukup kaya sehingga efektif untuk meningkatkan produksi hemoglobin darah. Terutama kandungan bentuk zat besi heme. Tubuh akan menyerap zat besi heme jauh lebih efisien daripada zat besi non-heme, yaitu jenis zat besi yang ada dalam makanan nabati.

Baca Juga :   Jelaskan apa yang anda ketahui terkait teori kepemimpinan kontingensi bisa disebut juga contingency theory contingency leadership?

Daging sapi dapat membantu meningkatkan massa otot. Hal ini karena adanya kandungan protein dalam daging sapi yang cukup banyak sehingga daging sapi cocok untuk otot. Protein nutrisinya dapat digunakan tubuh untuk memperbaiki dan membuat tulang, kulit, dan tulang rawan kemudian membantu membangun dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Selain itu, dari semua makronutrien, protein dapat membuat kenyang dan akan mencegah kamu makan berlebih.

Daging sapi mengandung karnosin yang ampuh bagi tubuh, sekitar 50% yang lebih banyak dari unggas. Karnosin merupakan asam amino yang ditemukan di seluruh tubuh dan berperan penting untuk kesehatan manusia. Karnosin juga memiliki sifat anti-glikosilasi yang dapat mengurangi bahaya dari proses yang disebut glikasi, yaitu yang bisa berpotensi menyebabkan aterosklerosis dan penyakit kronis. Selain itu, karnosin juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Daging sapi dapat meningkatkan stamina tubuh dalam berolahraga. Hal ini karena daging sapi mengandung asam amino berupa karnosin yang berguna untuk mendukung fungsi otot. Kadar karnosin yang tinggi pada otot ini akan berdampak positif bagi tubuh, seperti membuat tubuh menjadi kuat karena karnosin dapat mengurangi kelelahan dan juga meningkatkan kinerja tubuh dalam beraktivitas, khususnya saat kamu berolahraga.

Daging sapi dapat membantu menjaga berat badan meskipun meskipun memiliki kolesterol tinggi. Hal ini karena adanya senyawa asam linoleat terkonjugasi dan L-carnitine. Menurut sebuah penelitian, konsumsi suplemen L-carnitine dapat membantu penurunan berat badan yang bisa lebih signifikan dari kelompok yang tidak mengonsumsi. Sedangkan asam linoleat terkonjugasinya dipercaya dapat membantu penurunan lemak dengan tetap memperhatikan porsi dan cara pengolahan yang tepat.

Daging sapi kaya akan kandungan mineral yang bisa membantu menghindarkan dari defisiensi mineral. Mineral sendiri sangat berguna untuk mengaktifkan ratusan reaksi enzim dalam tubuh. Hal inilah yang menjadikan manfaat daging sapi untuk kesehatan bisa diandalkan. Apalagi kalsiumnya bisa meningkatkan impul saraf dan pembekuan darah, magnesiumnya bisa menjaga tulang dan hati dan potasiumnya bisa menjaga dan memaksimalkan membran sel tubuh.

Itulah manfaat daging sapi bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya dengan tepat. Konsumsi daging sapi sangat dianjurkan sebagai bagian dari menu harian kamu. Jadi, jangan sampai melewatkan konsumsi dari daging sapi ya Lemonizen!

Apa kebaikan daging sapi untuk tubuh kita?

Posted by: pskji.org