Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi suatu daerah adalah

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi suatu daerah adalah

Saat ini di seluruh dunia, termasuk Indonesia sudah memasuki era revolusi industri 4.0.

Perkembangan ini tentunya akan mempengaruhi ekonomi Indonesia ke depannya.

Di era ini, Menrisetdikti menilai bahwa anak muda merupakan sumber ekonomi baru.

Kreativitas dan inovasi yang dilahirkan anak-anak muda Indonesia mampu menjadi sumber ekonomi baru untuk menggerakan ekonomi bangsa.

Lalu, apa saja hal-hal yang bisa anak muda lakukan untuk turut serta berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi?

Berikut ulasannya!

1. Melek dengan Teknologi Terbaru

Adanya perkembangan dalam masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih modern, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi juga berkembang jadi lebih berkualitas.

Ilmu pengetahuan dan teknologi sendiri mungkin merupakan dua unsur yang berbeda, tapi kalau digabung akan menjadi kesatuan yang berdampak bagi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Nah, dengan menjadi seorang yang melek berita terbaru dari teknologi, kamu memiliki kemungkinan besar untuk menguasainya dan beradaptasi lebih cepat.

Nantinya, kamu tak hanya menjadi pribadinyang lebih berkembang, tapi juga tahu beragam cara dalam mengelola sumber daya supaya lebih efektif dan efisien.

2. Menjaga Sarana dan Prasarana

Kehadiran sarana dan prasarana menjadi hal penting karena hal ini mampu membuat mudah semua pihak yang bersangkutan dalam pembangunan ekonomi.

Maka dari itu, sebagai anak muda yang menjadi roda penggerak dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, haruslah menjaga keutuhan sarana dan prasarana.

Hal ini dikarenakan, ketika sebuah sarana dan prasarana tidak terdukung dengan baik, upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi bisa terhambat dan kurang optimal.

Ketika sebuah sarana prasarana tidak mendukung, upaya untuk meningkatkan perekonomian bisa terhambat dan kurang optimal. Sayang, kan?

3. Berinvestasi di Pasar Modal

Selanjutnya kamu bisa turut berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dengan berinvestasi di pasar modal.

Secara umum, ada dua manfaat yang bisa kamu pakai dari sebuah pasar modal.

Pertama, bisa menjadi sarana atau sumber pendanaan untuk mengembangkan finansial.

Kedua, kamu turut serta menambahkan dana bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Tapi sebelum melakukannya perlu diperhatikan kalau investasi saham di pasar modal merupakan instrumen berisiko tinggi walaupun menghasilkan return yang juga tinggi.

Cari tahu banyak informasi tentang pasar modal, sehingga kamu bisa memilih instrumen saham yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Mendanai UKM Indonesia

Saat ini Usaha Kecil Menengah atau UKM bisa dibilang sebagai motor penggerak ekonomi Indonesia. Bahkan, bisa disebut sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Baca Juga :   Microsoft word pertama kali diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama

UKM di negara kita bisa lho menyumbang sekitar 60% dari PDB atau Product Domestic Bruto.

Tak hanya itu, mereka juga memberikan kesempatan kerja pada banyak masyarakat.

Maka dari itu, pemerintah pun terus menjalankan program-program yang memberikan peluang menguntungkan untuk para bisnis UKM supaya lebih berkembang.

Melihat keadaannya saat ini, tak bisa dipungkiri bahwa UKM bisa meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kita.

Tapi di balik semua itu, masih banyak juga penggiat UKM yang kesulitan untuk menjalankan usahanya.

Maka dari itu, tak sedikit dari mereka yang usahanya harus tutup dengan umur yang terbilang baru.

Alasannya juga beragam, tetapi hal yang paling sering ditemukan adalah kurangnya modal usaha.

5. Meningkatkan Pendidikan dan Keterampilan yang Dimiliki

Pendidikan merupakan faktor utama yang akan menentukan pengetahuan dan keterampilan yang akan kamu kuasai.

Hubungan dagang internasional dan globalisasi mengharuskan sebuah negara bersaing satu dengan yang lainnya.

Sebuah negara yang berhasil secara ekonomi akan mempunyai keunggulan kompetitif dibandingkan nagara lain.

Hal ini artinya perekonomian sebuah negara sangat berhubungan erat dengan keuntungan dan kerugian yang mereka alami di pasar global.

Pendidikan dan pelatihan pekerja suatu negara menjadi salah satu faktor utama yang akan menentukan seberapa baik ekonomi negara tersebut.

Para pekerja atau karyawan yang ingin meningkatkan potensi penghasilan mereka di masa depan perlu mengembangkan dan menyempurnakan kemampuan mereka.

Semakin banyak pengetahuan yang mereka miliki tentang fungsi pekerjaan atau semakin mereka paham dengan industri, maka akan semakin berharga mereka di mata perusahaan.

6. Membeli Obligasi

Pertumbuhan ekonomi suatu negara merupakan sebuah indikator utama yang dapat mempengaruhi kemajuan perekonomian negara tersebut.

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha keras bagi pemerintah dan warganya untuk mencapai hal itu.

Namun, apabila dalam prosesnya, ekonomi Indonesia lebih dominan mendapat sumbangan dari sektor investasi asing (luar negeri), maka bisa berdampak pada krisis global di masa mendatang.

Selain itu, tingkat konsumsi masyarakat Indonesia yang tinggi juga bisa menjadi alasan yang mempengaruhi terjadinya krisis global.

Lalu apa saja upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kemajuan pembangunan ekonomi di Indonesia?

Dalam rangka mencegah risiko utang luar negeri yang dapat mempengaruhi kestabilan nilai tukar rupiah terhadap valas, pemerintah harus menerbitkan obligasi negara untuk menambah stok modal yang dibutuhkan.

