Apa yang kamu lakukan jika ada temanmu yang bermusuhan

Apa yang kamu lakukan jika ada temanmu yang bermusuhan

Kehilangan pekerjaan, keuangan yang buruk, putus dengan pacar, sampai hubungan yang tiba-tiba memburuk dengan keluarga bisa membuat siapa saja merasa tertekan. Termasuk mereka yang terlihat seperti seseorang yang kuat pun bisa saja tumbang dengan begitu mudah.

Saat seseorang merasa tertekan, dia tidak bisa menghadapinya sendirian. Mereka butuh teman untuk membantunya keluar dari hari-hari gelap yang dia jalani. Dan itulah tepatnya yang harus kamu lakukan. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini lima hal yang bisa kamu lakukan untuk menghibur msreka.

1. Jangan paksa mereka

unsplash.com/Trung Thanh

Langkah pertama saat menghadapi seorang teman yang sedang tertekan adalah dengan menanyakan apa masalahnya, apa yang terjadi hingga membuatnya tertekan. Kebanyakan orang seringkali kesulitan untuk menceritakan masalahnya dan pertanyaan kamu akan membantunya untuk menjebol semua masalah yang selama ini dipendamnya.

Sayangnya tidak semua orang suka menceritakan masalahnya. Jika temanmu adalah salah satunya, maka cara terbaik untuk menghadapinya adalah dengan tidak memaksanya mengatakan apa pun. Ingat mereka sedang merasa tertekan dan paksaan dalam bentuk apa pun hanya akan membuat pikirannya makin kacau. Cukup katakan padanya bahwa kamu akan selalu ada disampingnya apa pun yang terjadi.

2. Temani dia dan berikan sesuatu yang dia suka

unsplash.com/Sharon McCutcheon

Seseorang yang sedang merasa tertekan tidak boleh dibiarkan terlalu lama sendirian. Temani dia, dan berikan banyak waktumu untuk berada disampingnya. Dengan begitu mereka tidak akan kesepian dan merasa sendirian. Kamu juga bisa membuatnya merasa senang dengan memberikan hadiah atau apa yang dia suka. Tidak ada salahnya jika kamu sesekali membelikannya makanan favoritnya.


Baca Juga: 5 Keuntungan yang Akan Didapat Saat Berteman dengan Si Ceplas-ceplos!

3. Ajak mereka jalan-jalan

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

  • 9 OOTD Couple ala Dinda Hauw-Rey Mbayang, Kompaknya Bikin Iri!
  • 9 OOTD Anggun ala Reisa Broto Asmoro, Dokter yang Stylish dan Kekinian
  • Nisfu Syakban 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Cek di Sini!
Baca Juga :   Ide yang terdapat di dalam kalimat penjelas yang berfungsi untuk memperjelas ide pokok disebut

unsplash.com/Vince Fleming

Salah satu tanda paling umum dari seseorang yang sedang tertekan adalah mereka jadi lebih penyendiri. Mereka enggan keluar dan hanya ingin mengurung diri dikamar. Padahal mengurung diri di sebuah tempat yang sama dalam waktu lama bisa membuat siapa pun merasa semakin tertekan.

Solusinya kamu bisa mengajaknya keluar dan melakukan kegiatan yang bisa membuatnya bahagia, bahkan jika kamu sebenarnya tidak menyukai kegiatan tersebut. Mengalahlah sedikit dan turuti apa yang dia mau. Meski kedengarannya sepele, tapi percaya deh pengorbananmu bisa membantunya untuk bangkit kembali.

4. Terus motivasi mereka

unsplash.com/Rawpixel

Mereka yang tertekan fikirannya dipenuhi dengan berbagai hal negatif. Tugasmu adalah mengusir semua hal buruk yang dia fikirkan dan menggantinya dengan hal-hal positif yang bisa membuatnya bangkit. Jangan pernah mengecilkan hati mereka dan penuhi pikirannnya dengan harapan baru yang bisa membuatnya semakin bersemangat.

5. Doakan dia

unsplash.com/Yoann Boyer

Manusia bisa dengan mudah mengecewakanmu, untuk itu pastikan kamu tidak menaruh harapan terlalu tinggi pada orang lain. Sebagai gantinya, gantungkan harapanmu kepada Tuhan. Bahkan jika semua tidak berjalan seperti yang kamu mau, toh Tuhan selalu memiliki jalan yang ribuan kali lebih baik dari perkiraanmu. Untuk itu jangan pernah lupa untuk berdoa, bukan hanya untuk dirimu sendiri tapi juga orang sekitarmu termasuk mereka yang sedang kesulitan.

Menolong seseorang yang tertekan memang tidak selalu mudah. Tapi sekecil apa pun usahamu akan memberikan dampak positif baginya. Lagipula tidak ada salahnya mencoba daripada membiarkan mereka terperangkap sendirian kan?


