Prinsip geografi yang melihat suatu permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang interelasi

Prinsip geografi yang melihat suatu permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang interelasi

Jakarta
– Pengetahuan mengenai bumi telah ada sejak puluhan abad sebelum masehi. Ilmu yang dinamakan geografi ini memiliki
prinsip geografi
untuk menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi.

Ungkapan geografi pertama kali disebutkan Eratosthenes melalui kata “Geographica”, berasal dari Geo (bumi) dan Graphica (lukisan atau tulisan).

Berdasarkan hasil seminar Ikatan Ahli Geografi Indonesia pada tahun 1988 di Semarang, menyepakati rumusan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Pada intinya, geografi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aktivitas yang ada di muka bumi. Untuk mengkaji dan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi, diperlukan beberapa prinsip geografi sebagai landasannya.

Empat
prinsip geografi
terbagi menjadi empat, yaitu prinsip persebaran, interelasi, deskripsi, dan korologi atau keruangan.

Bagaimana penjelasan dan contohnya? Mengutip dari e-modul Geografi kelas X dari Kemendikbud, ini pengertian 4
prinsip geografi
dan contohnya:

1. Prinsip Persebaran

Prinsip persebaran atau distribusi menyatakan suatu gejala dan fenomena yang tersebar secara tidak merata dan tidak sama di permukaan bumi. Gejala atau fenomena tersebut dapat berupa fenomena fisik maupun fenomena sosial. Fenomena geografi yang bisa diteliti misalnya bentang alam, tumbuhan, hewan, dan manusia.

Prinsip ini bisa digunakan untuk mengungkapkan hubungan antar fenomena secara menyeluruh. Prinsip persebaran juga dipakai untuk memperkirakan keadaan mendatang. Contoh dari prinsip persebaran adalah persebaran flora dan fauna di Indonesia, persebaran potensi air, dan persebaran penduduk transmigran di Indonesia.

2. Prinsip Interelasi

Prinsip interelasi adalah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain di dalam suatu ruang. Hubungan yang saling terkait ini bisa terjadi antara fenomena fisik dan fenomena sosial.

Baca Juga :   Perbedaan collection dan shop

Intinya, prinsip ini dapat dipakai untuk mengurai hubungan antara gejala-gejala dalam suatu ruang yang saling mempengaruhi.

Contoh dari prinsip ini adalah kekeringan yang terjadi akibat dampak fenomena La Nina, fenomena banjir yang terjadi akibat penebangan hutan pada wilayah hulu, dan tsunami di suatu wilayah setelah ada gempa laut.

3. Prinsip Deskripsi

Prinsip geografi
berikutnya adalah prinsip deskripsi. Prinsip ini digunakan untuk menjelaskan lebih jauh tentang gejala-gejala di muka bumi yang dapat diamati. Persebaran dan hubungan dari gejala serta fenomena ini biasanya disajikan dalam bentuk grafik, data, maupun peta.

Contoh dari prinsip deskripsi adalah penggambaran angka pengangguran pada provinsi Jawa Barat, grafik peta lempeng tektonik di dunia, peta wilayah lautan pada kawasan Timur Tengah, dan peta penggunaan tanah untuk menganalisis wilayah dan kesesuaian lokasi.

4. Prinsip Korologi

Terakhir, ada prinsip korologi. Prinsip ini merupakan yang paling komprehensif karena merupakan perpaduan ketiga prinsip sebelumnya. Tiap gejala atau fenomena geografi dikaji dengan memadukan prinsip persebaran, interelasi, dan deskripsi. Prinsip korologi dapat menunjukkan perbedaan gejala, fenomena, dan fakta antar wilayah.

Contoh penggunaan prinsip ini misalnya untuk mengetahui masalah suhu udara, perlu penelitian mengenai perbedaan suhu udara pada pedesaan dan perkotaan, penyebab timbulnya udara sejuk di pedesaan, dan pengaruh banyaknya pepohonan di desa terhadap suhu udara sejuk di wilayah pedesaan dibanding perkotaan.

Contoh lainnya, mencari tahu mengenai kesenjangan pembangunan di Pulau Jawa dan Pulau Timur Indonesia, perlu meneliti jumlah sumber daya di kedua pulau, penyebab pembangunan di Pulau Jawa lebih maju, dan lain-lain.

Bagaimana, cukup mudah kan memahami
prinsip geografi?
(pal/pal)

★ SMA Kelas 10 / Ujian Semester 1 Geografi SMA Kelas 10

Prinsip geografi yang melihat suatu permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang interelasi, persebaran, dan interaksinya dalam suatu daerah dan ruang tertentu yaitu prinsip….

