Sebutkan bahan sedang untuk membuat patung

Sebutkan bahan sedang untuk membuat patung

Bali terkenal akan destinasi wisata seninya, baik itu seni tari, seni musik, seni lukis, seni ukir, dan seni patung. Kesenian yang paling mudah dijumpai di pulau dewata tersebut adalah seni patung. Patung adalah salah satu karya seni rupa yang berwujud tiga dimensi karena memiliki tinggi, lebar dan panjang. Nah, apa yang diperlukan dalam pembuatan patung ini?

Biasanya, patung akan berwujud manusia dan juga binatang, tetapi bentuk patung tidak hanya terbatas kepada itu ada banyak bentuk yang bisa dibuat menjadi patung. Dalam pembuatan karya seni patung ini, diperlukan alat dan bahan yang digunakan perupa seni untuk memudahkan proses pengerjaan karyanya.

Alat

Dalam membuat patung dibutuhkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk membantu proses pembuatan patung. Alat-alat tersebut diantaranya :

• Butsir atau sudip, merupakan alat yang digunakan untuk membentuk patung dengan memotong atau mengurangi bahan dari patung. Biasanya digunakan untuk membuat patung dari tanah liat. Alat tersebut terbuat dari kayu dan kawat.

• Meja putar, biasanya berupa meja berbentuk lingkaran yang dapat berputar dan dapat membantu untuk membentuk patung dari berbagai arah.

(Baca juga: Teknik Dalam Berkarya Seni Patung)

• Pahat, merupakan alat yang digunakan untuk memahat, mengurangi atau membentuk patung. Alat tersebut berupa sebilah besi yang memiliki ujung yang miring. Biasa digunakan untuk membuat patung berbahan kayu maupun batu.

• Palu, digunakan untuk memukul pahat sehingga bisa membentuk pola patung. Palu bisa juga digunakan untuk memberikan pola kepada patung secara langsung.

• Tang digunakan untuk merubah bentuk dari kawat. Kawat digunakan untuk membentuk rangka dari patung yang akan dibuat.

• Las digunakan untuk menyambungkan besi yang akan digunakan baik untuk rangka dari patung maupun untuk bahan utama dari patung tersebut.

• Cetakan, adalah alat yang digunakan untuk membuat patung yang memiliki bahan berbentuk adonan. Cetakan sudah memiliki bentuk yang diinginkan bagi pembuatnya.

Baca Juga :   Pada kromatografi penyerapan fase gerak yang digunakan adalah zat cair sedangkan fase diamnya berupa

Bahan

Dalam pembuatan patung, terdapat jenis-jenis bahan yang biasa digunakan. Jenis bahan tersebut dapat dibagi menjadi 4 macam antara lain :

• Bahan keras. Dapat berupa bebatuan misalnya batu marmer, batu granit, atau beberapa jenis kayu yang keras seperti kayu jati dan kayu ulin.

• Bahan sedang, merupakan bahan yang tidak keras dan tidak juga lunak. Bahan tersebut dapat berupa beberapa jenis kayu, misalnya kayu waru, kayu sengon, kayu randu, dan kayu mahoni.

• Bahan lunak, merupakan adalah bahan yang dapat dengan mudah dibentuk menjadi patung, misalnya tanah liat dan plastisin.

• Bahan cetak, merupakan bahan yang banyak dipakai dalam membuat patung. Hal ini karena prosesnya cukup mudah yaitu dengan mencetak sesuai bentuk yang diinginkan. Contoh bahan cetak adalah semen, gypsum, emas, perak, dan pasir.

Apa yang di maksud dengan bahan lunak,bahan sedang,bahan keras dalam proses pembuatan patung?

definisi bahan lunak – Bahan Setiap bahan mempunyai sifat

tertentu yang dapatmempengaruhi hasil karya yangdibuat.Bahan patung dapat dibedakanmenjadi tiga yaitu :a. Bahan Lunak, yaitu material yangsangat mudah dibentuk sepertitanah liat, plastisin dan sabun.b. Bahan Sedang, yaitu jenis bahantidak terlalu lunak dan tidak kerasseperti kayu waru, kayu sengon dankayu balsa.c. Bahan Keras, yaitu jenis bahanyang sangat sulit dibentuk karenasifat materialnya yang keras sepertikayu jati, jenis batu-batuan danpadas.

