Sebutkan sikap yang perlu diteladani dari para pemuda indonesia dalam peristiwa sumpah pemuda

Sebutkan sikap yang perlu diteladani dari para pemuda indonesia dalam peristiwa sumpah pemuda

Lihat Foto

28 Oktober 1928 di halaman depan Gedung IC, Jl. Kramat 106, Jakarta. Tampak duduk dari kiri ke kanan antara lain (Prof.) Mr. Sunario, (Dr.) Sumarsono, (Dr.) Sapuan Saatrosatomo, (Dr.) Zakar, Antapermana, (Prof. Drs.) Moh. Sigit, (Dr.) Muljotarun, Mardani, Suprodjo, (Dr.) Siwy, (Dr.) Sudjito, (Dr.) Maluhollo. Berdiri dari kiri ke kanan antara lain (Prof. Mr.) Muh. Yamin, (Dr.) Suwondo (Tasikmalaya), (Prof. Dr.) Abu Hanafiah, Amilius, (Dr.) Mursito, (Mr.) Tamzil, (Dr.) Suparto, (Dr.) Malzar, (Dr.) M. Agus, (Mr.) Zainal Abidin, Sugito, (Dr.) H. Moh. Mahjudin, (Dr.) Santoso, Adang Kadarusman, (Dr.) Sulaiman, Siregar, (Prof. Dr.) Sudiono Pusponegoro, (Dr.) Suhardi Hardjolukito, (Dr.) Pangaribuan Siregar dan lain-lain.

KOMPAS.com
– Peristiwa Sumpah Pemuda merupakan salah satu titik penting dalam sejarah pergerakan kebangsaan Indonesia.

Kongres Pemuda dan Sumpah Pemuda menandakan bahwa nasionalisme bukan hanya milik organisasi-organisasi politik, namun juga milik para pemuda dan pelajar.

Sumpah Pemuda dideklarasikan dalam Kongres Pemuda II pada 27-28 Oktober 1928. Kongres Pemuda II terlaksana atas gagasan dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).

Berikut merupakan isi dari Sumpah Pemuda:

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia

Baca juga: Sumpah Pemuda, Menandai Periode Penegas Kemerdekaan Bangsa Indonesia

Dalam buku Sejarah Indonesia Modern: 1200-2004 (2008) karya M.C Ricklefs, Kongres Pemuda II dihadiri oleh banyak perhimpunan dan organisasi pemuda daerah seperti PPPI, Jong Java, Jong Sumatra, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Ambon, Jong Islamieten, Jong Katholik, Pemuda Kaum Betawi dan lainnya.

Baca Juga :   Apakah yang dimaksud dengan respon imunitas seluler?

Hasil Kongres Pemuda pada perkembangannya dijadikan sebagai dasar dalam upaya perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Dalam Kongres Pemuda II, lagu kebangsaan Indonesia Raya karya W.R Supratman untuk pertama kalinya dikumandangkan.

Lihat Foto

KOMPAS/JB SURATNO

Gedung Sumpah Pemuda

Nilai-nilai penting Sumpah Pemuda

Peristiwa Sumpah Pemuda mengandung banyak nilai-nilai penting yang wajib kita lestarikan dan terapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut merupakan nilai-nilai penting Sumpah Pemuda :

Peristiwa Sumpah Pemuda yang dihadiri oleh perhimpunan dan organisasi daerah dari seluruh Indonesia menandakan adanya persatuan dalam proses memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Baca juga: Latar Belakang Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda juga telah membuktikan bahwa perbedaan suku, bangsa, ras dan bahasa tidak menjadi penghalang dalam upaya perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Sumber Gambar: bincangedukasi.com

Selain proklamasi pada 17 Agustus 1945, terdapat semangat lain dari bangsa Indonesia yang nggak boleh kita lupakan, yaitu Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah bentuk kobaran semangat perjuangan dari para pemuda Indonesia dalam Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928. Tiga butir isi Sumpah Pemuda ditulis oleh Moehammad Yamin pada secarik kertas saat sesi terakhir kongres, sumpah tersebut kemudian dibacakan oleh ketua kongres, Soegondo.

