Akibat mematikan laptop dengan tombol power

Akibat mematikan laptop dengan tombol power

Banyak pengguna komputer yang dilatih untuk tidak mematikan PC mereka dengan menekan tombol power pada PC desktop mereka. Ini digunakan untuk menimbulkan masalah di milenium sebelumnya, tetapi sekarang sangat aman untuk ditutup dengan tombol power.

Ini sangat berguna pada Windows 8, di mana tidak ada tombol daya yang jelas kecuali Anda tahu untuk melihat di bilah charms atau menu tersembunyi Windows Key + X. Tetapi ada tombol power – dan itu ada pada PC Anda.

Mengapa Komputer Tua Tidak Dapat Menangani Ini

Jika Anda pernah menggunakan Windows 95 pada komputer lama, Anda mungkin akan ingat bagaimana Anda harus mematikan PC. Anda membuka menu Start, mengklik Shut Down, dan menunggu dengan sabar komputer untuk menyelesaikan apa pun yang dilakukannya. Ketika sudah siap untuk Anda tutup, Anda akan melihat pesan “Sekarang aman untuk mematikan komputer Anda” di layar Anda dan Anda akan menekan tombol daya untuk mematikannya.

Tombol power tidak terlalu pintar pada masa itu. Ketika Anda menekannya, itu segera memotong daya ke perangkat keras komputer. Sama seperti Anda tidak akan menarik kabel daya komputer desktop dari stopkontak saat sedang berjalan hari ini, Anda tidak akan menekan tombol daya untuk mematikannya. Pemutus daya mendadak berarti komputer tidak akan dapat dimatikan dengan bersih. Anda dapat kehilangan pekerjaan dan sistem file mungkin rusak. Jika Anda melakukan ini pada Windows 95, komputer Anda harus menjalankan ScanDisk ketika Anda mem-boot-nya kembali, mencoba untuk memperbaiki semua kerusakan yang disebabkan oleh shut down.

Ketika Anda mengklik Shut Down di Windows pertama, Windows membungkus semua yang dilakukannya, menutup semua program yang terbuka dan menyimpan semua data ke disk. Komputer Anda tidak melakukan apa-apa ketika pesan itu muncul di layar Anda, jadi aman untuk memotong daya ke sana.

Mengapa Komputer Baru Bisa Dengan Aman Mematikan

Komputer lama menggunakan solusi berteknologi rendah. Daripada tiba-tiba memotong daya ke komputer, mengapa tombol daya tidak bisa mengirim sinyal ke sistem operasi komputer dengan mengatakan “Hei, sudah waktunya untuk mematikan, selesaikan apa yang Anda lakukan” dan biarkan komputer dimatikan secara cerdas? Dan, ketika Anda berhenti dari sistem operasi, mengapa Anda harus duduk di depan komputer dan menunggu untuk menekan tombol daya setelah semuanya selesai? Mengapa sistem operasi tidak bisa berkata pada komputer “sekarang aman untuk dimatikan, matikan”?

Pertanyaan-pertanyaan ini dijawab oleh standar Advanced Configuration and Power Interface (ACPI), yang telah digunakan komputer baru selama lebih dari satu dekade. Ketika Anda menekan tombol power pada komputer Anda, itu tidak tiba-tiba memotong daya – itu mengirimkan sinyal ke sistem operasi dan memberitahu untuk menutup. Sistem operasi juga dapat memahami beberapa jenis sinyal ACPI, yang adalah bagaimana beberapa laptop dapat memiliki tombol daya dan tidur yang terpisah. Dan, ketika Anda mengklik Shut Down di Windows, ia menggunakan ACPI untuk mengirim sinyal ke perangkat keras komputer Anda, memberitahukannya untuk memotong daya sehingga Anda tidak perlu menekan tombol daya dengan tangan.

Baca Juga :   Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Brainly

Dengan kata lain, tombol power komputer Anda cukup pintar untuk melakukan hal yang benar. Anda tinggal menekan tombol daya pada casing Anda untuk mematikannya. Ingatlah bahwa tombol daya ini dapat dikonfigurasi untuk melakukan hal-hal yang berbeda, sehingga Anda dapat mematikan komputer, tidur, atau hibernate saat Anda menekan tombol daya.