Baca Juga: Selow! Ini 6 Jurus Cerdas Menghadapi Teman yang Hobi Pinjam Duit

Konflik dalam lingkungan sosial merupakan hal yang wajar. Perselisihan pendapat bercampur rasa emosional dengan orang lain rasanya pernah kita alami semua. Namun, semakin dewasanya seseorang konflik pertemanan tersebut lambat laun akan berkurang.

Baca Juga :   Wali songo yang dikenal sebagai bapaknya para wali adalah

Semakin dewasanya seseorang kiranya akan menunjukkan kestabilan emosi yang dimilikinya. Tidak jarang agar hubungan sosial tetap terjalin salah satu orang perlu mengalah agar konflik tidak terus bersitegang.

Dalam menghadapi seorang teman dengan emosi yang belum stabil tersebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak semakin memanas. Tujuannya adalah tidak ada pihak yang dirugikan atas konflik yang telah terjadi. Jangan sampai konflik berbuntut permusuhan.

Maka dari itu, untuk menghindarinya kamu bisa melakukan 5 hal berikut ini kepada temanmu untuk menenangkan kembali dirinya dan suasana.

1. Tidak memancing selisih pendapat

Karena setiap orang memiliki pendapat yang berbeda, seringkali perbedaan pendapat merupakan awal dari sikap emosional seseorang. Sikap emosional dan belum terbuka terhadap orang lain menunjukkan belum stabilnya emosi seseorang dalam menghadapi masalah. Mengikuti alur tersebut hanya akan memperkeruh suasana.

Ada baiknya untuk menghindari selisih pendapat hindari selisih pendapat, terutama di awal pertemuan. Ketika semakin lama berinteraksi orang lain akan lebih mudah menerima masukan atau kritikan. Kuncinya adalah salah satu orang harus bersikap lebih dewasa.

2. Mengalihkan topik pembicaraan ketika situasi memanas

Mengalihkan topik pembicaraan dilakukan dengan membicarakan topik yang bisa diterima banyak orang. Karena setiap orang cenderung kukuh dengan pendiriannya. Daripada interaksi berujung buntu, membuka pembicaraan baru yang lebih ringan atau memfokuskan perbincangan dengan topik yang berhubungan dengan lawan bicara seperti hobi, keterampilan yang dimiliki, atau event yang ditunggu kiranya akan menjernihkan situasi.


Baca Juga: Ini 5 Ciri Saat Kamu Mengalami Fase Kelelahan Emosional

3. Carilah orang ketiga yang bisa menetralkan suasana

Mencari seorang mediasi seperti sahabat, teman dekat, atau rekan kerja akan membuat kondisi lebih santai dan cenderung bebas. Kamu bisa menjadikan orang ketiga tersebut sebagai penengah ketika terdapat perselisihan yang timbul.

Baca Juga :   Apa Yang Dimaksud Dengan Kuncian

Yang pasti kamu harus tahu bahwa orang ketiga tidak akan memihak kepada siapa pun tetapi kepada kebenaran umum yang dia percaya. Orang ketiga sangat dibutuhkan jika konflik yang terjadi dalam bentuk tim, salah satu harus bisa menjadi kubu yang netral.

4. Biarkan dia mengatakan apa yang dia ingin katakan

Jika kamu seseorang yang tidak mudah tersinggung dan pendengar yang baik, tidak ada salahnya untuk mendengarkan panjang lebar penjelasan dari temanmu yang merasa sensitif tersebut.

Sikap pendengarmu justru memberi kesan semangat dan tidak mendebat tentang keputusannya, sehingga ketika kamu memberikan saran balik dia akan lebih menerima karena telah mendengarkan terlebih dahulu. Berhati-hatilah ketika berbicara dan hindari untuk menyatakan kesalahannya.

5. Ambil waktu jeda dan istirahatlah sejenak

Tidak semua masalah harus kamu selesaikan sekarang. Keputusan yang tepat diambil ketika pikiran jernih dan emosi yang terkendali. Jika belum ada yang bisa menerima perbedaan pendapat sebaiknya mengambil waktu jeda dan istirahat sebentar, agar tidak menyesal di kemudian hari. Rasa emosi akan hilang dan tidak bertahan lama. Kamu bisa memulainya lagi dan menyelesaikannya.

Setiap orang memiliki sifat yang beragam, termasuk teman kita yang mudah emosi.Emosi negatif yang terus menerus tidak baik untuk pertemanan. Meski memiliki kekurangan, tidak menutup kemungkinan bahwa dirinya memiliki banyak kelebihan yang bisa membantu kita. Jangan sampai karena emosi yang tidak terkendali kamu kehilangan temanmu.


Baca Juga: 5 Cara Bicara dengan Orang yang Sedang Marah Tanpa Ikut Emosi Juga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Apa yang kamu lakukan jika ada temanmu yang bermusuhan

Posted by: pskji.org