Sumber Gambar: iberita.com

Sumpah Pemuda merupakan bentuk cinta tanah air dan semangat nasionalisme pemuda Indonesia untuk mencapai satu tujuan, yaitu kemerdekaan. Sayangnya, sejalan dengan perkembangan zaman, semangat yang dulu menyala-nyala perlahan mulai padam. Namun dengan dimulai dari hal-hal kecil yang bisa kita terapkan pada kehidupan sehari-hari, masih ada harapan agar semangat itu tetap ada, apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk menjaganya?

1. Hargai dan hormati perbedaan.

Sumber Gambar: kompasiana.com

Jangan sampai bangsa Indonesia terpecah hanya karena adanya perbedaan suku, agama, ras, dan kepercayaan. Persatuan akan menimbulkan dampak besar, layaknya Sumpah Pemuda yang merupakan bentuk kesatuan perjuangan dari para pemuda Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Sumatranen Bond, Jong Batak, Jong Celebes, Jong Ambon, Minahasa Bond, Madura Bond, dan lainnya.

2. Terus belajar.

Sumber Gambar: intisari-online.com

Membangkitkan semangat Sumpah Pemuda haruslah dimulai dari diri sendiri. Dengan terus belajar, kita dapat meningkatkan kualitas diri dan menerapkan pengetahuan yang kita miliki pada kehidupan sehari-hari agar bisa bermanfaat bagi orang lain.

3. Saling menolong satu sama lain.

Sumber Gambar: alqinurfuadi.blogspot.com

Tanpa adanya tolong menolong, kita nggak akan bisa maju. Seperti semangat para pejuang yang saling bahu-membahu tanpa kenal agama, umur, dan suku untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.

4. Menjaga kebersihan.

Sumber Gambar: blogs.unpad.ac.id

Memang terdengar sepele, namun menjaga kebersihan adalah salah satu bentuk untuk menghargai lingkungan, orang lain, juga diri sendiri. Dengan kebersihan yang terjaga, lingkungan dan diri akan lebih sehat, bila tubuh dan pikiran sehat, kamu bisa menjadi lebih semangat sehingga produktivitas pun meningkat.

5. Rajin.

Sumber Gambar: yvsvfsuccess.wordpress.com

Bangsa yang malas tidak akan berkembang dan hanya akan diam di tempat tanpa kemajuan. Doronglah dirimu agar tidak malas dan lakukan sekarang apa yang bisa kamu lakukan hari ini.

6. Konsisten dan berkomitmen.

Sumber Gambar: koaladigital.blogspot.com

Tentukan tujuanmu dan wujudkan itu. Para pemuda Indonesia tidak menyerah dan tetap berkomitmen untuk terus berjuang karena mereka sudah memiliki visi untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

7. Berpikir positif.

Sumber Gambar: superepus.com

Carilah kebaikan bukan keburukan pada setiap situasi, karena pikiran positif akan membuatmu menghadapi rintangan dengan lebih mudah.

8. Jangan gampang terpengaruh.

Sumber Gambar: frokatap.blogspot.com

Salah satu hal yang dengan cepat dapat menggerogoti kepercayaan kita pada satu sama lain dan memecah belah persatuan adalah provokasi. Cari tahu apa sebab permasalah sebelum loncat pada kesimpulan.

9. Sopan santun.

Sumber Gambar: ibudanbalita.com

Sopan santun sangatlah penting karena akan membuat orang merasa lebih baik dan dihargai. Jangan lupa berterima kasih ketika seseorang membantu kita, meminta maaf ketika kita berbuat salah, dan mengucapkan tolong ketika meminta bantuan.

10. Jujur.

Sumber Gambar: kisahimuslim.blogspot.com

Kejujuran haruslah ditanamkan mulai dari diri sendiri, karena jika sekali saja kita mulai berbohong, kebohongan itu dapat menjadi semakin besar. Contohnya, korupsi. Dimulai dari mencuri uang untuk jajan di kantin sampai akhirnya mencuri uang negara.

Yuk, mulai terapkan sepuluh hal di atas pada keseharianmu supaya semangat yang dulu ada pada jiwa pemuda Indonesia tetap bisa berkobar di dalam dirimu!

Sebutkan sikap yang perlu diteladani dari para pemuda indonesia dalam peristiwa sumpah pemuda

Posted by: pskji.org