Apa yang terjadi jika anak tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya

Apa yang terjadi jika anak tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya


Merdeka.com –

Kita sering kewalahan dengan tugas yang kita terima dengan senang hati dan tampaknya berharap untuk menyelesaikannya dalam tenggat waktu yang diberikan. Namun seringkali yang terjadi kita gagal menyelesaikan tugas tertentu tepat waktu.

Apa yang terjadi setelahnya adalah kita terus mencari alasan dan alasan untuk melepaskan diri dari tanggung jawab moral untuk menyelesaikan pekerjaan.

Ini adalah sifat dasar manusia, Kita cenderung menghindari konflik, bahkan jika itu berarti mengorbankan moralitas dalam bentuk menyalahkan penyebab yang tidak terkait atas kegagalan kita.

Ketika seseorang menerima bahwa hasil dari tindakan tertentu telah terjadi atas kemauan atau kelalaiannya dan menyesuaikan diri untuk memperbaikinya atau menerimanya (jika tidak dapat diperbaiki) dan menerima konsekuensi yang mengikutinya dikenal sebagai tanggung jawab pribadi.

Seseorang dengan sifat tanggung jawab tidak mencari calon pengambil kesalahan dan berdiri sendiri. Orang seperti itu tahu apa yang bisa dilakukan tindakannya terhadap hidupnya sendiri. Berikut manfaat tanggung jawab dan cara membiasakannya dalam kehidupan sehari-hari:

2 dari 4 halaman

©2012 Merdeka.com

Manfaat tanggung jawab yang pertama adalah membuat seseorang mampu menjalin hubungan yang kuat di sekitarnya. Orang-orang di sekitar kamu yang mengenalimu sebagai seseorang yang bertanggung jawab akan merekam jejakmu di masa mendatang.

Selain itu ingat, tidak ada orang yang sempurna, dan kemungkinan besar kamu akan membuat kesalahan di berbagai titik dalam hidupmu. Tetapi mereka yang bertanggung jawab atas kesalahan mereka dan tetap bertanggung jawab atas tindakan mereka sehari-hari dapat menumbuhkan kepercayaan dengan teman dan anggota keluarga.

Dan pada akhirnya, kepercayaan ini dapat berfungsi sebagai dasar untuk menghargai hubungan dengan orang lain.

2. Mampu menunjukkan belas kasih kepada orang lain

Tanggung jawab dan empati sering kali berjalan beriringan, dan mungkin mudah untuk memahami alasannya.

Seorang individu yang bertanggung jawab akan peduli tentang orang lain dan akan melakukan apa yang diperlukan untuk mendukung teman dan anggota keluarganya, secara komparatif, seorang individu yang berempati mampu berjalan dalam posisi orang lain untuk lebih memahami perspektifnya dan bertindak sesuai dengan itu.

Sebagai orang yang bertanggung jawab, kamu dapat menjadi bahu yang dapat diandalkan untuk bersandar bagi teman dan anggota keluarga pada saat dibutuhkan.

Dengan demikian, kamu akan memiliki belas kasih dan empati yang diperlukan untuk menempatkan orang lain di atas dirimu sendiri dan membantu teman dan anggota keluarga ketika mereka membutuhkan bantuan.

3 dari 4 halaman

Manfaat tanggung jawab yang selanjutnya ialah, tak mudah menyalahkan orang lain. Hidup terkadang tampak tidak adil, tetapi sebagai individu yang bertanggung jawab, manfaat tanggung jawab membuatmu tidak akan pernah menyalahkan orang lain atas masalah yang muncul.

Tidak ada yang pernah mengatakan jalan menuju kesuksesan akan mudah. Dan sementara jalan ini dipenuhi dengan berbagai tantangan dan jebakan, seorang individu yang bertanggung jawab tahu bagaimana untuk tetap berada di jalur tanpa menyalahkan orang lain.

Baca Juga :   Di antara kelima larutan 0 1 m di bawah ini yang akan membeku duluan pada tekanan 1 atm adalah

Faktanya, individu ini akan mencoba untuk membuat yang terbaik dari situasi apa pun dan menghadapi setiap kesulitan saat mendekat.

Ketika datang ke permainan menyalahkan, tidak ada yang pernah menang. Tetapi mereka yang bertanggung jawab tidak akan pernah menyalahkan orang lain atas masalah, dan sebaliknya, akan fokus mencari solusi untuk masalah ini.

4. Tidak perlu khawatir menjadi pengeluh

Mari kita hadapi itu, tidak ada yang suka pengeluh, alias seseorang yang membawa hal negatif dalam interaksi sehari-hari dengan orang lain. Meskipun pengeluh hadir di mana-mana, kamu tidak perlu khawatir menjadi pengeluh jika mencoba menjadi lebih bertanggung jawab.

