Dalam berdiskusi kita terjadi perbedaan pendapat dengan teman sikap kita adalah

Dalam berdiskusi kita terjadi perbedaan pendapat dengan teman sikap kita adalah

Dalam suatu hal yang melibatkan lebih dari satu orang seperti saat sekolah, bekerja atau organisasi pasti ada waktu di mana kalian berdiskusi tentang sesuatu. Karena cara berpikir orang yang berbeda-beda, adanya perbedaan pendapat dalam diskusi pun tidak bisa dihindarkan.

Tapi kalau hal itu terjadi jangan langsung menghakimi dulu, cobalah untuk menanganinya dengan bijak. Bisa coba lima tips di bawah ini kalau kamu tidak tahu bagaimana menanganinya, simak baik-baik ya.

1. Mencoba memahami pendapat yang lain dulu

Pexels.com/August De Richelieu

Jika terjadi perbedaan pendapat saat sedang berdiskusi maka cobalah untuk memahami pendapat yang lain terlebih dahulu. Coba memahami dari berbagai sudut pandang agar tidak ada yang terpojokkan, sebab berbedanya pendapat pasti ada alasan di baliknya kan.

2. Utamakan untuk tidak egois

Pexels.com/Christina Morillo

Kedua, harus selalu mengutamakan sikap untuk tidak egois kalau sedang diskusi. Jangan sekali-kali mementingkan diri sendiri dan merasa paling benar, atau menggiring opini agar yang lain sependapat denganmu. Karena dalam diskusi harusnya semua orang bebas untuk mengeluarkan pendapatnya sendiri.


Baca Juga: 6 Alasan Kamu Harus Setuju Beda Pendapat dalam Hubungan Serius

3. Mencari penengah dan solusi terbaik bersama-sama

Pexels.com/Retha Ferguson

Lalu carilah penengah atau jalan tengah dari perbedaan yang ada dan solusi terbaik bersama-sama. Libatkan semua orang yang bersangkutan dalam memilih keputusan terbaik, dan usahakan untuk selalu objektif dalam menilai dan tidak memihak.

4. Tidak menghakimi dan hati-hati dalam bicara

Kalau ada pendapat yang berbeda dalam suatu diskusi maka jangan langsung menghakimi dan harus hati-hati dalam bicara. Jangan pilih kata-kata yang sensitif atau berpotensi menyinggung perasaan orang. Hal ini dilakukan agar perbedaan pendapat itu gak menyulut emosi atau pertengkaran.

Baca Juga :   Start yang digunakan pada lari jarak pendek adalah start

5. Gak melibatkan orang luar yang tidak bersangkutan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Tips yang terakhir ini bisa dibilang sangat penting, yaitu tidak melibatkan orang luar yang tidak bersangkutan dalam diskusi itu. Karena orang luar tentu tidak paham dengan situasinya, dan bisa-bisa keterlibatannya malah membuat keadaan jadi panas dan diskusi bisa berakhir buruk.

Diskusi itu kegiatan yang setiap orang bebas dalam berpendapat, dan lima tips di atas bisa kamu gunakan untuk menangani dengan bijak jika terjadi perbedaan pendapat antara satu sama lain.


Baca Juga: 5 Manfaat Berargumen Saat Beda Pendapat yang Bisa Tingkatkan Analisa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Pengambilan keputusan adalah suatu proses untuk memilih berbagai alternatif yang ada. Alternatif – alternatif itu adalah pendapat – pendapat dari berbagai pihak. Setiap orang pasti pernah mengalami beda pendapat dengan orang lain. Mungkin dengan pasangannya, teman, rekan kerja atau pimpinannya sekalipun.

Hal itu adalah wajar karena manusia diciptakan memiliki perbedaan satu sama lain. Lantas bagaimana menyikapinya? Terutama ketika kamu harus mengambil keputusan yang amat krusial. Tidak jarang pertengkaran terjadi lantaran pengambilan keputusan sepihak yang bisa merugikan banyak orang.

Yup, sikap kamu dalam mengambil keputusan sangat berperan. Agar kamu dapat mengatasinya diperlukan sikap yang arif dan bijaksana. Beberapa hal yang wajib kamu lakukan ketika menghadapi beda pendapat seperti ini.

1. Berkata-kata yang sopan dan lembut

unsplash.com/César Abner Martínez Aguilar

Sebenarnya sih tidak hanya saat berbeda pendapat, namun setiap saat kamu sebaiknya bertutur kata yang span dan lembut. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang rendah hati dan menghargai orang lain.