Nah, stok modal dari investor yang telah membeli obligasi negara tersebut dapat digunakan oleh negara untuk melunasi utang dan juga memenuhi kebutuhan produksi yang ditujukan untuk masyarakat.

Di samping itu, kegiatan ekspor juga berperan penting untuk meningkatkan cadangan devisa, serta meningkatkan spesialisasi dan nilai tambah ekonomi di perdagangan Internasional.

Baca Juga :   Berdasarkan Tabel Tersebut Diatas Zat Makanan Yang Mengandung Gula Adalah

Kamu mungkin sekarang merasa bingung akan memilih investasi apa.

Tidak perlu khawatir, jenis investasi apapun yang kamu pilih, itu tetap akan membantu meningkatkan perekonomian negara Indonesia.

Mulai dari obligasi, saham, reksa dana pasar uang dan lain sebagainya.

Peningkatan perekonomian nasional adalah poin penting yang harus diusahakan oleh seluruh negara. Ketika ekonomi nasional meningkat, maka taraf hidup dan kondisi masyarakatnya akan dapat ditingkatkan pula. Hal ini bisa dicapai jika pemerintah sekaligus kita semua sebagai warganya mampu berperan aktif melakukan cara-cara efektif yang dapat mendorong tumbuhnya
perekonomian Indonesia.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar bisa ikut berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Untuk ikut mendukung peningkatan
perekonomian Indonesia, salah satu cara yang bisa dilakukan setiap orang adalah meningkatkan kualitas dirinya masing-masing. Bagi negara yang masih berkembang seperti Indonesia, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas merupakan aset yang sangat dibutuhkan dalam proses peningkatan ekonomi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus mengembangkan potensi. Anda dapat mengasah keterampilan, mengembangkan

passion
, hingga banyak belajar mengenai keahlian baru yang dibutuhkan di era industri saat ini.

Selain mengembangkan keterampilan dan potensi diri untuk menjadi SDM yang berkualitas, peningkatan ekonomi nasional juga bisa didukung dengan mengelola SDA. Indonesia merupakan negara dengan sumber daya melimpah yang dapat dikembangkan menjadi bahan dasar produksi maupun bahan pendukung industri.

Pengelolaan SDA yang baik sebenarnya bisa dimulai dari lingkungan sendiri. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan energi dan tidak merusak sumber daya alam yang ada di sekitar kita.

Perekonomian nasional suatu negara akan meningkat ketika aktivitas produksi di dalam negara tersebut mengalami peningkatan pula. Artinya, hal ini membutuhkan pengembangan usaha dari masyarakatnya.

Inovasi dalam bidang usaha yang dilakukan

start-up

maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat mempercepat tingkat perkembangan ekonomi nasional. Anda pun bisa turut andil dalam hal ini dengan mengembangkan usaha-usaha kreatif dan inovatif yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di tanah air.

Cara penting lain yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia
adalah dengan menjaga sarana dan prasarana yang telah ada di sekitar Anda. Jalan raya, jembatan, serta fasilitas umum lainnya merupakan contoh sarana dan prasarana negara yang diperlukan dalam kehidupan kita.

Kehadiran infrastruktur tersebut akan memudahkan segala aktivitas yang dilakukan masyarakat, terutama kegiatan yang berhubungan dengan perkembangan ekonomi. Jika rusak, kegiatan ekonomi masyarakat pun akan terhambat. Oleh karena itu, tugas Anda adalah menjaga seluruh sarana dan prasarana yang telah dikembangkan agar tetap utuh dan berfungsi dengan baik.

Baca Juga :   Penyelesaian dari sistem persamaan 3x 5y dan 5x 7y 19 adalah x dan y nilai 4x -- 3y adalah

Pasar modal memegang peranan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi suatu negara, tak terkecuali dengan
perekonomian Indonesia. Selain bisa ikut menanamkan dana untuk kepentingan pembangunan ekonomi nasional, berinvestasi di pasar modal ternyata bisa pula dijadikan alternatif menguntungkan untuk meningkatkan pendapatan pribadi.

Investasi pasar modal memang memiliki tingkat pengembalian (
return
) yang terbilang tinggi, tetapi risikonya juga cukup tinggi. Agar mendapatkan hasil investasi yang optimal dan menguntungkan, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu instrumen saham yang dianggap aman dan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Apa Itu Pasar Modal? Berikut Pengertiannya

Saat ini, UMKM dianggap sebagai salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional. Kontribusinya bahkan dapat mencapai 60% dari keseluruhan produksi domestik di Indonesia.

UMKM juga ikut menyediakan lapangan kerja bagi jutaan tenaga kerja produktif di negeri ini. Jika ingin ikut serta dalam meningkatkan perekonomian nasional salah satu caranya memberikan pendanaan bagi UMKM melalui P2P Lending dan hal tersebut dapat dimulai dari sekarang.

Sekilas, Anda mungkin bertanya-tanya: apa hubungan teknologi dengan peningkatan
perekonomian Indonesia? Ternyata, di era digital seperti sekarang, mengikuti dan menguasai perkembangan teknologi modern adalah modal penting untuk ikut meningkatkan perekonomian negara.

Melalui cara ini, Anda bisa mengikuti perkembangan ekonomi global secara lebih cepat. Anda pun akan lebih mudah mengelola sumber daya yang ada untuk dijadikan komoditas menguntungkan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Karena pertumbuhan ekonomi memberikan dampak positif bagi banyak pihak di negeri ini, sudah sepantasnya kita ikut berpartisipasi aktif mewujudkannya dengan melakukan cara-cara tersebut.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi suatu daerah adalah

Posted by: pskji.org