Orang yang bertanggung jawab memahami bahwa hidup terkadang sulit tetapi akan mencoba menemukan tanda-tanda positif dalam situasi negatif. Mereka benar-benar jenis yang langka, dan dengan demikian, bahkan dapat membantu orang lain menghilangkan komentar negatif dari pengeluh.

4 dari 4 halaman

Kita hanya manusia, dan ada kalanya keadaan berada di luar kendali kita. Orang yang bertanggung jawab menyadari hal ini dan mencoba mengendalikan hanya apa yang dia bisa dari hari ke hari.

Dunia bisa membuat stres dan melelahkan, terutama bagi mereka yang mencoba mengelola keadaan yang tidak bisa mereka kendalikan. Di sisi lain, orang yang bertanggung jawab sering kali tetap tenang bahkan dalam situasi stres yang paling tinggi, karena mereka memahami apa yang diperlukan untuk mengendalikan apa yang mereka bisa setiap saat.

6. Dapat menemukan cara terbaik untuk melakukan banyak tugas



©2018 Merdeka.com/Pixabay

Manfaat tanggung jawab yang tak kalah penting ialah mampu mengerjakan banyak aktivitas dengan baik. Tanggung jawab dan penundaan adalah kutub yang berlawanan. Selain itu, orang yang bertanggung jawab biasanya menetapkan jadwal, menetapkan prioritas, dan membuat tujuan untuk memastikan mereka dapat menemukan cara terbaik untuk melakukan banyak tugas hari demi hari.

Daftar periksa sangat populer di kalangan mereka yang ingin menjadi lebih bertanggung jawab juga. Daftar ini dapat memudahkan siapa pun untuk tetap berada di jalurnya. Ditambah, setiap kali item daftar selesai, kamu dapat merasakan pencapaian saat kamu menandai atau mencoret tugas yang sudah selesai.

7. Mampu menjadi pemimpin yang dapat diandalkan orang lain secara konsisten

Tanggung jawab adalah hak istimewa, bukan hak. Akibatnya, tanggung jawab adalah sifat umum yang ditemukan pada para pemimpin, karena orang-orang ini biasanya berpikir sebelum bertindak dan fokus pada kebaikan yang lebih besar secara konsisten.

Selain itu, orang yang bertanggung jawab mencoba untuk menjaga hal-hal sederhana dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Dari tiba di janji tepat waktu hingga lembur di tempat kerja untuk memastikan pekerjaan diselesaikan dengan sukses, individu yang bertanggung jawab sering kali dapat diandalkan untuk menyelesaikan tugas apa pun dengan kemampuan terbaik mereka seperti yang dilansir dari laman everydaypower.

Baca Juga :   I Sad When My Best Friend Left Me Yesterday

Jakarta

Tanggung jawab berasal dari hati dan kemauan sendiri untuk melakukan kewajiban. Seseorang bertanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Apa saja contoh tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari?

Dikutip dari buku ‘Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak’ dari Kemendikbud, tanggung jawab adalah melakukan tugas dan kewajiban dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab juga berarti kesediaan menanggung segala risiko atas perbuatan sendiri.

Perilaku tanggung jawab di antaranya yaitu bersungguh-sungguh dalam segala hal, berusaha melakukan yang terbaik, rela berkorban, disiplin, dapat dipercaya, taat aturan, jujur dalam bertindak, dan berani menanggung risiko.


1. Dipercaya, dihormati, dihargai, dan disenangi orang lain.

2. Muncul sikap berani mengakui kesalahan dan mau mengubah dengan tindakan yang lebih baik. Sikap ini merupakan kunci meraih kesuksesan.

3. Menyelesaikan tugas dengan baik.

4. Membuat seseorang bertindak lebih hati-hati dengan perencanaan yang matang.

5. Membuat seseorang lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan.

Untuk mendapat manfaat tanggung jawab di atas, ada sejumlah sikap tanggung jawab yang bisa dilaksanakan sehari-hari. Contoh tanggung jawab sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Contoh tanggung jawab terhadap Tuhan


1. Menjalankan perintah dan menjauhi larangan tuhan.

2. Mensyukuri apa yang telah diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

3. Memelihara lingkungan sebagai ciptaan Tuhan.

  • Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri


1. Menjaga diri sendiri dan hal-hal yang membahayakan.

2. Menjaga kebersihan.

3. Menjaga kesehatan dan gizi seimbang.

4. Menjaga keamanan.

5. Melaksanakan apa yang sudah dijanjikan.

6. Bertanggung jawab terhadap perkataan dan perbuatan.

7. Bertanggung jawab terhadap keputusan yang menjadi pilihannya.

  • Contoh tanggung jawab terhadap keluarga


1. Menjaga nama baik keluarga.

2. Memelihara kebersihan, kenyamanan, keamanan dalam keluarga.

3. Mematuhi aturan yang ditetapkan bersama.

4. Bertingkah laku sesuai norma dan aturan yang berlaku dalam keluarga.

5. Menjaga keharmonisan keluarga dengan saling menyayangi, menghormati, dan menghargai.

  • Contoh tanggung jawab terhadap masyarakat


1. Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan masyarakat, misalnya menjaga kebersihan lingkungan, menjaga keamanan, dan ketertiban masyarakat.