Baca Juga :   Perhatikan gambar DNA berikut yang merupakan basa nitrogen adalah

a. Korologi

b. Pola

c. Interelasi

d. Deskripsi

e. Interaksi

Pilih jawaban kamu:
A  B  C  D  E

Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar

Preview soal lainnya: Ujian Semester 1 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) SMA Kelas 12

Pancasila memberikan keyakinan kepada rakyat dan bangsa Indoensia bahwa kebahagiaan hidup akan tercapai apabila…. a. didasarkan atas pelaksanaan demokrasi Pancasila b. masing-masing individu harus bekerja keras c. setiap manusia harus hidup hemat dan bersahaja d. didasarkan atas keselarasan dan keseimbangan

e. pelaksanaan pembangunan berjalan lancar

Latihan Soal – SD/MI – SMP/MTs – SMA | Kategori : Geografi

★ Ujian Semester 1 Geografi SMA Kelas 10

Prinsip geografi yang melihat suatu permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang interelasi, persebaran, dan interaksinya dalam suatu daerah dan ruang tertentu yaitu prinsip….

a. Korologi

b. Pola

c. Interelasi

d. Deskripsi

e. Interaksi

Pilih jawaban kamu:
A  B  C  D  E

Kamu menjawab : a
|
selamat, jawaban kamu benar 🙂

Soal / jawaban salah? klik disini untuk mengoreksi melalui kolom komentar

Preview soal lainnya: UTS Semester 1 Geografi SMA Kelas 12

Manfaat industrilisasi adalah sebagai berikut, kecuali …. a. memperluas lapangan kerja b. meningkatkan pendapat masyarakat c. mendorong dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi d. meningkatkan pemanfaatan bahan mentah

e. meningkatkan konsumenrisme masyarakat

Prinsip geografi yang melihat suatu permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang interelasi, persebaran, dan interaksinya dalam suatu daerah dan ruang tertentu yaitu prinsip…. a. Pola b. Korologi c. Interelasi d. Deskripsi e. Interaksi

Jawaban B

Ilustrasi Geografi. Sumber: Unsplash.com


Ada empat

prinsip geografi
, yakni prinsip distribusi, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi. Sebelum membahas mengenai prinsip georgrafi kita perlu mengetahui sejarah dari ilmu tentang bumi ini.

Baca Juga :   Kata Apa Yang Menggambarkan Proses Dan Aksi


Dilansir dari Kelaspintar.id, istilah geografi pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli filsafat dan astronomi yang bernama Eratosthenes. Kata geografi itu sendiri berasal dari Bahasa Yunani kuno

geo

yang artinya dalah bumi dan

graphein

yang artinya adalah tulisan atau menjelaskan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, perbedaan keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan

bumi
.


Agar lebih jelas mempelajari geografi simaklah definisi tentang empat prinsip geografi. Pahamilah dengan baik agar belajar geografi menjadi lebih mudah!


Prinsip Geografi dan Definisinya



Prinsip distribusi

. Prinsip ini merupakan kunci dalam studi geografi. Prinsip distribusi menjelaskan terjadinya persebaran gejala-gejala geosfer yang ada di permukaan bumi menyangkut kondisi fisik dan sosial.



Prinsip interelasi

, yakni prinsip yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara gejala geografi yang satu dengan gejala geografi lain di muka bumi. Prinsip ini mengungkapkan hubungan antara gejala fisik dengan gejala fisik, hubungan antara gejala fisik dengan gejala sosial, dan hubungan antara gejala sosial dengan gejala sosial.



Prinsip deskripsi

. Prinsip ini memberikan penjalasan tentang karakteristik gejala geografi (dimensi titik, garis, bidang, dan ruang) secara spesifik. Penerapan prinsip ini dapat digunakan untuk menjelaskan atau menguraikan peta serta distribusi keruangannya.



Prinsip korologi

, yakni prinsip yang melihat permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang persebaran, interelasi, dan interaksinya dalam suatu wilayah tertentu (region).


Semoga artikel ini dapat membantumu

belajar

tentang prinsip geografi, ya! Tuliskan informasi lainnya yang kamu inginkan di kolom komentar Kumparan, ya! (AA)

Prinsip geografi yang melihat suatu permasalahan geografi berdasarkan sudut pandang interelasi

Posted by: pskji.org