Windows 98 memperkenalkan dukungan untuk ACPI, tetapi membutuhkan perangkat keras yang sesuai. Jika Anda menginstal Windows versi modern pada perangkat keras yang lebih lama, Anda masih akan melihat pesan “Sekarang aman untuk mematikan komputer Anda” dan harus menekan tombol daya secara manual.

Menahan Tombol Daya Masih Memotong Daya ke Komputer

Tombol daya komputer Anda cerdas, tetapi ini mungkin menjadi masalah dalam beberapa situasi. Misalnya, jika Windows dibekukan dan Anda menekan tombol daya, komputer akan mengirim sinyal ACPI yang sesuai ke Windows, tetapi Windows tidak akan dapat merespons. Komputer Anda akan tetap beku dan tidak bisa dimatikan.

Untuk alasan ini, ada cara untuk secara paksa memotong daya ke komputer Anda jika Anda mengalami masalah. Cukup tekan tombol daya dan tahan. Setelah beberapa detik, daya akan dipotong ke komputer Anda dan tiba-tiba akan mati. Ini biasanya ide yang buruk, karena dapat menyebabkan kehilangan data, korupsi sistem file, dan masalah lainnya. Namun, jika komputer Anda dibekukan dan tombol daya tidak berfungsi, itu adalah failafe yang Anda miliki. Ini memungkinkan Anda untuk menyalakan laptop saat Anda tidak dapat melepas baterai.

Bagaimana Memilih Apa Yang Terjadi Ketika Anda Menekan Tombol Daya

Windows dan sistem operasi lain memungkinkan Anda untuk menyesuaikan apa yang terjadi ketika Anda menekan tombol daya di komputer Anda. Jika Anda selalu ingin mematikan komputer Anda, Anda dapat melakukannya – atau Anda dapat selalu memasukkan komputer Anda ke mode hibernate ketika Anda menekan tombol daya. Pilihannya terserah Anda.

Untuk menyesuaikan ini di Windows, buka Panel Kontrol, klik Perangkat Keras dan Suara, dan klik Ubah apa yang dilakukan tombol daya di bawah Opsi Daya.

Pilih opsi dari daftar di sini. Anda dapat memilih opsi terpisah saat komputer Anda terhubung atau menggunakan baterai. Jika Anda suka, Anda juga dapat mengatur komputer untuk tidak melakukan apa pun ketika Anda menekan tombol daya, secara efektif menonaktifkan tombol daya. Jika Anda memiliki laptop, Anda juga dapat mengontrol apa yang terjadi ketika Anda menutup penutup – menutup penutup juga mengirimkan sinyal ACPI, sehingga komputer dapat secara otomatis pergi tidur ketika Anda menutup tutupnya.

Baca Juga :   Jelaskan berdasarkan hasil-hasil temuan Apakah periodisasi secara arkeologis pada masa praaksara?

Ingatlah bahwa ini tidak akan bekerja pada perangkat keras kuno yang Anda temui. Jika Anda mematikan komputer bisnis yang sangat kuno dengan menekan tombol daya, seseorang mungkin akan merasa tidak senang dengan Anda.

Kredit Gambar: Arria Belli di Flickr, Jérôme Coppée di Flickr

Kapanlagi.com
– Mematikan laptop mungkin jadi hal yang sering dianggap sepele. Padahal, mematikan laptop bisa sangat menentukan kondisi dan keawetan laptop. Ya, jika dilakukan secara asal-asalan, laptop bisa mengalami berbagai kendala kerusakan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mematikan laptop yang benar.

Terlebih seperti yang kita tahu, saat ini teknologi terus berkembang termasuk pada perangkat dalam laptop. Maka, bisa saja satu jenis laptop dengan yang lainnya mempunyai sistem yang berbeda. Sehingga, cara pengoperasian laptop tentu saja juga akan berbeda-beda. Begitu pula dalam tata cara mematikannya yang harus mempunyai tata cara berbeda.

Lantas, bagaimana cara mematikan laptop yang benar agar tidak cepat rusak? Dirangkum dari berbagai sumber, simak beberapa ulasannya berikut ini.

1. Bahaya Mematikan Laptop Sembarangan

Di balik kegunaannya yang luar biasa, sebenarnya laptop terbilang barang yang rentang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, laptop harus digunakan secara hati-hati agar tidak rusak. Berbagai hal yang terkesan sepele, seperti asal-asalan saat mematikan bisa meningkatkan risiko kerusakan pada laptop.