2. Tidak melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan peraturan atau norma yang berlaku.

3. Berani melaporkan kejadian yang merugikan masyarakat kepada yang berwenang.

4. Menghargai perbedaan agama, suku, dan budaya.

  • Contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara


1. Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa

2. Mencintai tanah air

3. Melestarikan bahasa dan seni budaya

4. Menghargai keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia

5. Mencintai produk-produk dalam negeri

Nah, itu dia contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, masyarakat, keluarga, diri sendiri, dan Tuhan. Yuk, praktikkan!

Simak Video “Tanah Kampung Akuarium hingga Pengasingan Bung Karno untuk IKN

(twu/pay)


Page 2

Jakarta
– Tanggung jawab berasal dari hati dan kemauan sendiri untuk melakukan kewajiban. Seseorang bertanggung jawab kepada Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Apa saja contoh tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari?

Baca Juga :   Allah SWT memerintahkan kita agar selalu memperhatikan apa yang ada di langit dan di bumi supaya?

Dikutip dari buku ‘Mengembangkan Tanggung Jawab pada Anak’ dari Kemendikbud, tanggung jawab adalah melakukan tugas dan kewajiban dengan sungguh-sungguh. Tanggung jawab juga berarti kesediaan menanggung segala risiko atas perbuatan sendiri.

Perilaku tanggung jawab di antaranya yaitu bersungguh-sungguh dalam segala hal, berusaha melakukan yang terbaik, rela berkorban, disiplin, dapat dipercaya, taat aturan, jujur dalam bertindak, dan berani menanggung risiko.


1. Dipercaya, dihormati, dihargai, dan disenangi orang lain.

2. Muncul sikap berani mengakui kesalahan dan mau mengubah dengan tindakan yang lebih baik. Sikap ini merupakan kunci meraih kesuksesan.

3. Menyelesaikan tugas dengan baik.

4. Membuat seseorang bertindak lebih hati-hati dengan perencanaan yang matang.

5. Membuat seseorang lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan.

Untuk mendapat manfaat tanggung jawab di atas, ada sejumlah sikap tanggung jawab yang bisa dilaksanakan sehari-hari. Contoh tanggung jawab sehari-hari adalah sebagai berikut:

  • Contoh tanggung jawab terhadap Tuhan


1. Menjalankan perintah dan menjauhi larangan tuhan.

2. Mensyukuri apa yang telah diberi oleh Tuhan Yang Maha Esa.

3. Memelihara lingkungan sebagai ciptaan Tuhan.

  • Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri


1. Menjaga diri sendiri dan hal-hal yang membahayakan.

2. Menjaga kebersihan.

3. Menjaga kesehatan dan gizi seimbang.

4. Menjaga keamanan.

5. Melaksanakan apa yang sudah dijanjikan.

6. Bertanggung jawab terhadap perkataan dan perbuatan.

7. Bertanggung jawab terhadap keputusan yang menjadi pilihannya.

  • Contoh tanggung jawab terhadap keluarga


1. Menjaga nama baik keluarga.

2. Memelihara kebersihan, kenyamanan, keamanan dalam keluarga.

3. Mematuhi aturan yang ditetapkan bersama.

4. Bertingkah laku sesuai norma dan aturan yang berlaku dalam keluarga.

5. Menjaga keharmonisan keluarga dengan saling menyayangi, menghormati, dan menghargai.

  • Contoh tanggung jawab terhadap masyarakat


1. Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan masyarakat, misalnya menjaga kebersihan lingkungan, menjaga keamanan, dan ketertiban masyarakat.

2. Tidak melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan peraturan atau norma yang berlaku.

3. Berani melaporkan kejadian yang merugikan masyarakat kepada yang berwenang.

4. Menghargai perbedaan agama, suku, dan budaya.

  • Contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara


1. Menjaga kesatuan dan persatuan bangsa

2. Mencintai tanah air

3. Melestarikan bahasa dan seni budaya

4. Menghargai keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia

5. Mencintai produk-produk dalam negeri

Nah, itu dia contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, masyarakat, keluarga, diri sendiri, dan Tuhan. Yuk, praktikkan!

Simak Video “Tanah Kampung Akuarium hingga Pengasingan Bung Karno untuk IKN

[Gambas:Video 20detik]
(twu/pay)

Apa yang terjadi jika anak tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya

Posted by: pskji.org