Baca Juga :   Senyawa hidrokarbon yang mempunyai rumus molekul sama tetapi rumus strukturnya berbeda disebut

Dengan berkata-kata yang sopan dan lembut pastinya orang lain juga akan menaruh rasa hormat dan menghargai kamu. Tutur kata yang lembut setidaknya membuat momen-momen diskusi terasa lebih nyaman, sekalipun kamu sedang berbeda pendapat dengan lawan bicaramu.

2. Hargai pendapat orang lain

unsplash.com/Christin Hume

Terkadang kamu mungkin merasa pendapat kamulah yang paling benar. Sikap seperti ini akan menyebabkan kamu merasa sombong, angkuh dengan tidak menghargai pendapat orang lain. Apalagi ketika orang itu adalah bawahanmu, atau orang yang status sosialnya lebih rendah darimu. Hal ini akan membuat orang lain sakit hati karena merasa diremehkan.

Padahal, belum tentu pendapat kamu benar dan pendapat mereka salah. Untuk itu kamu harus menghargai apa pun pendapat dari orang lain meskipun berbeda denganmu. Jika pendapat orang lain lebih baik atau lebih tepat, harus berani berbesar hati untuk menerimanya. Dengan begitu orang lain akan terasa dihormati dan kamu akan mendapatkan kepercayaan untuk mengambil keputusan.

3. Hilangkan sifat egois

unsplash.com/Vinicius “amnx” Amano

Sifat egois seringkali menjadi bumerang bagi diri sendiri. Orang yang egois pasti inginnya menang sendiri, hanya memikirkan kepentingan sendiri tanpa memperdulikan orang lain. Apalagi ketika beda pendapat dengan orang lain, orang yang egois cenderung mengambil keputusan dengan sewenang-wenang.

Hal ini tentunya sangat merugikan orang lain. Sifat ini harus dihilangkan karena akan menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Orang yang egois akan cenderung dijauhi oleh orang lain sehingga tidak memiliki teman. Pasti akan sangat merugikan diri sendiri jika kamu tidak punya teman dalam kehidupan sosial. Maka dari itu hilangkan sifat egois sesegera mungkin, kamu harus mulai berprasangka baik pada setiap pendapat yang ada meskipun berbeda dengan pendapatmu – karena bisa jadi pendapat orang lain jauh lebih baik dari pendapatmu.

Baca Juga :   Perbedaan artikel opini dan tajuk rencana


Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipahami Ketika Berbeda Pendapat dengan Orang Lain

4. Bermusyarah untuk mengambil keputusan

Bermusyawarah sangat penting sebelum seseorang mengambil keputusan. Terutama keputusan yang tidak hanya menyangkut dirinya sendiri akan tetapi untuk kepentingan orang banyak. Pasti akan ada beda pendapat dan akan muncul sifat egois dari diri kita. Hargai setiap pendapat yang ada dan berilah toleransi kepada setiap pihak untuk mengungkapkan pendapatnya.

Dengan bermusyawarah, kamu bisa menimbang dan memikirkan matang-matang pendapat yang ada. Pastinya, musyawarah juga akan menghasilkan keputusan yang matang dan dapat diterima oleh semua pihak.

5. Selipkan humor

unsplash.com/Giorgio Trovato

Salah satu cara yang harus kamu lakukan ketika sedang terjebak beda pendapat dengan lawan bicaramu adalah menyelipkan humor. Sekadar bercanda demi mencairkan suasana setidaknya bisa mengurangi ketegangan di antara kalian. Ketika ketegangan berkurang, kamu dan lawan bicaramu pun bisa lebih rileks dan tenang dalam menyikapi perbedaan di antara kalian. Bukan tidak mungkin, lawan bicaramu pun akhirnya akan sepakat dengan pendapatmu ketika dia sudah merasa nyaman mengobrol denganmu.

Nah gimana? Kamu pasti pernah mengalami beda pendapat dengan lawan bicaramu ‘kan? Apakah kamu sudah menerapkan hal-hal di atas? Jika belum, yuk coba mulai sekarang!


Baca Juga: 5 Manfaat Berargumen Saat Beda Pendapat yang Bisa Tingkatkan Analisa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Dalam berdiskusi kita terjadi perbedaan pendapat dengan teman sikap kita adalah

Posted by: pskji.org