Cara mematikan laptop yang benar seringkali disebut dengan istilah shut down. Mematikan laptop tak bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol power. Sayangnya karena terburu-buru, seringkali orang justru melakukannya. Padahal, mematikan laptop lewat tombol power bisa jadi kesalahan fatal yang harus dihindari pengguna.

Berikut beberapa bahaya akibat mematikan komputer secara asal-asalan dengan langsung menekan tombol power (tanpa shut down).

1) RAM Akan Bermasalah

Pada sebuah komputer atau laptop, RAM memiliki peran yang sangat penting. RAM berfungsi membagi tugas atas perintah yang diberikan pengguna untuk komputer. Apabila kita mematikan komputer melalui shut down, maka RAM akan menutup semua aplikasi secara baik dan teratur. Sebaliknya, jika kita mematikan laptop secara paksa maka, aplikasi tak akan tertutup sempurna, sehingga bisa berisiko terjadi kerusakan fatal.

2) Hard Disk Menjadi Bad Sector

Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi akibat mematikan komputer tanpa shut down yaitu terjadinya bad sector pada hard disk. Penyebabnya, piringan yang berada dalam hard disk akan terus berputar ketika digunakan. Jika komputer mati secara paksa, maka hard disk akan turut berhenti secara tiba-tiba.

Baca Juga :   Perbandingan react native dan flutter

3) Registry Menjadi Berantakan

Bahaya mematikan laptop tanpa shut down berikutnya yaitu gangguan pada sistem operasi, khususnya di bagian registry. Saat laptop sedang menjalankan sebuah aplikasi, kemudian secara tiba-tiba dimatikan dengan menekan tombol power, maka registry tersebut akan menjadi berantakan dan tidak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.

2. Cara Mematikan Laptop dengan Mouse

Bagaimanapun laptop merupakan satu alat elektronik yang di dalamnya didukung sejumlah perangkat dan sistem. Salah satu perangkat yang biasa dipakai untuk mendukung kerja laptop adalah mouse. Tak saja memudahkan kita saat bekerja, ternyata pemakaian mouse juga berguna untuk menjaga kondisi laptop. Pasalnya, mouse bisa kalian gunakan untuk mematikan laptop secara benar dan aman.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mematikan laptop dengan menggunakan mouse:

1) Khusus untuk mematikan komputer dan laptop Windows 8 dan 8.1, kalian bisa langsung gerakkan kursor ke sisi kanan atas layar laptop.

2) Setelah itu, klik opsi Pengaturan di sudut kanan bawah.

3) Kemudian, klik tombol Power, setelah mengklik opsi daya, antarmuka seperti itu muncul.

4) Berikutnya, klik opsi matikan, setelah mengklik opsi ini sistem komputer dan laptop benar-benar mati.

3. Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Jika tak menggunakan mouse, kalian juga bisa menggunakan cara mematikan laptop langsung dengan keyboard. Caranya tak kalah mudah dan praktis. Bahkan kalian bisa mengaksesnya dengan sangat cepat melalui beberapa kombinasi tombol pintas, seperti Alt + F4, Ctrl + Alt + Del, dan Win + X.

4. Cara Mematikan Laptop dengan Sistem Windows 10

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, setiap laptop yang memakai sistem berbeda juga akan mempunyai cara pengoperasian yang berbeda pula. Oleh karena itu, cara mematikan laptop dengan sistem windows 10 berbeda dengan laptop yang memakai sistem jenis atau versi windows lainnya. Adapun cara mematikan laptop dengan sistem windows 10 adalah sebagai berikut.

1) Khusus untuk mematikan laptop dengan sistem windows 10, kalian bisa klik tombol jendela di sisi kiri bawah layar laptop.

2) Setelah itu, akan muncu ltombol power, kemudian klik.

3) Terakhir, klik opsi daya lalu, klik opsi matikan.

Di samping cara di atas, ada satu lagi cara untuk mematikan laptop dengan sistem windows 10. Cara ini bisa dilakukan dengna menekan tombol pintas kombinasi Ctrl + Alt + Del, Alt + F4, dan WIN + X.

Itulah di antaranya cara mematikan laptop dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca artikel lainnya:

Akibat mematikan laptop dengan tombol power

Posted by: pskji.org