    1. yaitu bahan yang memiliki sifat fisik empuk/lunak sehingga sangat mudah dibentuk. Contoh yang sering dpakai sebagai bahan dalam pembuatan produk kerajinan tangan adalah sabun batangan, lilin parafin, tanah liat, bubur kertas dan clay.

    2. Tanah liat dihasilkan oleh alam yang berasal dari pelapukan kerak bumi. Tanah liat memiliki karakteristik: 1. Sulit menyerap air sehingga lahan yang berupa tanah liat primer tidak cocok untuk dijadikan sebagai lahan pertanian. 2. Tekstur tanahnya cenderung lengket bila dalam keadaan basah dan kuat menyatu antara butiran tanah yang satu dengan lainnya. 3. Dalam keadaan kering, butiran tanahnya terpecah-pecah secara halus. 4. Merupak

Baca Juga :   Tuliskan kegiatan ekonomi agraris yang dilakukan warga masyarakat sekitar tempat tinggalmu

an bahan baku pembuatan tembikar dan kerajinan tangan lainnya yang dalam pembuatannya harus dibakar dengan suhu diatas 1.000oC.
3.  Dihasilkan dari pelapukan ba

tuan karena tenaga endogen namun tidak berubah dari batuan induknya sehingga lebih murni daripada tanah liat sekunder    4.  Merupakan jenis tanah liat hasil pelapukan batuan oleh tenaga eksogen sehingga menalami perpindahan tempat atau terpisah jauh dari batuan induknya dan mengendap di suatu tempat.    5. Sebenarnya istilah “clay” berarti tanah liat, akan tetapi dalam dunia kerajinan istilah tersebut bisa diartikan sebagai tanah liat buatan. Terdapat clay yang terbuat dari adonan tepung, parafin, bubur kertas dan polymer. Terdapat beberapa macam clay, yaitu:    6. * Parafin Clay Terbuat dari bahan parafin, bersifat lunak dan mudah dibentuk dan tidak akan mengeras.  Flour Clay Jenis clay ini terbuat dari adonan tepung, lem, aroma dsb. Bisa berupa tepung tapioka, tepung terigu, tepung roti atau jenis tepung lainnya.    7. Bubur kertas adalah bubur yang terbuat dari kertas yang sudah tidak digunakan lagi yang dihancurkan dengan blender, dimana kertas tersebut sudah dipotong-potong kecil terlebih dahulu dan didiamkan semalam

    8. Tanya jawab  Ike : mengapa parafin clay tidak dapat mengeras? Padahal tanah liat bisa mengeras.  Bella : apakah flour clay bisa di konsumsi?  Rafhel : kenapa polymer clay merupakan clay yang paling bagus?

Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA

Tempat Pelatihan Orang Mandiri

Pelatihan Jahit,

Kaos
, Tas, Bordir,

Jilbab
, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca,

Batik,

Daster,

Bed Cover
, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing,

Desain Baju, Gamis, Jilbab Lebar, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Baca Juga :   Kata Deskripsi Berasal Dari Verba to Describe Yang Artinya

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan

Minim ujian

Guru dididik
secara khusus dengan pengalaman




Murid diberikan kebebasan



Minim sistem rangking



Menganut paham “less is more”



Menetapkan standart sendiri



Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan



Lebih Cepat Selesai



Lebih
Cepat Me

ningkatkan Penghasilan


Lebih Banyak dicari di dunia kerja


Berpengalaman sejak 2003


Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009


Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar


Magang



GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000


Biaya Mulai 350rb/program


Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)


Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya

Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Jl. Veteran No 11

Yogyakarta

HP.
085740028487

buka cabang di sleman :

Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42

Godean Sleman Yogyakarta

HP.
085740028487


KLIK SINI UNTUK DETAIL INFORMASI

. # Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” : Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional. Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara. Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta. Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta

Siapa lagi yang ingin Meraih Kesuksesan 2018 Menggunakan STRATEGI JITU dan LANGKAH KONKRET yang TELAH TERUJI dan TERBUKTI KEBERHASILANNYA ?

buka mesin jahit : http://www.slideshare.net/Ramipratama/pengertian-bahan-lunak

https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20131017234930AAok78w

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang definisi bahan lunak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang BASOEKI ABDULLAH, Jakarta

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Sebutkan bahan sedang untuk membuat patung

Posted by: pskji.org